Lotte Choco Pie Untuk Menciptakan Kebersamaan Ibu dan Anak

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Lotte Choco Pie Untuk Menciptakan Kebersamaan Ibu dan Anak

Mungkin saat pertanyaan itu diajukan, jawabannya beragam. Ada yang mungkin menjawab sangat dekat dengan anak karena 24 jam selalu bersama anak. Mungkin ada juga yang merasa walaupun tak selalu bersama anak, tapi kebersamaan selalu terbangun. Yap, tak ada yang salah. Bagi saya, orangtua seharusnya dan pasti melakukan yang terbaik buat anak. Orangtua selalu berusaha untuk membangun kebersamaan bersama anak. Tapi, apakah saat anak bersama orangtua, seluruh jiwa dan fisik orangtua tercurahkan untuk anak? Atau hanya sekedar fisik saja bersama anak tapi pikirannya antara kerjaan kantor, ngeblog atau urusan organisasi?. Saya saat ditanya tentang itu, rasanya makjleb banget. Kadang kala mikir, “Udah tahu itu anak kita ya pasti dekat lah ama anak’. Tapi benarkah demikian?

Hadir di acara Blogger Gathering Lotte Choco Pie

Ayyas dan Bapaknya
Pertanyaan terkait kedekatan terhadap anak saya peroleh saat acara Sabtu, 22 April 2017 di Taman Kajoe, Jakarta. Ada acara Gathering Blogger dengan tema “Together, ore”. Saya bersyukur datang ke acara berkat undangan dari Kumpulan Emak-Emak Blogger dan Lotte Choco Pie. Ini kedua kali saya datang pada acara Lotte Choco Pie. Saat saya datang, acara belum dimulai. Saya datang bersama suami dan juga Ayyas. Sebelum acara mulai, kami menikmati makanan yang disediakan serta ngobrol ngalur ngidul. “Ummi ke belakang yuk,” kata Ayyas. Pas saya nengok ke halaman belakang ada banyak mainan yang tersedia. Mulai dari kolam bola, rumah-rumahan yang ada perosotan hingga meja dan kursi buat mewarnai. Saya lihat banyak anak-anak yang asyik berlompat-lompatan. Sesekali terdengar suara tawa. Ayyas saya tawari bermain lompat-lompatan tapi teryata dia lebih memilih duduk sambil mewarnai. Sambil menunggu acara dimulai, saya menemani Ayyas dan beberapa mom blogger lainnya.
 
Bu Novita berbagi informasi
Tak lama kemudian, para mom blogger diajak ke ruangan untuk memulai diskusi. Ada tiga narasumber yang dihadirkan yakni Oci C. Maharani (Brand Manager Lotte Indonesia), Carissa Putri (Brand Ambassador terbaru Lotte Choco Pie) dan Psikolog Novita Tandry.  Acara yang dipandu Mak Mira Sahid (Founder Kumpulan Emak-Emak Blogger) diawali dengan sambutan oleh Hiroki Ishiguro (President Director of Lotte Indonesia). Mr Hiroki memberikan pidato singkat tentang tujuan kegiatan yakni agar Lotte Choco Pie dapat membantu membangun kebersamaan antara orangtua dengan anak.

Bu Oci mengatakan, Lotte Choco Pie merupakan camilan yang diharapkan dapat mendukung terciptanya kebersamaan keluarga. Khususnya kebersamaan antara ibu dan anaknya. Lotte Choco Pie ingin mengajak para ibu agar apat lebih memanfaatkan kehadirannya di tengah tanggungjawab yang beragam, serta waktu yang terbatas.

Apalagi saat ini banyak sekali ibu yang aktif bekerja namun tetap selalu ingin memberikan perhatian kepada anaknya. Kebersamaan yang bisa dibangun adalah dengan berbagai cara. Salah satunya dengan bermain sambil mengkonsumsi cemilan favorit yakni Lotte Choco Pie.
 
Carissa Putri sebagai Brand Ambassador
Psikolog Novita Tandry juga menekankan pentingnya membangun kebersamaan dengan anak.
Sekarang banyak ibu yang multitasking (dapat melakukan beberapa kegiatan sekaligus). Misalnya memasak sambil membersihkan rumah, memasak sambil ngemong anak hingga aktivitas sebagai ibu bekerja yang dituntut untunk dapat membagi perhatian kepada anak.

