SLIDER

Restoran Digital ala Meeber

Saya yakin semua pasti setuju bahwa perkembangan teknologi kini berkembang semakin maju. Dan hampir semua lini kehidupan juga berkembang maju menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Semuanya jadi lebih mudah dan juga cepat.   

Perkembangan teknologi juga dialami di dunia food and beverage. Kebayang nggakk kalau jaman sekarang ada restoran digital? Kira-kira, apa yang terlintas di benak teman-teman ketika mendengar nama restoran digital? Pas saya menanyakan itu ke teman-teman, ada yang sempat menanyakan apakah restoran digital maka makannya pun digital? Hihihi ada-ada saja ...
 
aplikasi memudahkan makan
Diskusi Aplikasi MeeberLite dan Meeberian. Foto : Imawan 

Jadi begini, adanya restoran digital tentu saja merupakan bentuk inovasi yang mengikuti perkembangan jaman. Aplikasi dengan konsep ala restoran digital ini dinamakan MeeberLite dan  Meeberlian. Lalu, apa bedanya antara MeeberLite dan Meeberlian? Apa saja fitur-fitur yang ada di kedua aplikasi itu? MMh .. saya akan menulisnya lengkap di tulisan di bawah ini ya ...

Launching Aplikasi Meeberlite dan Meeberian

Sebelum launching kedua aplikasi ini pada hari Selasa, 31 Juli 2018 di kawasan Plaza Kuningan, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta, saya kurang familiar dengan aplikasi itu. Nah, kedua aplikasi ini teryata merupakan pengembangan dari Meeber POS, layanan Point of Sales (POS) bagi para pelaku bisnis F&B yang diluncurkan lebih dulu pada 2015. Teryata waktu tiga tahun ini merupakan jangka waktu yang cukup untuk Meeber POS semakin melakukan inovasi untuk produknya ya.

Hingga kini, Meeber POS telah memiliki 300 merchant di Surabaya, Jakarta dan Malaysia, dengan jumlah terbesar di Surabaya. Layanan Meeber POS memenuhi kebutuhan bisnis F&B dine-in dan quick service dalam bentuk coffee shop, food truck, bazaar serta food stall.

Ada tiga orang yang menjadi narasumber launching itu yakni :
  • Co-Founder & Chief Executive Officer PT Meeber Teknologi Indonesia - Rudy Hartawan
  • Chief Marketing Officer PT Meeber Teknologi Indonesia - Indra Sitorus,
  • Chief Technology Officer PT Meeber Teknologi Indonesia - Dony Riyanto

Acara diawali dengan sambutan oleh Co-Founder & Chief Executive Officer PT Meeber Teknologi Indonesia, Rudy Hartawan.  Jadi, MeeberLite dan Meeberian, layanan aplikasi berbasis mobile yang menawarkan inovasi konsep restoran digital Pertama di Indonesia sehingga tercipta Business Automation dan Customer Engagement bagi pengusaha food and beverage.

“Pengembangan ini merupakan jawaban untuk menghadapi tantangan bisnis F&B kedepannya, yang menuntut digitalisasi operasional, kata Chief Executive Officer PT Meeber Teknologi Indonesia, Rudy Hartawan, pada Soft Launching Aplikasi MeeberLite dan Meeberian di Jakarta
                                                     
MeeberLite dan Meeberian saat ini fokus pada layanan dine-in, mengingat 85% transaksi F&B berasal dari layanan tersebut.

Proses perkenalan aplikasi. Foto by : Imawan 
“Setiap pelaku bisnis F&B tentunya mengharapkan bisnisnya semakin berkembang. Oleh karena itu, bagi mereka yang sudah mencapai skala bisnis menengah dan menengah atas memerlukan standardisasi dan otomatisasi dalam pengelolaannya. Di zaman modern ini, kedua hal tersebut hanya dapat dicapai melalui digitalisasi restoran yang mampu memenuhi kebutuhan pelaku bisnis maupun konsumen. Untuk itulah, Meeber menciptakan terobosan berupa digitalisasi restoran yang memberi nilai tambah bagi pelaku bisnis maupun pelanggan,” tutur Rudy.

