Tips Agar Anak Semangat ke Sekolah

Anak mendadak tak semangat ke sekolah? Jangan panik. Ada cara agar anak semangat ke sekolah.

Tips Agar Anak Semangat ke Sekolah


Pernah nggak anak-anak malas ke sekolah ? Anak saya pernah. Kadang dia merayu saya dengan tatapan yang sengaja di buat sedih sambil memeluk dan mencium saya. “Ummi, besok aku nggak sekolah ya. Di rumah aja ama Ummi,” katanya. Kebetulan keesokan harinya saya libur kerja jadinya di rumah seharian. Jadi dia merasa lebih ingin di rumah saja bersama saya. Padahal sekarang Anak saya ini sudah duduk di bangku kelas 8 SMP. 


Setelah selama ini belajar online karena pandemi, belajar tatap muka terasa agak melelahkan. Bangun harus lebih awal, malam sebelumnya sudah harus siapkan berbagai perlengkapan belajar. Belum lagi harus menempuh perjalanan yang bisa saja macet sebelum tiba di sekolah. 


Beda kalau belajar online di rumah. Abis shalat subuh masih bisa balik tidur sebentar kemudian mandi dan sarapan sebentar, langsung sudah di depan layar ipad untuk belajar online. Kadang masih curi-curi waktu mampir ke kulkas untuk mencari makanan buat dijadikan cemilan. 


bagaimana agar anak semangat ke sekolah


Jadi, sebuah tantangan tersendiri bagi saya anak semangat ke sekolah. Biasanya kalau anak merayu untuk tak sekolah, saya tak langsung memarahinya. Tapi lebih pada ngobrol baik-baik tentang dampak baiknya jika tetap bersekolah. Biasanya setelah ngobrol ngalur ngidul, anak jadi lebih memahami dan kemudian memilih untuk kesekolah keesokan harinya. 


Tapi saya juga tanya dulu, apa yang membuat dia malas ke sekolah. Apakah ada yang menganggunya di sekolah ? Atau ada alasan lain sehingga memilih untuk tak sekolah ? Selama ini, anak kalau tak mau ke sekolah lebih karena merasa nyaman di rumah dan ingin dekat dengan saya, Umminya. 


Lantas, kalau anak tak semangat ke sekolah, apa yang harus dilakukan ? Pertama-tama, seperti yang saya sampaikan awal bahwa ajak ngobrol dulu dengan anak apa yang membuat ia tak bersemangat ke sekolah. Kadang anak malas ke sekolah karena pengen menghabiskan waktu dengan orangtuanya ketika orangtuanya libur kerja di hari kerja. Ya sama kayak anak saya. 


bagaimana agar anak semangat ke sekolah



Cara kedua yang saya lakukan agar anak semangat ke sekolah dengan cara memberikan apresiasi atas apa yang telah anak lakukan selama ini. Misal saat dia pulang sekolah, saya tanyakan apa saja yang dilakukan di sekolah. Nanti anak akan cerita misalnya tadi dia di sekolah main sama temannya dan membantu temannya yang kesulitan. Terkesan sepele tapi bentuk apresiasi dengan cara memuji anak yang membantu temannya. 


Menyiapkan makanan kesukaan anak untuk dibawa ke sekolah juga bisa menjadi penyemangat anak semangat ke sekolah. Nah anak saya kebetulan untuk makan siang katering dari sekolah. Jadi untuk cemilannya biasanya dia bawa roti-roti atau biskuit yang dia sukai. 


Memberikan hadiah yang membantu dia belajar juga saya lakukan agar anak semangat ke sekolah. Misalnya membeli pensil baru atau peralatan menulis baru yang dia pilih. Tapi dengan catatan juga bahwa produk yang akan dia beli memang diinginkan. Jadi bukan sekedar asal beli saja. Anak saya termasuk anak yang kadang kalau nggak penting atau butuh banget, dia nggak akan membeli. Jadinya kalau dia mengatakan mau beli, pasti memang dia butuhkan barang itu. 