Namun, kebersamaan yang dibangun sebaiknya bukan kebersamaan semu semata. “Kita hadir di samping anak tapi juga mencurahkan seluruh perhatian kita kepada anak,” kata Bu Novita. Bu Novita mencontohkan ada yang selalu berada di samping anak tapi pikirannya tak tercurahkan ke anak. Entah di urusan masakan atau pekerjaan freelance yang belum diselesaikan. Duh, saat bu Novita mengatakan itu rasanya mak jleb banget ke saya.
 
Emak-emak blogger
Padahal, kata Bu Novita, bermain sama anak memiliki banyak manfaat. Kebersamaan bersama anak membuat anak pun menjadi dekat. Selain itu, “Bermain bersama anak ada hormon oksitosin yang dapat melepas stres dan membuat lebih rileks,” katanya. Oh ya, sebelum acara, para mom blogger diminta untuk menuliskan kegiatan yang dilakukan untuk membangun kebersamaan dengan anak. Ada yang menuliskan kebersamaan yang dibangun dengan cara membuat vlog dengan anak, berenang dengan anak hingga nonton film bersama anak. “Tapi kalau mau menonton film harus pilih tanpa adegan kekerasan,” kata Bu Novita.

Kebersamaan yang dibangun akan membuat anak dan ibu menjadi dekat sehingga anak bisa ngobrol apa saja dengan ibu. Bu Novita menceritakan kisah tentang seorang ibu yang berprofesi guru sedang mengecek pekerjaan rumah muridnya. Pekerjaan rumah itu tentang profesi yang diinginkan ketika sudah besar. Tanpa sepengetahuan ibu itu, anaknya diam-diam menyelipkan sebuah kertas tanpa nama. Ketika dibaca tertulis ‘Saya ingin menjadi handphone agar bisa selalu bersama ibu. Karena dengan menjadi handphone, ibu tak akan marah. Ibu akan membawanya kemanapun’. Kalimat yang tertulis itu seketika membuat sang ibu menangis.

Bu Novita yang memiliki anak telah dewasa mengatakan kesedihannya saat sang anak akan melanjutkan kuliah di luar negeri. Kepada sang anak ia berkata, seandainya bisa ia akan membalik waktu agar ia bisa menjadi ibu yang terbaik bagi anaknya. Namun sang anak hanya berujar, “Ibu tak usah membalikkan waktu karena ibu adalah ibu terbaik yang aku miliki”. Saat mendengarkan Bu Novita menceritakan itu, tak terasa ada cairan bening di sudut mata saya. Ah, entah cengeng atau merasa bahwa memang seorang ibu selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Carissa Putri mengatakan, ia selalu berusaha untuk membangun kebersamaan dengan sang buah hati, Quenzino Acana Naif yang akrab dipanggil Q. Carissa punya berbagai cara agar dapat mendekatkan diri dengan anak. Ketika Q pulang sekolah, Carissa selalu mengajak Q ngobrol tentang apapun. “Tapi pas dikasih Lotte Choco Pie, dia malah makin asyik bercerita,” katanya sambil tertawa. Tak hanya itu saja, saat snack time, Carissa minta Q mengambil piring warna tertentu terus keduanya makan bareng. “Nggak hanya Q aja yang senang. Tapi juga saya,” katanya sambil tersenyum. Kedekatan Carissa dan Q bisa dilihat juga di video di bawah ini. 


Carissa ingin Q memahami nilai-nilai positif keluarga sebagai pondasi awal sehingga kelak menjadi pribadi yang berkarakter baik. Menurutnya, hal ini dapat tercapai jika ia sebagai ibu, meluangkan waktu yag berkualitas untuk menciptakan kebersamaan yang lebih bermakna dengan buah hati. 


Anak-anak bermain
Setelah sesi ngobrol-ngobrol dan dilanjutkan dengan tanya jawab, acara kemudian dilanjutkan dengan permainan games. Saat saya dan mom blogger datang, anak-anak sudah berbaris rapi. Ada empat kelompok dan masing-masing kelompok diisi lima anak. Ayyas ada di kelompok tiga. Jadi, anak-anak diminta untuk menyusun kata Lotte Choco Pie menjadi satu. Hanya saja, potongan-potongan kata itu tersebar dan untuk mendapatkannya harus melakukan sesuai instruksi (misalnya menggambar). Lalu bagaimana dengan orangtua? Orangtua hanya boleh memberikan semangat kepada anak-anaknya. Namun sebelum permainan dimulai, kami para orangtua diberikan kesempatan untuk memeluk anak dengan penuh cinta. Asyiknyaaa ....

