Tips Dekorasi Rumah Selama Karantina

Tips dekorasi selama pandemi

Tips Dekorasi Rumah Selama Karantina

Jujur, siapa yang senang lihat di medsos tampilan penataan rumah yang seolah tanpa cela? Saya! Duh, beneran deh, suka lihat rumah yang rapi, bersih, nyaman, dan penataan dekorasi rumahnya juga tepat. Apalagi ada pernak-pernik rumah yang lucu, imut dan menggemaskan.

Dan setiap kali melihat tampilan rumah rapi di media sosial, berharap banget bisa menata rumah indah seperti itu. Tapi kapan? Biasanya, baru saja dirapikan, eh, ada aja barang yang tergeletak begitu saja. Tapi karena anak-anak saya sudah besar, masih lebih bisa untuk diajak kerjasama untuk menjaga kebersihan rumah.

dekorasi rumah
Sumber foto : picasrt 

Nah, selama pandemi wabah virus covid ini, kami tentunya lebih banyak di rumah. Berbeda dengan sebelum ada pandemi, biasanya waktu libur digunakan untuk jalan-jalan. Sekarang, lebih banyak aktifitas yang di lakukan di rumah. Alhasil, budget untuk jalan-jalan salah satunya bisa dialihkan untuk membeli barang yang dibutuhkan untuk dekorasi rumah.

Pengalaman Saya Dekorasi Rumah

Selama lebih banyak di rumah ini, secara perlahan saya pun berusaha untuk dekorasi rumah agar terlihat lebih nyaman. Untuk meja televisi awalnya punya berwarna coklat gelap dan terbuat dari bahan jati. Tapi kemudian saya ganti meja televisi baru yang lebih minimalis dan berwarna coklat muda.

Untuk kursi ruang tamu yang semula kayu jati, saya ganti menjadi sofa yang sekaligus bisa buat tidur. Meja makan yang sebelumnya terletak di sebelah kiri, saya geser ke kanan. Selain itu, saya juga tambahkan tirai sebagai penghalang dari ruang tamu ke ruang makan. 


Untuk dinding rumah, awalnya berwarna kuning, orange dan hijau. Tapi kemudian di dalam rumah di cat menjadi warna putih dan bagian luar rumah warna beige.

Sedangkan untuk pernak pernik, saya lebih mementingkan fungsi. Saya tidak beli barang pecah belah sejak dulu karena kuatir nggak bisa rajin juga membersihkan.  Selain itu pun kuatir pecah. Jadi kalaupun ada pot bunga kaca, itupun hanya satu.  

Tips Dekorasi Rumah Agar Rumah Aman dan Nyaman 

Saya berusaha dekorasi rumah semampu saya karena jujur saya sebetulnya nggak terlalu jago dekorasi rumah. Tapi bagi saya, saya berusaha rumah selalu bersih dan nyaman. Siapa sih yang nggak pengen rumah nyaman dan enak dipandang? Lalu, apa tips dekorasi rumah selama karantina?

Tentukan Dekorasi Rumah yang Diinginkan

Sebelum memulai mendekorasi rumah, tentukan terlebih dahulu mau mendekorasi rumah seperti apa. Apakah rumah minimalis, apakah ingin lebih banyak tanaman di dalam rumah, atau hanya sekedar mengubah tata letak rumah. Oh ya, kita juga bisa menambahkan karpet rumah agar terlihat lebih rapi dan bersih.

Sesuaikan Ukuran Rumah

Sebaiknya, sebelum desain rumah harus cek dulu ukuran rumah. Apakah masuk kategori rumah mungil atau menengah atau besar. Jadi, dekorasinya juga bisa menyesuaikan. Misalkan jka ingin dekorasi ruang tamu maka pilih barang seperti hiasan dinding yang tak terlalu besar bagi ruang yang mungil. Mengapa? Biar ruang tamu tak terlihat semakin kecil karena terlalu banyak perabotan yang besar.

Tambahkan Kaca

Percayalah, kaca itu membuat ruangan menjadi lebih luas. Tapi bagaimanapun, penempatan kacanya juga harus sesuai sehingga bisa menimbulkan efek ruangan menjadi lebih luas.

Beli Perabotan yang Ada Fungsinya

Saran saya, beli perabotan yang ada fungsinya. Sebaiknya tidak sekedar untuk pajangan saja. Misalnya membeli kotak yang bisa buat duduk sekaligus untuk menyimpan barang. Bisa juga membeli meja televisi yang ada lacinya sehingga barang kecil seperti remote TV dan lainnya bisa dijadikan di satu tempat. 