Chief Marketing Officer PT Meeber Teknologi Indonesia Indra Sitorus menjelaskan bahwa digitalisasi bisnis F&B tidak akan terealisasi tanpa adanya platform untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari sisi merchant maupun pelanggan.

Fitur-fitur di Aplikasi MeeberLian dan Meeberlian

Sebelum saya membahas tentang fitur-fitur yang ada di kedua aplikasi itu, saya ingin menekankan lagi bahwa kedua aplikasi itu untuk pelanggan dan pemilik restoran. Jadi, aplikasi MeeberLite untuk pemilik restoran atau pelaku usaha, sedangkan Meeberian untuk konsumen atau pelanggan restoran. Jadi, kedua aplikasi ini bisa di-download secara terpisah di playstore.

Untuk menjawab kebutuhan yang beragam tersebut, Meeber menghadirkan aplikasi MeeberLite dan Meeberian secara terpisah untuk memberikan nilai tambah pada layanan order, payment, support system dan customer engagement.
MeeberLite memiliki fitur lengkap. Mulai dari mencatat pesanan, cetak pesanan di dapur, cetak struk pembayaran, hingga rekap transaksi. Selain itu juga dapat digunakan untuk memantau persediaan bahan, menganalisa penjualan, serta manajemen karyawan.
MeeberLite dan Meeberian saling terkoneksi dengan beragam fitur, antara lain layanan profil pelaku bisnis yang akan memudahkan pelanggan untuk mencari rekomendasi restaurant terdekat.

Di aplikasi Meeberian terdapat fitur E-Menu, Smart Order with QR-code yang terkoneksi dengan restoran yang dituju, Waiter Calling, Bill Asking, Order Ready To Pick Up hingga fitur Cashless Transaction dengan layanan E-wallet dan fitur Feedback yang mendukung pemilik restoran meningkatkan nilai kepuasan dan loyalitas pelanggan.

“Untuk mendukung pelaku bisnis F&B menerapkan digitalisasi restoran, aplikasi MeeberLite dapat digunakan secara gratis. Sebaliknya di sisi pelanggan, aplikasi Meeberian tidak hanya dapat digunakan secara gratis tapi juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan bagi para penggunanya,“ tutup Indra.

Kelebihan MeeberLite dan Meeberian

Lalu, penasaran dengan apa sih kelebihan dari MeeberLite dan Meeberian? Tentu saja kedua aplikasi ini memiliki kelebihan sehingga bisa menjadi pilihan bagi pelaku usaha dan konsumen. Dengan adanya MeeberLite, setiap restoran atau tempat usaha dapat dimudahkan dalam memberikan pelayanan di restoran.

Mulai dari layanan penerimaan pesanan pelanggan dan pembayaran secara digital, mempromosikan program diskon atau promosi untuk pelanggan yang dapat diatur sendiri, menyediakan sistem support yang canggih sampai dengan analisa wawasan pelanggan dan sistem kontrol feedback.
 
Tak hanya restoran tapi juga beberapa usaha
Selain itu, MeeberLite,  juga dapat memaksimalkan bisnis berdasarkan customer insights yang kuat, relevan dan tepat sasaran. Dengan demikian, pengusaha restoran akan menentukan strategi pemasaran yang tepat dan terukur sehingga mampu meningkatkan profit bisnis.

Tak hanya pelaku usaha saja yang mendapat keuntungan, tapi bagi konsumen yang download aplikasi Meeberian, ada banyak kemudahan dan kenyamanan yang diberikan. Pernah mengalami berulangkali memanggil pegawai restoran atau rumah makan, tapi responnya lama? Atau pernah harus berulangkali angkat tangan seolah memberi kode kepada karyawan restoran tapi terabaikan?

Jika iya, sama seperti saya yang juga kerapkali mengalami hal tersebut. Namun dengan adanya Meeberian ini, segala kemudahan bisa diperoleh dengan mudah dan tak membutuhkan waktu lama.

Jadi, jika ingin memesan makanan dan minuman bisa langsung melalui aplikasi Meeberian. Bahkan setelah semua transaksi selesai dan ingin melakukan pembayaran, aplikasi ini pun bisa digunakan. Ingin mendapat promosi makanan yang menarik? Semuanya bisa diperoleh di aplikasi ini.

