Rekomendasi Kuliner Khas Solo

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Kuliner Khas Solo


Datang ke Solo saat lebaran tahun ini membuat saya nggak melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Solo yang menggugah selera. Sebetulnya datangnya pun mendadak alias nggak direncanakan sebelumnya. Jadi saat mudik ke Kudus itu, tiba-tiba saja langsung terinspirasi ke Solo, Jaraknya sih nggak sampai 4 jam Kudus-Solo. 

Dan pas udah sampai di Solo, Jawa Tengah tentu saja langsung di sepekati keliling untuk mencicipi kuliner khas Solo. Pas keliling Solo, saya ditemani sepupu yang memmang menetap di Solo. Dia sempat tanya ke saya, kuliner khas Solo apa yang saya inginkan. “Apa aja deh asal enak dan khas,” kata saya. Sebetulnya itu adalah kunjungan ketiga saya ke Solo. Tapi selama dua kali kunjungan ke Solo saya tak sempat kemana-mana karena sibuk ngajar dan datang lagi pas nikahan sepupu tujuh tahun lalu. Sudah lama banget ya?

Srabi Solo
Maka kedatangan ke Solo saat itu seolah ingin menghapus rasa penasaran sata atas nikmatnya kuliner khas Solo yang melegenda. Seingat saya, pas ke Solo saya hanya sempat mencoba selat solo dan srabi Solo. Jadi pas datang ke Solo lagi, langsung mencari kuliner khas Solo lain. Apalagi ini pertama kali untuk adik dan keluarganya datang ke Solo.

Jadi, kami pun keliling Solo dan mencari kuliner khas Solo. Tapi perjalanan sempat terhalang dengan macet dalam kota yang terasa agak sedikit menganggu. “Kalau mau di tempat yang terkenal, pa slebaran gini penuh loh Chi. Tapi nggak papa kita coba saja,” kata sepupu saya. Kuliner khas Solo apa saja yang kami datangi ?

Sate Buntel

Pas sepupu saya bilang ada sate buntel, saya sempat nanya berulangkali apa sih sate buntel ? Kok namanya sate buntel? Pas saya nanya gitu sepupu saya balik nanya “Emang belum pernah makan sate buntel ? Kami kemudian mencoba sate buntel bu Bejo yang katanya terkenal dan jadi langganan Jokowi, Presiden Indonesia. Pas nyampe di depan warung satenya, penuhnya luar biasa. Masih banyak juga yang belum dapat tempat duduk. Lalu lokasinya juga penuh dengan asap bakar sate yang memenuhi ruangan.
Akhirnya kami melaju juga di tempat lain yang menjual sate buntel. Pas nyampe di warung satenya, trus udah mau duduk eh teryata sate buntelnya habis. Adanya sate kambing biasa dan tentu saja saya kurang tertarik karena sate kambing biasa juga mudah ditemui dimana saja. Akhirnya, kami pun mencari sate buntel yang dekat rumah sepupu saya.

Sate Buntel
Pas nyampe, hanya sisa tiga tusuk sate buntel seharga Rp 35 ribu dan teryata milik orang. Saya minta ijin foto dulu dan teryata penjualnya datang dan bilang “Mba, ini teryata pembelinya nggak jadi beli. Kalau mau, silakan beli,” katanya. Yes! Akhirnya bisa nyobain sate buntel juga. Kalau kata sepupuku, sate buntel ya rasanya hampir sama.  

Saya dan keluarga minus adik yang nyelip 
Sate buntel itu adalah daging kambing yang telah dicincang halus dan dibungkus gajih (kayak lemak tipis). Soal rasa ya kerasa daging kambing pastinya. Hehhe. Tapi menurut saya lebih enak kalau sate buntel itu dicocol ama saus kecap pedas. Nah itu baru mantep.

Es Dawet Telasih

Sebetulnya banyak yang jual es dawet telasih. Termasuk di Pasar Gede Solo. Tapi karena bawa anak-anak dan udah nggak pengen lama, kami mampir ke rumah makan Es Masuk Gajahan yang menjual berbagai makanan khas Solo.




