Theme Layout

[Rightsidebar]

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

yes

Dark or Light Style

[Light]
Uncategorized

4 Alasan Mengapa Harus Dukung Asian Games 2018



Semakin mendekati pelaksanaan Asian Games 2018 aura semangat dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 semakin terasa. Acara yang akan dilaksanakan mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 ini pastinya akan berlangsung meriah dan sukses di Jakarta dan Palembang.

Jelang Asian Games 2018, berbagai upaya dilakukan agar pelaksanaannya lancar. Koran Kompas edisi Kamis 2 Agustus 2018 menyebutkan ada tiga kebijakan lalu lintas selama pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta.


Pertama adalah perluasan ganjil genap dan buka tutup pintu tol, pembatasan angkutan barang dan penambahan angkutan umum massal untuk ruas yang terkena perluasaan ganjil genap. Perluasan ganjil genap misalnya mendukung buka tutup pintu tol dengan mengurangi potensi kemacetan akibat buka tutup ini. Sedangkan pembatasan angkutan barang yang sebelumnya dilarang melintas pada pukul 06..00-21.00 kini diputuskan menjadi 06.00-19.00.

Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, tak lain merupakan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games 2018. Saya percaya, dengan mendukung pelaksanaan kebijakan ini, secara tak langsung juga mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

Apalagi Indonesia menjadi negara pertama yang menggelar Asian Games di dua kota dalam satu negara secara bersamaan, yaitu Jakarta dan Palembang.

Lalu, apa sih alasan kita harus mendukung Asian Games 2018 ? Ada banyak alasan mengapa kita harus mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Apalagi, ini kedua kali Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games setelah sebelumnya menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962. Ada perasaan bangga yang membuat saya yakin Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik dan sukses.

Oh ya teman-teman perlu tahu bahwa awalnya, Vietnam yang terpilih sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Namun, negara tersebut mengundurkan diri dan Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah. Pada penyelenggaraan yang ke-18 ini, Asian Games memperlombakan cabang olahraga maupun nomor olahraga terbanyak.

Momen Asian Games 2018 ini mempertandingkan 40 cabang olahraga, termasuk olahraga kesukaan masyarakat Indonesia, yaitu sepak bola, bulu tangkis, voli, dan masih banyak lagi lainnya. Lawannya juga tak sedikit, yaitu 45 negara di Asia.
 
Sumber grafis : dukungbersama
Itu artinya kita akan menjadi tuan rumah untuk negara-negara mulai dari Thailand, China, Korea, Jepang, Maldives, Turkmenistan, Kyrgyztan, hingga Arab Saudi.

Selain itu, waktu penyelenggaraan seharusnya dijadwalkan tahun 2019, tapi mengingat Indonesia pada tahun itu akan sibuk mempersiapkan Pemilu, akhirnya diputuskan untuk dimajukan pada tahun 2018. 

Alasan Mengapa harus Mendukung Asian Games 2018

Nama Indonesia akan semakin dikenal di dunia

Pelaksanaan Asian Games 2018 ini kabarnya akan diikuti oleh 12.000 orang atlet dari berbagai negara, dihadiri oleh 5.000 orang awak media yang akan meliput secara langsung. Tentunya dengan banyaknya media yang meliput juga merupakan salah satu bentuk promosi yang secara tak langsung diterima oleh Indonesia

Dengan adanya pelaksanaan Asian Games 2018, nama Indonesia tentunya akan semakin dikenal di level dunia. Jadi, tak hanya mengingat satu atau beberapa kota di Indonesia saja tetapi juga tahu bahwa Indonesia memiliki 34 provinsi yang menarik untuk dikunjungi.

Menambah Devisa Negara

Dalam pelaksanaan Asian Games 2018 ini, antusiasme negara peserta meningkat. Bahkan diperkirakan momen Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang ini bakal mendatangkan devisa bagi Indonesia hingga Rp 3 triliun dan wisatawan sebanyak 700 ribu orang. Angka tersebut sudah mencakup kedatangan atlet dan tim resmi sebanyak 20 ribu orang serta penonton Asian Games 2018 yang diperkirakan mencapai 150 ribu orang.  


Menguntungkan UKM

Target 3 juta wisatawan mancanegara diharapkan akan menguntungkan para pelaku UKM. Pemerintah menggandeng UKM dan industri kuliner untuk bersiap-siap menghadapi jumlah wisatawan asing yang akan berkunjung, baik ke Jakarta dan Palembang maupun kota-kota lain di Provinsi seperti Jawa Barat dan Banten. Tercatat sekitar 4.500 barang souvenir dan merchandise resmi Asian Games 2018 telah diproduksi. Jumlah tersebut masih akan bertambah untuk menghadapi target 170.000 jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung. 



Kita Satu Indonesia  

Siapa sih yang tak pengen bangsanya bersatu padu mendukung perdamaian? Kalau saya sih yakin, di antara banyaknya perbedaan, rakyat Indonesia adalah satu. Nah, salah satu alat pemersatu kita adalah olahraga. Nggak percaya? Pasalnya, meski hanya 27% penduduk Indonesia yang rajin berolahraga tapi Indonesia merupakan negara penggemar bola terbesar kedua di dunia.

Cara Mendukung Asian Games 2018

Setelah mengetahui alasan mengapa harus mendukung Asian Games 2018, teman-teman pasti pengen tahu apa sih yang bisa dilakukan untuk mendukung Asian Games 2018? Nah, ada banyak banget cara yang bisa dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Bahkan beberapa komunitas telah melakukan kegiatan untuk mendukung Asian Games 2018.

