Pelaksanaan MUET Malaysia di Knowledge Link Intercultural School (KLIS)

MUET Malaysia untuk kemampuan bahasa Inggris. MUET Malaysia sangat diperlukan untuk yang kuliah di Malaysia. Ada yang sudah pernah ikut MUET Malaysia

Pelaksanaan MUET Malaysia di Knowledge Link Intercultural School (KLIS)


Apakah teman-teman ingin kuliah di Malaysia ? Jika iya, salah satu syarat yang harus ditempuh adalah mengikuti MUET Malaysia. Oh ya, pernah mendengar kata MUET Malaysia ? Jadi, MUET Malaysia adalah Malaysia University English Test, persyaratan utama bagi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di universitas di Malaysia.

MUET Malaysia merupakan tes kemampuan bahasa Inggris.  Jadi, selain menggunakan IELTS dan TOEFL, juga harus melampirkan MUET Malaysia jika ingin melanjutkan pendidikan di Malaysia. Tes kemampuan berbahasa Inggris ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengikuti pendidikan tinggi.

cata tes bahasa inggris muet malaysia



Ngomong-ngomong soal kemampuan bahasa inggris, saya sempat merasakan kesulitan ketika menempuh kuliah pascasarjana di Universitas Indonesia. Saat kuliah itu, materi yang diberikan kebanyakan berasal dari buku atau jurnal internasional. Dan itu berarti kemampuan bahasa Inggris harus di atas rata-rata.

Saya sempat tak percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris yang saya miliki. Namun lama kelamaan, saya semakin terasa untuk menggunakan bahasa Inggris serta memperdalam bahasa Inggris selama menjalankan kuliah. Bagaimanapun, kemampuan berbahasa Inggris merupakan syarat mutlak jika melaksanakan pendidikan.

cara tes bahasa inggris muet malaysia

tes bahasa inggris muet malaysia


Termasuk saat ingin melaksanakan kuliah di Malaysia, ada standar wajib yang harus dipenuhi yakni pelaksanaan MUET Malaysia ini. Lalu, dimanakah pelaksanaan MUET Malaysia ini ? Kini, tes kemampuan bahasa Inggris, MUET Malaysia, dapat dilaksanakan di KLIS (Knowledge Link Intercultural School), sekolah yang dimiiki oleh KLIS.

“Biaya MUET Malaysia lebih murah dibandingkan IELTS dan TOEFL,” ungkap Ketua Eksekutif 1 Majlis Peperiksaan Malaysia (MPM) Adnan bin Husin. Ada empat komponen MUET Malaysia yakni listening (15%), speaking (15%), reading (40%) dan writing (30%).

Pelaksanaan MUET Malaysia ini berbeda dengan IELTS maupun speaking. Jika rata-rata tes dilaksanakan dalam sehari, MUET Malaysia ini dilaksanakan bisa lebih dari sehari tergantung berapa jumlah peserta yang ikut.

KLIS untuk Pelaksanaan MUET Malaysia

Mengapa KLIS yang digandeng Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia untuk pelaksanaakn MUET Malaysia? “Kami bangga mendapat kepercayaan dari Kedutaan Malaysia untuk melaksanakan MUET Malaysia,” kata Dato Radzi Saleh, Presiden Direktur K-Link Indonesia.

Ada berbagai keunggulan yang dimiliki KLIS sehingga dipercaya sebagai tempat tes kecakapan bahasa Inggris sebelum kuliah di Malaysia yakni :
  • Memiliki pengajar yang berkualitas dan bersertifikat internasional
  • Berdasarkan kurikulum nasional UK
  • Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
  • Lingkungan komunitas yang internasional
  • Telah bekerjasama dengan lebih dari 15 mitra universitas di seluruh dunia
  • Tempat belajar yang nyaman dengan fasiitas lengkap

Di KLIS, ada tiga jenjang pendidikan saat ini yakni : KLIS Primary School (Sekolah internasional setingkat SD), KLIS Secondary (sekolah menengah setingkat SMP) dan K-Link Care Center yang untuk anak-anak berkebutuhan khusus.  

