Pengalaman Perpanjang SIM di SIM Keliling

Cara perpanjang SIM di SIM Keliling. Teryata, perpanjang SIM di SIM Keliling itu cepat dan mudah serta murah

Pengalaman Perpanjang SIM di SIM Keliling


Perpanjang SIM di SIM Keliling ? Yap, sekitar pertengahan Maret 2019, SIM A saya kebetulan masa berlakunya habis. Sudah lima tahun punya SIM A tapi urusan nyetir mobil masih bisa dihitung pakai jari karena saya lebih sering nyetir motor dan naik commuterline. Plus lagi, sudah nggak punya mobil pribadi.

Tapi ketika masa berlaku SIM A saya habis 21 Maret 2019, mau tak mau ya saya harus perpanjangn SIM. Saya nggak mau repot-repot urus SIM A dari awal lagi karena menghabiskan waktu dan tenaga. Pilihan paling tepat ya perpanjang SIM. 

tips perpanjang sim
Perpanjang SIM di SIM Keliling di Cawang


Setelah nanya beberapa teman dan saudara serta mencari informasi di media sosial, saya dengan percaya diri langsung pagi-pagi meluncur ke Tamini Square, salah satu tempat untuk perpanjang SIM. Tiba di Tamini Square, teryata tempat perpanjang SIM baru buka pada pukul 12.00 WIB. Padahal saat itu masih pukul 08.00 WIB. Duh!
 
tips perpanjang sim di sim keliling
Kondisi saat perpanjang SIM di Kalibata, Jakarta
Saya kemudian langsung ke Kalibata yang juga ada SIM Keliling. Tapi pas nyampe di Kalibata,  Jakarta, teryata antriannya masih panjang. Ada yang bahkan datang sejak satu jam yang lalu dan belum kunjung di panggil. Lalu, kapan giliran saya? Padahal saya harus segera ke kantor untuk piket sore. Walaupun sudah memberikan SIM serta ambil nomor antrian, saya akhirnya memutuskan untuk batal perpanjang SIM hari itu.
 
biaya perpanjangan sim c
Biaya perpanjang SIM di SIM Keliling Cawang
Keesokan harinya, saya langsung ke dealer kendaraan di Cawang, Jakarta Timur untuk perpanjang SIM. Di tempat dealer itu ada SIM Keliling yang melayani perpanjang SIM. Saat saya datang pada 12 Maret 2019, sekitar pukul 09.30 WIB, saya kebagian nomor antrian ke 95.

Untuk perpanjang SIM, dokumen yang harus disiapkan adalah :
  • KTP
  • SIM

SIM yang diberikan adalah SIM yang akan diperpanjang ya, bukan SIM lain. Setelah memberikan dokumen, saya pun duduk di antrian yang disediakan. Lalu, biaya perpanjang SIM bervariasi berdasarkan SIM yang akan diperpanjang.

sim keliling di depok
Pemeriksaan kesehatan 
Biaya perpanjangan untuk SIM A Rp 80 ribu sedangkan biaya perpanjangan SIM C adalah Rp 75 ribu. Ada biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp 25 ribu dan asuransi sebesar Rp 30 ribu. Sebetulnya proses pembuatan SIM mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga SIM jadi hanya 10 menit! Cepat banget kan? Tapi karena antri, saya pun harus menunggu sekitar satu jam. Sambil menunggu, saya makan bubur ayam yang dijual di dekat SIM keliling. Maklum, berangkatnya kepagian jadi lupa sarapan.

Setelah satu jam menunggu, saya dan sekitar empat orang pun dipanggil untuk naik ke mobil SIM keliling. Kondisi di dalam bus itu di desain untuk bisa dapat melakukan perpanjang SIM. Tempatnya nyaman dan berpendingin udara. 

tips perpanjang sim keliling
Pemotretan pas jadi model eh SIM :)
Pertama-tama, saya diperiksa kesehatan sekaligus membayar biaya pembuatan SIM. Setelah itu, langsung dilakukan penggambilan foto untuk pembuatan SIM. Sekaligus pengecekan nama serta data diri. Jadi, pastikan data diri yang diberikan tepat dan jujur.

tempat sim keliling di jakarta
Tanda tangan SIM
Dan memang benar, pembuatan SIM benar-benar cepat yakni hanya 10 menit. Mulai dari pengecekan kesehatan hingga kartu SIM jadi. Senangnya bisa pulang dengan membawa SIM A baru yang masa berlakunya lima tahun ke depan.

Tapi sedihnya, SIM A saya itu hanya saya miliki selama beberapa bulan karena SIM A itu kemudian hilang bersama dompet saya. Bagaimana ceritanya? Nanti saya tulis di blog saya ya. Teman-teman punya pengalaman perpanjang SIM di SIM Keliling ?


  

9 comments

Avatar
Hanni Handayani Jun 14, 2019, 9:49:00 PM

klo seperti ini memang praktis klo saya biasanya ke polsek wijaya, agak jauh tapi gapapa kan hanya 5 tahun sekali he he

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Jun 15, 2019, 9:36:00 PM

Suamiku perpanjang SIM di ITC Depok. Mba Alida kok jauh ke Cawang? Datangnya memang harus pagi. Itu aja udah antri wkwk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2019, 10:26:00 AM

Hahhaa iyaa aku waktu itu dari Tamini Square jadinya ke Cawang

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina Jun 16, 2019, 6:09:00 AM

Yah.. Salah satu alesan kenapa sedih jika SIM hilang lantaran dompet hilang itu ya gitu. Sebel kehilangan waktu buat bikinnya. Lid, semoga sabar mengurus semua dokumennya kembali mulai dari nol ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2019, 10:26:00 AM

Iyaa mbaa. Sampai skarang tuh KTP belum jadi euy. Syedih kan

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Jun 16, 2019, 7:52:00 AM

Wah, praktis dan cepat ya. Aku belum punya SIM sih, tapi ntar kuinfo adeku deh. Kebetulan SIM dia dah habis masanya dan males urus, apa ilang ya. Ntar deh kutabya, thanks infonya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2019, 10:26:00 AM

Siap mba ENi. Smoga membantu ya :)

Reply Delete