Nah, pas acara dimulai para orangtua tak henti-hentinya memberikan semangat kepada anaknya. Sesekali terdengar tawa karena orangtua yang berusaha masuk ke area yang dilarang eh malah mencoba terobos. Walaupun cuacanya agak panas, namun tak menyurutkan semangat anak-anak untuk bermain. Kelompok mana yang berhasil mengumpulkan kata dan menyusunnya? Yap, pemenangnya adalah kelompok III. Ayyas dan teman-temannya pun keluar menjadi pemenang. Horee ... Karena menang juara I, kelompok III menjadap voucher belanja 100 ribu dan goodie bag. Wah, senang banget ya! Setelah permainan anak selesai, Ayyas tak mau langsung pulang. Ia memilih untuk menghias Choco Pie di meja yang telah tersedia. Jadi, pihak Lotte Choco Pie menyediakan satu meja yang berisi aneka hiasan warna warni yang mengugah selera. Ayyas memilih menghias Choco Pie secara sederhana.
 
Hore juaraa ...
Setelah acara selesai, saya semakin sadar untuk selalu dapat membangun kebersamaan bersama anak. Banyak hal sederhana pun yang kerap kami lakukan berdua. Mulai dari bermain permainan tradisional, ngobrol ngalur ngidur hingga berenang dan nonton televisi bersama. Oh ya kalau boleh tahu, apa yang dilakukan teman-teman untuk membangun kebersamaan dengan anak?
 
Menghias Lotte Choco Pie



   







79 komentar

Avatar
andi nugraha 29/04/17, 03.13

Asik ya, Mba bisa ikut acara gitu. Pemandangan buat anak memang memadai, keren dan asik gitu. Rumput yang hijau membuat nyamai anak.. he

Itu video apa ya, penasaran, nanti aku coba buka..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 07.15

Iya anak jadi senang mas :)

Reply Delete
Avatar
andi nugraha 01/05/17, 18.32

Anak senang orang tua pun ikut senang ya, Mba..he

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 29/04/17, 04.06

Ayyash pasti seneng banget ya diajak ke sini. Bisa menghias Lotte Choco Pie.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 07.15

Iya mba Leyla. Jaadi ketagihan. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 29/04/17, 04.27

makjleb mba fisik deket tapi fikiran ga fokus oemji jangan sampe aku begitu hahaha
aku kok kuder bgt sama cemilan kek gini y jujur makanan2 aku tau lewat cerita blog kek choco pie ini hahahha aku uda ga pernah nonton tv mba jdnya kudet. 😂🤣
kaka Ayyas hebat vouchernya ga dipalak ummi kan?hahahha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 07.16

Iya hayuk ke Jakarta aku traktir Choco Pie. Aduuhh, jangan ngomong ngomong dong kalau aku palak vouchernya. Hahaha

Reply Delete
Avatar
Ucig 29/04/17, 05.19

Serunya mba... bonding time buat aku perlu banget meski jadi ibu rumah tangga. Apalagi ngrjain ini itu dan anak2 suka main sendiri pas emak lagi sibuk hehe. Biasanya sambil ngemil, ngobrolnya...menciptakan kebersamaan^^ apalagi klo sambil ngemil choco pie, aku suka

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 07.16

Iya mba Ucie. Choco Pie pilihan banget :)

Reply Delete
Avatar
Tri Sapta 29/04/17, 16.57

Aku punya 3 anak. SMA, SMP, dan SD. Setiap membesarkan anak dari kecil sampai empat tahun aku tidak bekerja. Itu saja merasa kurang. Ternyata bukan kedekatan fisik saja tetapi mindfull. Dulu saya sering bilang sama anak, ayoo cepetan, Umm mau mengerjakan pekerjaan lain. Kurang ilmu.
Untuk membangun kedekatan bisa dengan menyediakan cemilan. Itu sering dilakukan Abnya. Kalau sambil menyantap choco pie, tambah manis deh hubungan keluarga. Weh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 07.17