Saya pesan es dawet telasih seharga Rp 7000 dan adik saya pesan es klengkeng dengan harga yang sama. Soal rasa, ya menurut saya mungkin karena tempatnya apa gimana ya jadi menurut saya nggak terlalu spesial. Mungkin makin enak kalau makannya di Pasar Gede ya yang punya banyak pilihan es dawet telasih enak.


Srabi Notokusuma

Datang ke Solo jangan sampai nggak ke Srabi Notokusuma. Dua kali beli Srabi dan nggak penuh pengunjungnya. Eh teryata pas datang pas lebaran malah penuh banget. Saya sudah mau mundur saja tapi sepupu saya bilang jangan trus dia mau bantu ngantri. Cara untuk beli srabi ini pun beda. Jadi, kita antri dulu untuk pesan srabi. Setelah itu antri untuk bayar. Kemudian terakhir ngantri untuk ambil barang yang telah dipesan.

Proses masak srabi

Bagian luar toko yang penuh banget

Tiga kali ngantri ini makan waktu sekitar hampir satu jam. Tapi saya bersyukur masih bisa beli oleh-oleh srabi buat ipar dan mertua di Kudus serta untuk adik bawa pulang ke Surabaya. Kami pun sempat makan Srabi ini dalam perjalanan dari Solo ke Kudus. Bagi saya, makan srabi ini paling enak saat masing panas. Rencananya, saya mau nulis di postingan tersendiri soal Srabi ini. 

Sebetulnya ada banyak kuliner khas Solo yang enak dan menggugah selera. Tapi sayangnya saya nggak sempat mencoba berbagai kuliner khas Solo. Harapannya sih bisa datang lagi ke Solo dan nyoba berbagai rekomendasi kuliner khas Solo.

Teman-teman sudah pernah nyoba kuliner khas Solo apa saja ?



39 comments

Avatar
gifta Jun 24, 2019, 3:02:00 PM

Waktu mampir ke Solo akhir tahun 2017 lalu, saya sempat nyobain Tengkleng Mba Diah. makanannya enak sih meski ada beberapa menu yang kehabisan. Tapi memang tempatnya rame, mungkin karena saya datang pas libur tahun baru ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 25, 2019, 8:19:00 AM

Iya kayaknya pas liburan gitu emnang penuh yaa

Reply Delete
Avatar
Lidya Jun 24, 2019, 5:04:00 PM

Sarabi notokusuma ini bikin ketagihan mbak, serabinya beda gak seperti jenis serabi yang ada di Jawa Barat ya. Nah kalo sate buntel aku belum pernah nyobain

Reply Delete
Avatar
Lusi Jun 24, 2019, 6:52:00 PM

Yang belum pernah dawet telasih nih. Kuliner solo banyak tapi tiap sampai solo malah kebingunan sendiri mau kemana. Besok lagi wajib dicatet dulu biar nggak terlewat.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 25, 2019, 8:19:00 AM

ahhaha saking banyak pilihan yaa

Reply Delete
Avatar
Mugniar Jun 24, 2019, 7:06:00 PM

Ooh sate buntel itu daging kambing yang dicincang halus? Unik yaa. Dibanding sate kambing biasa, mahalan sate buntel ya Mbak Lid?

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila Jun 24, 2019, 8:16:00 PM

kadang kalo ditanya mama mertua, "fanny mau cobain kuliner solo apa lagi?", aku pgs bingung mba. krn perasaan udh semuaaa hahahahahs... fav ku yaaa kalo ke solo, itu bakmi ketoprak yu nani, enaaak bangetttt ituuuu. trus selat solo mbak lies pastinya. es krim tentrem, ini es krim jadul yg udh lama ada. kalo soto2an, aku suka soto seger hj fatimah/mbok giyem nama nya yg dulu, soto triwindu, soto gading..

trus tengkleng di pasar klewer, di pasar yg sama ada jg yg jual bubur lemu, trus brambang asam itu juga uniiik.

kalo ke daerah kaliurang, ada sop buntut khas solo. itu enaak juga. gede2 muraaah.

kalo sarapan pagi, deket rumah mama di jalan cakra ada yg jual cabuk rambak enak. itu cm pas sarapan. ohiyaaa, kalo ada waktu, cobain gudeg ceker bu kasno yg buka jam 2 pagi, dan antriannya gilaaaakkkkkk. aku awal2 sampe bilang ke suami, itu yg antri beneran orang:p wkwkwkwkwkk... tp bela2in nyoab, daaaan emag enaaak siik hahahahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 25, 2019, 8:20:00 AM