Apakah membantu anak menyiapkan perlengkapan sekolah juga bagian dari memberikan semangat anak untuk ke sekolah ? Bisa iya, bisa tidak. Sejak awal saya selalu tekankan anak untuk mandiri menyiapkan kebutuhan sekolahnya sejak malam hari. Jadi biasanya malam hari dia sudah siapkan seragam lengkap dan diletakkan di kamarnya untuk digunakan keesokan harinya. Tapi kadang juga saya membantu menemaninya menyiapkan perlengkapan sekolah juga sebagai penyemangat. 





Sesekali mengajak anak makan selepas pulang sekolah juga bisa membuat anak semangat. Saya tak setiap hari antar jemput anak sekolah karena saya bekerja kantoran. Jadi ketika libur kerja di hari kerja, saya selalu sempatkan untuk antar jemput anak sekolah. Nah pas pulang sekolah, sesekali, minimal dua atau tiga kali dalam sebulan, pulangnya kami mampir untuk sekedar ngemil atau makan-makanan kesukaannya sebelum pulang ke rumah. Langkah ini amat sangat disukai anak.  


Memberikan motivasi agar anak semangat ke sekolah juga bisa dilakukan pihak lain. Seperti yang dilakukan oleh JNE, jasa pengiriman terkemuka di Indonesia. Mengapa JNE memberikan motivasi kepada anak-anak dan guru di sekolah? 


JNE Goes to School untuk Memberikan Motivasi Anak Semangat Sekolah 

Jadi, JNE memiliki kegiatan yang dinamakan JNE Goes to School. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility. Menariknya, kegiatan ini telah dilakukan pertama kali oleh JNE Medan sejak lima tahun lalu. 


Dari Medan, kegiatan JNE Goes to School ini kemudian menular ke kota dan Kabupaten di Sumatera Utara. Dengan adanya JNE Goes to School ini diharapkan siswa bisa semakin termotivasi. 






Oktober 2022 ini, JNE Goes to School dilaksanakan di Pondok Pesantren Darularafah Raya Jl. Berdikari No 1A DEsa Lau Bakeri, Sampe Cita, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang. Tentu saja, pihak pondok pesantren menyambut baik kegiatan ini. “Semoga anak-anak semakin giat belajar dan mengembangkan diri,” ungkap Misdan selaku Musyrif Pesantren Darularafah Raya. 


Apa saja yang disampaikan tim JNE pada kegiatan JNE Goes to School? Pihak JNE yang diwakili Muhammad Arif Taufik selaku HUman Capital JNE Medan menyampaikan beberapa hal yakni : 

  • Santri harus memiliki kecerdasan intelektual (IQ) 
  • Santri harus memiliki keseimbangan antara kecerdasar spritual (SQ) dan kecerdasan emosi (EQ) 

“Jadi nggak hanya pintar tapi perilakunya juga baik,” kata Arif. JNE, katanya ingin tak hanya mengirimkan paket saja tapi juga mengantarkan kebaikan di setiap kehidupan. 






23 komentar

Avatar
Nurul bukanbocahbiasa 07/11/22 08.10

Yg namanya bocah emang kyk gitu ya mba.
Kadang semangaaatttt, kadang nglokroooo 😆 ga usah anak², ortu aja juga kdg gitu kan.
Alhamdulillah, JNE super baiikk.banyak kontribusinya yg luar biasaaaa ya mbaaa

Reply Delete
Avatar
Ika Puspitasari 07/11/22 10.34

MasyaAllah, CSR JNE benar2 menyasar ke semua bidang ya. Ngomongin anak yang suka cari alasan buat libur sekolah jadi inget sama anakku yang sekarang sudah kelas 10 smk mba, adaaa aja alasannya biar ayah bundanya ngijinin dia buat ga berangkat sekolah, hehe

