Agar Anak Tak Mudah Sakit

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Agar Anak Tak Mudah Sakit


Siapa yang tak sedih ketika melihat anaknya sakit? Saya yakin, hampir semua orangtua pastinya sedih ketika anak sakit. Saya pun begitu. Pernah anak saya masuk rumah sakit, saya yang malah histeris di ruang UGD karena merasa bersalah tak bisa menjaganya dengan baik sehingga anak sakit. Sebagai orangtua, pasti akan melakukan berbagai cara agar anak tak mudah sakit. Termasuk saya yang selalu berusaha agar anak tak mudah sakit.


Ummi dan Ayyas

Lalu, bagaimana cara agar anak tak mudah sakit?. Jumat, 6 September 2019 saya menghadiri blogger gathering yang diadakan Stimuno dan Clozetteid di Restauran Kembang Goela, Jakarta Selatan. Materi pembahasannya sangat pas dengan orangtua yang ingin tahu bagaimana agar anak tak mudah sakit.

Pertanyaannya, mengapa anak mudah sakit? Pertama karena sistem kekebalan tubuh anak belum sekuat orang dewasa. Akibatnya, sistem imun anak pun mudah terganggu. Ada beberapa penyebab mengapa sistem imun anak mudah terganggu yakni  karena toksin, polusi, jamur, virus, parasit dan bakteri. Dan penyebab munculnya sistem imun ini bisa muncul karena beberapa faktor seperti cuaca, tempat bermain dan di sekolah.
 
Kegiatan Blogger Gathering 
Lalu, apa yang terjadi jika anak sakit? Ketika anak sakit, badan menjadi mudah letih, lesu dan tak bertenaga. Aktifitas bermain dan belajar anak pun terganggu dan menyebabkan prestasinya menurun. Anak pun mengalami penurunan nafsu makan dan mengakibatkan tumbuh kembang terhambat.

Ada beberapa penyakit yang sering terjadi pada anak yakni :
  • ISPA (Infeksi saluran pernafasan akut) yang dialami 7 dari 10 anak dan menjadi penyebab 40 persen kematian usia satu hingga empat bulan.
  •  
  • Tuberkulosis yang merupakan penyakit tertinggi ke tiga di dunia dan sebanyak 4 dari 10 anak Indonesia mengalami penyakit ini. Sedihnya, baru 53% kasus yang diobati.
  •  
  • Varicella/cacar air. Penyakit ini juga sering dialami anak dan menular. Masa inkubasi anak sekitar 10-21 hari.
Lantas, bagaimana agar anak tak mudah sakit ? Ada tiga faktor yang menjadi faktor pelindung yang saling terkait agar anak tak mudah sakit. Ketiga faktor itu adalah environtment, tubuh anak dan hindari dari penyebab sakit.
 
Saya di acara Stimuno 

Anak harus berasa di lingkungan yang bersih, olahraga yang cukup dan tak mudah stres. Anak juga harus diberikan nutrisi yang cukup serta memberi penguat sistem imun (imunomodulator). Selain itu, hindari kontak dengan kuman.
 
Prof. Dr.dr. Zakiudin Munasir, SpA(K)

Mengapa anak harus diberikan penguat sistem imun (Imunomodulator)? Seperti yang saya tulis di atas bahwa kekebalan tubuh anak masih kurang kuat sehingga sistem imunnya pun belum kuat. Prof. Dr.dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) mengatakan ada beberapa cara untuk mempertahankan kekebalan tubuh yakni :
  • Pencegahan infeksi
  • Pencegahan penyakit ganas
  • Hindari obat-obat tertentu kecuali degan resep atau pengawasan dokter
  • Gizi yang baik
  • Hindari kontak dengan infeksi pada usia yang sangat muda atau tua.
Nah, penguat sistem imun ini bisa menggunakan zat aktif yang terdapat di tanaman meniran (Phyllanthus niruri). Tanaman meniran ini merupakan tanaman asli Indonesia yang mudah dijumpai di Indonesia dan terbukti mampu menjadi penguat sistem imun.

Ada  beberapa jenis penyakit infeksi yang dapat diberikan imunostimulan yakni :
  • Influenza
  • Infeksi virus lain
  • Pneumonia
  • Bronkitis
  • Tuberkulosis dan lain-lain

“Beberapa penelitian telah membuktikan meniran mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh,” ungkap dokter.