Untuk kurikulum international KLIS Secondary menggunakan kurikulum Oxford AQA dan KLIS Primary menggunakan kurikulum Cambridge.

Ada yang penasaran apa saja sih fasilitas KLIS? Saya sempat berkeliling KLIS untuk tahu tentang apa saja fasilitas yang diberikan jika menuntut ilmu termasuk mengikuti MUETS Malaysia. Datang ke perpustakaan KLIS membuat saya ingin betah berlama-lama untuk membaca di ruangan itu.  Satu yang menarik dari perpustakaan KLIS adalah bisa menikmati membaca sambil melihat pemandangan jalan-jalan di Jakarta dari ketinggian lantai 11. Selain itu, buku-buku yang disediakan adalah buku-buku modern dan berkualitas. Mau laksanakan MUET Malaysia di sini? Bakalan betah banget dan nyaman.  

bahasa inggris muet malaysia


muet malaysia

Lorong-lorong di KLIS juga unik karena penuh warna. Dinding-dindingnya berwarna kuning cerah yang membuat semangat belajar tentunya semakin kuat. Selain itu, lantainya selain berwarna-warni, juga bermotif seperti tuts piano. Ada tempat untuk bersantai yang juga terdapat di KLIS sehingga membuat siapapun yang menuntut ilmu menjadi lebih betah.  Saya sempat bertemu beberapa orang yang baru melaksanakan MUET Malaysia dan mereka tampak asyik ngobrol di lorong-lorong ruangan.

KLIS hanya merupakan salah satu bukti sukses adanya K-LINK di Indonesia. Boleh dibilang, K-LINK sukses untuk membangun bisnis penjualan namun menunjukkan kepeduliannya terhadap pendidikan. Jadi, tak hanya mengejar target penjualan saja.

Apalagi, di usia yang ke 17 tahun ini, K-LINK tak henti memberikan inovasi produk maupun pemasaran. Salah satu inovasi melalui Ladie, Syariah, Online (LS)) menjadi fokus memperkuat pasar K-Link di Indonesia. Fokus pada market produk-produk wanita, menguatkan posisi sebagai MLM (Multi Level Marketing) yang syariah dan memasarkan secara online.

Produk Kosmetik D’ Flora dari K Link

Jujur, awalnya saya nggak ngeh kalau teryata K-Link itu punya produk kosmetik. Setau saya ya produk K-Link itu lebih ke suplemen dan lain-lain. Duh ayaknya saya harus lebih banyak mengenal K-Link nih. Dan satu yang membuat saya senang, produk kosmetik D’Flora ini terkesan mewah mulai dari kemasan serta produknya juga bervariasi. Saya memiliki tiga kosmetik D’Flora yakni lipstik, loose powder dan CC Cream.  

tips lancar bahasa inggris muet malaysia
Produk kosmetik D'Flora

D’Flora CC Cream

Saya sebetulnya jarang menggunakan CC Cream karena kuatir agak ‘berat’ di wajah. Tapi setelah mencoba D’Flora CC Cream ini, jadi terasa lebih ‘ringan’. Cara menggunakan D Flora CC Cream ini pun mudah. Cukup oleskan secara merata D’Flora ini di wajah. Saran saya, aplikasikanya secara perlahan sehingga teraplikasi dengan baik. Nah, D’Flora ini membuat wajah jadi lebih cerah serta membantu melindungi kulit wajah dari sengatan matahari. Bagi kulit kering seperti saya nggak perlu kuatir menggunakan produk ini. Mengapa? Karena ada kandungan vitamin E dan vitamin B5 yang membuat wajah masih tetap lembab. Ingin mencoba, harganya sekitar Rp 260 ribu – Rp 280 ribu.

  D’Flora Loose Powder

Saya jarang menemui Loose Powder yang mengandung SPF 30. Namun di D’Flora Loose Powder ini, ada kandungan SPF 30 yang bisa untuk melindungi wajah dari terpaan sinar matahari. Dominasi warna hitam pada kemasannya memang membuatnya menjadi lebih mewah. Selain itu, wangi Loose Powdernya juga nggak begitu terlalu harum menyengat tapi pas wanginya.

cara belajar bahasa inggris muet malaysia


D’Flora Lipstik

Nggak hanya wajah saya yang kering, tapi bibir saya juga agak kering sehingga saya juga nyari lipstik yang punya kandungan pelembab yang pas. Dan inis emua ada D’Flora Lipstik yang buat bibir saya tetap lembab. Jangan kuatir karena menggunakan produk ini  karena nggak membuat bibir menjadi hitam. Pas deh untuk digunakan sehari-hari.