Iya bener banget mba Tri Sapta. Seorang ibu selalu merasa kurang aja kalau memberikan kasih sayang ke anak ya :)

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 29/04/17, 21.32

Bonding time emang perlu banget jadi sampai gede anak sayang plus lengket sama kita hehe.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 07.17

Alhamdulillah bahagia banget mba Amel :)

Reply Delete
Avatar
Mildaini 30/04/17, 07.53

seru bnaget acara ini bukan cuma mengakrabkan ibu dan anak, kuliat juga jadi ajang kumpul blogger ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 08.37

Iya bener banget mba
Emak blogger juga senang banget

Reply Delete
Avatar
Keluarga Nawra 30/04/17, 07.54

nawra dan adik-adiknya suka makan ini, selain enak katanya juga bikin kenyang, hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 08.38

Iya bener mba. Wajib banget di rumahku nih Choco Pie mba

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 30/04/17, 07.54

Senangnya ada event blogger yang melibatkan anak-anak begini.

Selamat ya Ayyas dan timnya. Keren nih menang juara satu pasti karena mamanya juga keren :D

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 30/04/17, 09.55

Haduh semoga anakku ga sampai ingin jadi HP. Makjleb banget bacanya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 11.12

Iyaa, mba. Makjleb banget :)

Reply Delete
Avatar
Kania Safitri 30/04/17, 10.24

Aku sm anaku suka banget sm Lotte Choco pie ini dan pasti nyetok dirumah :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 13.20

Stok selalu aman buat anak ya mba. Sama. Akujuga :)

Reply Delete
Avatar
Unknown 30/04/17, 10.27

kegiatan outdoor buat anak bagus ya, sesekali menikmati view yang hijau-hijau bikin fresh buat anak eh ortunya juga deng :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 13.20

Iyaa anak dan ibu senang mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 30/04/17, 10.49

Anakkuuu suka bgt chocopie mbak, dan suka dibagiin ke temen2nya :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 13.20

Asikk bangeet mba. Jadi berbagi juga

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila 30/04/17, 11.15

Dulu pas lotte choco pie ini br kluar, aku lgs beli dan ksh anakku.. Tp ternyata dia ga doyan krn ada marshmallownya.. Akhirnya utk aku dan malah aku yg doyan bangettt mba :p.. Slalu nyetok ini buatku sendiri :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 13.20

Wah anakku malah suka banget marsmallownya :)

Reply Delete
Avatar
eni rahayu 30/04/17, 11.47

Seru banget ya mbak acaranya. Memang yg penting kedekatan secara emosional yg menurutku baru bs terbangun dg interaksi bersama anak. Tnx infonya mbak. Mencerahkan sekali

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 30/04/17, 13.21

Kedekatan emosional harus selalu dibangun ya :)

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 30/04/17, 12.04

Pasti si kecil happy banget sa ini acara ya

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) 30/04/17, 13.18

Campaign ini ngena banget ya. Karena kebersamaan dengan anak itu penting.

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid 30/04/17, 15.20

waaah pasti seru banget yaa Mba acaranya, apalagi ada Carissa Putri dan Q di sana :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 01/05/17, 08.27

Abak-anak pun suka banget mba

Reply Delete
Avatar
Vita Masli 30/04/17, 16.16

Wahh choco pie, dimakan begitu aja sudah bikin nagih apalagi klo divariasikan ya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 01/05/17, 08.28

Iya jadi pengen nambah terus. Hehehee

Reply Delete
Avatar
Eva Sri Rahayu 30/04/17, 19.05

Lotte Choco Pie selain rasanya enak, memahami ibu dan anak juga. 😍

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 30/04/17, 20.31

Bounding n we time brsm kidos memang wajib mba alida... senangny bs hdr d sana..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 01/05/17, 08.28

Iya mba. Alhamdulillah banget

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 30/04/17, 20.53

Dulu kalo pulang kampung sering banget jajanin ini buat adik adik. Sekarang dah lamaaa belum pernah beli lagi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 01/05/17, 08.29

Hayuk coba beli lagi mbaa :)

Reply Delete
Avatar
ade anita 30/04/17, 21.52

ini kue yg suka dibeli Hawna buat aku sebagai ungkapan rasa sayang dia. gara2nya hawna dikasi tahu sama pihak chocopie yg bagi2 chocopie di sekolahnya bahwa chocopie ini kue kasih sayang yg dikirim melewati pagar kawat menyeberang ke korea utara yg bermusuhan dg korea selatan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 01/05/17, 09.44

