Yuk Jaga Kesehatan Gigi Mulai Sekarang

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Yuk Jaga Kesehatan Gigi Mulai Sekarang

Tiga hari lalu saya ngobrol dengan tetangga saya yang kebetulan adalah dokter gigi. Namanya drg. Laura Arman. Enaknya punya tetangga yang dokter gigi, saya jadi banyak tahu tentang kesehatan gigi. Bahkan drg Laura ini adalah dokter yang selalu menangani gigi Ayyas jika sakit gigi. Berdasarkan pengalaman saya, caranya menangani anak untuk mau berobat ketika sakit gigi, nggak bikin Ayyas menangis.

Pernah ya malam-malam saya ke rumahnya karena gusi saya bengkak. Sakitnya gusi bengkak, membuat saya tersiksa. Saya nangis karena gusi saya bengkak. Agak lebay, tapi ya itu kenyataannya. Nah, oleh drg Laura, saya langsung dikasih obat yang membantu meredakan rasa sakit akibat gusi bengkak. Tak lama, gusi bengkak pun sembuh.

Bu drg Laura Arman yang cantik dan baik hati
Nah, saat ngobrol dua hari itu, saya tertarik untuk mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi. Bahasa awam dari plak adalah jigong. Awalnya saya mengira plak sama dengan karang gigi, teryata dugaan saya keliru. Plak berbeda dengan karang gigi. “Plak biasanya tak terlihat,” kata drg Laura kepada saya. Plak menempel di gigi dan tidak berwarna. Plak baru keliatan kalo gigi di kasih cairan khusus. Nama cairannya adalah disclosing solution. Plak terbentuk ketika sisa makanan dan bakteri bergabung. Sedangkan karang gigi adalah plak yang berakumulasi.             
        
Gigi
Jangan lupa sikat gigi. Sumber : pixabay.com
Kalau plak bisa dihilangkan dengan sikat gigi yang benar. Sedangkan karang gigi keras dan harus dibersihkan dengan cara pembersihan karang gigi. Oh iya, sikat gigi yang benar juga ada tekniknya untuk mendapat hasil yang maksimal. Menurut drg Laura, bagian yang akan dibersihkan, digosok maju mundur lalu bagian gigi yang arah pipi disikat 45 derajat. Sikat maju mundur 45 derajat antara gigi dengan gusi. Jadi, gusinya  juga ikut kena sikat.  Kalau gigi depan digosok arah keluar. Oh ya, jangan lupa untuk sikat permukaan lidah.       
                
Jangan lupa periksa gigi. Sumber : pixabay.com
Dari drg Laura, saya jadi banyak mencari informasi tentang menjaga kesehatan gigi. Saya tak ingin sakit gigi yang dialami keluarga saya terulang lagi. Menurut dr Laura, mengurangi mengkonsumsi makanan manis dapat membantu  menjaga kesehatan gigi. Makanan manis itu seperti permen, cokelat atau bahkan karamel. “Boleh makan manis asal jumlahnya tak banyak dan langsung minum air putih,” kata bu Laura.

Selain itu, sehari seharusnya sikat gigi minimal dua kali. Yakni setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Nah teryata selama ini saya keliru. Biasanya saya sikat gigi sebelum sarapan pagi dan sore hari. Mungkin karena kebiasaan selama ini yakni sikat gigi saat mandi pagi dan mandi sore. Hal lain yang juga harus dilakukan adalah cek ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. Dengan rutin cek kesehatan gigi, tentu akan mencegah timbulnya sakit gigi.

Apakah teman punya pengalaman sakit gigi? Mari berbagi :) 


34 comments

Avatar
Rotun DF Nov 11, 2016, 3:40:00 PM

Sama Mba, akupun kalau sikat gigi pas pagi, sebelum makan jatohnya ya. Habisnya kalau abis makan terus sikat gigi, aku jadi mual dan pengen muntah :(

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 13, 2016, 6:17:00 AM

Iya banyak juga ya mba yang sikat gigi sebelum makan ya mba

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae Nov 12, 2016, 5:17:00 AM

Ternyata kebiasaan sama ya ... pagi dan sore hari. Hihihi

Reply Delete
Avatar
wiwid wadmira Nov 12, 2016, 5:31:00 AM

Saya sering sakit gigi. Tapi suamiku gak pernah sakit gigi. Kadang iri. Pdhl gosok giginya lbh rajin aku. Haha.. aku diajarin kira kara kalo sikat gigi harus sikat lidahnya juga.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 13, 2016, 6:18:00 AM