Secara keseluruhan, apa yang dilakukan K-LINK menunjukkan inovasi demi inovasi yang tiada henti. Mulai dari pelaksanaan MUET Malaysia hingga produk kosmetik dengan kualitas terbaik. Ngomong-ngomong soal MUET Malaysia, teman-teman udah ada yang pernah ikut MUET Malaysia ? Gimana hasilnya ? Obrolin dong ...


53 comments

Avatar
Larasatinesa Jul 1, 2019, 12:17:00 PM

Setujuuu, bisa bahasa inggris itu mutlak jaman sekarang. Kerasa sama aku yang masih belajar mba. Hehe. Bisa pas banget ini keponakanku mau kuliah di Malaysia, mau rekomendasiin ke Mamanya ah biar dia ikutan tes MUET Malaysia di KLIS.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Jul 1, 2019, 1:58:00 PM

makasih infonya ya ummi, kebetulan aku juga pengen benerin english, pengen test, suami juga pengen klo bs lanjut S3 yg paling deket di malaysia kynya, yg ada jurusan buat suamiku

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris Jul 1, 2019, 2:18:00 PM

Ternyata kuliah di Malaysia lebih ketat, yaaa. Aku baru tahu tentang MUET ini. Berasa kudeeett banget. Hahaha. Btw, aku malah taunya K-LINK itu cuma jual2 produk herbal dowang. Hihihi.

Reply Delete
Avatar
diane Jul 1, 2019, 2:47:00 PM

wah belum pernah nih ikutan MUET Malaysia. . bisa jadi rekomen buat yang berniat sekolah di Malaysia nih. .

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah Jul 1, 2019, 3:06:00 PM

Wah, dari atas serius baca MUET sampek bawah gagal fokus sama kosmetiknya. Kayaknya kok apik ya, Mbak. Loose powder-nya SPF 30 pula. Dududud, kapan nih direview sama CC Cream-nya?

Reply Delete
Avatar
Sary Jul 1, 2019, 5:05:00 PM

Wah baru tahu kalau mau kuliah ke Malaysia ada syarat tambahan selain TOEFL. Anakku lagi cari info sebanyak2 utk kuliah ke luar, salah satunya Malaysia, jadi berguna banget ini.

Reply Delete
Avatar
bundayati.com Jul 1, 2019, 7:03:00 PM

Betul sekali bukan hanya bisa bahasa inggris sajactapi juga memperhatikan dialoguevlsyaknya bhs itu bhs kita sendiri. Harus percaya diri menggunakannya. Tanpa itub Inggris perlahan akan hilang dari lidah kita, hehe...

Reply Delete
Avatar
Dizaz Jul 1, 2019, 7:21:00 PM

Malaysia sekarang menjadi salah satu negara tujuan menuntut ilmu, banyak peminat, dan akan sangat terbantu dengan adanya Klis yang mewadahi MUET ini.

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti Jul 1, 2019, 11:26:00 PM

Pernah diskusi sama suami, kepingin juga nih nguliahin anak-anak ke Malaysia. Selain kulturnya hampir sama dengan negara kita, di Malaysia banyak juga universitas yang bagus-bagus dan bahasa Inggris bisa juga dipraktekan di sana, terus dekat negara sendiri pula kan. Wah, iya nih inovasi Klink dengan mengenalkan produk kosmetik ya

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Jul 2, 2019, 1:40:00 AM

Menguasai bahasa Inggris tuh emang penting banget, walau bahasa Inggrisku tak sekeren Cinta Laura ya. Heheeheheee... Aku baru tau kalau mau kuliah ke Malaysia harus ada semacam tes dulu untuk bahasa Inggrisnya. Hebat ya K-Link kak Alida.

