Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Sabtu kemarin saat bertugas, saya melihat teman saya menggunakan masker untuk menutup wajahnya. Panggil saja namanya Siti (sst, dia minta namanya tak disebutkan). Maskernya pun dilapisi tissue. Penasaran, saya pun bertanya alasan dia menggunakan masker untuk menutup wajahnya. “Jerawatku meradang, mba,” katanya. Kemudian, dia membuka masker. Tampak jerawat berwarna merah hampir memenuhi pipi kanannya. Saya tahu dia malu saat tahu jerawatnya seperti itu. Tapi ya mau bagaimana lagi.
 
Jerawat muncul. Sumber foto : pixabay.com

Kepada saya, ia berkata telah ke dokter kulit dan dokter kulit meminta ia untuk menghentikan sementara penggunaan krim racikan. Dia nggak tahu apa penyebab jerawat yang ia alami. Entah karena krim racikan pemutih atau juga karena hormon dalam tubuh yang meningkat. “Ada perpaduan keduanya ya mba?,” kata dia bertanya kepada saya. Waduh, malah balik bertanya ke saya. Sebelum ke dokter kulit, ia ke klinik kecantikan langganan dan diberikan obat untuk dikonsumsi untuk membantu mengurangi jerawatnya. Namun teryata, jerawatnya semakin meradang. Ia berkata telah mencoba beragam cara untuk membantu menghilangkan jerawat di wajahnya, namun belum juga berhasil. “Rasanya juga gatal, mba,” kata dia kepada saya.

Saya lihat kondisinya, jadi kasihan juga. Dia tentu merasa terganggu dengan penampilannya saat itu. Saya sih menyarankan agar ia memakai masker agar tak terkena debu saat keluar ruangan. Sebagai pemilik kulit berminyak, teman saya jadi cenderung berjerawat. Beda dengan saya yang memiliki jenis kulit kering. Kalaupun jerawat muncul, mungkin hanya satu atau dua saja dan kemungkinan karena pengaruh hormon. Rasanya ingin saya garuk karena terasa gatal. Tapi ya saya mencoba menahan diri. Saya ingat kata Mama, jangan pernah menggaruk jerawat. Biasanya kalau jerawat muncul, saya memilih untuk kompres dengan kapas yang sudah direndam air hangat. Rasanya lebih nyaman.

Hampir kebanyakan orang pernah berjerawat. Jerawat merupakan kelainan kulit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar lemak. Jerawat tak hanya di muka saja, tapi juga di dada, punggung, bahkan ada juga yang di ketiak. Mungkin banyak yang mengira jerawat itu hanya dialami anak muda saja, tapi usia dewasa juga masih banyak yang mengalami jerawat.

Dari informasi yang saya peroleh. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat. Selain kosmetik dan faktor hormonal, teryata stres juga menyebabkan jerawat muncul. Salah satu teman pria, setiap kali stres karena deadline, jerawatnya pun muncul. Nah, untuk menghindari munculnya jerawat, dua hal yang saya lakukan adalah :

Menjaga kebersihan wajah
Bagi saya ini penting banget. Seperti yang saya tulis di atas, berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Setiap kali bepergian ke luar ruangan, jangan lupa membersihkan wajah agar debu-debu hilang. Hindari memegang, memencet atau menggosok jerawat agar tidak semakin meradang.   

Memperbanyak Makan Sayur
Makan sayur-sayuran dapat membantu untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Namun ini tentu tidak langsung tampak hasilnya. Prosesnya memang lebih lama. Mengkonsumsi sayuran dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit .
 
Konsumsi buah untuk kesehatan. Sumber foto : pixabay.com

Semua ini saya lakukan agar dapat mengurangi munculnya jerawat. Saya kuatir kalau jerawat muncul, dan saya iseng memencet jerawat, maka akan menimbulkan bekas jerawat. Jika ini terjadi, maka harus dilakukan berbagai cara menghilangkan noda bekas jerawat. Maklum, bekas jerawat yang muncul akan susah untuk dihilangkan. Bekas jerawat bisa menimbulkan warna hitam dan ada juga yang meninggalkan bekas jerawat yang agak berlubang pada kulit wajah. Menghilangkan noda bekas jerawat, harus dilakukan secara tepat, salah satunya dengan mengunjungi dokter kulit. Untuk menghilangkan noda bekas jerawat butuh waktu yang lama sehingga harus telaten. Jangan lupa, perbanyak konsumsi sayuran dan buah agar proses regenerasi kulit bisa dilakukan. Jika tak ingin mengalami jerawat, hal yang utama dilakukan adalah menghindari penyebab timbulnya jerawat.

Nah kepada teman saya, saya juga menyarankan hal demikian. Apakah teman punya pengalaman saat mengalami jerawat? Lalu apa yang dilakukan teman-teman?  





40 comments

Avatar
nova violita Nov 8, 2016, 10:16:00 AM

baru tau mba.. kalo makan sayur banyak..bisa ngilangin bekas jerawat.., aku ada sih jerawat bekasnya gak ilang..emang gak bayak sih.. 1-2 jerawat gitu pas pms...

makasih sharingnya mba..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 8, 2016, 3:52:00 PM

Sayur bagus buat kulit, mba Nova sehingga proses regenerasi semakin cepat :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Nov 8, 2016, 10:31:00 AM

Waktu pas SMA wajahku jerawatan karena malas cuci muka hahaha akhirnya komit diri untuk bersih2 wajah setiap habis plg sekolah wajahku cling lagi kayak piring di iklan :)))

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 8, 2016, 3:53:00 PM

Asyik nih kalau wajahnya cling mengkilat ;)

