Solusi Mencegah Penyakit Kritis Sejak Dini dengan Perlindungan AXA Mandiri

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Solusi Mencegah Penyakit Kritis Sejak Dini dengan Perlindungan AXA Mandiri


Takkala mendengar ada kenalan terkena penyakit kritis, langsung teringat mama yang meninggal delapan tahun lalu. Mama meninggal terkena penyakit kritis yakni kanker serviks. Sebelumnya, nenek saya pun meninggal karena penyakit kanker serviks yang disebut sebagai penyakit kritis yang mematikan dan banyak dialami perempuan.

Boleh dibilang, tak ada yang ingin mengalami penyakit kritis. Siapa yang ingin menderita sakit yang membuat harta dan benda hilang dalam sekejap mata ?  Lalu, apa yang harus dilakukan? Apakah kita harus hidup tanpa memperdulikan pentingnya menjaga kesehatan? Saya kira.

Ilustrasi terkena serangan jantung, salah satu penyakit kritis. Sumber : pixabay.com

Satu hal yang harus kita lakukan adalan mencegah penyakit kritis sejak dini. Jangan sampai keluarga mengalami penyakit kritis dan kita pun sedih kehilangan. Kemudian, apa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kritis? Solusi apa yang bisa dilakukan untuk pencegahan ini ?

Talkshow Ayo Cegah dan Pahami Penyakit Kritis Sejak Dini

Kamis, 27 Juni 2019, AXA Mandiri melaksanakan health talk bertajuk “Ayo Cegah dan Pahami Penyakit Kritis Sejak Dini”. Acara yang dilaksanakan pada pukul 1300 WIB di rumah sakit MRCCC Siloam Semanggi ini menghadirkan dua narasumber utama yakni :
  • Dr. Indra Manulang, Spesialis Penyakit Jantung Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi,
  • Bapak Handoyo Gunawan Presiden Direktur PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri)

Sebelum membahas tentang penyakit kritis, acara diawali dengan sambutan dari Bapak Handoyo Gunawan. “Penting untuk hidup sehat dan pahami penyakit kritis sejak dini,” kata Pak Handoyo 
 
Bapak Handoyo Gunawan, AXA Mandiri. Sumber foto : Eni Martini  
Dokter Indra membahas tentang penyakit jantung yang merupakan penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Penyakit jantung adalah penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan fungsi jantung. Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan jenis penyakit di jantung yang paling sering terjadi. Penyakit jantung koroner muncul karena adanya penumpukan plak di dalam arteri koroner yang menghambat aliran darah ke jantung. Aliran darah yang tak lancar ke jantung ini yang kemudian meningkatkan risiko serangan jantung dan komplikasi lainnya.

Penyakit jantung koroner biasanya disebabkan oleh menumpuknya kolesterol sehingga membentuk  plak pada dinding arteri dalam jangka waktu yang cukup lama. Di Indonesia, berdasarkan data Riskesdas 2013, jenis penyakit jantung dan pembuluh darah adalah penyakit jantung koroner. Berdasarkan World Health Organization (WHO), penyakit jantung menyebabkan lebih dari 23 juta jiwa per tahun pada 2030.

Penyakit jantung ini kini tidak hanya identik dengan penyakit yang dialami orang lanjut usia. Tapi juga ada anak usia 18 tahun telah mengalami penyakit jantung koroner.
 
Dokter Indra. Sumber foto : Eni Martini 
Penyakit jantung koroner merupakan salah satu dari beberapa penyakit jantung yang ada. Secara keseluruhan, jenis penyakit jantung adalah :
  • Penyakit arteri koroner (penyakit jantung koroner) – penyempitan pembuluh darah jantung.
  • Aritmia : gangguan pada irama jantung
  • Penyakit jantung bawaan :  kelainan jantung sejak lahir
  • Kardiomiopati : gangguan pada otot jantung.
  • Infeksi jantung : infeksi pada jantung akibat bakteri, virus, atau parasit.
  • Penyakit katup jantung : gangguan pada salah satu atau keempat katup jantung.

Serangan jantung yang parah atau terlambat ditangani bisa menyebabkan komplikasi hingga berakibat kematian. Komplikasi tersebut meliputi aritmia, gagal jantung, syok kardiogenik dan jantung robek.