Reply Delete
Avatar
Nunung Yuni Anggraeni 07/11/22 13.03

Waaah kirain anak cowok aja yang kadang males gak pengin sekolah. Ternyata anak cewek juga ya. Kadang anak Saya kalau malamnya kecapekan atau minggunya kita main kemana, paginya tiba-tiba aja gak pengin sekolah. Padahal dah gede loh. Hehehe. Saya paksa aja sekolah

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 07/11/22 15.04

Salut kepada JNE yang selalu memberikan inspirasi dan manfaat kepada masyarakat di sekitarnya. Berbagai program dilaksanakan seperti CSR ini terutama untuk anak-anak sekolah agar termotivasi belajar di sekolah. Semoga berkesinambungan dan terus menebar kebaikan dalam program JNE Goes to School dll.

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 08/11/22 02.08

Iya pasti ada alasannya ya mbak kenapa anak malas untuk sekolah, dan saya suka cara yang mbak lakukan, yaitu mengajak anak ngobrol untuk mengetahui apa alasannya sampai malas ke sekolah.
JNE goes to school ini semoga bisa memberikan motivasi untuk anak-anak di sekolah yang didatangi untuk terus bersemangat menuntut ilmu ya

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 08/11/22 11.22

Banyak alasan anak mogok sekolah ya mbk, jadi sebagai ortu kita harus tahu nih penyebab mogoknya. Keren banget ini program CSR nya JNE.. Semoga dengan adanya program goes to School anak anak makin semangat menuntut ilmu

Reply Delete
Avatar
Shiva 08/11/22 12.12

Semangat orang dewasa aja sering naik turun ya, apalagi anak-anak yang masih pengen main terus juga bosan, ini yang kadang bikin semangat anak turun. Kehadiran JNE goes to school bikin anak-anak jadi semangat dan terinspirasi lagi pastinya, selain belajar dr guru belajar dari praktisi langsung juga pasti seru.. keren deh JNE

Reply Delete
Avatar
Istiana Sutanti 08/11/22 15.59

mbak, maaf, aku gak bisa baca list bagaimana agar anak semangat sekolah di atas, mungkin kekecilan kali ya tulisannya :D
duh, JNE ini keren keren banget ya programnya. semoga makin bermanfaat di segala bidang yaa

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 08/11/22 23.21

Aku ngalami nih anak malas ke sekolah waktu usia SD dulu. Sampai sempat mogok, ternyata kena bully dari gurunya, bikin sedih. Di rumah udah dimotivasi, sampai sekolah direndahkan ibu gurunya. Nyesek perjuangan kami sekeluarga agar anak bisa kuat menghadapi masalah di sekolahnya dulu.

Kecerdasan IQ penting ya mbak, tapi mesti diimbangi dengan kecerdasan emosi dan spiritualnya agar menjadi anak dengan akhlak yang baik. Keren sih CSR JNE yang memberikam motivasi di sekolah dan pesantren.

Reply Delete
Avatar
Eska 09/11/22 11.14

Wah ternyata anak kelas 8 juga bisa minta mogok berangkat sekolah ya ummii.... Kukira anak TK aja yang ogah-ogahan sekolah hihi. Tapi pasti memang ada kalanya jenuh menghampiri ya.

Menyoal JNE dengan program JNE goes to school-nya semoga makin banyak daerah yang disambangi ya, terutama daerah perbatasan.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 09/11/22 13.37

Anakku ada magernya juga apalagi kalau salah satu ternyata libur yang lain enggak. Maklum satu SMA satu SMP jadi kadang jadwal ulangan dan kegiatan berbeda, mulai deh satunya mau ikutan di rumah aja kwkwk. Memang perlu memotivasi anak biar semangat ke sekolah seperti halnya yang dilakukan JNE lewat JNE Goes to School ini

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 09/11/22 18.12

Iya bener, Mba kadang anak malas untuk ke sekolah, biasanya ada yang membuat dia nggak bahagia berangkat ke sekolah. Makanya salut sama JNE nih ngasih motovasi ke anak-anak santri untuk selalu bahagia saat ke sekolah