Reply Delete
Avatar
Dian Ravi Nov 8, 2016, 10:59:00 AM

Aku cuma bisa menjaga kebersihan wajah, pake obat jerawat, dan berdoa biar jerawatnya ga berbekas ketika jerawat bertamu ke wajah aku.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 8, 2016, 3:53:00 PM

Iya bisa juga sih pakai obat jerawat mba ;)

Reply Delete
Avatar
Shona Vitrilia Nov 8, 2016, 11:22:00 AM

Wah rajin makan sayur bisa ya mba? *makan sayur banyak2

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 8, 2016, 3:53:00 PM

Bisa buat proses regenerasi kulit mba ;)

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Adismal Nov 8, 2016, 3:03:00 PM

Akhir akhir ini banyak jerawat mampir mungkin faktor umur ya mba..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 8, 2016, 3:54:00 PM

Iya bisa juga ya mba. Banyak faktor penyebabnya :)

Reply Delete
Avatar
Mildaini Milda Mildaini Nov 8, 2016, 3:49:00 PM

alhamdulillah, aku jarang berjerawat mba

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 8, 2016, 3:54:00 PM

Alhamdulillah banget ya mba Milda

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Nov 9, 2016, 2:14:00 AM

Aku dulu pernah sampai radang gtu mbak. Makanya gak berani pakai kosmetika sampai sekarang. Akhirnya cocoknya ke salah satu beauty dan spa. Tapi skrng pas udah jd emak2 wes jarang nyepa lg, jerawatan lg huhuhu #curcol :P

Btw tengkyu tipsnya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 9, 2016, 9:01:00 AM

Oh iya salah pakai kosmetik juga bisa jerawatan ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis Nov 9, 2016, 8:25:00 AM

Waktu saya belum nikah jerawat saya parah mbak, besar dan bernanah. Sembuhnya lama dan meninggalkan bekas. Alhamdulillah sekarang sudah agak berkurang.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 9, 2016, 9:01:00 AM

Duh sedihnya kalau sampai bernanah :(

Reply Delete
Avatar
Intan Rosmadewi Nov 9, 2016, 9:22:00 AM

Assalamu'alaikum
Tulisan bermanfaat, kalau pengalaman Bunda Alhamdulillah 12 putera dan puteri tidak terlalu bermasalah dengan kulit wajah.

Memang yang utama saat balita mereka dibiasakan sehari - hari minum juice tomat wortel dan lemon di variasi dan diperhatikan takarannya namun rutin . . .

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 9, 2016, 1:30:00 PM

Waalaikum salam bunda. Alhamdulillah yaa kalau kulitnya tak bermasalah Bunda. Iya minum jus buah penting ya bun :)

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Nov 9, 2016, 9:29:00 AM

Aku enggak tipe jerawatan mba, jerawat munculnya hanya di antara batas dahi dan rambut itu. Semacam jerawat batu kecil2. Hiihh gemes kucungkil2 gitu ;)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 9, 2016, 1:30:00 PM

Iih hati2 loh kalau di cungkil ;)

Reply Delete
Avatar
Innnayah Nov 9, 2016, 11:26:00 AM

Aku pakein tea tree lumayan mba. Meski ntar dateng lagi hahhaha

Reply Delete
Avatar
iyahyuktravelling Nov 9, 2016, 2:10:00 PM

Terimakasih infonya. Ternyata banyak makan sayur banyak manfaatnya juga, bisa ngalau si j

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 11, 2016, 7:24:00 AM

Iya. Banyak banget manfaatnya. Hihiii

Reply Delete
Avatar
kurnia amelia Nov 9, 2016, 6:37:00 PM

Makasih mba tipsnya saya nih gampang banget jerawat klo mau mens pasti jerawat dtg.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 14, 2016, 2:48:00 PM

Smoga lekas hilang jerawatnya ya mba

Reply Delete
Avatar
Ranny Nov 10, 2016, 7:00:00 AM

Wajahku berjerawat mbak, pas ada jerawat dibiarin maksudnya jangan dipencet-pencet karena itu bikin scar di wajah. Untuk bekas jerawat perlu ada perawtan rutin kayak facial, masker sama konsultasi ke dokter.
Kayak scar di wajah nih, saya pernah melakukan perawatan roller, jadi scarnya nggak dalem lagi. Selebihnya emang benar itu rajin bersihin wajah, makan berserat dan bergizi, hindari makanan pemicu jerawat seperti cabai *hiks susah ini.
Sekarang jerawat udah jarang muncul dan scar pun dikit saja.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 14, 2016, 2:48:00 PM

Asal jangan di otak atik mba ;)

Reply Delete
Avatar
Rindang Yuliani Nov 10, 2016, 8:45:00 AM

Wahh, ini saya nih kulit berminyak. Tidak suka makan sayur pula. Hiks

Reply Delete
Avatar
muti mimut Nov 10, 2016, 12:13:00 PM

Jenis kulit wajah berminyak pasti lebih gampang jerawatan dibanding kulit kering, apalagi kalau sehari-hari kena debu jalanan

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Nov 10, 2016, 5:02:00 PM

Banyak minum air putiiih mbaaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 14, 2016, 2:48:00 PM

Bener. Bagus buat kesehatan pula :)

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Nov 12, 2016, 9:17:00 PM

Lagi-lagi memang pola makan ya mba yang menjadi pangkal kesehatan

Reply Delete
Avatar
Ria Tumimomor Nov 22, 2016, 7:41:00 AM

kl sdh muncul memang susah sih buat dihilangkan. dan kl mau dihilangkan paksa dgn dipencet gitu malah nanti jadi luka terus ada bekasnya. Saya biasanya pakai minyak zaitun utk menghilangkan bekas. Tapi lamaaaa banget baru hilang, FYI.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 10, 2017, 9:21:00 AM

Oh tapi perlahan jadi hilang ya mba :)

Reply Delete