Reply Delete
Avatar
Apura Jul 2, 2019, 3:10:00 AM

Aku malah baru tau ada yang namanya MUET. Ngerti ya cuma TOEFL. Banyak informasi menarik nih dari tulisannya Mba. Siapa tau kan nanti aku S2 di Malaysia

Reply Delete
Avatar
sumiyati sapriasih Jul 2, 2019, 6:16:00 AM

bahasa inggis memang penting, apalagi jika mau kuliah di luar negeri. Jadi Tahu deh MUET itu Malaysya University English Tes. terima kasih infonya

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Jul 2, 2019, 7:18:00 AM

Kuliah di negara tetangga pun harus ada syarat khusus nih. Bagus nih, dengan adanya MUET bisa memfasihkan bahasa Inggris yang sebelumnya hanya yes or no aja. (Itu saya 😂😂😂).

K-Link selain menjual produk juga peduli terhadap dunia pendidikan nih. Saya jadi ngebayangin lantai yang mirip tuts piano itu. Apakah jalannya sambil mencari nada-nadanya? Hehee

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jul 2, 2019, 10:02:00 AM

Sedih banget Ummi, englishku so bad banget huhuhu menyesal dulu privat ga pernah serius wkwkwk...
baru tahu juga tentang MUET kalau lanjut ke sana mesti MUET yah jadi pengen belajar lagi nih

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti Jul 3, 2019, 8:36:00 AM

Aku sekarang jugangerti, betapa bahasa Inggris itu penting ya. Dari sekarang aku sudah mulai sounding ke anakku yang sulung nih, yang kurang suka bahasa Inggris, bahwa ke depan, bahasa Inggris ini penting, pun sangat bermanfaat kalau pas main ke laur negeri ya

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal Jul 2, 2019, 10:27:00 AM

kalau mau program doctoral di Malaysia mesti ikut MUET juga ya mbak?

Reply Delete
Avatar
Ranny Jul 2, 2019, 12:21:00 PM

Wah baru tau kalau kuliah di Malaysia ada syarat MUET ini, bagus juga. Karena membiasakan anak-anak untuk bisa bahasa Inggris, ini bahasa yang mutlak mesti kita tau. Saya pun baru tau ini didukung oleh K-LINK. Selama ini taunya K-LINK penjualan untuk kesehatan juga ternyata ada mendukung pendidikan.

Reply Delete
Avatar
Mechta Jul 2, 2019, 1:25:00 PM

Oh jadi ini salah satu syarat kuliah di Malaysia ya.. Harus tahu nih utk yg akan kuliah di sana

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif Jul 2, 2019, 1:25:00 PM

Bahasa Inggris memang perlu banget bisa pada jaman skarang .apalagi kalo suka travelling ke luar negeri .Muet aku baru tahu nih setelah baca artikel mba thanks

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad Jul 2, 2019, 1:53:00 PM

Sekarang ini produk K-Link makin beragam ya... ada makeupnya juga, bagus lagi mba. Btw, MUET itu bisa dilakukan siapa aja ya mba?

Reply Delete
Avatar
Profil Jul 2, 2019, 5:20:00 PM

Ternyata kalau mau kuliah di Malaysia harus ambil menyertakan tes MUET juga. Enaknya lagi tes ini bisa diambil di Indonesia. Lebih menghemat biaya juga nih. Aku juga baru tahu kalau K-link ada produk kosmetik. Kemasannya bagus. Simple tapi kelihatan mewah.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara Jul 2, 2019, 6:39:00 PM

Aku belum pernah ikut MUET, Latihan bahasa Inggris juga baru mulai tahun ini. Dulu belajar pas sekolah aja, padahal pernah kerja dan ketemu orang asing tiap hari

Reply Delete
Avatar
Wian Jul 2, 2019, 7:30:00 PM

Baru tau mba klo mau kuliah di Malaysia harus punya MUET juga disamping TOEFL dan IELTS. Cukup banyak juga ya...