Wah aku malah baru tahu kisah itu mba Ade Anita, HIhihih

Reply Delete
Avatar
Febrianty Rachma 30/04/17, 22.10

Aku tuh kalau lagi banyak kerjaan kadang emang suka kurang punya waktu buat anak-anak mbak. Tapi setelah datang ke acara ini jadi bener-bener jleb diingatkan untuk jadi ortu yang lebih baik lagi nih

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 01/05/17, 09.47

Semoga kita menjadi semakin baik buat anak ya mba

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 30/04/17, 23.29

Acara ini bener-bener jadi bonding time banget nih untuk mak LIda, soalnya abis acara ini langsung cuss kantor kan ya maaak.. Hihihiii

Reply Delete
Avatar
Istiadzah 01/05/17, 00.25

Seru banget yah acaranya sampe belum bisa move on nih hahhahah. Semoga bakalan ada acara serupa lagi yah :))

Reply Delete
Avatar
Istiadzah 01/05/17, 01.28

Yang bu novita contohkan itu, aku banget. :( Aku harus bisa nih bagi waktu buat anak dan gadget. :(

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 01/05/17, 09.48

Masih banyak yang seperti itu ya mba

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 01/05/17, 06.48

Duuhhh, beneran pengin ikutan acara ini :)
Moga2 segera mampir ke Sby aamiiin
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Nurul Noe 01/05/17, 10.41

Setuju sama Carissa, kasih sayang mmg pondasi yg penting dlm mendidik anak agar jd pribadi yg baik yaa

Reply Delete
Avatar
mira 01/05/17, 10.46

Multitasking itu memang perlu. Tapi ternyata gak selamanya bagus, terutama kalau sudah menyangkut waktu kebersamaan dgn anak. Gak bisa bareng anak sambil main gadget. Emang kudu di simpen jauh2 dulu ya gadgetnya. Biar bisa fokus sama anak2. :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 06/05/17, 17.41

Godaan gadget emang beraattt. Hehhee

Reply Delete
Avatar
rina susanti 01/05/17, 11.02

acara yang ga skedar bikin happy, juga nambah ilmu ya Mba

Reply Delete
Avatar
Alfu laila 01/05/17, 12.34

Nice sharing mbak :) btw itu chocopie cemilan andalan aku, suami dan tentunya ankku..hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 06/05/17, 17.41

Iyaa aku sekeluarga juga suka :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 01/05/17, 13.14

Kemarin aku beli Lotte Choco Pie di minimarket. Enak banget ternyataaa... yummy deh. Untuk menjali kebersamaan dengan anak, ada bagusnya mlm2 ga hp2an ya hehe..

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 01/05/17, 13.55

Horee ... Ayyas menang!! Selamat ya... :))
Acaranya seru ya, Mbak Alida. Apalagi ada parentingnya...

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 01/05/17, 15.15

Nyenengin banget ya acaranya... asyiik tim anak kita menang

Reply Delete
Avatar
Mugniar 01/05/17, 16.28

Harus disadari betul ya Mbak, kebersamaan bersama anak, jangan sampai semu. Ada sama anak tapi perhatiannya ke mana2
(teguran nih buatku hehe)

Reply Delete
Avatar
Lisna Dwi Ardhini 01/05/17, 16.35

Acaranya seruuuu..materinya makjleb maak, hahaha. Gamesnya bikin anak seneng dan emaknya girang pula krn dpy pocer ya maaak, hihi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 06/05/17, 17.46

Pocernya buat emaknyaaa #Eh. Hahha

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera 02/05/17, 15.16

Yeayyy Ayash juara. Asyik juga ya Choco Pie ngadain workshop untuk ibunya sekalian ngadain acara untuk anak2nya. Jadi bisa jalan bareng kan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 06/05/17, 17.46

Alhamdulillah bisa smabil memanfaatkan waktu ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Murtiyarini, Arin 06/05/17, 11.00

Belum ada sebulan kan, tapi udah kangen aja pengen acara gini lagi. Seru! Akrab!

Reply Delete
Avatar
nurismaya14 15/05/17, 17.42

choco pie , aku kalau liat ini ingetnya sama drama descendant of the sun :D

Reply Delete