Yaah ntar kalau ke SOlo lagi kayaknya aku harus colek mba Fanny nih. Hahhaa

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa Jun 24, 2019, 9:09:00 PM

Ya ampun kok harganya murah yaa, enak banget bisa makan minum sepuasnya 🤩.. oiya aku tertarik sama srabinya, pinggirannya tipis kaya martabak mini

Reply Delete
Avatar
Memez Jun 25, 2019, 12:01:00 AM

Postingan ini bikin aku kangen Solo, dan memang semua makanan di Solo tuh enak banget deh..Eitss... belum ada Selat Solo nih, konon kalau ke Solo belum afdol kalau ngga makan selat solo ya. Trus sate buntel itu memang kudu dicoba.... yummy banget.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Jun 25, 2019, 5:39:00 AM

Tadinya aku tuh fanatik Jogja only lho mba. Blasss ngga ada rasa pengin ke Solo. Eh, ndilalah, ikutan acara IYES dan nginep di Solo, dan wowwwww, SOLO itu kotanya kereeeennn banget! Rapi dan menawan! Kulinernya ulalaaa.... fix! AKu kudu cuss ke Solo lagi ama kiddos
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian Jun 25, 2019, 7:51:00 AM

Duh enaknyaaaaah , srabi, soto buntel apalagi es klengkengnya seger banget sih mak lidaaaa.. langsung pengen kulineran ke solo nih.. huhu

Reply Delete
Avatar
Nur Arviani Jun 25, 2019, 1:37:00 PM

es kelengkengnya kayanya enak tuh seger seger, btw awalnya aku kira itu teh leci hehehe ternyata kelengkeng

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com Jun 25, 2019, 5:09:00 PM

aku jadi ngeces pas liat fotonya mbak, kayaknya enak hahaa aku pengen serabi solo, sate buntel sama es klengkengnya donk :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Jun 25, 2019, 7:58:00 PM

Wow panjang amat itu antrian surabinya. Kalo aku udah putar balik deh. Kemarin ke Solo cuma makan gude.

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara Jun 26, 2019, 1:58:00 AM

Senang kalau ke solo. Pilihan kulinernya macam-macam dan harganya murah

Reply Delete
Avatar
Liza-fathia.com Jun 26, 2019, 8:47:00 AM

Aku pingin es dawet sama sate buntel. Kayaknya lezatoss banget mbak lda

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jun 26, 2019, 9:16:00 AM

Aku apa yah kalau ke SOlo macam-macam Ummi yang jelas harganya MURAH waktu itu aja beli bubur beda pada umumnya cuman 4ribu aku sampe bengong dulu wkwkwk...

btw rezeki itu dapet sate bundel ummi 3 tusuk 35k lumayan ya harganya hahaha

Reply Delete
Avatar
Rina Jun 26, 2019, 11:04:00 AM

Jajan khas solo yg pernah sy coba serabi solo krn ada penjualnya di tangsel sini...terkenal enak

Reply Delete
Avatar
Eni Rahayu Jun 26, 2019, 2:39:00 PM

Saya belum pernah nyoba semua, hihihi, penasaran sama sate buntelnya. Kalau serabi mah di Malang ada cuman katanya kalau Notokusumo nih rasanya lain dari yang lain, benar gak sih mba?

Reply Delete
Avatar
Eskaningrum Jun 26, 2019, 3:52:00 PM

Lebaran kemarin pun aku makan sate buntel loh. Enak banget kenyang deh pokoknya. Btw kenapa kita gak ketemuan aja wong sama-sama mudik ke Solo ya

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan Jun 26, 2019, 5:11:00 PM

Penasaran deh ama sate buntelnya. Baru tau dari postingan ini ada sate buntel. Hehe

Reply Delete
Avatar
Tami Oktari Jun 26, 2019, 5:58:00 PM

Belum pernah ke Solo dan jadi tertarik untuk kesana nih. Kalau utk srabi nya pernah coba yg disini tp gatau rasanya autentik solo atau enggak.