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 09/11/22 19.31

Hehe iya ya
Kadang anak anak malas pergi ke sekolah
Kadang semangatnya turun
Perlu diberikan motivasi seperti ini ya mbak
Keren banget JNE ini

Reply Delete
Avatar
Hikmah 09/11/22 19.36

Ini salah satu yang aku khawatirkan pas anak sekolah nanti 'mogok sekolah' wkwk. Salah satunya memang cari sekolah yang cocok dengan anak juga kita orangtuanya. Btw, mantap banget ya JNE semoga sukses selaluu

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 09/11/22 19.50

anakku ga sekolah formal sih tapi kalau berangkat les semangatnya tetap harus dikobarkan mb Alida hahaha. Andalannya sih mampir ke jajan dulu setelah pulang les

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 09/11/22 20.53

Memotivasi anak untuk sekolah ini memang tidak mudah yaa..
Aku kalau anak-anak terasa kurang enak badan sedikit, uda gak tega aja. Semisal mereka batuk atau flu. Alasan utamanya tentu gak ingin anak-anak cepet capek dan jadi drop.

Semoga dengan semangat yang diberikan dalam program JNE Goes To School bisa menyuntikkan gelora anak-anak untuk terus bersemangat menimba ilmu.

Reply Delete
Avatar
Ugik Madyo 09/11/22 21.07

Anak kalau lagi malas sekolah suka bingung. Apalagi kalau alasannya lagi gak mood sekolah. Rasa hati ingin membiarkan dia bolos. Saya biar puas main. Eh tapi kok ya takut nanyinanka jadi keenakan sering bolos.

Program CSR JNE goes to school keren banget. Sangat bermanfaat untuk anak-anak. Sukses terus JNE.

Reply Delete
Avatar
Gusti yeni 09/11/22 21.14

Ada kalanya up and down kita aja juga gjtu ya maak ada titik kejenuhan. Progran JNe kereen banget memberi motivasi kepada anak2 disekolah pastinya anak2 happy dan semangat kembali.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 09/11/22 22.12

pulang sekolah lanjut ngemil sambil ngobrol santai itu yang ku suka, hehehe
biasanya pas pulang ngaji anakku pulang sendiri karena memang dekat tapi sesekali ku jemput sambil kasih surprise ajak jajan. Kalau gitu dia merasa diperhatikan

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 10/11/22 01.26

Iya banget ya, anak-anak ini semangat sekolahnya suka naik turun deh. Anak-anakku yang masih di SD nih yang begini. Biasanya sih, aku minta bapaknya untuk ngomong, beres deh. Kalo aku yg ngomong, ada kalanya anak-anak tetep beralasan untuk gak sekolah.

Btw, keren ya JNE punya program CSR untuk para pelajar. Jadinya para pelajar termotivasi dan nambah skill baru juga. Semoga semakin banyak deh sekolah yang didatengi. Biar semakin banyak anak-anak pelajar yang makin semangat belajar.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 10/11/22 02.12

Memang harus tiap hari ngasih semangat sekolah ke anak-anak. Kalo anak-anakku alhamdulillah semangat sekolah, tapi yang lesu itu kalo waktunya les. Udah capek sekolah, masih harus les. JNE emang keren deh CSR-nya, sampai ke goes to school juga.

Reply Delete
Avatar
Susi Susindra 10/11/22 18.58

Acara seperti ini selalu bikin anak saya bahagia banget. Sejak malam sebelumnya sudah sibuk cerita kalau akan ada tamu di sekolah sehingga tidak perlu belajar. Nanti pulangnya seru menceritakan kesannya pada tamu.
Menurut saya memang perlu sih bikin roadshow ke sekolah seperti yang dilakukan oleh JNE ini

Reply Delete
Avatar
www.faradiladputri.com 14/11/22 09.42

Noted mbak. Anakku masih TK jadi masih semangat sekolah. Tapi nanti aku bookmark dan baca baca lagi kalau nanti anak aku tiba tiba mogok pergi ke sekolah. Jalan masih panjaaaang hehehe 😆

Reply Delete