Pengalaman Perpanjang SIM di SIM Keliling

Cara perpanjang SIM di SIM Keliling. Teryata, perpanjang SIM di SIM Keliling itu cepat dan mudah serta murah

Pengalaman Perpanjang SIM di SIM Keliling


Perpanjang SIM di SIM Keliling ? Yap, sekitar pertengahan Maret 2019, SIM A saya kebetulan masa berlakunya habis. Sudah lima tahun punya SIM A tapi urusan nyetir mobil masih bisa dihitung pakai jari karena saya lebih sering nyetir motor dan naik commuterline. Plus lagi, sudah nggak punya mobil pribadi.

Tapi ketika masa berlaku SIM A saya habis 21 Maret 2019, mau tak mau ya saya harus perpanjangn SIM. Saya nggak mau repot-repot urus SIM A dari awal lagi karena menghabiskan waktu dan tenaga. Pilihan paling tepat ya perpanjang SIM. 

tips perpanjang sim
Perpanjang SIM di SIM Keliling di Cawang


Setelah nanya beberapa teman dan saudara serta mencari informasi di media sosial, saya dengan percaya diri langsung pagi-pagi meluncur ke Tamini Square, salah satu tempat untuk perpanjang SIM. Tiba di Tamini Square, teryata tempat perpanjang SIM baru buka pada pukul 12.00 WIB. Padahal saat itu masih pukul 08.00 WIB. Duh!
 
tips perpanjang sim di sim keliling
Kondisi saat perpanjang SIM di Kalibata, Jakarta

Saya kemudian langsung ke Kalibata yang juga ada SIM Keliling. Tapi pas nyampe di Kalibata,  Jakarta, teryata antriannya masih panjang. Ada yang bahkan datang sejak satu jam yang lalu dan belum kunjung di panggil. Lalu, kapan giliran saya? Padahal saya harus segera ke kantor untuk piket sore. Walaupun sudah memberikan SIM serta ambil nomor antrian, saya akhirnya memutuskan untuk batal perpanjang SIM hari itu.
 
biaya perpanjangan sim c
Biaya perpanjang SIM di SIM Keliling Cawang
Keesokan harinya, saya langsung ke dealer kendaraan di Cawang, Jakarta Timur untuk perpanjang SIM. Di tempat dealer itu ada SIM Keliling yang melayani perpanjang SIM. Saat saya datang pada 12 Maret 2019, sekitar pukul 09.30 WIB, saya kebagian nomor antrian ke 95.

Untuk perpanjang SIM, dokumen yang harus disiapkan adalah :
  • KTP
  • SIM

SIM yang diberikan adalah SIM yang akan diperpanjang ya, bukan SIM lain. Setelah memberikan dokumen, saya pun duduk di antrian yang disediakan. Lalu, biaya perpanjang SIM bervariasi berdasarkan SIM yang akan diperpanjang.

sim keliling di depok
Pemeriksaan kesehatan 

Biaya perpanjangan untuk SIM A Rp 80 ribu sedangkan biaya perpanjangan SIM C adalah Rp 75 ribu. Ada biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp 25 ribu dan asuransi sebesar Rp 30 ribu. Sebetulnya proses pembuatan SIM mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga SIM jadi hanya 10 menit! Cepat banget kan? Tapi karena antri, saya pun harus menunggu sekitar satu jam. Sambil menunggu, saya makan bubur ayam yang dijual di dekat SIM keliling. Maklum, berangkatnya kepagian jadi lupa sarapan.

Setelah satu jam menunggu, saya dan sekitar empat orang pun dipanggil untuk naik ke mobil SIM keliling. Kondisi di dalam bus itu di desain untuk bisa dapat melakukan perpanjang SIM. Tempatnya nyaman dan berpendingin udara. 

tips perpanjang sim keliling
Pemotretan pas jadi model eh SIM :)
Pertama-tama, saya diperiksa kesehatan sekaligus membayar biaya pembuatan SIM. Setelah itu, langsung dilakukan penggambilan foto untuk pembuatan SIM. Sekaligus pengecekan nama serta data diri. Jadi, pastikan data diri yang diberikan tepat dan jujur.

tempat sim keliling di jakarta
Tanda tangan SIM
Dan memang benar, pembuatan SIM benar-benar cepat yakni hanya 10 menit. Mulai dari pengecekan kesehatan hingga kartu SIM jadi. Senangnya bisa pulang dengan membawa SIM A baru yang masa berlakunya lima tahun ke depan.

Tapi sedihnya, SIM A saya itu hanya saya miliki selama beberapa bulan karena SIM A itu kemudian hilang bersama dompet saya. Bagaimana ceritanya? Nanti saya tulis di blog saya ya. Teman-teman punya pengalaman perpanjang SIM di SIM Keliling ?