Stimuno untuk Penguat Sistem Imun Agar Anak Tak Mudah Sakit

Nah, tahu nggak kalau Stimuno mengandung penguat imun yang tepat untuk diberikan kepada anak? Teman-teman pasti sudah tahu tentang Stimuno dan mungkin kerap mengkonsumsi Stimuno untuk menambah daya tahan tubuh.

Saya pribadi pun sudah beberapa kali mengkonsumsi Stimuno ketika daya tahan tubuh mulai menurun. Dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi Stimuno terasa lebih efektif. Hal ini pun efektif untuk anak saya.  

Jadi Stimuno ini bekerja pada sistem kekebalan tubuh dan dapat memproduksi lebih banyak antibodi. Selain itu, Stimuno dapat meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Stimuno ini terbuat dari 100 persen mengandung phyllantus niruri yang selama ini dikenal sebagai obat antivirus, anti bakteri dan lain-lain.
 
Stimuno untuk daya tahan tubuh

“Stimuno juga telah bersertifikasi fitofarmaka,” kata Ibu Irene Dwi Sari selaku Head of Marketing CHD. Apa itu sertifikasi fitofarmaka? Jadi, Fitofarmaka adalah sertifikasi BPOM untuk obat herbal yang telah teruji klinis untuk mutu, khasiat dan keamanannya.

Selain itu, Stimuno telah teruji klinik mempercepat penurunan demam tanpa pemberian oabt penurun demam dan antibiotik, meningkatkan sistem imun pada pasien TBC dan mempercepat penyembuhan pada pasien yang mendapat terapi infeksi.

Secara keseluruhan, ada tiga keunggulan Stimuno yakni :
  • Bekerja langsung pada sistem imun
  • Fitofarmaka teruji klinis, khasiat dan keamananya
  • Terbuat dari bahan herbal yang terbuat dari ekstrak tanaman meniran (Phyllanthus niruri)

Belajar Membuat Bento untuk Bekal Anak

Tahu kan salah satu cara agar anak tak mudah sakit adalah memenuhi kebutuhan nutrisi. Tapi bagaimana kalau anak malah jadi susah makan sehingga anak jadi mudah sakit? Salah satu caranya adalah membuat kreasi makanan yang bisa dapat menigkatkan selera makan anak.

Ada yang pernah membuat kreasi bento? Jujur saya belum pernah. Sehingga ketika di acara blogger gathering ada mini workshop membuat bento, tentu saja saya senang. Semua perlengkapan dan bahan-bahan menghias bento telah di sediakan.


Saat materi mini workshop 


Bu Rien yang mengajarkan workshop membuat bentu mengatakan, menyiapkan bento sebagai bekal anak tak memerlukan waktu lama yakni hanya 15 menit saja. Bahkan, beberapa bahan pelengkap bento bisa disiapkan sejak malam hari. Misalnya membuat nugget atau bakso homemade.
 
Saat belajar membuat bento, kami pertama-tama membuat kelinci dengan cara mengikuti pola gambar kelinci yang disediakan. Pisau yang digunakan dipegang seperti memegang pensil dan kemudian secara perlahan memotong bagian pinggir pola gambar yang disediakan. Setelah pola menggambar selesai dibuat, kemudian kami menghias wajah kelinci.

Bento buatan Bu Rien 
Setelah itu dilakukan penataan di nasi dan juga menghiasi nasi dengan berbagai sayuran seperti jagung, brokoli serta dilengkapi dengan bakso dan nugget. Oh ya nasinya bisa nasi putih atau nasi hijau yang dibuat dari sawi hijau. Selain warna menjadi lebih menarik juga semakin sehat ada kandungan sayuran. Penataan ini yang membuat tampilan menu bento yang menjadi kesukaan anak dan juga lebih menyehatkan.

Dan jika anak tak alami susah makan, nutrisinya pun bisa terpenuhi sehingga anak pun tak mudah sakit. Ada yang punya tips bagaimana cara agar anak tak mudah sakit ?









100 comments

Avatar
Lenny sofyan Sep 9, 2019, 10:29:00 AM

Aku juga skrg wajib ada stimuno di rumah nih untuk memperbaiki sistem imun anak ketika sedang sakit ...