Reply Delete
Avatar
Tori Jun 26, 2019, 6:25:00 PM

kalo liburan ke solo lagi jgn lupa cobain nasi liwet sama selat solo mba hehe. aku orang solo nih haha suka bgt makan itu XD

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Jun 26, 2019, 6:43:00 PM

Aku kalo ke Solo paling suka makan tengkleng sama sate buntel. Tapi dulu sih waktu suami masih sehat. Sekarang udan enggak berani makan daging kambing meski udah sehat. Nah kalo serabi Solo mah nggak boleh ketinggalan, sama karak gendar yang legendaris. Kami beli di tempat pembuatnya langsung

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jun 26, 2019, 8:24:00 PM

Akuu...aku kak Lid,
Ga bisa move on dari Surabi Notosuman.

Ini serieesss...enak banget.
Ga ada duanya.
Hahhaa....dan katanya orang Solo sendiri, yang enak cuma ada di jalan itu. Kalau di cabang lainnya, ga enak.
((ku lupa nama jalannya...karena aku punya sepupu orang Solo...hehehe))

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jun 27, 2019, 9:41:00 AM

Di Solo masih ada makanan yang ramah di kantong..
Kangen ke Solo...

Terakhir ke Solo bareng keluarga besar Babe rahimahullah...

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama Jun 26, 2019, 10:28:00 PM

Sate buntel aku belum. Es dawet telasih yg di pasar aku cobanya. Terus serabi notosuman, selat solo, soto triwindu, es krim Tentrem, dll lumayan banyak mbak. Hehe

Reply Delete
Avatar
Laksmipaopao Jun 26, 2019, 10:45:00 PM

Saat aku di solo lokasi aku datangi saat berkuliner adalah warung bakso enak banget deh hehehe

Reply Delete
Avatar
Sara Neyrhiza Jun 26, 2019, 11:13:00 PM

Sebagai wong solo, masih banyak menu lain yang recommended. Seperti nasi liwet, cabuk rambak, tengkleng, selat. Semoga kapan kapan bisa nyoba lainnya ya mbak

Reply Delete
Avatar
Cilya Jun 27, 2019, 5:09:00 AM

Kangen Srabi ya ampuun. Aku jadi mau cari kue serabi nih jadi nya. Sudah lama aku ngga makan srabi *lebay. Tapi beneran, baca review kuliner mu jadi kangen saja sama makanan ini. Kalo es dawet masoh sering jumpa. Btw seru ya mba liburan lebaran kemarin, puas dong ya cicipi kuliner disana

Reply Delete
Avatar
Novi Handayani Jun 27, 2019, 9:18:00 AM

baru ini aku tau sate buntel beb, ternyata unik juga ya bentuknya, ga kayak sate yg biasanya. penasaran sama rasanya :D

Reply Delete
Avatar
Novi Handayani Jun 27, 2019, 9:18:00 AM

baru ini aku tau sate buntel beb, ternyata unik juga ya bentuknya, ga kayak sate yg biasanya. penasaran sama rasanya :D

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi Jun 27, 2019, 9:29:00 AM

jadi kangen solo, udah lama nggak mudik kesana, tapi aq kalau mudik cuma sehari di solo, jadi nggak pernah wisata kuliner, hihihi sate buntel mirip kaya sate lilit dari bali bentuknya mbak, sebenernya aq gak terlalu suka sate kambing karena suka masih bau, tapi ini karena bentuknya beda jadi tertarik pingin nyobain, bau kambingnya masih terasa gak sih mbak ?

Reply Delete
Avatar
Suzannita Jun 27, 2019, 9:54:00 AM

Aku jadi pengen main ke Solo lagi, aku pengen makan serabi nih mbak, duh kangen suasana Solo

Reply Delete
Avatar
Grandys Jun 27, 2019, 10:01:00 AM

Ya ampuuuun surabi Notosuman is my loooop banget mba Lid. Pengen banget nyobain langsung surabi Notosuman langsung d Solo, semoga dalam waktu dekat bisa k Jogja sekalian naik pramex buat sampe k Solo. Aamiin.

Reply Delete
Avatar
Roma Pakpahan Jul 22, 2019, 5:00:00 PM

Betewe saya belum pernah ke Solo. Penasaran dengan srabinya, Mbak. 😍

Reply Delete