Mengapa muncul serangan jantung akibat sakit jantung koroner? Ini karena ada kematian sebagian otot jantung disebabkan oleh terhentinya pasokan darah akibat tersumbatnya satu atau lebih pembuluh koroner oleh gumpalan darah (trombus).

Apabila terjadi serangan jantung koroner, maka harus dilakkan empat cara utama yakni :
  • Menghilangkan keluhan nyeri dada
  • Stabilisasi hemodinamik
  • Mengurangi perluasan kerusakan otot jantung
  • Pembukaan sumpatan pada pembuluh koroner. Pembukaan ini bisa menggunakan obat-obatan hingga dilakukan bedah pintas koroner.

“Pertolongan sakit jantung waktunya jangan lebih dari 60 menit karena ini golden period untuk penanganan medis,” kata dokter indra.

Untuk mencegah munculnya penyakit kritis seperti penyakit jantung, harus diketahui juga apa saja gejalanya. Nah, gejala yang dirasakan penderita penyakit jantung adalah nyeri dada, sesak napas, pusing, gelisah dan keringat dingin.

Namun, penyakit jantung juga ada yang tanpa gejala namun langsung mengalami henti jantung dan menyebabkan kematian. Jangan heran, penyakit ini kemudian kerap kali disebut sebagai sillent killer. Beberapa kasus menunjukkan bahwa tak ada yang menyadari bahwa dirinya mengalami penyakit jantung atau gejala-gejalanya.

Dan ini tentunya bisa dilakukan dengan cara mencegah munculnya penyakit jantung sejak dini. Pergeseran gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah pasien penyakit kritis. “Kini sudah mulai banyak orang usia muda yang terkena penyakit jantung, padahal jaman dulu itu adalah penyakit orang tua. Beberapa contoh gaya hidup yang mempengaruhi timbulnya penyakir kritis di antaranya adalah merokok dan stress berlebihan,” jelasnya. Mencegah penyakit jantung sejak dini dapat dilakukan dengan melakukan gaya hidup sehat.
  • Memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan serat
  • Mengobati diabetes dan hipertensi
  • Berolahraga secara teratur
  • Berhenti merokok
  • Menghindari minuman beralkohol
  • Mengelola stres dengan baik

Solusi Mencegah Penyakit Kritis dengan Perlindungan AXA Mandiri.

Seperti yang saya ungkapkan di atas bahwa terkena penyakit kritis ini membuat kehilangan harta dan nyawa. Boleh dibilang, harta yang dihimpun seumur hidup bisa lenyap ketika saah satu mengalami penyakit kritis. Tak ingin seperti itu kan?

AXA Mandiri menawarkan solusi perlindungan dan perencanaan keuangan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan setiap tahapan kehidupan masyarakat. Dengan menggunakan AXA Mandiri, bisa menyiapkan kehidupan yang lebih baik dengan memperkenalkan salah satu solusi perlindungan, yaitu Solusi Perlindungan Penyakit Kritis yang memiliki manfaat :
  • 100% uang pertanggungan untuk stadium awal
  • Perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun
  • Perlindungan terhadap 120 kondisi kritis dari stadium awal sampai dengan usia 85
  • 100% uang pertanggungan untuk stadium akhir
  • Hingga 250% uang pertanggungan untuk kondisi kritis
  • Loyalty bonus mulai tahun polis ke-7 sampai dengan akhir masa pertanggungan
  • Bebas biaya alokasi premi (bid offer) & biaya pengalihan dana investasi (switching)
  • Biaya akuisisi yang kompetitif hanya tahun pertama

Selain berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera solusi perlindungan penyakit kritis, AXA Mandiri juga telah meluncurkan beberapa solusi perlindungan lainnya, yaitu Solusi Perlindungan Jiwa dan Solusi Perlindungan Kesehatan.

“Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin meningkatkan perlindungan diri dan keluarga, melalui berbagai manfaat yang terdapat pada solusi perlindungan jiwa, kesehatan dan penyakit kritis. Melalui inovasi tersebut, AXA Mandiri mewujudkan komitmen untuk selalu hadir di setiap momen kehidupan masyarakat,” lanjut Handojo.

Bagaimana cara teman-teman mencegah penyakit kritis ?