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti Jul 2, 2019, 9:51:00 PM

Emang B. Inggris mah udah mutlak banget yah sekarang mbak. Udah keharusan. Dan baru tahu juga kalo Malaysia punya standard sendiri untuk nilai B. Inggris lho

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid Jul 3, 2019, 12:24:00 AM

Wahhh yang ada rencana kuliah di Malaysia wajib tahu info ini nih 😁

Btw, K-link ini semakin banyak produknya yaa, produk k-link yang selalu tersedia di rumah kami adalah klorofil 😊

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 3, 2019, 1:35:00 AM

Tes bahasa yang pernah aku ikuti hanya TOEFL dan Nihon go noryoku shikken...
Dan baru tahu kalau Malay punya standar Bahasa Inggris sendiri.
Kira-kira bakalan lebih mudah ga yaa...terutama pas bagian listening?

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni Jul 3, 2019, 5:31:00 AM

Waah aku baru atau tentang MUET mbam beberapa temenku juga lulusan sana, cuman ga pernah tanya tanyabsoal tes masuknya sih hehe. Salut deh sama klik dengan inovasi KLIS nya di bidang pendidiksn.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Jul 3, 2019, 5:44:00 AM

Jadi pengen tes bahasa Inggris juga rasanya
Sudah lama ga ikutan tes bahasa universal satu ini

Reply Delete
Avatar
fenni bungsu Jul 3, 2019, 5:45:00 AM

Ada produk CC Cream nya ternyata dari D'flora, jarang jarang daku menemukan produk kecantikan yang cc cream, soalnya kandungannya lebih mengena

Reply Delete
Avatar
Ida Jul 3, 2019, 6:33:00 AM

Wah baru tahu nih ttg MUET ini asyik ya..lbh murah dari TOFEL ternyata bs jd rekomendasi nih..makasih ya Mba..😍

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta Jul 3, 2019, 7:57:00 AM

Waduh jangankan ikut MUET baru tahu istilah ini saja dari postingan Mbak ini, hehe. Btw saya juga baru tahu nih Mbak, ternyata K-Link juga ada produk kosmetiknya ya..

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Jul 3, 2019, 8:22:00 AM

Wah, dapat informasi menarik nih, ternyata kalau mau meneruskan studi di Malaysia harus lulus MUET juga ya.. noted!
Eh, saya juga baru tau ternyata K-Link mengeluarkan produk kosmetik juga :))

Reply Delete
Avatar
Natrarahmani Jul 3, 2019, 9:43:00 AM

Baru tau perihal MUET ini kak. Jadi pengen belajar lagi bahasa inggris. Ternyata k-link ini ada bagian kosmetiknya ya. Kirain hanya suplemen saja

Reply Delete
Avatar
Ludyah Annisah Jul 3, 2019, 9:54:00 AM

Salfok sama produk make up nya K-Link mba, hihii. Btw, aku sendiri baru tahu tentang MUET ini dan enggak jauh beda ya mba seperti halnya TOEFL, TOEIC dll

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Jul 3, 2019, 10:09:00 AM

Aku baru paham soal MUET ini dan baca pertama kali ya di blog Mba Lida :D
K-LINK melakukan banyak terobosan dalam menciptakan inovasi ya mbaaa..

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda Jul 3, 2019, 10:14:00 AM

wah kebetulan iparku lagi cari tempat kuliah, tadinya dia mau di aussie tapi aku saranin di malaysia aja karena lebih dekat dan tiketnya murah boar bisa sering balik balik. Gak tau sih kemarin ada MUET inihl

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen Jul 3, 2019, 11:14:00 AM

Di zaman sekarang bahasa Inggris memang penting banget ya, seperti anakku di kampusnya ya sudah pakai bahasa Inggris. K-Link ini keren, selain pengembangan bisnisnya yang luar biasa, mereka juga konsen dalam membangun dan meningkatkan pendidikan

Reply Delete
Avatar
ajeng pujianti lestari Jul 3, 2019, 3:53:00 PM

Wah, aku baru tahu tentang MUET ini mbak Alida. sering sih teman-teman yang kuliah di Malaysia cerita. Tapi baru tahu kalau modelnya kayak gini

