Cara Investasi Halal untuk Kemajuan Ekonomi

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Investasi Halal untuk Kemajuan Ekonomi


Ada yang sudah terpikir untuk mencoba untuk memiliki investasi? Tapi binggung ingin investasi apa serta belum tahu bagaimana cara investasi ? Dan pernahkah mendengar istilah investasi halal ?

Tampaknya informasi tentang pentingnya investasi belakangan semakin sering disampaikan melalui media sosial, media mainstream bahkan dari pertemuan ke pertemuan. Saya pribadi pun sejak kerja telah memutuskan untuk harus memiliki investasi untuk masa depan.

Sumber foto : Pixabay.com

Mengapa investasi itu penting? Investasi merupakan salah satu cara agar kita bisa menghadapi masa depan yang lebih baik. Misalnya investasi rumah yag tentunya ingin semua orang miliki karena satu sisi, harga rumah pun bertambah dari waktu ke waktu.

Saya bertemu dengan salah satu kenalan, dia mengatakan bahwa pentingnya untuk memiliki investasi halal. Jujur, ketika pertama saya dengan istilah investasi halal, saya agak kurang paham. Jadi, bagaimanapun, sebagai seorang muslim tentunya ingin selalu memiliki investasi halal yang sesuai syariah.

Nah teryata, mengikuti tren keuangan syariah terkini, investasi melalui peer-to-peer (P2P) lending tengah jadi perbincangan. Sesuai namanya, investasi ini mengandalkan pinjaman orang perorangan dan melibatkan sebuah platform online.

Jadi, calon investor dan calon debitur bertemu dalam suatu platform online yang dikelola startup fintech menyerupai marketplace. Biasanya, calon debitur ini merupakan pemilik usaha mikro atau UMKM.

Sumber foto : pixabay.com
Dengan kata lain, P2P lending memungkinkan untuk berinvestasi sambil memberi dampak sosial bagi orang lain. Artinya, kamu bisa berkantong tebal melalui instrumen investasi syariah tanpa menyulitkan orang lain.

 Investasi P2P Lending Syariah

P2P lending syariah mengedepankan bentuk pembiayaan berdasar prinsip jual beli atau murabahah dan akad kerjasama bisnis atau mudharabah. Platform online akan mempertemukan pihak pemberi modal dan pihak yang memerlukan pembiayaan.

Semua kalangan masyarakat, baik yang bermodal besar atau bermodal minim, bisa bergabung sebagai investor. Sementara, pemilik UMKM yang membutuhkan dana guna mengembangkan usahanya bisa mengajukan pembiayaan melalui platform tersebut.

Bukti P2P Lending Halal
Apa yang membuktikan P2P lending itu halal? Kamu bisa mengecek langsung fatwa yang dikeluarkan Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI No. 117/DSN-MUI/II/2018. Fintech P2P lending dibolehkan karena memenuhi syarat berupa prinsip syariah sebagai berikut :
  • Tidak mengandung riba, ketidakpastian (gharar), spekulasi (maysir), menyembunyikan cacat (tadlis), merugikan pihak lain (dharar), dan haram.
  • Akad yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip keadilan, keseimbangan, dan kewajaran menurut aturan syariah dan undang-undang yang berlaku.
  • Akad yang digunakan sesuai dengan layanan pembiayaan syariah, seperti mudharabah dan murahabah.
  • Mempunyai bukti transaksi sah dengan tanda tangan elektronik.
  • Menjelaskan ketentuan bagi hasil untuk kedua belah pihak sesuai prinsip syariah.
  • Pengelola dapat mengenakan biaya atau ujrah dengan berdasar pada prinsip ijarah.

Jika ingin menjadi investor di P2P lending, tentunya akan merasakan kemudahan mengakses platform dari mana saja dan kapan saja juga menghemat waktumu dalam berinvestasi. Plus, proses pembiayaan juga berlangsung cepat dan aman.

Sementara, bagi penerima pembiayaan atau pemilik UMKM, P2P lending membuka akses permodalan alternatif usaha. Selama ini, UMKM sering kesulitan mengajukan permohonan modal ke lembaga pembiayaan besar seperti bank karena terbentur persyaratan administratif.

P2P lending syariah bisa menjadi pilihan UMKM untuk mengembangkan usaha tanpa khawatir terjebak dalam jeratan riba. Artinya, ketika berinvestasi di P2P lending syariah, berarti telah memberi dampak sosial pada perkembangan UMKM di Indonesia. Dan ini bisa menjadi wujud kontribusi untuk upaya memajukan ekonomi umat bersama para pemilik UMKM.

Tapi tentu saja, kita harus memilih P2P lending yang tepat. Cara yang paling aman untuk tahu apakah pinjaman online itu aman adalah mengecek apakah pinjaman online itu terdaftar di OJK atau tidak. Ada data-data contoh pinjaman online apa saja yang terdaftar di OJK sehingga memudahkan untuk dilakukan pengecekan.