25 comments

Avatar
Molzania Jun 29, 2019, 2:00:00 PM

lengkap. saya suka penjelasannya. tambah ilmu. tapi innalillahi semoga kita semua dijauhkan dari penyakit kritis ya mbak :(

Reply Delete
Avatar
Mira Utami Jun 29, 2019, 8:51:00 PM

Kalau aku okelah bisa dimulai, pelan kurangin kebiasaan buruk. Aku berharap suami juga ikutan juga untuk mulai menjalankan pola hidup sehat. Doakan yappp

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Jun 29, 2019, 9:46:00 PM

baru aja kejadian, mi. temennya kifah ayahnya meninggal ramadhan kemarin, mendadak, kayaknya serangan jantung. Usia anaknya baru 8 thn dan 8 bulan, kasian skrg jd yatim, sekolahnya pun pindah ke kampung ibunya, rumahnya di sini juga dijual. Sedih banget kehilangan keluarga apalagi ayah secara mendadak bgtu karena sakit.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Jun 29, 2019, 11:00:00 PM

AXA Mandiri emang sering bgt direkomendasikan.
Karena kata temenku, klaimnya mayan cepet gitu sih mba
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Uci Jun 30, 2019, 5:42:00 AM

Penyakit kritis diantaranya penyakit jantung semakin hari semakin menakutkan karena tidak kenal usia ya, kita harus semangat merubah perilaku kita untuk lebih sehat dan ikut asuransi kesehatan seperti AXA Mandiri untuk proteksinya

Reply Delete
Avatar
Mechta Jun 30, 2019, 8:01:00 AM

Ya Allah semoga kita semua terjaga dari semua penyakit ya.. aamiin.. tapi kita perlu tahu juga info perlindungan seperti AXA Mandiri ini. TFS ya mba..

Reply Delete
Avatar
Anne Adzkia Jun 30, 2019, 8:24:00 AM

Saya agak parno kalau dengar penyakit mbak. Karena pengalaman mama juga meninggal akibat kanker hati. Dunia seperti diputar balik 180 derajat, kebahagiaan hilang dalam sekejap. Sedihnya gak habis-habis. Memang ini jadi pelajaran buat kita jaga kesehatan, agar kualitas hidup keluarga baik. Memang urusan takdir milik Allah, tp jaga kesehatan adalah ikhitiar kita.

Reply Delete
Avatar
YSalma Jun 30, 2019, 10:44:00 AM

Semoga kita semua selalu dalam berkah sehat.
Menurut saya, menjalani pola hidup sehat adalah ikhtiar penjegahan awal, selanjutnya mempersiapkan diri untuk kondisi jaga-jaga salah satunya proteksi dengan asuransi ya.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 1, 2019, 8:58:00 AM

Aamiin...aamiin.
Pencegahan dengan merubah gaya hidup ini adalah yang terbaik.

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan Jun 30, 2019, 11:24:00 AM

Bagaimanapun, kita tetap butuh perlindungan dari asuransi kesehatan mandiri karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Hidup ini penuh ketidakterdugaan. Masalah kesehatan adalah masalah utama dalam kehidupan. Tak ada yang menjamin bahwa kita akan selamanya sehat terus, ada masa kala kita sakit dan butuh perlindungan dari asuransi karena biaya pengobatan sudah tentu mahal sesuai kadar jenis penyakitnya apa.
Adanya AXA Mandiri justru bisa membantu nasabah agar bisa tenang menjalani hidup karena sudah punya jaminan asuransi kesehatan yang tepercaya.

Reply Delete
Avatar
Laksmipaopao Jun 30, 2019, 10:42:00 PM

semoga kita semua selalu dalam kesehatan dan dihindarkan dari segala macam penyakit yang membahayakan.. sedia payung sebelum hujan ya

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak Jun 30, 2019, 10:43:00 PM

Semoga kita selalu dilindungi Allah dari musibah ya mbak Alida. Tapi tetap harus banyakin doa dan ikhtiar dg menjaga kesehatan juga

Reply Delete
Avatar
Tami Oktari Jun 30, 2019, 11:14:00 PM

Aku masih awam sih mba mengenai asuransi gini. Dan untuk AXA mandiri ini udh cukup sering denger tp blm begitu paham hehe

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid Jul 1, 2019, 1:25:00 AM

Jaga kesehatan dan ikut asuransi adalah salah dua yang wajib kita lakukan untuk memproteksi diri yaa, Mba. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan, amiiin 😇

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Jul 1, 2019, 4:45:00 AM

Sejak puasa kemarin, aku berusaha menjaga pola makan sehat. Kalau olahraga, masih belum mulai karena puasa wkwkwk .. semoga kita sehat selalu yaa.