Reply Delete
Avatar
Ria Andika Jul 3, 2019, 6:07:00 PM

Perdana nih MUET diselenggarakan di Indonesia ya, semoga makin banyak kerjasama di berbagai bidang dengan Negara lain, sekalian memperkenalkan Indonesia ke pelajar dari berbagai Negara

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn Jul 3, 2019, 7:16:00 PM

Menguasai bahasa Inggris memang penting banget untuk membuka banyak kesempatan dan peluang yang luas. Baru tahu ternyata ada produk kosmetik dari k-link. Siplah :)

Reply Delete
Avatar
Ira Guslina Jul 3, 2019, 7:39:00 PM

Semakin banyak pilihan ya Mak untuk belajar dan memperkuat kemampuan Bahasa Inggris. Bagi yang hendak sekolah lagi ke Malaysia informasi ini bermanfaat sekali

Reply Delete
Avatar
echaimutenan Jul 3, 2019, 9:25:00 PM

Loh ada make up skrg klink? Baru tauuu. Elegan karena milih hitam kemasannya.


Belum pernah MUET mbak, malah baru tahu. Enak ya ga jauh-jauh kalau milih ke Malaysia. Alternatif kalau mau kuliah nanti

Reply Delete
Avatar
aurabiru Jul 3, 2019, 11:01:00 PM

jaringan bisnis K-Link keren ini mbak, mulai dari pendidikan sampai kosmetik ada. Soal sistem pendidikan di Malaysia ini saya sempat baca-baca di status teman yang menetap di sana, memakai kurikulum yang berbeda ya.

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar Jul 4, 2019, 9:35:00 AM

Aq baru tau produk k-link ada kosmetik nya pasti bagus dan worth it banget yah mba. Aq juga baru tau MUET ini mba al ada di Indonesia juga yah

Reply Delete
Avatar
Ayun Qee Jul 4, 2019, 1:55:00 PM

Ternyata TOEFL dan IELTS aja gak cukup, ya. Mesti ikut MUET juga. Jadi pengen upgrade kemampuan bahasa Inggris, nih, udah lama jarang dilatih.

Reply Delete
Avatar
Wiwin | Pratiwanggini.net Jul 4, 2019, 2:27:00 PM

Wahh.. terimakasih informasinya mba, siap-siap nih, siapa tahu anak saya bakalan kuliah di Malaysia :)

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati Jul 4, 2019, 9:32:00 PM

Wah, k link dah merambah ke semua sisi ya, kesehatan, kecantikan dan pendidikan ya... Bicara tentang bahasa inggris, memang ini jadi syarat untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaa...

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa Jul 5, 2019, 7:31:00 AM

Huaaa, jadi pengen belajar lagi niih. Terasa tumpul banget nih Englishku sekarang, hikss. Harusnya di Indonesia juga punya kayak MUET ini yah.
Ohyaaa, K-Link sekarang punya produk makeup ya? Wihiii. Lengkap deh.

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita Jul 5, 2019, 7:35:00 AM

Baru dengar banget soal MUET nih. Tapi nilainya cuma berlaku untuk sekolah ke Malaysia aja ya mba? Apa itu wajib kah untuk semua university?

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha Jul 5, 2019, 10:25:00 AM

Sekarang Bahasa Inggris itu menjadi bahasa internasional, jadi harus banget belajar bahasa Inggris itu.
Terima kasih untuk sharing ya mbak :)

Reply Delete
Avatar
Inka Amalia Jul 6, 2019, 7:56:00 AM

dari dulu pengen bisa sekolah ke malaysia. Sedih kadang kalau nggak bisa kewujud mimpinya. Apalagi bahasa inggris ini kunci dr segala akses kan

Reply Delete
Avatar
Antung apriana Jul 6, 2019, 9:54:00 AM

Baru tahu nih kalau mau kuliah di malaysia ada tes lagi selain toefl. Memang bahasa inggris penting banget ya dikuasai karena bisa memudahkan dalam berbagai hal

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA Jul 9, 2019, 10:09:00 AM

Jadi harus disiapkan ya kalau mau kuliah di Malaysia, harus dari sekarang disiapkan nih. Anakku ingin kuliah di Malaysia soalnya hehe, aamiin semoga Allah memudahkan.

Reply Delete