Tips Memulai Investasi Untuk Pemula

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Memulai Investasi Untuk Pemula

Sebelum menikah, saya amat sangat awam tentang pengelolaan keuangan. Ada gaji, digunakan untuk membeli sesuai keinginan saya. Keinginan, bukan kebutuhan. Saya paling sering menghabiskan gaji yang saya peroleh kala itu dengan belanja pakaian. Kalau ada pakaian yang menurut saya lucu, saya beli. 


Saya tak peduli apakah pakaian itu dipakai kapan. Mumpung promo, mumpung ada duit, mumpung saya suka. Jadi ya lebih karena mumpung sesuai dengan keinginan saya. Dampaknya, lemari saya penuh dengan tumpukan pakaian yang kadang saya beli tapi tak saya pakai. Hanya saya biarkan tersusun di lemari. 




Semua berubah ketika akan memutuskan menikah. Persiapan hanya sebentar, uang hasil kerja di kantor entah kemana. Menyesal? Ya sekarang saya menyesal. Kesadaran saya untuk lebih baik dalam mengelola keuangan baru muncul ketika menikah.  


Suami saya yang menurut saya paling berjasa membuat saya melek untuk keuangan. Ketika ada uang untuk tabungan rumah, dia dengan tegas mengatakan bahwa tabungan itu hanya digunakan untuk beli rumah dan tidak boleh untuk yang lain. Uang belanja bulanan yang diberikan suami pun memberikan tanggungjawab buat saya belajar dikelola dengan baik. Saya jadi belajar memisahkan mana yang kebutuhan, mana yang keinginan. Sampai sekarang saya masih belajar karena saya akuin kalau kadang saya pun masih kalap. 




Namun satu yang pasti, saya sudah berani investasi. Di tahun 2012, saya pernah berinvestasi membeli apartemen di kawasan Depok dengan cicilan Rp 10 juta per bulan. Setahun diangsur, apartemen gagal bangun dan syukurlah uangnya bisa saya peroleh balik sehingga kemudian uang tersebut saya gunakan untuk menambah biaya membeli rumah di kawasan Kudus, Jawa Tengah. 


Berdasarkan pengalaman saya di atas, sejak dini saya sudah memberikan edukasi kepada anak tentang pengelolaan keuangan. Saya sampaikan juga pentingnya investasi. Nggak usah nunggu ntar ntar, tapi dilakukan sesegera mungkin. 


Ketika beberapa hari lalu teman, dia memutuskan untuk ingin memulai investasi. Tapi satu sisi, dia bingung mau memulai investasi darimana, dan investasi apa yang tepat untuk pemula. Menurut saya, tidak hanya teman saya saja yang ingin memulai investasi tapi belum tahu langkah pertama atau tahapan demi tahapan yang harus dilalui agar bisa investasi. 


Lima Langkah Mudah Cara Investasi untuk Pemula

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk memulai investasi bagi pemula? Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu ya definisi pemula menurut saya. Pemula menurut saya adalah orang yang sama sekali belum memulai. Jadi kalau dikatakan cara investasi untuk pemula, berarti belum pernah investasi sama sekali dan ini tak hanya untuk anak muda karena banyak juga orang tua yang belum melakukan investasi tapi ingin investasi. 


Langkah pertama, tentukan tujuan investasi. Menentukan tujuan investasi penting untuk tahu apa yang membuat kita harus investasi. Apakah ingin investasi untuk biaya menikah, investasi untuk pendidikan anak, atau seperti saya yang saat ini melakukan investasi untuk rencana pensiun dini. 


Langkah kedua, dengan tahu tujuan investasi, tentukan juga jangka waktu untuk investasi. Sederhananya begini, kalau ingin menikah lima tahun mendatang, maka selama lima tahun itupula kita harus konsisten melakukan investasi. Semakin dini memulai melakukan investasi tentunya lebih baik. Jika kita ingin menabung untuk biaya SMP anak, maka hitung jangka waktu untuk persiapan menabung. Misalnya jika mulai inevstasi sejak anak SD kelas 1, maka ada jangka waktu lima tahun investasi. 



Kemudian pilih jenis investasi yang diinginkan dan pertimbangkan pula resikonya. Jadi begini, saat ini ada beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih. Beberapa investasi yang bisa dipilih untuk pemula seperti investasi emas, properti, reksadana, saham dan juga ada investasi dengan cara pendanaan di platform peer to peer lending


Investasi emas bisa jadi pilihan untuk investasi jangka panjang. Perlu diketahui, investasi emas itu menjaga mata uang tetap stabil, jadi sebaiknya digunakan untuk jangka panjang. Saya pernah sekali investasi emas batangan. Dalam kurun waktu satu tahun, saya butuh dana yang mendesak sehingga mau tak mau, emas itu saya jual. Sayangnya, saya belum dapat keuntungan sama sekali dari investasi emas itu. Jadi saran saya, pilihlah investasi emas jika ingin untuk jangka panjang lebih dari 2 – 3 tahun. 


