Jas Hujan Ikul Indonesia

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Jas Hujan Ikul Indonesia

 Teman-teman mungkin masih ingat saya pernah menulis tentang jas hujan Ikul Indonesia di blog saya ini. Saya mengenal baik Mba Nilam Qalby, pemiliknya sejak tahun 2018. Awalnya saya mereview jas hujan perempuan miliknya yang dulu bernama Cablin. Jas hujan Cablin ini ringan, tahan air dan nyaman sekali digunakan. 

Kuasa Allah, saat kami menunaikan ibadah umrah sekeluarga di tahun 2018, saya bertemu Mba Nilam yang menunaikan ibadah umroh bersama suaminya. Bayangkan saja, rumah saya di Jakarta, Mba Nilam di Bandung, Jawa Barat tapi kami bertemu pertama kali di Madinah. MasyaAllah. Sejak pertemuan perdana itu, komunikasi antara saya dan Mba Nilam berjalan baik. 


jas hujan ikul indonesia



Akhir tahun 2021, Mba Nilam mengabarkan kalau jas hujan merk Cablin yang dimiliki melakukan  rebranding. Jika sebelumnya bernama Cablin, berganti menjadi Ikul Indonesia. Saat tahu Cablin rebranding menjadi Ikul Indonesia, saya tak ragu dengan kualitasnya karena jas hujan Cablin yang saya miliki hingga kini masih awet dan bagus. 


Penasaran dengan jas hujan Ikul Indonesia, saya pun mencoba jas hujan Ikul Indonesia berwarna hitam dan biru. Proses pengiriman jas hujan menggunakan jasa pengiriman JNE yang mendukung UMKM untuk maju dan berkembang. 

 

Jas hujan Ikul Indonesia dari modelnya saja sudah sangat stylish. Bahannya premium dan tahan air. Pakaian yang dikenakan di dalam jas hujan tak akan terkena air karena memiliki fitur double seem sealed yang memberikan penguncian jahitan hingga dua kali sehingga ketahanan produk makin terjaga dan air tidak dapat menembus hingga pakaian. Saya tak salah jika memilih Ikul Indonesia menjadi jas hujan untuk saya gunakan kala hujan. 


Tentang Usaha Jas Hujan Ikul Indonesia 

Saya sempat bertanya kepada Mba Nilam mengapa dia memilih profesi sebagai pelaku UMKM (Usaha Kecil dan Menengah). Teryata sejak duduk di bangku SMA, ia sudah terbiasa berjualan. Bahkan kebiasaanya berjualan berlanjut hingga kuliah. Jika kebanyakan orang memutuskan menjadi karyawan swasta setelah lulus kuliah, ia berbeda. 


Selepas kuliah, ia memutuskan untuk memiliki usaha sendiri. “Saya memang ingin membangun bisnis sendiri,” kata Nilam. Untungnya, usaha ini didukung penuh oleh kedua orangtua. Bahkan suaminya juga mendukung usahanya dan berkolaborasi dengannya untuk mengembangkan jas hujan Ikul Indonesia. 


Pertanyaan berikutnya, mengapa memilih jas hujan sebagai pilihan usaha yang kemudian dikembangkan ? Menurut mba Nilam, Indonesia memiliki musim hujan dengan curah tinggi setiap tahunnya sehingga jas hujan merupakan sebuah kebutuhan. Desain jas hujan selama ini menurutnya terkesan old fashioned. “Kami ingin membuat jas hujan yang fungsional yang mendukung aktifitas sehari-hari, namun tetap syar’i,” kata Mba Nilam. 





Untuk memujudkan keinginan itu, ia melibatkan lima penjahit yang memproduksi jas hujan di Madiun, Jawa Timur. Selain itu, ia juga menjalin strategic collaboration dengan ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya. Apa yang sudah dilakukan ini merupakan langkah yang tepat untuk mengembangkan usaha jas hujan miliknya. 


Dalam sebulan, sebanyak lima penjahit mampu memproduksi jas hujan Ikul Indonesia sebanyak 1000 hingga 2000 buah. “Sebulan, jas hujan laku 800 hingga 1200 buah,” kata Mba Nilam. Produk jas hujan yang diproduksi sebagian besar terjual di pulau Jawa dan beberapa kota lainnya. 


Namun memproduksi jas hujan ini bukan tanpa kendala. Sebagaimana pelaku usaha lainnya, ia mengaku sempat memiliki kendala dalam proses RnD material. Material yang digunakan untuk jas hujan Ikul Indonesia berasal dari bahan terbaik namun satu sisi juga harus terjangkau untuk masyarakat Indonesia. “Tapi dengan berjalan waktu, sekarang produksi berkolaborasi dengan pihak yang ahli,” tambah Mba Nilam. 


Mengapa memilih nama Ikul Indonesia ? “Ikul itu sebenarnya lebih ke kata keren atau cool. Bisa juga diartikan dengan kata dingin yang identik dengan cuaca yang nyaman bagi penduduk negara tropis,” katanya lagi. Harapannya, jas hujan Ikul Indonesia bisa memberikan rasa nyaman namun desainnya juga keren. Saya sih setuju dengan ini karena saya sudah merasakan kenyamanan menggunakan jas hujan yang membuat saya tak kegerahan. 


Kedepannya, ia berharap bisa terjual lebih dari 3000 jas hujan Ikul Indonesia. “Saya juga ingin launching produk terbaru  dan bisa membuka toko untuk penjualan jas hujan Ikul Indonesia,” kata Nilam. Ikul Indonesia diharapkan memiliki target pasar yang lebih luas dan produk yang variatif. 


Usaha jas hujan Ikul Indonesia merupakan salah satu usaha yang harus mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Saya yakin, ada banyak pelaku usaha yang membutuhkan dukungan. Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini. Dengan memberikan dukungan kepada pelaku usaha, kontribusi terhadap roda perekonomian pun tetap berjalan. Ini tentunya membantu para pelaku usaha untuk bangkit dan berkembang. 




Oh ya, teman-teman bisa menuliskan pengalaman melalui JNE Content Competition 2 tentang kontribusi JNE sehingga menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital dengan menjembatani kebutuhan stakeholder. Masih ada waktu hingga 31 Januari 2022 buat ikutan JNE COntent Competition ini loh.


Ada yang sudah ikutan? 

36 komentar

Avatar
Ainun 16/01/22 19.11

Penasaran lebih lanjut sama brand ini. Namanya unik dan Indonesia banget ya

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 17/01/22 09.18

namanya kok 'cute' banget nih Ikul. Itu kalau dibalik jadi luki alias lucky gitu ya. Aku tertarik nih nyari jas hujan yang kayak gini. Cocok untuk muslimah juga

Reply Delete
Avatar
lianny 17/01/22 10.10

Nah penting nih sedia jas hujan di musim penghujan seperti sekarang ini. Unik juga namanya ya, jas hujan ikul, ternyata ada arti dan maksudnya juga pemberian nama tsb.
Semoga Jas Hujan Ikul makin berkembang ke depannya dan makin sukses.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 17/01/22 14.02

Jas hujan Ikul unyu banget...bagus ini, biasa jas hujan bentuknya begitu aja, susah dapat desain yang bisa untuk pakai rok misalnya. Dan Ikul Indonesia punya solusinya, praktis dan stylish ini...

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 17/01/22 14.08

Hebat sekali jas hujan Ikul laku dalam sebulan 800 sampai 1200 yach mbak Al. Usaha yang berdayaguna masyarakat nih terutama para penjahit2nya. Tentu kualitas harus dijaga sangat baik sehingga pelanggan puas dengan produknya. Pengiriman melalui JNE pasti aman terkendali ya menginat sudah dipercaya sejak lama terutama turut juga mendukung kreativitas UMKM ini.