Misalnya Komunitas Youth Care Asian Games telah membuat kompetisi menghias kampung di Palembang dengan memberikan hadiah berupa sapi. Masyarakat pun menyambut dengan baik perlombaan itu dan turut serta memperindah kampungnya dengan nuansa Asian Games 2018.
 
Logo Asian Games 2018
Lalu ada komunitas Zumba Inner City Management pun mengadakan parade pakaian olahraga di Season City Mall Jakarta dan disambut meriah oleh para anggota komunitas Zumba. Serunya, mereka ber-zumba bersama sambil memamerkan busana olahraga yang menarik.

Komunitas sepeda onthel OIOIOI juga ikut mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Bahkan komunitas ini mengadakan acara bertajuk Onthel Perekat Nusantara (OPEN) yang mengundang seluruh komunitas sepeda onthel nusantara. Acara ini diharapkan dapat mengajak komunitas onthel untuk ikut mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018. Selain itu, ada beberapa cara untuk mendukung Asian Games 2018 misalnya   

 Menjadi volunteer

Sering kan mendapat broadcast tentang cara menjadi volunter? Nah kegiatan ini bisa dilakukan dengan mendaftar sebagai volunteer. Tapi juga harus mengecek terlebih dahulu ya apakah informasi itu beneran valid atau tidak. Dengan menjaid volunteer, kita bisa berkenalan dengan orang baru, hingga lebih dekat dengan atlet idola.

Panitia juga akan menyelenggarakan berbagai acara seperti pengarakan obor atau torch relay. Nah, kamu bisa mengikuti proses pengarakan obor yang akan mengelilingi 12 provinsi dan 36 kabupaten di seluruh Indonesia.

Promosikan Kerajinan Lokal  

Mempromosikan produk kerajinan lokal dengan membelinya dan bahkan mempostingnya di media sosial juga dapat dilakukan untuk mendukung Asian Games. Misalnya nih bagi teman-teman selalu update informasi di sosial media, bisa langsung memajang karya kerajinan tradisionalnya. Dan jangan lupa untuk memasang tagar #asiangames2018 dan #dukungbersama agar promosi produk kerajinanya menjadi lebih efektif.


You Might Also Like

15 komentar:

  1. Semoga berjalan lancar ya ummi Asian Games ini mengingat alasan positif yang bisa didapat dari kegiatan ini terlebih bisa nambah devisa semoga masyarakat bisa berattitude sehingga memberikan kesan positif kepada negara lain aamiin

    BalasHapus
  2. Ikut bangga Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Semoga atlit kita banyak yg menang.

    BalasHapus
  3. Iya banyak hal positif yang bisa didapat dari Asian Games ini, salah satunya promosi negara sendiri ya mbak. Semoga ddngan Asian Games ini nanti makin banyak turis yang berkunjung ke Indonesia.

    BalasHapus
  4. Saya pribadi sangat bangga karena Jakarta menjadi pusat venue Asian Games

    BalasHapus
  5. semoga acara akbar di Indonesia ini berjalan lancar, aman dan damai. Ah, coba di Bengkulu acanya aku bakalan banyak nonton acaranya langsung ke lapangan pasti

    BalasHapus
  6. Sebenarnya gak ada alasan untuk gak dukung ya mb sebagai rakyat Indonesia wajib dukung ❤️

    BalasHapus
  7. Asian Games yang 18 tahun 2018. Angka cantik ^__^
    Mari kita #dukungbersama Asian Games 2018 dengan alasan2 di atas.

    BalasHapus
  8. Asian Games membawa banyak dampak positif bagi negara kita ya Mba..

    BalasHapus
  9. Yeayyy, semoga delegasi Indonesia bisa mempersembahkan yang terbaik!

    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  10. Sepakat mba, ada banyak alasan kenapa Asian Games mesti didukung.
    Ada banyak kebaikan yang akan didapat negeri ini

    BalasHapus
  11. Iyesss, setuju dengan 4 alasan itu. Aku pun dukung Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018

    BalasHapus
  12. Harus dukung dobk ya, kapan lg Indonesia akan jd penyelenggara Asian Games. Selain itu supaya bisa jd bagian dr sejarah jg, buat cerita anak cucu.

    BalasHapus
  13. Aku siap dukung Mba.
    Asian Games di Indonesia, yang kedua kali akan mencetak sejarah.
    Semoga atlit kita bisa berlaga dengan baik, dan bisa mendapatkan juara.

    BalasHapus
  14. ga terasa besok pembukaan event ini, semoga acara sukses sampai selesai dan Indonesia juara

    BalasHapus
  15. Waktunya promosikan kerajinan lokal ya. Apa aku buka lapak di stadion GBK?

    BalasHapus

[name=Rach Alida Bahaweres] [img=https://2.bp.blogspot.com/-nU7vyrF6_rE/WWw9fpyD9kI/AAAAAAAADWA/7zfkXenvrN8MH6Q4lAACPTciMJaet1lGACLcBGAs/w345-h245-c/Alida.png] [description= Saya Alida. Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com] (facebook=https://www.facebook.com/rach.bahaweres) (twitter=https://twitter.com/lidbahaweres) (instagram=https://www.instagram.com/lidbahaweres)

Follow @lidbahaweres