Dengan adanya aplikasi ini, pelanggan tak perlu lagi membawa kartu anggota karena Meeberian ini juga berfungsi sebagai pengganti kartu anggota. Jadi, di Meeberian tercatat dengan baik history claim dan redeem dari akumulasi poin dari setiap transaksi


















22 komentar

  1. Selain mudah dan nyaman, banyak keuntungan juga yah kalo pake aplikasi Meeberian atau MeeberLite. Mantap! 😊

    BalasHapus
  2. Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan aplikasi Meeberian & MeeberLite. Tak perlu kesulitan lagi untuk memesan makanan dan meminta bill, cukup gunakan aplikasi dari smartphone saja.

    BalasHapus
  3. Saya juga sudah mengunduh Meeberian. Awalnya saya juga mikir, restoran digital itu seperti apa, ternyata sistem operasionalnya ya. Hehe. Semoga dengan adanya Meeberian, pelanggan tidak perlu lagi memanggil berulang kali pelayan restoran saat memesan makanan.

    BalasHapus
  4. Aku suka banget sama aplikasinya karena bisa digunakan oleh pebisnis kuliner dan pelanggan restoran, apalagi ini free ya Mba?

    BalasHapus
  5. Baru tahu ummi mantap yah jadi pengen cobain buat usaha baruku ini kasih kemudahan banget apalagi cuma tinggal donlod doang :)

    BalasHapus
  6. emang inih digitalisasi restoran itu penting.. biar cepet dan mudah

    BalasHapus
  7. Semoga ke depan semakin banyak restoran yang menggunakan aplikasi meeber ini karena bikin semua menjadi gampang dan praktis baik dari sisi pemilik resto ataupun pelanggannya.

    BalasHapus
  8. Meskipun aplikasinya terpisah, tp ttep bisa konek ya, sehingga merchant sm konsumen sama2 diuntungkan

    BalasHapus
  9. Whuaa keren banget, solusi nih buat orang kaya aku yg kadang males masak dan males keluar rumah juga. Must installed banget ini sih.

    BalasHapus
  10. Dua app yang berguna banget baik untuk pebisnis kuliner maupun pelanggan. Ini masih untuk warga seputaran Jakarta ya mbak?

    BalasHapus
  11. Huh.. Asyiiquuee. Makin gampang aja sekarang... Pesen ina ini ga usah antri... Hihi tinggal pencet

    BalasHapus
  12. Waw restoran pun di-digitalisasi, kereeeen paraaah. Mudah dan praktis tinggal donlot. Banyak keuntungan pula. Apa di Surabaya sudah ada cabangnya ya mbak?

    BalasHapus
  13. Baru tau ada aplikasi ini. Semoga menjalar ke kota-kota lainnya ya

    BalasHapus
  14. Kemarin pas denger penjelasan ttg meeberlite jadi penasaran pen gabung sama tim meeberlite lainnya. Kayaknya menarik banhet gitu. Apalagi pas scan barcode2 gitu.

    BalasHapus
  15. Fitur customer insight nih penting bgt buat pelaku bisnis saat ini ya, biar mereka tahu dengan sasaran dan mengambil langkah yang tepat! Keren!!!

    BalasHapus
  16. Kirain makannya secara digital juga..qeqeqe. keren idenya, yang punya usaha kuliner maupun konsumen jadi dimudahkan.

    BalasHapus
  17. Oh Meeber ini menyediakan sistem pencatatan buat restoran ya. Berarti yang pramusajinya pencet-pencet gadget itu kali ya pakai Meeber.

    BalasHapus
  18. ohsemacam kartu member dalambentuk digital ya mbak, tapii lebih banyak manfaatnya dan kegunaannya. Heuheu, zaman sekarang apa sih yang nggak modern? Perkembangannya melesat ya

    BalasHapus
  19. Terima kasih atas informasinya Mbak Jadi kita punya kartu member tersendiri ya untuk mendaftar di sini makin keren aja perkembangan sekarang ya

    BalasHapus
  20. Aku perlu cobaaa nih.. kayaknya seruuuu dan banyak manfaatnya

    BalasHapus
  21. Menurutku makin mempermudah buat restoran menjalankan bisnisnya ya mbak. Selain itu pelanggan jg dapat keuntungan bisa tahu apa yang sedang promo di resto favoritnya itu :D

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell