Tips Memilih Asuransi untuk Keluarga

Memilih asuransi untuk keluarga? Ini tipsnya.

Tips Memilih Asuransi untuk Keluarga

Pernah nggak berada dalam kondisi sakit namun tak ada biaya ? Saya punya cerita tentang kenalan saya yang merasakan betapa susahnya harus berobat tapi uang di kantong tak ada. Selama ini, ia bekerja sebagai freelancer. Begitupula sang suami. Kadang ada uang, kadang tak ada. 


Masalah muncul saat anak semata wayangnya mendadak sakit. Badannya panas. Pengobatan awal di rumah sudah dilakukan. Mulai dari kompres air, memberikan obat penurun panas dan juga memberikan air putih untuk membantu menurunkan suhu tubuh sang anak. Tapi anaknya yang berusia 2 tahun itu panasnya tak kunjung turun. Untuk biaya berobat ke rumah sakit, terpaksa ia harus meminjam uang dari anggota keluarga yang lain karena ia mengaku tak punya biasa. 


Cerita lain tentang pasangan suami istri yang selama ini hidup berkecukupan. Namun ketika salah satu anggota keluarga sakit, biaya yang dikeluarkan tak sedikit. Selama ini tak ada alokasi khusus untuk dana darurat. Bahkan alokasi khusus untuk dana kesehatan tidak ada. Alhasil, uang yang selama ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, harus digunakan untuk biaya pengobatan. 


Sumber : pixabay.com


Ada satu kesamaan dari dua cerita saya di atas yakni tak adanya perlindungan kesehatan berupa asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa. 


“Emang, seberapa penting asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa untuk kita” 


Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan karena masih banyak yang belum mengetahui manfaat asuransi kepada keluarga. Asuransi merupakan layanan keuangan dan jumlahnya juga beragam. Dalam buku 4 Literasi Perguruan Tinggi tentang Perasuransian yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dimuat di kompas.com, ada beberapa manfaat asuransi yakni : 


  • Memberikan rasa aman dan perlindungan 
  • Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil 
  • Memberikan kepastian. Ini karena asuransi berusaha mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan 
  • Menjadikan hidup lebih tenang, karena segala resiko yang dapat diasuransikan telah ada yang menanggung. 


Lalu bagaimana memilih asuransi untuk keluarga ? Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih polis asuransi sesuai dengan kebutuhan keluarga. Terkadang, ada juga yang merasa memilih asuransi karena ditawari. Hal ini juga termasuk untuk memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing. 


Ketika memilih asuransi untuk keluarga, pilihlah perusahaan asuransi yang terpercaya dan juga inovatif dalam mengembangkan produk asuransi. Salah satu perusahaan asuransi yang sering memberikan inovasi adalah FWD. 


tips memilih asuransi untuk keluarga


PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance), perusahaan asuransi berbasis digital terkemuka di Indonesia, memiliki inovasi chatbot terbaru dari FWD Insurance sebagai komitmen untuk memberikan pengalaman asuransi yang berbeda kepada nasabah. Inovasi chatbot ini bernama Fi. 


Dengan adanya inovasi ini, nasabah tentunya memiliki kemudahan akses informasi kepada para nasabah. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terkait informasi produk serta brosur produk bisa diperoleh dengan adanya inovasi ini. 



Tak hanya itu saja, prosedur untuk melakukan transaksi dan perubahan polis dan klaim tentunya semakin terbantu. Ingin mencari lokasi rumah sakit atau klinik rekanan serta kantor pemasaran FWD ? Inovasi ini bisa membantu nasabah untuk mempermudah. 


Lalu, bagaimana menggunakan layanan inovasi ini ? Caranya mudah sekali. Jadi, nasabah mengirimkan chat kepada Fi melalui website FWD Insurance di fwd.co.id dan langsung bisa mengajukan pertanyaan yang diinginkan. Tak perlu kuatir juga karena inovasi ini bisa diakses 24 jam dalam sehari ! 


Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut ? Langsung ke sosial media FWD disini ya 


62 komentar

Avatar
lendyagassi 27/01/22 11.10

Kalau berkaitan dengan asuransi ini memang kudu yang nyaman di hati.
Membaca keseluruhan perjanjian dengan teliti dan menyesuaikan kebutuhan keluarga.

PT FWD Insurance Indonesia memiliki banyak produk pilihan yang siap membantu keluarga Indonesia.

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 04/02/22 10.33

Membaca keseluruhan perjanjian dengan teliti ini yang sering dilewatkan masyarakat mbak. Ntar kalau ada apa-apa baru heboh deh, padahal di awal udah jelas tertulis syarat ketentuan, tapi karena nggak dibaca, jadinya nggak paham

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 04/02/22 20.44

Nah itu. Literasi kita kudu banget dibenahi. Kalau punya perjanjian tertentu, baca sampai jelas dan berulang-ulang. Tanya jika gak paham apalagi ini asuransi kan

Delete
Avatar
nurul rahma 27/01/22 14.32

Bener bangeett mba, asuransi tuh kerasa urgent-nya klo ada elemen keluarga yg sedang kena ujian berupa sakit.
ya kayak diriku kemaren, berasaaa banget dah benefit punya insurance.
semogaaa kita semua sehaattt ya
dan yg mau cari insurance bisa dapat manfaat optimal.

Reply Delete
Avatar
gustiyeni 27/01/22 15.29

Asuransi kesehatan itu penting banget, Alhamdulillah sejak adanya BPJS masyarakat tidak mampu bisa merasakan fasilitas gratis bahkan kalau tidak mampu free iuran bulanan.

Nah kalau kita cukup mampu untuk membeli asuransi swasta yang lebih nyaman tanpa harus muter muter rujukan ke faskes spt BPJS sangat disarankan punya asuransi lain yg sesuai dengan kebutuhan kita.

PT FWD insurance baguss semoga banyak yang menggunakan asuransi ini 👌

Reply Delete
Avatar
Dzulkhulaifah 28/01/22 00.05

Aku baru punya asuransi jiwa untuk diriku sendiri. Mau banget punya proteksi kesehatan untuk seluruh keluarga, karena manfaatnya pasti terasa banget ketika ada anggota keluarga yang sakit. Kalau nggak ada claim sama sekali, ya alhamdulillah lebih bersyukur, artinya sekeluarga sehat-sehat semua.

Reply Delete
Avatar
Katerina 28/01/22 13.06

Sakit dan meninggal adalah salah dua risiko yang dapat terjadi dalam hidup. Kalau ga diminimalisir dengan cara tertentu, di antaranya asuransi, akan membebani diri sendiri dan keluarga. Jadi memang diupayakan punya asuransi ya mbak. Semoga kita dan orang2 sekitar kita sehat selalu. Aamiin.

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 28/01/22 15.23

Kini mau nanya-nanya dulu sebelum memutuskan mengambil jenis asuransi apa di FWD bisa lewat chatbot Fi ini ya mbak. Bisa di akses 24 jam pula. Keren inovasinya FWD ini untuk memberikan layanan pada konsumennya

Reply Delete
Avatar
t h y a 28/01/22 20.56

aku pernah banget mba.. tapi bukan saat sakit melainkan waktu suami kena kecelakaan.. huhu.. kalau punya asuransi enak ya, biaya ditanggung

Reply Delete
Avatar
kurnia amelia 28/01/22 21.13

Aku dah coba fitur Fi ini dan sangat membantu untuk kita buat lebih tau asuransi apa yang cocok.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 28/01/22 22.50

Asuransi memang penting untuk diri sendiri juga keluarga. Kebayang pas tiba-tiba sakit atau hal buruk terjadi dan kiita gak ada pegangan. Makanya sekarang mulai bikin anggaran untuk ini. Pilih yang oke pun sekarang lebih banyak informasinya

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 28/01/22 23.17

Dulu saya gak ngerti pentingnya punya asuransi rawat inap. Makanya sempat protes waktu suami bikin untuk sekeluarga. Sampai kejadian anak saya harus dirawat inap. Baru deh berasa manfaatnya

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita 29/01/22 07.09

Yupz, manfaat asuransi emang pasti ada ya. Ya itu, tapi kita harus pintar-pintar cari asuransi yg tepat, gak papa banyak tanya di awal sebelum memutuskan biar ntar dikemudian hari pun kita gak menyesal malah manfaat yang kita dapatkan

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 29/01/22 07.27

Memiliki dana darurat dan dana kesehatan untuk keluarga itu penting banget, ya, Mbak. Jadi bisa lebih tenang menjalani kesehatan sehari-hari

Reply Delete
Avatar
cicifera 29/01/22 09.06

nah ini. ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih asuransi yang tepat untuk keluarga. sejauh ini, baru pakai asuransi kesehatan sih aku, itu juga dapet support dari kantor suami, hihi.. ^^

Reply Delete
Avatar
Ida T 29/01/22 10.28

Punya asuransi meski pas bayar preminya rada2 sungjan tapi pas perlu bermanfaat banget jd kadang memang harus memaksakan diri... Hehe

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 29/01/22 11.31

Sedih banget ya kalau ada anggota keluarga sakit dan tak punya biaya, memang harus punya asuransi kesehatan ya biar kita lebih tenang dan aman...

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 29/01/22 12.47

Manisnya...karakter dari chatbot Fi.
Ada fitur chatbot Fi yang bisa membantu nasabah untuk selalu tenang saat ada masalah atau pertanyaan mengenai produk asuransi PT FWD Insurance Indonesia.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 29/01/22 13.07

mencari dan memilih asuransi yang tepat terutama untuk keluarga harus banget hati-hati ya mba.. sebisa mungkin yang bisa cover semua kebutuhan perlindungan keluarga

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 29/01/22 16.53

aku juga sudah memiliki asuransi sejak 10 tahun terakhir ini mba. Saat di LN dan di Indonesia, terasa sekali manfaatnya memiliki asuransi yang bagus

Reply Delete
Avatar
Novitania 29/01/22 17.11

Aku juga pernah ngalamin mba, saat anakku sakit dulu. Kayanya kisah ini juga banyak dialami orang orang, sampai akhirnya kita sadar betapa pentingnya asuransi kesehatan

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 29/01/22 20.11

Sakit itu mahal banget ya mbak Alida, buat orang yg gak ada dana pastinya sulit untuk berobat, yang ada dana pun kadang bisa habis-habisan.
Penting banget punya asuransi kesehatan untuk keluarga, setidaknya ada persiapan di saat ada yang sakit jadiga pusing cari pinjaman ke sana ke mari. Tinggal memilih asuransi yang terpercaya aja yang bisa memenuhi kebutuhan kita

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 05/02/22 18.41

Dengan adanya asuransi setidaknya ada proteksi ya mbak, apalagi kalau sakit biayanya tidak sedikit pastinya.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 29/01/22 20.33

Iya umi, yang khawatir itu pas ada yang sakit berat, pas ga ada uang, bisa bikin bangkrut memang yaa. Karena biaya kesehatan yang gak di cover asuransi benar benar mencekik. Salah satu yang harus diperhatikan dalam.memilih asuransi yang amanah ya. Makasih rekomendasinya umi

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 29/01/22 21.16

Terima kasih tipsnya mak. Lagi gak ada asuransi keluarg nih, bbpa tahun lalu malah dijalan, yang satu lagi, malah gak balik duitnya, hahaha

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 29/01/22 21.52

Kyknya memang makin banyak nih yang makin sadar kalau asuransi penting apalagi di masa skrng ya mbak krn kita gk pernah tahu apa yang terjadi di masa mendatang.
Salah satu yang dibutuhkan nasabah asuransi emang kemudahan informasi khususnya kalau mau klaim2 gtu ya, dgn adanya inovasi FWD ini bisa memudahkan.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 29/01/22 22.26

Produk dan perusahaan asuransi sekarang makin banyak aja ya Mak. Jadinya gak heran kalo kita kudu jeli dan teliti sebelum membeli. Kudu milih yang pas dan terpercaya. Ya kayak FWD ini. Alhamdulillah kami sekeluarga sudah punya asuransi yang cocok.

Reply Delete
Avatar
Dennise Sihombing 29/01/22 22.37

Asuransi memang sangat dibutuhkan ya kak dalam keluarga. Antara tabungan dan asuransi aku nomor satukan asuransi terutama kesehatan. Mengingat kita sudah tidak muda lagi sewaktu-waktu sakit bisa datang. adanya asuransi setidaknya lebih tenanglah

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 29/01/22 23.42

Yup bener banget nih mba, yang pasti asuransi itu harus sesuai dengan kebutuhan keluarga kita. Maunya dicover yang apa saja, kita nanti yang memutuskan.

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 30/01/22 12.35

Kalau gak bisa memilih atau keliru bisa merugikan ya mba, kalau tahu tipsnya begini kan jadi tahu kebutuhan apa yang wajib kita asuransikan, seperti pendidikan misalnya. Makasih ya mba tipsnya, dicatat deh

Reply Delete
Avatar
Maria Tanjung 30/01/22 17.10

Memang sekarang hidup ini penuh ketidak pastian ya mbak apalagi masalah kesehatan. Asuransi setidaknya dimiliki dalam suatu keluarga.

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri 30/01/22 20.30

Enaknya bisa diakses 24jam ya mi untuk cari tau lebih lanjut informasi yg dibutuhkan. Memang harus teliti betul sih kalau memilih asuransi ya mi, fwd km tau banget apa yg dibutuhkan ya..

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 30/01/22 21.00

bener banget deh. dalam kondisi sedang memerlukan, pasti asuransi menjadi andalan kita sekeluarga. makanya kalau bisa harus menyisihkan uang bayar preminya.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 30/01/22 22.08

Memang musibah sakit itu sudah jadi takdir dari allah ya, Mba. Namun walau demikian kita juga perlu ikhtiar di dunia utk mempersiapkan diri jika kita ditakdirkan dalam kondisi sakit. Salah satunya yaa mempersiapkan diri utk menyisihkan dana kesehatan.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 05/02/22 23.48

Setuju mba, ibaratnya kita sedia payung sebelum hujan gitu yaaa.. Maunya sih sehat selalu dan tidak terjadi apa-apa, tapi proteksi juga perlu kita pikirkan dari sekarang kan yaa..

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 30/01/22 23.43

Ketika sakit itu adalah ujian keuangan yang paling menguji yaa..
Tapi kalau ada langkah awal yang sudah kita lakukan seperti memulai investasi dengan asuransi, semoga semua masalah keuangan bisa dengan mudah teratasi.

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 02/02/22 00.20

Nah, memilih asuransi harus benar-benar paham ya mba biar bermanfaat, terima kasih deh buat tipsnya. Mau aku ingat baik-baik

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 02/02/22 13.03

Asuransi aslinya memang penting banget. Tapi pemahaman orang-orang masih belum yang sampai ke situ.

Pas sakit lagi gak ada uang itu menyengsarakan banget. Kalau ada asuransi kan bisa lebih tenang gak mikirin biaya untuk berobat.

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah 02/02/22 19.02

FWD memang visioner sekali dalam dunia asuransi, aku juga mulai mempelajari asuransi FWD untuk keluargaku

Reply Delete
Avatar
Nova Violita 03/02/22 08.04

yes asuransi harus memberikan rasa aman dan nyaman, dan pendistribusian yang adil. Jangan sampai susah buat pencairan saat dibutuhkan.

Reply Delete
Avatar
Ria Tumimomor 03/02/22 08.12

Mesti aktif bertanya ya mengenai asuransi ini, misalnya ambil polis ini berapa preminya dan apa aja yang didapatkan. Daripada nanti nggak bermanfaat

Reply Delete
Avatar
Eviindrawanto.Com 03/02/22 09.00

Terbayang gimana pusingnya ya ketika gak ada uang, tak ada asuransi, terus keluarga tercinta sakit. Sedih banget pasti. Semoga kita semua, mumpung masih sehat disegerakan punya perlindungan ini. Baik asuransi jiwa maupun kesehatan. Kebetulan di FWD cara apply-nya juga mudah

Reply Delete
Avatar
Ajenghimme 03/02/22 10.36

Aku udah ngerasain sakit tapi enggak ada biaya. Qadarullah mertua dan orang tua baik banget berkenan minjemin dan balikinnya bisa dicicil. Belajar dari pengalaman, sekarang aku juga udah daftar asuransi mbak. Fwd juga menarik ya

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 03/02/22 12.03

Memberikan kepastian, rasa aman dan nyaman dalam hidup itu penting ya. Asuransi bermanfaat sekali terutama kesehatan dan pendidikan. IYa, saat tiba2 dalam keadaan sakit, asuransi bisa menjadi payungnya, seperti FWD ini mantap.

Reply Delete
Avatar
gustiyeni 03/02/22 17.41

Betull banget asuransi jaman sekarang penting jadi wajib teliti sebelum membeli polis asuransi.

Semoga PT FWD bisa memenuhi kebutuhan para nasabahnya.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 03/02/22 17.44

dari 4 hal yang disebutkan di atas, memang poin ini Menjadikan hidup lebih tenang, karena segala resiko yang dapat diasuransikan telah ada yang menanggung yang gak kalah penting ya mba dalam hal memilih asuransi

Reply Delete
Avatar
Hana Aina 03/02/22 18.48

Baca ini, aku jadi sadar pentingnya punya asuransi. Selama ini belum punya, sih. Tapi boleh juga punya satu paling gak. Terimakasih sharing ya, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 04/02/22 13.14

Tips memilih asuransi untuk keluarga ini penting banget untuk dipahami ya mbak
Agar kita nggak sembarangan dalam memilih asuransi untuk keluarga
Pastikan asuransi yang dipilih sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan keluarga

Reply Delete
Avatar
Sulis 04/02/22 13.55

Sepakat mba. Asuransi kesehatan ini penting banget. Dan memang harus selektif ya menentukan perusahaan asuransi mana yang akan dipake, dengan jumlah premi yang menyesuaikan kemampuan juga..

Reply Delete
Avatar
indahjuli 05/02/22 05.20

Ku pernah banget ngalamin seperti yang diceritakan Mak Alida. Anak sakit, uang pas~pasan, bahkan hanya cukup buat makan sehari. Rasanya pengen banget nyebur ke jurang. Sejak itu, kapok banget, maksa buat nabung dan bikin asuransi kesehatan juga pendidikan buat anak-anak dan keluarga. Sekarang Alhamdulillah sudah jauh deh dari rasa putus asa, karena punya asuransi.

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 05/02/22 17.39

Sekarang banyak kemudahan untuk bisa berasuransi ya mba malah bisa pilih sesuai budget bulanan mampunya berapa, jadi nggak ada alasan lagi nggak punya asuransi ya..

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 05/02/22 19.57

Waaah makasi tipsmya Bu Dir.. emang harus selektif banget ya kalo memilih asuransi untuk keluarga. FWD oke juga nih ya kayanyaaa

Reply Delete
Avatar
Ria Fasha 05/02/22 20.08

asuransi memang membantu banget apalagi kalo ada musibah yang tiba2 datang. btw fi chatbot ini juga udah aku coba untuk cari info seputar asuransi

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 05/02/22 20.38

zaman sekarang emang perlu banget dana kesehatan seperti asuransi misalnya, soalnya kalau udah mulai sakit2an pengen enggak menyusahkan keluarga dan ada dana persiapan kesehatan keluarga

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri 05/02/22 21.11

Buat yang doyan traveling kerjanya, wajib banget nih punya asuransi. Selain bikin tenang diri sendiri kalau kenapa-napa, keluarga di rumah juga tenang. Indeed we have to be prepared for anything.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 05/02/22 21.18

Kini adanya asuransi yang terpercaya di PT FWD Insurance Indonesia, maka perlahan gaya hidup pun bisa diubah menjadi lebih baik.

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 05/02/22 22.51

nah, aku sepakat dengan sarannya mak, tapi di tahun ini aku belum memulai lagi buat pilih asuransi, setelah dua tahun lalu di jualin, hehehe

Reply Delete
Avatar
diane 05/02/22 22.54

Makasih tips2nya kak...Emang penting banget sih..memilih asuransi..apalagi sekarang kan banyak yang jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memakai asuransi apa..

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 05/02/22 23.28

sepakat umi, memilih asuransi ini penting ya agar kita bisa menikmati layanannya dengan hati yang bahagia dan tidak cemas. karena asuransi artinya ada kepastian jaminan kesehatan kepada keluarga

Reply Delete
Avatar
www.grandysofia.com 06/02/22 00.09

Ah iyaaa kayaknya udah harus mempertimbangkan untuk bikin asuransi kesehatan karena sepenting itu untuk sebuah keluarga.

Reply Delete
Avatar
Witri Prasetyo Aji 06/02/22 19.25

Asuransi kesehatan itu memang penting banget aku pernah sakit dan di rawat pas sma dan ortu gg punya asuransi kesehatan, duh biayanya lumayan banget. Terus, 2 thun lalu juga pernah sakit dan aku sudah punya asuransi kesehatan, wah terbantu banget.

Reply Delete
Avatar
Ugik Madyo 06/02/22 20.46

Enak banget kalau ada layanan tanya jawab begini. Nggak perlu contact agent asuransi atau call center. Bisa langsung chat aja. Bisa tanya sepuasnya sampai benar-benar paham.

Reply Delete