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza Sep 9, 2019, 10:35:00 AM

Daya tahan tubuh anak juga selalu jadi prioritasku mba, apalagi di sekolah ketemu teman-teman yang gantian sakit. Kadang pakai stimuno juga kalau cuaca lagi ekstrim dan di sekolah banyak banget yang sakit. Alhamduliilah stimuno membantu banget menjaga imun anak-anakku.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Sep 9, 2019, 10:44:00 AM

Bentonya lucuuuukkk :D
Cita2 bgt deh bisa bawain bekal anak sekolah pakai model bento gitu.
Eh iyaaa, manfaat Stimuno memang keren ya Mba
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Sep 9, 2019, 10:54:00 AM

Stimuno andalan banget nih biar nggak gampang sakit ya. Anakku waktu kecil juga minum stimuno tapi yang sirup, berhubung sekarang anak sudah gede minumnya stimuno yang kapsul. Btw itu bentonya lucuu :)

Reply Delete
Avatar
NiaNastiti Sep 9, 2019, 11:02:00 AM

Aku pun ngasih vitamin seperti stimuno ek anak akrena diresepin dokter, lumayan buat tambahan nutrisi kalau kurang, Namanya anak kan kadang makannya ga lahap ya mak :)

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina Sep 9, 2019, 1:30:00 PM

Supaya anak saya tidak mudah sakit, sejak bayi saya memberinya ASI eksklusif dan mematuhi jadwal vaksinasi. Saya juga mengutamakan pola gaya hidup sehat dan mengajarkan pola itu kepada anak saya.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com Sep 9, 2019, 1:39:00 PM

Kalau aku tipsnya standar : Anak anak wajib ganti baju bersih dan mandi pulang dari mana aja, makan di jam teratur dengan cemilan di sela sela waktu makan, dan wajib banget makan telor rebus!

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita Sep 9, 2019, 2:14:00 PM

Kayaknya harus sedia stimuno nih dirumah soale anak saya sedikit2 mudah sakit mbak. Kalau diajak jalan2 malem besoknya bakalan meriang badannya, mungkin karena masuk angin ya. Hehehe

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sep 11, 2019, 10:02:00 AM

Betul banget mba. Sebagai bunda, kita harus ikhtiar demi kesehatan anak. Salah satunya dengan menyediakan stimuno ini di rumah ya. Siap digunakan dalam kondisi anak butuh tambahan suplemen.

Reply Delete
Avatar
lubena Sep 9, 2019, 2:36:00 PM

Nenekku dulu juga sering rebusin daun meniran kalau aku panas badannya, sekarang ada yang lebih praktus yah bentuknya.

Reply Delete
Avatar
diane Sep 9, 2019, 6:05:00 PM

Stimuno andalanku juga nih.. selain stimuno juga makanan dan minuman anak2 perlu banget kita pantau ya.. juga kebiasaan lainnya yg bisa mengganggu kekebalan tubuh

Reply Delete
Avatar
Stafana Charis | www.stafana.com Sep 9, 2019, 6:47:00 PM

Mulai usia berapa ya mba anak sudah boleh minum stimuno? Rasanya engga pahit kan ya, rasa buah-buahan gitu

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa Sep 9, 2019, 7:10:00 PM

Kemarin pas dari Kidzania dapet Stimuno, pas banget memang lagi butuh buat nambahin daya tahan tubuh anak-anak nih. Btw, bentonya menggugah selera makan

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama Sep 9, 2019, 7:18:00 PM

Wah ada bento juga nih bis dipraktikkan di rumah. Bener banget kalo anak mudah sakit ortu jadi was2 dan sedih. Jadi daya tahan harus dijaga salah satunya dg stimuno

Reply Delete
Avatar
Intan Daswan Sep 9, 2019, 9:08:00 PM

Aku tipe ibu yang memerhatikan banget kesehatan anak-anak. Maklum anak pertamaku pernah dirawat jadi agak-agak trauma dan dijadikan pelajaran juga.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Sep 10, 2019, 8:14:00 AM

Anak-anakku juga minum Stimuno Mba, tapi kalau keliatan mau sakit aja. Atau ada tanda-tanda akan sakit. Alhamdulillah biasanya sih gak jadi sakit atau kalopun sakit gak terlalu berat.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi Sep 10, 2019, 9:35:00 AM

Iya ya, Mba.. skrg kalau ga mempersiapkan daya tahan tubuh anak dengan baik, virus penyakit tuh dah macem2. Bahkan yang ga kita kenal juga ada aja.