Reply Delete
Avatar
www.kisahsejati.com 17/01/22 15.03

Hai kak Alida ini Dennise. Keren banget itu jas hujan ikul, aku baru lihat nih yang model fashion seperti ini. Aku punya jas hujan model classic,tebal gitu gak ada modisnya.Jadi terkadang malas ya mo bawa di tas so berat.Btw harganya berapa kak jas hujan ini?

Reply Delete
Avatar
Gusti Yeni 17/01/22 17.55

Waah penasaran mak sama has hujannya next cari aah. Jadi mupeng ikut Lomba Yang diadakan JNE makasih infonya maak sehat selalu

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha (yenisovia.com) 17/01/22 19.25

Waw aku nggak nyangka lho mba jas hujan bisa selaris itu. Dalam sebulan bisa laku 800 - 1200 buah. MasyAllah luar biasa. Oh ya aku juga kalau ngirim barang juga suka pakai JNE juga. Soalnya terpecaya sih. Jadi cocok JNE jadi temannya UMKM juga

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 17/01/22 20.38

Unik banget jenis usahanya jas hujan dan memang cocok buat di Indonesia yang curah hujannya tinggi yah. Pilih jas hujan emang harus teliti, aku harus berapa kali ganti jas hujan karena selalu rembes di bagian jahitan, jadi kalo hujan gede tetep aja bajuku basah huhuhu

jadi penasaran sama jas hujan Ikul deh

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 18/01/22 05.46

namanya gemesin dan gampang diingat. jas hujan buat muslimah ya? mau ah kepoin soalnya aku bosen pake jas hujan punya suami.
moga sukses buat lombanya ya

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 18/01/22 09.03

Desain jas hujan Ikul ini keren-keren ya, beneran stylish.
Mau saya rekomedaikan buat teman, kebetulan dia lagi nyari jas hujan tapi yang bawahannya bukan celana. kayaknya bakal tertarik nih dia

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 18/01/22 19.31

Musim hujan tuh butuh banget sama jas hujan. Nanti aku cek Ikul ini karena selama ini beli kok gak awet. Btw, kompetisi JNE boleh juga. Sampai akhir bulan waktunya

Reply Delete
Avatar
Sapamama 19/01/22 01.31

jas hujannya ada yang model celana dan untuk anak kan mba? seneng sih kalau ada inovasi seperti ini. semoga laris manis jas hujan ikul...

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 19/01/22 09.24

Jas hujannya bukan hanya cakep ya, tapi menggunakan bahan berkualitas juga... Kebetulan saya belum punya jas hujan nih...

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 19/01/22 10.00

Musim hujan gini emang penting ya namanya jas hujan, cuma maunya yang enak dipakainya.
Jas hujan Ikul ini bisa diapatkan secara online aja atau bisa secara offline juga mbak?
Aamiin moga2 tercapai nih 3000 dari target penjualannya.

Reply Delete
Avatar
diane 19/01/22 11.28

Jas hujan sekarang modelnya macem-macem ya..keren nih Ikul menyesuaikan banget sama kebutuhan masyarakat.. Semoga sukses dan berkembang terus usahanya ..

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 19/01/22 14.15

jas hujannya beda yaaa lain dari yang lain
aku jadi pengen punya juga Al

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 19/01/22 21.30

Nha, pas banget baca postingan ini, apalagi sekarang mulai hujan di sore hari, aku kadang kalo lupa bawa jas hujan, yah menikmati hujan deh sampai ke rumah, malas berteduh sebab bikin lama, hehehe

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 19/01/22 21.58

perlengkapan penting di musim hujan kayak gini . soalnya kebayang kalau misalnya belum punya, ujan deres tiba2 huhu apalagi buat yang naik motoran kayak aku ini. buat perempuan cantik lagi dipakainya syar i

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 19/01/22 22.31

Produksi Jas Hujan Ikul Indonesia sudah gak main-main yaa..
Ini membuktikan banyaknya konsumen yang puas dan jatuh cinta dengan Jas Hujan Ikul Indonesia.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 19/01/22 23.27

Bagus baju jas hujannya. beneran nyaman sepertinya memakai jas hujan Ikul Indonesia ini ya umi. menutup semua bagian pakaian kita ya. bentuknya juga semacam rok and blues ya. keren.