Jangan lupa juga untuk cek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon Kontak OJK 157 atau di website OJK (www.ojk.go.id). Jika mendapatkan tawaran investasi yang mencurigakan, Sobat OJK dapat mengkonsultasikan atau melaporkannya ke email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id

Ada yang ingin berinvestasi sesuai syariah?


37 comments

Avatar
Winda - dajourneys.com Sep 25, 2019, 3:02:00 PM

sudha lama kepikiran pengen investasi aku tu :( tapi masih belum berani mengambil langkah, soalnya belum begitu paham sama investasi yang benar

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Sep 25, 2019, 7:09:00 PM

Iya nih sekarang banyak tuh penawaran pinjaman online lewat sms. Mesti hati-hati ya, harus cek dulu sudah terdaftar belum di OJK.

Reply Delete
Avatar
Okti Li Sep 25, 2019, 7:23:00 PM

Wah mau sekali Mbak. Secara saya Muslim. Tapi teman saya non muslim juga ada kok yg bilang tertarik sama yang serba serba syariah gitu, katanya sih karena dia yakin memang baik terkait aturannya. Nah non muslim saja meyakini, apalagi kita yg notabene muslim dong ya ☺️

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Sep 25, 2019, 10:45:00 PM

aku pun pengen bisa investasi, buat sekolah anak2 dan bekal hari tua nanti

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Sep 26, 2019, 2:43:00 AM

Investasi bisa mulai dipertimbangkan kalau kita sudah bebas utang dan bisa menabung ya

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Sep 26, 2019, 6:43:00 AM

Sekarang ada yang syariahnya ini ya mbak Lid, jadi buat yang muslim gak ragu lagi kalau mau investasi ya. Jadi ingat waktu ngobrol dengan seorang teman, bahwa kita memang harus punya investasi.

Reply Delete
Avatar
Susie Ncuss Sep 26, 2019, 10:21:00 AM

alhamdulillah, ternyata ada ya P2P Lending yang syariah.
semoga para investor bisa pindah ke versi syariah agar bisa lebih tenang di akhirat nanti :D

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho Sep 26, 2019, 10:35:00 AM

Alhamdulillah ya sekarang sudah banyak yang mengajarkan investasi syariah. Bebas riba itu penting sekali buat pertimbangan saya, halal lebih tenang pastinya.

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa Sep 26, 2019, 11:33:00 AM

Aku tertarik buat investasi mba, tapi belum ngerti bener-bener sih. Baca artikel ini jadi ada pencerahan.

Reply Delete
Avatar
Elliza Efina - www.rajnikala.com Sep 26, 2019, 5:29:00 PM

Udah lamaaaa banget pengen nyoba investasi, mbak. Tapi masih riset sana-sini dulu, cari info sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk beli produk investasinya.
Kalo ada yang syariah dan bebas riba gini, bisa dijadikan pertimbangan nih mbak.

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana Sep 26, 2019, 7:57:00 PM

Wah ternyata ada versi syariahnya ya sekarang. Pengen aku kasih tau juga ke teman2 ku deh, lumayan infonya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Sep 26, 2019, 8:10:00 PM

oke bangeeet ya mba dan aku jadi pengen tau lebih banyak deh, Sekarang banyak ya cara investasi yang aman dan menghasilkan

Reply Delete
Avatar
Laksmipaopao Sep 26, 2019, 8:26:00 PM

Produk keuangan selama udh terdaftar di OJK pasti aman ya kak.. tenang kalau mau bertransaksi

Reply Delete
Avatar
Ola Ayu Puspasari Sep 26, 2019, 9:08:00 PM

Sudah lama aku pingin investasi tapi yang berbasis syariah, wah thank you infonya ya mba

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Sep 26, 2019, 9:09:00 PM

Investasi lagi sering jadi pertimbangan saya akhir-akhir ini. Pengennya juga yang syariah. Jadi saya masih car-cari investasi syariah yang sreg

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Sep 26, 2019, 9:36:00 PM

Alhmdulillah, makin mudah kalau mau investasi, apalagi ini mengusung investasi syariah dan terdaftar di ojk pula. Tenang, aman. Jadi tertarik.

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia Sep 26, 2019, 11:45:00 PM

Investasi zaman now mesti ekstra hati2 karena ada aja akal2an orang yg bisa rugiin nasabah ya. Panduan p2p-nya ngebantu banget.

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany Sep 27, 2019, 12:07:00 AM

Jadi penasaran deh aku. Investasi yang baik harus terdaftar ojk biar kita bisa berinvestasi dengan aman.