Reply Delete
Avatar
sumiyati sapriasih Sep 10, 2019, 10:40:00 AM

untuk menjaga stamina kesehatan anak, harus banyak banyak serat terutama buah dan sayur, selain itu daya tahan tubuh dapat dicegah dengan stimuno agar si kecil tetap stabil kondisinya

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari Sep 10, 2019, 2:08:00 PM

Pas anak-anakku masih kecil, sering pakai stimuno. Saat kondisi kurang menguntungkan untuk kesehatan, biasanya hajar pakai stimuno. Sekarang mereka udah gede-gede. Alhamdulillah makin sehat-sehat.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sep 13, 2019, 12:36:00 PM

Nah ini, saat masih kecil ya terutama balita gitu, anak memang rawan sakit. Kudu sedia Stimuno di rumah.

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com Sep 10, 2019, 3:56:00 PM

makanan sehat memang sangat diperlukan oleh anak ya mbak agar gizi untuk stamina dan kecerdasannya tercukupi dengan baik

Reply Delete
Avatar
Gifta Sep 10, 2019, 4:48:00 PM

Menjaga daya tahan tubuh anak memang penting. Kalo aku sih menjadikan imunisasi sebagai salah satu ikhtiar pun dengan memastikan asupan makanan untuk anak. Kecuali kalo mau bepergian biasanya dikasih immune booster juga supaya sehat saat perjalanan

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Sep 10, 2019, 5:11:00 PM

Baru tahu banget tentang meniran ini. Ternyata tumbuhan asli Indonesia. Ternyata ada di kandungan stimuno. Familiar banget dengan stimuno soalnya suami sering belikan buat anak saya.

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Sep 10, 2019, 6:08:00 PM

Sistem imun memang perlu banget untuk kekebalan tubuh anak. Ditambah lagi mesti makan yang bergizi seimbang agar kesehatannya terjaga dan kalau perlu minum stimuno.

Seorang Ibu menang akan panik atau histeris kalau anaknya kenapa-kenapa. Rasanya pengen nyalahin diri sendiri kalau anak kenapa-kenapa, apalagi sampai masuk UGD. :(

Reply Delete
Avatar
Ayaaa cahayatheprinces Sep 10, 2019, 6:20:00 PM

PR banget nih. Anakku akhir2 ini rentan kena flu, huhu. Kayaknya membentuk kekebalan tubuh anak harus dilakukan sejak dini ya, Mbak. Noted banget tips2nya

Reply Delete
Avatar
Widya Lim Sep 10, 2019, 8:56:00 PM

belum punya anak siih, tapi dari dulu suka merhatiin mamah waktu ngurus adikku, seringnya sih dikasih makanan 4 sehat 5 sempurna terus disuruh banyak minum air putih XD

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin Sep 10, 2019, 11:04:00 PM

Pas banget adik Zinan lagi sakit nih, baru kepikiran kenapa tadi ke apotik nggak sekalian beli Stimuno ya untuk membantu mempercepat penyembuhan. Ternyata bikin bekal bento anak itu nggak seribet yang aku pikirkan yaa. Nanti kalau adik Zinan udah sembuh aku mau coba bikin bento ah buat bekal sekolah.

Reply Delete
Avatar
Tori Sep 10, 2019, 11:13:00 PM

Biar ga gmpng sakit emg harus memenuhi nutrisi anak, tp kadang anak2 susah makan jd nutrisi nya kurang. Untung ada stimuno. Penolong bgt ini ya .

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara Sep 11, 2019, 12:16:00 AM

Bener banget, paling sedih kalau anak sakit. Anak yang biasanya ceria dan terus bergerak, jadi lesu dan cuma tiduran saja.

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com Sep 11, 2019, 12:46:00 AM

Anakku juga sempat diresepin vitamin, Mbak, tapi bukan Stimuno. Coba besok2 aku lihat ya siapa tahu cocok untuk anakkuu..

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana Sep 11, 2019, 1:15:00 AM

Stimuno anak nih bagus ya buat dedek2, pas banget di pekanbaru asap parah bgt, banyak anak2 jatuh sakit, sedih akutu..

Reply Delete
Avatar
Desi Sep 11, 2019, 2:48:00 AM

Baru tau klo skrg itu udah ada stimuno utk anak. Jd makin lengkap koleksinya, ada buat yg dewasa n skrg ada tambahan buat anak.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti Sep 11, 2019, 3:13:00 AM

Wah seru banget ya ada sesi bikin bentonya juga. Lucu bento Bu Rien. Btw sepakat banget ummi, perlu penjagaan ekstra untuk kesehatan si kecil dan memilih suplemen yang bagus dan terjamin mutunya

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa Sep 11, 2019, 5:52:00 AM

Waah samaan nih aku juga minum stimuno tapi khusus yang orang dewasa. Andai yang org dewasa ada yang sirupnya juga. Hahaha. Udah terbukti ya mba bisa jaga imun dengan baik. Btw itu bentonya lucu banget 😆

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sep 11, 2019, 7:06:00 AM

Kandungan stimuno itu apa ya, kak?
Soalnya biasanya booster anak-anakku pakai madu.

Reply Delete
Avatar
Suzannita Sep 11, 2019, 8:44:00 AM

Memang untuk menjaga kesehatan tidak hanya cukup mengkonsumsi makanan bergizi namun juga suplemen dan vitamin

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sep 11, 2019, 9:03:00 AM

Menjadi Ibu harus super jeli dengan kondisi anak yaa...
Jangan asal memberi makan dan selalu sedia stimuno di rumah.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sep 11, 2019, 9:09:00 AM

Anak tuh memang masih rentan terkena penyakit ya, apalagi kalau masih balita. Jadi keinget betapa usia-usia anak segitu tuh selalu bikin jantungku berdebar-debar. Dikit-dikit pilek, batuk, panas....duuuh.. Untung sekarang udah ada Stimuno nih yang bisa membantu para mama agar hidup tenang karena buah hati sudah dilindungi ketahanan tubuhnya.

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Sep 11, 2019, 9:14:00 AM

Waktu Mada usia 2 sampai 4 tahun selalu minum Stimuno untuk jaga kekebalan tubuh. Berasa banget manfaatnya Mbak :) Itu bahan bentonya sederhana banget, hasilnya cute gemes!

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita Sep 11, 2019, 9:53:00 AM

Baca tentang cacar air jadi inget disekolah kaka lagi mewabah cacar air loh. Makanya penting deh nih anak-anak diberikan penjaga ekstra. Kayanya perlu minum Stimuno nih

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia Sep 11, 2019, 9:59:00 AM

Anakku makannya mood2an, kadang gampang kadang susah. Terus jadinua suka rentan kena bapil. Kyknya harus coba dikasih tambahan vitamin seperti simuno ini.

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA Sep 11, 2019, 10:28:00 AM

Gemas sama bento nya hehe, apalagi sekarang cuaca sedang gak baik yah jadi memang butuh sekali mempersiapkan daya tahan tubuh anak sebaik mungkin.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan Sep 11, 2019, 11:57:00 AM

ISPA itu paling sering deh menyerang anak2. dari bayi sekalipun sampai sekarang usia hampir 6 tahun, anakku masih sering kena ISPA. mungkin faktor cuaca juga kali ya yg kurang bagus

Dan anakku juga minum stimuno ini untuk jaga kesehatannya. Alhamdulillah dia msh termasuk anak yg jarang sakit diantara teman2 sekelasnya

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Sep 11, 2019, 6:25:00 PM

Aku mau beli ini juga mbaaa
Anakku soale kegiatannya mayan padat
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara Sep 11, 2019, 6:41:00 PM

Kalau anak sakit, Ibunya suka galau sendiri dan mikir ini yang salah apa? Paling sering emang masalah pernapasan tuh padahal kayanya hidup di desa ya udaranya cukup oke. Aku kemarin2 juga minum stimuno dan di badan seger

Reply Delete
Avatar
Mechta Sep 11, 2019, 7:39:00 PM

Menjaga daya tahan tubuh kita maupun anak2 memang penting sekali y mba.. Apalagi di musim seperti ini.. untung ada stimuno ya..