Untuk investasi reksadana ada beberapa pilihan. Ada reksadana pasar uang, reksadana tetap hingga reksadana saham. Masing-masing tentunya punya pilihan. Saya sudah beberapa tahun ini memilih reksadana pasar uang dengan resiko yang lebih kecil dibandingkan reksadana saham. 


Investasi properti juga saya dan suami lakukan dengan cara kontrakkan dua rumah kami di Kudus, Jawa Tengah. Syukur-syukur rumah masih terjaga dengan baik dan uang kontrakannya digunakan untuk memperbaiki bagian rumah lainnya. Syukur-syukur bisa buat nambah belanja online. Ehem  


Investasi Pendanaan di Platform peer to peer lending di KoinWorks

Saya ingin memperkenalkan teman-teman dengan alternatif investasi pendanaan di platform peer to peer lending di KoinWorks.KoinWorks ini merupakan solusi untuk berbagai kebutuhan finansial Ada beberapa alasan mengapa investasi di KoinWorks bisa dipercaya yakni : 

Resmi dan diawasi pemerintah karena telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD)


KoinWorks juga sudah terjamin keamanannya karena telah mengenggam sertifikasi ISO 27001 sehingga setiap transaksi terjamin keamanannya. Keunggulan KoinWorks juga karena telah mendapatkan penghargaan sehingga bisa menjadi partner finansial. 


Satu keunggulan lainnya yakni ada beragam layanan di KoinWorks. Mulai dari buka rekening digital, kirim uang hingga investasi pendanaan peer to peer lending, melalui KoinP2P. Bagaimana cara kerja KoinP2P ini ? Ijinkan saya sampaikan beberapa tahapannya yakni : 

  • Download dan daftar sebagai akun personal 
  • Pilih KoinP2P dan pilih menu marketplace
  • Pilih jenis pinjaman yang ingin didanai dengan cara mengklik pinjaman itu
  • Lakukan checkout melalui menu shopping cart yang terletak di kanan bawah
  • Apabila data belum lengkap, lengkapi data dengan mengikuti instruksi 
  • Jika sudah selesai, maka ini artinya pendanaan telah berhasil 


Nah kini KoinWorks memiliki produk terbaru dari KoinP2P yakni : 

  • KoinP2P Grade S 

Apa itu KoinP2P Grade S? Jadi, KoinP2P Grade S ini pas untuk pemula karena resikonya lebih rendah. Jika ingin investasi tapi sambil membantu perkembangan usaha pekerja informal, KoinP2P Grade S ini adalah pilihan yang tepat. Jadi untuk KoinWorks P2P Grade S ini, ada kerjasama antara KoinWorks dengan mitra yang terpercaya dan terbukti kredibilitasnya sehingga resiko gagal bayar tak ada sehingga lebih aman.





Bagi teman-teman yang mau coba eksplor KoinP2P, boleh download aplikasi KoinWorks dulu melalui link ini  https://koinworks.onelink.me/ty8d/alida dan pakai kode promo KLALIDA untuk mendapatkan free KOIN 350.000 yang bisa langsung teman-teman gunakan untuk pendanaan di KoinP2P.


24 komentar

Avatar
Farida Pane 28/11/22, 09.26

Aku termasuk pemula nih soal investasi. Kudu banyak belajar dari artikel seperti ini

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 28/11/22, 13.08

Koin Work ini sangat memudahkan ya mbak, caranya cukup mudah dan buat pemula juga nggak perlu bingung karena ada banyak pilihan investasinya. Jadi tinggal pilih sesuai dengan keinginan kita

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 28/11/22, 14.19

Jadi pilih KoinP2P Express aja ya yang risikonya lebih rendah. Namanya juga pemula, supaya belajar tahap demi taha[ tanpa worry. Mantap nih tips investasinya mbak Al. Banyak sekali keungglan KoinWorks dengan manfaatnya berinvestasi secara mudah. Cermati lebih dalam lagi ah, buat ikutan.

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra 28/11/22, 21.29

Makasih buat infonya mbak.
Sampe sekarang masih belajar tentang investasi, biar keuangannya lebih terkelola.

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 28/11/22, 23.09

Koinworks cukup lengkap aplikasinya . Semua ada mulai P2P bahkan buat beli pulsa aja ada.

Reply Delete
Avatar
Lisdha 29/11/22, 03.38

Aku masih bingung dg p2p lending ini mbak.. kan namanya usaha ada kemungkinan rugi/gagal ya. Jika demikian, apakah pengembalian dana dijamin sama coinwork? Ataukah ada seleksi ketat supaya usahanya bisa masuk dalam list coinwork?

Reply Delete
Avatar
Katerina 29/11/22, 14.13

Kalau dilihat dari risiko, KoinWorks P2P Grade S mungkin cocok buat pemula. Tapi di sisi lain memang KoinP2P Express yang tepat, khususnya buat yang suka dengan tenor pendek.

Terima kasih sharingnya ya mbak, jadi ikut belajar dari artikel ini. Maklum, aku ini pemula :D

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 29/11/22, 17.38

Jujur masih suka bingung sama peer to peer landing
konsep di kepala masih pake tradisional ya gini ini!