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen Sep 27, 2019, 1:53:00 AM

Penting memulai investasi sedini mungkin ya sebagai cadangan dana di kemudian hari. Tapi mesti pandai pilih-pilih juga biar tak terjebak pada perusahaan yang ternyat ilegal.

Reply Delete
Avatar
Ratnasari Pevensie Sep 27, 2019, 6:01:00 AM

Iyaa nih sekarang suka ada penawaran yang abal-abal yaa Jadi perlu hati-hati

Bagus juga yaa investasi di P2P lending syariah ini soalnya berdasarkan murabahah dan mudharabah

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Author keluargahamsa.com Sep 27, 2019, 7:03:00 AM

Baru tahu ada P2P syariah mbak. Berarti kita kyk nanam modal/ punya saham gtu ya kalau minjemin duit. Daftar P2P syariah ini bisa kita dapatkan di mana ya?

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Sep 27, 2019, 7:50:00 AM

Wah alhamdulillah nih kalo ada yang Syariah juga. Jadi lebih tenang deh ya mau berinvestasi melalui P2P Lending ini.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Sep 27, 2019, 8:24:00 AM

Zaman sekarang emang penting investasi soalnya butuh hasil cepet ketimbang tabungan atau deposito ya mbak, slah satunya menanam modal untuk usaha kecil.

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me Sep 27, 2019, 8:48:00 AM

Semoga pemerintah bisa lebih aware nih buat awasin pinjaman2 yang nggak jelas gitu ya mba, btw investasi memang penting banget ibarat sedia payung sebelum hujan :)

Reply Delete
Avatar
Ida Sep 27, 2019, 8:53:00 AM

Wah bagus nih ..layak dicoba ya sepertinya kalau punya budget utk investasi..

Reply Delete
Avatar
Prita HW Sep 27, 2019, 9:02:00 AM

Investasi halal ya, kirain ada cth aplikasinya juga nih mb. Lumayan ini di tengah penawaran2 yg agak ambigu mb dr sisi syar'i nya. TFS mb

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sep 27, 2019, 9:03:00 AM

Nah iya, yang paling penting ketika memutuskan hendak menggunakan jasa P2P Lending ini harus cek dulu di OJK sudah terdaftar atau belum. Makin banyak soalnya nih yang nawarin pinjaman tapi belum legal. Kudu waspada sejak awal ya mba.

Reply Delete
Avatar
Suzannita Sep 27, 2019, 9:55:00 AM

Aku juga lagi mencari investasi nih mbak yang halal juga jadi biar aman untuk masa depan dan akhirat ya

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss Sep 27, 2019, 10:59:00 AM

Udah lama ingin berimvestasi mba, cma belum pernah dpt yang ngeeh aja, klu investasi syariah patut dipertimbangkan

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan Sep 27, 2019, 11:46:00 AM

Kemarin baca tulisan teman di blognya tentang P2P lending syariah. Saya tertarik tapi tentu harus menentukan pilihan yang tepat. Tulisan di atas menjelaskan poin pentingnya lagi untuk pilih yang tepercaya dan ada dalam pengawasan OJK.
Senang dapat wawasan keuangan dari tulisan teman-teman. Memang P2P membantu banget agar kita bisa ikut menanam modal pada yang membutuhkan dengan bantuan perantara tepercaya.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Sep 27, 2019, 11:56:00 AM

Wahh aku baru tau lho kalau ada P2P Lending syariah, aku taunya P2P konvensional gt. Enak ya kalau ada yang syariah gini.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Sep 27, 2019, 12:03:00 PM

Masih perlu menyimak beberapa sesi lagi nih biar faham. Saya minat tapi keterbatasan ilmu harus banyak baca lagi supaya faham Mbak.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Sep 27, 2019, 12:12:00 PM

Lagi marak pinjaman online ini ya mbak. Harus berhati-hati dan juga memeriksa apakah lembaga tersebut di bawah OJK atau tidak.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Sep 27, 2019, 12:15:00 PM

Sekarang makin banyak penawaran investasi halal ya mbak. Termasuk dari P2P Lending gini, aku kepo sih beberapa fintech halal yang terdaftar resmi di OJK

Reply Delete
Avatar
Elva S Sep 28, 2019, 2:00:00 PM

Investasi sdh menjadi sebuah keharusan jika ingin masa depan lebih baik ya mbak. Saya blm pernah investasi scr online. Kl aman tentunya mau

Reply Delete
Avatar
anggi Oct 7, 2019, 9:43:00 PM

mau syariah atau koven ga jadi masalah sih buat saya. Asal perusahaanya jelas dan terdaftar di OJK

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Oct 15, 2019, 7:55:00 AM

Dengan memilih investasi syariah, hati jadi lebih tenang yaa, Mba. Gak deg-degan seperti memilih investasi konfensional yang masih diperdebatkan kehalalannya :)

Reply Delete