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss Sep 11, 2019, 7:53:00 PM

Ibu mana yang gak senang kalau lihat anaknya sehat dan aktif bermain, alhamdulillah ada Stimuno yah 😊 jd referensi nih kelak

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania Sep 11, 2019, 7:54:00 PM

Asik banget nih ada bikin bento juga. Btw anak2 udah langgaman pakai stimuno sejak dulu.
Soalnya itu yg rasanya paling bisa diterima sama mereka :)

Reply Delete
Avatar
diahagustina65.com Sep 11, 2019, 8:08:00 PM

Alhamdulillah kemarin aku juga berkesempatan mengikuti acara ini, sebelum acara ini berlangsung aku fikir stimuno itu unruk vitamin penambah nafsu makan, ternyata aku salah banget karena stimuno merupakan obat untuk daya taha tubuh

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal Sep 11, 2019, 8:16:00 PM

Aku pakai stimuno ini buat anakku, karena sering kena ISPA apalagi musim kering seperti ini :(

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Sep 11, 2019, 9:10:00 PM

Stimuno wajib ada di kotak P3K. Biasanya anak-anak saya konsumsi kalau tubuh mereka sedang gak fit. Karena sekarang udah pada remaja, udah buka Stimuno yang cair lagi.

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati Sep 11, 2019, 9:48:00 PM

Setuju mb, yang terpenting stamina anak. Kalau stamina baik,, ga mudah terkena penyakit. Untuk itu nutrisi yang terbaik penting untuk anak. Kalau perlu ditambah suplemen berkualitas seperti stimuno ini...

Reply Delete
Avatar
Agatha Revindra Widori Sep 11, 2019, 10:38:00 PM

Aku juga berkesempatan hadir kemarin Mba, seneng aku bisa dengar secara langsung dari Prof Zaki.

Reply Delete
Avatar
echaimutenan Sep 11, 2019, 10:43:00 PM

Mak aku itu selalu sedia stimuno loh. Soale bener2 yang tokcer ke anak-anakku. Mau sakit dikit aja langsung kukasih stimuno ga jadi sakit loh

Reply Delete
Avatar
Mildani Sep 11, 2019, 10:47:00 PM

kata anak aku, stimuno ini enak jadi mereka kalo disodorin stimuno ya gak nolak sih, malah pernah sampai minta berkali2, kan gak boleh ya

Reply Delete
Avatar
Efi Sep 11, 2019, 11:13:00 PM

Aku pernah ngikutin talk show tetang pneumonia beberapa waktu lalu. Waktu ada film tentang ini yang dibintangi Bruce Willis kupikir penyakit langka dan cuma terjadi pada orang dewasa, ternyata anak-anak juga bisa kena, ya

Reply Delete
Avatar
Okti Li Sep 11, 2019, 11:41:00 PM

Sebelum mendaki biasanya saya beri anak Stimuno supaya ia lebih fit. Ya menjaga saja secara mendaki kan butuh ektra segalanya.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Sep 12, 2019, 1:06:00 AM

Anakku juga rajin mengkonsumsi stimuno mbak, apalagi sekarang musim cuaca ganti-ganti mudah terserang batuk pilek kalau enggak dijaga.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Sep 12, 2019, 5:28:00 AM

Stimuno bagus untuk anak dan orang dewasa ya, kami sering sediakan di rumah untuk menjaga daya tahan tubuh apalagi musim kemarau ini jadi mudah sakit

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha Sep 12, 2019, 9:11:00 AM

Ini vitamin yang selalu aku kasih ke anak2 kalau uda mulai terlihat ngedrop. Untuk memulihkan daya tahan tubuhnya :)

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif Sep 12, 2019, 10:39:00 AM

Klo sistem imun anak kuat, pasti akan kebal dari berbagai penyakit ya

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Sep 12, 2019, 10:48:00 AM

Stimuno harus selalu ada di rumah nih. Kalo anak-anakku minumnya pas keliatan Gejala sakit.

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Sep 12, 2019, 11:59:00 AM

Bentonyaaaa menggugah selera sekali umik. Yummyyyy. Btw si ken konsumsi ini umik, dia suka rasanya, trs jg memang stimuno ini membantu bgd jaga imun si kecil terutama pas lagi musim sakit kalau kata org sini.

Reply Delete
Avatar
Grandys Sep 12, 2019, 12:45:00 PM

Memang ya mba, penyakit seperti tuberkulosis dan vericella ini msering menjangkit anak-anak dan itu juga udah ak rasakan saat aku kecil dulu. Daya tahan tubuh yg tidak tercover oleh vitamin seperti stimuno ini

Reply Delete
Avatar
Wiwin | pratiwanggini.net Sep 12, 2019, 3:47:00 PM

Anak-anak saya jarang minum vitamin atau suplemen, tapi di rumah tetep sedia, salah satunya Stimuno ini.