Reply Delete
Avatar
Istiana Sutanti 30/11/22, 20.51

Nah, tadi bacanya juga aku sempet bingung oma, ini gimana maksudnya ya. Ternyata kita semacam jadi "investor" gitu yaa, pilih mana usaha yang terdaftar di KoinP2P yang ingin didanai oleh kita, lalu kita masukkan dana kita ke situ.

Karena jadi investor, jadi kita bisa "menikmati keuntungan" juga. nah keuntungan ini hasil yang kita dapatkan berarti yaa?

Reply Delete
Avatar
Eskaningrum 29/11/22, 22.20

Sejauh ini aku baru investasi logam mulia mba. Memang untuk jangka panjang, lumayan banget harga jual kembali. Makasih sharing2nya soal investasi ya jadi makin membuka wawasan literasi keuangan nih

Reply Delete
Avatar
Gusti yeni 30/11/22, 07.57

Pemulaa bingit mbaa dan ga paham tp oaling ga dengan membaca ulasan td sedikit paham. Selama ini masih standart standart aja model.investasi yg saya lakukan

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 30/11/22, 09.51

Jadi kalo untuk pemula yang ingin investasi dananya, direkomendasikan yang KoinWorks P2P Grade S ya mba. Ini juga resiko rendah dibandingkan yang satunya lagi

Selama ini pengalaman punya investasi emas, pernah untung lumayan banyak, tapi pernah juga merugi. Akhirnya tiga tahun terakhir aku pilih Reksadana pendapatan tetap yang resikonya rendah.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 30/11/22, 17.04

Akutuh masih harus Banyak belajar investasi apalagi yang model P2P di KoinWorks

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 30/11/22, 18.24

Catet tip investasinya. Jadi kerja itu duitnya ada yang ngumpul, gak tiba-tiba cling ilang. Btw, KoinWorks boleh juga ya buat belajar inves bagi pemula

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 30/11/22, 18.43

Sekarang mah instrumen investasi banyak banget ya. Mana pada menarik-menarik. Buat pemula juga bisa, toh investasinya bisa dari nominal yang kecil. Semoga dengan semakin banyaknya alat investasi, semakin banyak masyarakat yang melek akan pentingnya investasi itu sendiri.

Reply Delete
Avatar
Okti Li 30/11/22, 18.59

Dari KoinWorks itu selama ini yg saya tahu ada semacam aplikasi tagihan yg memudahkan buat mencairkan invoice. Ternyata dari KoinWorks juga kita bisa melakukan investasi terencana ya.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 30/11/22, 19.11

Kalo ada uang dingin, boleh nih diinvest di KoinWorks. Aku sendiri belum pandai investasi. Suamiku yang suka investasi untuk pendidikan anak-anak.

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 30/11/22, 21.32

KoinWorks bener-bener super app finansial deh. Segala-galanya ada di sana. Fiturnya super komplit. Gak hanya menyediakan aneka produk/instrumen investasi, tapi juga berbagai menu yang bermanfaat untuk merencanakan/mengelola keuangan.

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 30/11/22, 21.51

koinworks ini bisa jadi pilihan nih ya mbak untuk teman-teman blogger memulai investasi yang aman dan terpercaya

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 30/11/22, 22.47

Iyaya.. memilih jenis investasi ini baru kusadari adalah kepentingannya untuk kondisi keuangan. Meski kita sama-sama gak tau akan ada masalah apa di masa depan, tapi alokasi yang tepat untuk investasi ini bisa menentukan kemudahan dalam pencairan dan lain sebagainya. Investasi KoinP2P KoinWorks juga bisa dicoba..

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 30/11/22, 23.23

Kalau aku kayaknya pilih yang Grade S dulu deh, mbak. Meskipun mungkin keuntungannya tidak sebesar yang Express. Cocok untuk yang masih belajaran dan awam dengan KoinP2P nih.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 30/11/22, 23.30

Kalau ngobrolin investasi selama ini andalanku emas dan reksadana. Tapi kyknya menarik juga nih inves via koinworks gak perlu modal besar siapapun bisa meminjami modal yaa. Keuntungannya pun bagus ya mbak. Apalagi platformnya juga aman krn diawasi oleh OJK.

Reply Delete
Avatar
www.grandysofia.com 01/12/22, 09.06

KW ini makin memudahkan user ya, buat yg mau berinvestasi juga makin gampang nih karena udah ada feature nya dan kepake bgt di aku tuh yang bikin invoice nih, satset banget

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 05/12/22, 03.22

Ini bener2 investasi buat pemula ya mba. Yang mau belajar jadi investor. Mgkn one day kita bener2 jadi investor di salah satu perusahaan besar. Koin works p2p nih cocok model org kayak saya ya. Yang nggak mau gambling dan kebanyakan parnonya kalau invest model gini. Soalnya aaya selama ini invest masih model jadul. Nanam di LM.

Reply Delete