  

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

23 komentar

Avatar
Hanni Handayani 14 Jun 2019 21.49.00

klo seperti ini memang praktis klo saya biasanya ke polsek wijaya, agak jauh tapi gapapa kan hanya 5 tahun sekali he he

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15 Jun 2019 20.30.00

Oh bisa juga di Polsek ya mba.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 15 Jun 2019 21.36.00

Suamiku perpanjang SIM di ITC Depok. Mba Alida kok jauh ke Cawang? Datangnya memang harus pagi. Itu aja udah antri wkwk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16 Jun 2019 10.26.00

Hahhaa iyaa aku waktu itu dari Tamini Square jadinya ke Cawang

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina 16 Jun 2019 06.09.00

Yah.. Salah satu alesan kenapa sedih jika SIM hilang lantaran dompet hilang itu ya gitu. Sebel kehilangan waktu buat bikinnya. Lid, semoga sabar mengurus semua dokumennya kembali mulai dari nol ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16 Jun 2019 10.26.00

Iyaa mbaa. Sampai skarang tuh KTP belum jadi euy. Syedih kan

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 16 Jun 2019 07.52.00

Wah, praktis dan cepat ya. Aku belum punya SIM sih, tapi ntar kuinfo adeku deh. Kebetulan SIM dia dah habis masanya dan males urus, apa ilang ya. Ntar deh kutabya, thanks infonya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16 Jun 2019 10.26.00

Siap mba ENi. Smoga membantu ya :)

Reply Delete
Avatar
Tori 16 Jun 2019 11.29.00

Aku jg pernah perpanjang sim di sim keliling, emg cpt bgt jadinya tp harus Antrim dari subuh dan hasil potonya jelek bgt

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 16 Jun 2019 11.59.00

Nyaman dan cepat ya prosesnya. Apa lagi kalau pas nggak antre. Biayanya juga murah.

Reply Delete
Avatar
Mellisa 16 Jun 2019 12.24.00

Waktu bulan puasa lalu aku sempat pengen perpanjang SIM di mobil juga, sedih ternyata SIM aku sudah mati seminggu dan nggak bisa perpanjang, tapi harus bikin SIM ulang. Sekarang masih proses bikin, uji praktik nya yg susah :(

Reply Delete
Avatar
Maria Octavia 16 Jun 2019 22.28.00

wah, jadi lebih mudah ya sekarang kalau mau perpanjang sim. Fasilitasnya juga bagus kok sepertinya..

Reply Delete
Avatar
Suzannita 17 Jun 2019 06.13.00

Aku pun kemarin pas perpanjangan SIM di sini Mbak prosesnya cepat meski memang kita harus menunggu ya karena cukup panjang antriannya

Reply Delete
Avatar
Widya Lim 17 Jun 2019 07.10.00

Aku pernah lihat mobil sim keliling yg di Bandung tapi gak pernah tau dalem nya kayak apa.. Ternyata lucu juga yaah, ada tempat cek mata dan tenpat buat foto jugaa 😁

Reply Delete
Avatar
arifa nuryani 17 Jun 2019 08.32.00

Aku udah Cobain perpanjangan sim di sim keliling juga mba, enak sih deket Dan cepet menurutku

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 17 Jun 2019 09.30.00

wah sekarang mau perpanjang SIM ga usah jauh-jauh lagi ya, bisa ngantri di SIM keliling tapi karena banyak yan berpikir hal yang sama akhirnya antriannya lumayan :)

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 17 Jun 2019 09.39.00

Aku mau juga nulis tentang perpanjangan SIM, kak..
Kalo di tempatku kok penuh perjuangan banget yaa..?

Huuhuu..
Hayati lelah~

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti 17 Jun 2019 21.56.00

Seru juga ya memperpanjang SIM di mobil SIM Keliling. Saya blm pernah nyobain sih mbak, krn yg biasa memperpanjang SIM suami sih 😁. Menariknya juga harga terjangkau yaa dan bisa cek kesehatan

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 18 Jun 2019 13.50.00

Dulu dekat rumah suka ada SIM Keliling. Memang antre banget bikinnya. Tapi, mungkin daripada jauh-jauh, apalagi bikinnya juga cepat

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 18 Jun 2019 15.42.00

SIM C aku habis bulan depan nih ummi, kefikiran buat perpanjang di SIM Keliling daripada ke kantor pak pulisinya hahhaa ternyata cuman bawa KTP doang sama SIM-nya yah oke siap insyaALloh akhir bulan langsung cus ganti

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 20 Jun 2019 07.33.00

Wah, nunggunya 1 jam ya ternyata lumayan juga hehe itu dipanggil 4 orang dulu ya mb Al? Untung jajan buryam dulu biar ada hiburan perut wkwkwkw. Patut diapresiasi ya sekarang pelayan publik jd makin cepat dan baik. Btw, kok bisa hilang sih SIM nya? Hiks ikut sedih ah 😑

Reply Delete
Avatar
Bang Day 26 Jun 2019 11.30.00

Saya sekali nih bikin sim di mobil keliling. Keuntungannya karena online jadi gak mesti ktp sesuai domisili terakhir. KTP bisa dari mana saja

Reply Delete