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 20/01/22 04.07

JNE ekspedisi andalanku, bikin kompetisi dengan tema yang kekinian banget. Relate sama pkondisi ekonomi di jaman now. Ya, UMKM ini kan salah satu penggerak roda perekonomian bangsa. Jadi sudah sepantasnya kita support habis-habisan.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 20/01/22 07.55

Jadi penasaran mba pengin nyobain jas hujan Ikul juga. Cocok banget nih dan pas saat ini kan lagi musim penghujan ya, butuh jas hujan baru.

Reply Delete
Avatar
Dyah (Author roemahaura.com) 20/01/22 14.34

Gak heran jika jas ujannya laku 800-1200 perbulan soalnya bagus banget ya mbak. Nah, dengan adanya kerjasama JNe dan UMKM seperti ini pasti pengiriman barang ke konsumen jauh lebih cepat dan bisa menguntungkan UMKM juga.

Reply Delete
Avatar
Ria Diani 20/01/22 19.02

Butuh jas ujan baru deh aq.. Pengen punya jugaa ah.
Baguss soalnyaa aq baca review mya ini ka

Reply Delete
Avatar
d'pearl 21/01/22 07.33

Ini nih, jas hujan yang selama ini sy cari. Pengen nyoba juga ah, produk lokal, kualitas mahaaalll... :)

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 21/01/22 08.00

usahanya keren bangets pastinya makin banyak banget yang beli jas hujan dimusim hujan begini ya biar makin bermanfaat deh beli jas hujan sebelum hujan

Reply Delete
Avatar
rizhaa 21/01/22 11.34

jas hujannya unik dan manis ya. benner2 ikuuul banget hhhee, jas hujan ini sdh bisa dibeli dmn dan brp harganya mba?

Reply Delete
Avatar
sumiyati sapriasih 21/01/22 15.34

Musim hujan identik dengan jas hujan, btw harganya berapa mom's dan beli dimana ?

Reply Delete
Avatar
Mugniar 21/01/22 15.40

Benar banget pilihan bisnis Ikul Indonesia ini. Soalnya susah juga mencari di pasaran jas hujan yang awet. Semoga berkembang terus.

Reply Delete
Avatar
Yuniari Nukti 21/01/22 22.42

Mbak itu bawahnya rok ya? Sampe kubesarin gambarnya memastikan model bawahannya. Jadi pingin beli jas hujan Ikul deh. Meluncur ah ke marketplace

Reply Delete
Avatar
Ainhy 22/01/22 00.59

Terdengar unik namanya, Jas Hujan Ikul Indonesia. Bisa saja semakin unik tapi kualitas yg sangat baik dan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Belum lagi musim hujan dan tentunya jas hujan sangat dibutuhkan.

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 22/01/22 01.21

aku salfok sama namanya hahahaa gemes tapi desainnya juga bangus yaaa

Reply Delete
Avatar
dessy achieriny 22/01/22 06.29

Seneng ih baca kalau liat UMKM maju dan dagangan laris gini. Jas ujan wanita rok gini emang perlu banget, agak jarang soalnya.

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 22/01/22 08.02

Jas hujan ikul ini ada di Bandung ya Mba produksinya? Baru tahu brand ini. Selama ini jas hujan jarang ada yang rok kaya gini. Banyaknya model celana panjang. Kayanya nyaman dipakai ya Mba

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 22/01/22 09.39

Akhirnya ada juga jas hujan utk yg berhijab ya. Lebih proper klo kmn2 ga takut kehujanan.

Reply Delete