Reply Delete
Avatar
Sash Sep 12, 2019, 7:37:00 PM

Melihat anak sakit itu memang menyesakkan ya. Rasanya pengen pindahin saja sakitnya ke kita, biar dia bisa langsung sehat. Sebagai orangtua kita memang harus melindungi anak secara prima, termasuk dengan memberinya vitamin yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Reply Delete
Avatar
Nefertite Sep 12, 2019, 7:55:00 PM

Jaga daya tahan tubuh wajib sih, bukan hany untuk anak-anak, orang tua juga.
Aku pernah konsumsi stimuno yang buat dewasa, biasanya kalau pas lagi banyak kerjaan.

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen Sep 12, 2019, 8:06:00 PM

Selain memenuhi asupan gizi melalui makanan, menambahkan stimuno untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak memang dianjurkan juga. Dulu Audiku malah dokter anaknya yang menganjurkan. Sekarang ponakan-ponakanku pun minum stimuno supaya tak gampang sakit.

Reply Delete
Avatar
Kartika Nugmalia Sep 12, 2019, 11:05:00 PM

Karena kalau anak sakit,emaknya juga keteteran ya. Apalagi ini lagi musimnya mbak. Kudu jaga banget biar stamina anak kuat menghadapi perubahan cuaca yang agak ekstrim ini ya.

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai Sep 13, 2019, 12:02:00 AM

Stimuni juga ada yang untuk orang dewasanya. Kalau anak-anak saya karena udah remaja, jadinya udah bukan yang cair lagi. Dulu mah Stimuno cair ini wajib ada di rumah

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com Sep 13, 2019, 12:43:00 AM

Aku pernah juga dengar tentang Stimuno ini mbak tapi belum pernah aku cobain ke anakku. Makasi atas ulasannya ya Mbak :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li Sep 13, 2019, 12:57:00 AM

Ilmu baru buat saya yg ga ikut acaranya. Secara punya anak itu tidak semudah orang bilang ih anaknya lucu gemesin ya...

Reply Delete
Avatar
duniaeni.com Sep 13, 2019, 7:44:00 AM

Kemarin Pijar batuk dama pilek, baru ringan gitu sihm aku kasih stimuno Alhamdullilah 2 hari sembuh loh

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian Sep 13, 2019, 7:49:00 AM

Andalan aku juga nih mbak kalau untuk daya tahan tubuh keluarga pakai Stimuno. Dulu awalnya tau pas kerja di kantornya hihihi

Reply Delete
Avatar
Dewi S Sep 13, 2019, 8:26:00 AM

Aku dari dulu selalu menekankan dua hal ini Mbak, istirahat dan makan yang cukup. Kalau dua itu udah tercukupi, biasanya imun anak bisa lebih kuat. Baru yang kedua mikirin gizi, kebersihan, dll. Tapi kadang ya gitu, kadang anak zaman now waktu makan dan istirahatnya mulai kurang, dengan aktivitas segambreng. Salah satu solusi ya minum vitamin dan suplemen ini :D

Reply Delete
Avatar
Belgie Sep 13, 2019, 10:09:00 AM

Berguna nih buatku yg mempunyai 3 anak, apalagi sering pergi2, kudu musti wajib ada di p3k keluarga

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Sep 13, 2019, 10:17:00 AM

Sepupuku pakai stimuno ini lho dia rutin minum 1 botol abis tapi berhenti beberapa minggu dan lanjut lagi jadi dikasih jeda gt kak, bagus sih buat daya tahan tubuh.

Reply Delete
Avatar
Lusi Sep 13, 2019, 10:57:00 AM

Anak2 tu kalau sakit bikin sedih banget. Langsung diem gitu biasanya berisik. Jangan sampai sakit2 lagi deh. Kekebalan tubuhnya harus benar2 dijaga.

Reply Delete
Avatar
Lusi Sep 13, 2019, 10:59:00 AM

Jadi kepikiran anak2 kecil di Pekanbaru yg sedang kena kabut asap. Mereka rentan kena ISPA karena kami sudah pernah mengalami. Semoga segera ada solusi.