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono Jul 1, 2019, 5:36:00 AM

Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu timbulnya penyakit kritis ya mba. Makanya penting menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain menjaga kebugaran tubuh, setidaknya kita juga hrs proteksi diri dalam bentuk perlindungan baik jiwa dan kesehatan. AXA Mandiri menjadi pilihan yang tepat bagi siapapun yang ingin proteksi diri agar jiwa dan kesehatannya terlindungi.

Reply Delete
Avatar
Ida Jul 1, 2019, 6:18:00 AM

Duh baca2 soal penyakit kronis kayak begini jd ngeri ya.. semoga kita terhindar dr penyakit 2 ..btw sedia payung sebelum bukan memang okeh tuh

Reply Delete
Avatar
Arinta Adiningtyas Jul 1, 2019, 6:28:00 AM

Usaha saya agar terhindar dari penyakit kritis, selain mencoba untuk rutin berolahraga, banyak makan sayur dan buah, juga berusaha untuk mudah memaafkan. Mudah memaafkan, jadi mudah terhindar dari stress.

Kalau soal pekerjaan yang banyak sih, nikmati aja, jangan dibawa stress, hehe..

Satu lagi, rajin berdoa agar selalu diberi kesehatan. :)

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Jul 1, 2019, 7:44:00 AM

Bener banget mba Alids kalau udah kenanpenyakit kritis harta yang dikeluarkan itu banyak banget dan lama kelamaan bisa habis makanya penting banget punya yang namanya asuransi biar ke bantu.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 1, 2019, 7:53:00 AM

Suka merinding sama yang mendadak meninggal yaa, kak...
Selain pas di posisi keluarga yang ditinggalkan atau posisi yang mendadak meninggal, semoga dalam sebaik-baik keadaan.

Perlindungan dengan AXA Mandiri bisa jadi salah satu cara proteksi untuk keluarga yang di cintai.

Reply Delete
Avatar
Ameliasepta Jul 1, 2019, 8:13:00 AM

Kita itu emang selalu gak tau yah kak sama apa yang bakal terjadi di depan sana. Jadi sebaiknya lebih baik jaga-jaga. Selalu hidup sehat, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Semoga kita semua diberi umur panjang ya kak :))

Reply Delete
Avatar
Suzannita Jul 1, 2019, 8:40:00 AM

Penyakit jantung ini bisa menghantui siapa saja baik tua dan muda termasuk yang suka olahraga sekalipun jadi kita harus lebih berhati-hati lagi termasuk dalam menjaga pola hidup sehat

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti Jul 1, 2019, 8:43:00 AM

Asuransi penting untuk memberikan perlindungan. Semoga kita semua terhindar dari penyakit kritis dan senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah, aaamiin. Cara saya dan keluarga supaya terhindar dari penyakit tersebut, tentunya pertama berdoa dan kedua ikhtiar untuk menjalankan hidup sehat dan memilih asupan yang tentunya sehat dan bersih. Ada banyak makanan enak, belum tentu aman to. Yaa, prihatin lah kalau ada makanan enak, boleh saja sesekali asal gak saban hari

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta Jul 1, 2019, 9:11:00 AM

Ngeri juga ya klu sampai terkena penyakit kritis karena bukan cuma nyawa saja yang bisa melayang, tapi harta juga bakal terkuras untuk biaya pengobatan, dll. Yah, semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit kritis seperti kanker servix dan penyakit jantung ini ya Mbak.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Jul 1, 2019, 9:49:00 AM

Baru menyadari mba, makin ke sini, makin banyak anak muda yang terkena penyakit yang dulunya hanya diderita oleh orang-orang tua saja. Gaya hidup yang tidak sehat memang beneran memicu turunnya daya tahan tubuh dan gampang terserang penyakit ya.

Reply Delete