Samaaa, mba Wiwid. Suamiku juga nggak pernah sakit gigi euy :p

Reply Delete
Avatar
seng berkarat Nov 12, 2016, 5:50:00 AM

Kalu udah berlubang gimana?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 13, 2016, 6:18:00 AM

Kalau nggak bisa ditambal ya harus ditambal

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Nov 12, 2016, 6:26:00 AM

Kalau udah sakit gigi tuhhh aduuhhhhh ampun dah puyeng ampe ke kepala.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 13, 2016, 6:19:00 AM

Bisa bikin kesakitan seharian ya mba

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Nov 12, 2016, 7:48:00 AM

aku dulu dari kecil malas merawat gigi dan menjadi langganan dokter gigi samapi trauma dg dokter gigi. punya anak rajin nyerewetin emreka buat gosok gigi , gak banyak makan permen dan coklat, alhamdulilah mereka gak punya masalah dg giginya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 13, 2016, 6:20:00 AM

Samaa mba. Biasanya kalo emak2 takut gigi ya begitu itu. Hihii

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Nov 12, 2016, 7:52:00 AM

Aku, mba. Sejak kecil sering periksa ke drg. Seringnya karena gigi berlubang. Dulu sih masih anak-anak, lupa kenapa. Tapi setelah sering sakit gigi itu jadi rajin gosok gigi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 13, 2016, 6:20:00 AM

Soalnya takut sakit gigi lagi ya mba :p

Reply Delete
Avatar
Haeriah Nov 12, 2016, 7:11:00 PM

Beberapa hari yang lalu saya baru saja mencabut dua gerahamku yang udah hancur. Alhamdulillah, gak sakit lho. Ceritanya ada di blogku. Pengen ngasih link sih tapi takut gak boleh....

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 13, 2016, 6:21:00 AM

Ntar aku mampir ya mba ;)
Makasih sudah berbagi

Reply Delete
Avatar
Alsheila Vannya Nov 13, 2016, 12:36:00 AM

malam mba,

duh ya denger dokter gigi dr masi jaman bocah sampe gede sekarang aku tuh merinding banget. tp alhamdulillah makin gede, rasa ciut ya gak separah masih bocah. haha

tapi aku penting banget untuk gosok gigi, apalagi mau tidur. harus banget.

thank you ya mba, udah ingetin kita semua

alsheilaaa.blogspot.co.id

Reply Delete
Avatar
Mugniar Nov 13, 2016, 9:42:00 PM

Aih iya ya, konsumsi makanan manis mesti dikurangi. Warning buat saya nih ... selain warning untuk penyakit diabetes, juga untuk kesehatan gigi ya Mbak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 14, 2016, 2:44:00 PM

Iya mba. Jaga kesehatan penting banget ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Fuji Astyani Hijriyah Nov 14, 2016, 2:20:00 PM

aku seneng banget scaling kayak gitu soalnya gigi jadi licin dan kesat setelahnya, nafas juga jadi gak gampang bau

salam kenal
http://helluvabutlr.blogspot.co.id/

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 14, 2016, 2:45:00 PM

Iyaa harus rajin mba bersihkan gigi :)

Reply Delete
Avatar
Mildaini Milda Mildaini Nov 14, 2016, 2:29:00 PM

anak2 ni yg masih suka lupa sikat gigi, kadang mesti ditemani

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 14, 2016, 2:45:00 PM

Orangtua harus telaten ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Winda Carmelita Nov 14, 2016, 4:02:00 PM

Duh gigi aku rapuh Mbak, sedihnya .. padahal aku rajin sikat gigi. Cuma ya itu, rapuh :(

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti Nov 15, 2016, 10:40:00 AM

sering salah kaprah ya, aku sikat gigi dua kalis ehari, mandi pagi dan mandi sore. Ternyata sebelum tidur ya. Kebiasaan itu perlahan aku ubah, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 18, 2016, 8:11:00 AM

Aku seringnya pas mandi sore doang sikat giginya mba ;)

Reply Delete
Avatar
Titis Ayuningsih Nov 22, 2016, 8:44:00 AM

Alhamdulilah jarang sakit gigi, semoga tetap menjaga kebersihan gigi :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Dec 2, 2016, 10:42:00 AM

Alhamdulillah banget mba Titis :)

Reply Delete