Reply Delete
Avatar
Desi Namora Sep 13, 2019, 11:17:00 AM

Berarti cocok diminum buat anak2 yg rentan sakit ya Mba, karena ada kandungan utj penambah imunitas badan anak. Utk penambah multivitamin keluarga juga oke

Reply Delete
Avatar
Ida Sep 13, 2019, 11:23:00 AM

Musim kemarau panjang gini memang anak2 rentan kena penyakit saya tahan tubuhnya mmg musti dijaga betul2 nih..

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Sep 13, 2019, 11:29:00 AM

Musim batuk pilek mbak, si kecil saya dua2nya terserang batpil dan syukurnya sekarang udah sembuh dan mulai di jaga dengan stimuno.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Sep 13, 2019, 11:42:00 AM

Wah Stimuno, produk andalan buat sulungku waktu kecil nih. Dia yang susah makan, otomatis gampang sakit. Dengan Stimuno, dia jadinya gak gak sakit. Bagus deh Stimuno.

Reply Delete
Avatar
Natara Sep 13, 2019, 11:54:00 AM

Awalnya aku kira stimuno ini semacam multivitamingitu tau kak, hehehe baca artikel ini jadi sedikit tercerahkan deh...

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Sep 13, 2019, 12:18:00 PM

Kayaknya ASI juga ngaruh ya untuk daya tahan tubuh anak-anak..Dari.pengalaman si bungsu yang dapat ASI eksklusif ternyata lebih tahan dari virus dibanding kakaknya yang gampang sakit. Tapi aku juga sedia Stimuno sampai.sekarang, buat dikonsumsi meski gak tiap hari

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Sep 13, 2019, 12:47:00 PM

bentonya lucuuuu bangeeet. Btw aku juga pakai di rumah mba buat anak - anak..pernah beli yang buat dewasa juga

Reply Delete
Avatar
Arina Mabruroh Sep 13, 2019, 4:59:00 PM

Lucu banget bentonya... Bikin anak semangat makan ya.

Btw kalau anak sakit tuh memang capek lahir batin. Dari kemarin lusa anak-anak demam bergantian.. Rasanya nggak karuan. Cuaca lagi kurang bersahabat harus sedia suplemen biar nambah imumitas anak

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Sep 13, 2019, 8:15:00 PM

Musim kemarau nih, bentar lagi musim hujan. Harus siap-siap ya dengan Stimuno biar anak gak mudah sakit.

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Sep 13, 2019, 8:45:00 PM

Bentonya sangat menggoda, gemes jadi pengen bikin juga aku mba LId hahahah
Belajar banyak nih dari acara ini, makasih banyak mba udah dishare keseruannya

Reply Delete
Avatar
Demia Sep 13, 2019, 10:22:00 PM

akhir akhir ini emang lagi musim sakit kayanya yaa, apalai buat anak2 nih, emang wajib banget kayanya minum suplement tambahan nih

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Sep 13, 2019, 11:47:00 PM

Yeay, saya pakai ini untuk jaga kesehatan Salfa, Mbak
Alhamdulillah jarang sakit
Kalaupun sakit, nggak harus selalu ke dokter

Reply Delete
Avatar
Antung apriana Sep 14, 2019, 5:29:00 AM

Banyak manfaatnya ya ternyata Stimuno ini. Kayaknya saya perlu beli nih buat di rumah

Reply Delete
Avatar
Farhati Mardhiyah Sep 14, 2019, 12:04:00 PM

aku punya stok banyak stimuno di rumah, kalau mulai gak enak badan langsung didorong stimuno deeh

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah Sep 14, 2019, 1:45:00 PM

perlu banget sih ini stimuno stock dirumah, mantab bangettt mbaaa. sehat selaluu

Reply Delete
Avatar
Eva Sep 15, 2019, 1:19:00 PM

Setuju, kita harus menjaga kebersihan lingkungan, dan kesehatan anak

Reply Delete
Avatar
faradillah Sep 15, 2019, 2:07:00 PM

Aku stok stimuno dirumah jadi kalo ada keluarga yg sakit ga perlu beli ke apotik

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain Sep 16, 2019, 4:56:00 AM

Stok stimuno juga aku mba. Biar kalo anak anak ga gampang sakit ini dengan stimuno

Reply Delete
Avatar
mommy Sep 17, 2019, 8:05:00 AM

Penting banget nih punya stimuno buat anakku.
Buat temen-temen yang suka bereksperimen di dapur, silahkan kunjungi blog saya cookingandcuisine88.blogspot.com ...ditunggu komennya ya...

Reply Delete