Sesuaikan dengan Budget

Jika ingin dekorasi ulang rumah selama karantina, jangan lupa sediakan budget khusus untuk dekorasi rumah.  Misalnya budget sebulan untuk dekorasi Rp 1 juta. Nah dengan budget sebesar itu, perkiraan barang seperti apa saja yang diperlukan.

 

Beli Online di Toko Online Terpercaya

Karena lagi karantina, tentunya lebih banyak aktivitas yang dilakukan di rumah. Nah, biar tampilan rumah tetap bisa terwujud, sekarang ada kemudahan belanja online di rumah saja. Dengan belanja di rumah tentu saja menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu juga nggak perlu kuatir barang yang dibeli asli atau palsu.

 

Sumber foto : Koleksi pribadi 

Saya termasuk sering belanja online selama pandemi ini. Mengapa? Karena saya mengurangi bepergian sehingga jika ada aktifitas yang bisa dilakukan di rumah saja. Termasuk urusan belanja online.

Nah selama masa karantina ini, saya membeli melalui online di Shopee. Di Shopee, ada banyak barang dan hiasan yang mendukung dekorasi rumah. Misalnya, saya membeli tempat buat memasukkan barang-barang anak namun juga berfungsi sebagai tempat duduk.

Selain itu juga ada tempat gantungan pernak-pernik biar nggak berantakan. Saya gantung di kamar anak.

Salah satu belanja di Shopee

Nah kira-kira itu tips dekorasi rumah dari saya. Kalau teman-teman ingin belanja dekorasi-dekorasi dan furnitur unik untuk dekor ulang rumah, bisa belanja di Shopee, karena saat ini sedang berlangsung kampanye belanja Shopee 8.8 Mid Year Sale yang menawarkan banyak promo spesial supaya belanja jadi lebih murah.


32 komentar

Avatar
Farida Pane 22/07/20 16.40

Aku juga suka sekali liat gambar penataan interior rumah yang rapi, tetapi susah nerapinnya. Hihihi..

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea 22/07/20 22.05

Saya paling suka rumah yang minimalis Mba, yang nggak banyak pernak pernik mengganggunya.
Kalaupun ada, memang sebaiknya ada fungsinya, nggak cuman buat pajangan.
Terlebih di tempat saya debunya banyak.
Sebal banget bersih-bersih debu di pernak pernik :D

Btw jadi ingat saya butuh beli sesuatu di Shopee nih :D

Reply Delete
Avatar
Bo ghaisan 23/07/20 02.27

Rumahnya enak bgt mba, aku jadi lamgsun browsing masukin keranjang buat siap2 pesta 8.8 nya Shopee

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 23/07/20 08.35

pengen banget dekor rumah ala2 pintrest gitu mbak, banyak save2 model kamar idaman di IG juga, tp kok udah kadung awut2an ya hahaha kalau rumah baru kayaknya lebih gampang ngedekornya ya

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 23/07/20 08.43

Nah aku suka tuh mbak perabot yang multifungsi, pelan-pelan gantinya nih biar gak sekaligus keluar uangnya hihihi. Tapi selama karantina jadinya punya waktu banyak untuk beres-beres ya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 23/07/20 10.34

cakeeep lho rumahnya..minimalis pisan. Aku masalahnya adalah mengurangi barang2 yang makin bertumpuk hehehe

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 23/07/20 15.48

Aku suka banget intip2 Instagram atau web dekorasi mbak, hasilnay dijamin ngiler pingin ganti ini itu deh, tapi sementara memanfaatkan yg ada dulu sambil beres-beres

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 23/07/20 17.33

Aku selama pandemi gak dekor rumah. Bisa jaga kebersihan aja sudah bagus banget, hahaha. Nanti kalau punya rumah sendiri, baru deh ditata. Nyari perabot kudu yang banyak fungsi juga biar gak terlalu ramai

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 23/07/20 18.15

Wah, dulu pernah bukber BDC di rumah Mbak ALida rumahnya belum seperti ini. Sekarang tampak lebih luas, lega dan makin ciamik hehehe. Jadi kepengen mampir lagi nih ngebakso wkwkwk. AKu juga suka lampunya model begitu. Iya belanja di Shopee mah aku sering juga loh. Produk2nnya bagus dan cepat juga barang sampai di rumah.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 23/07/20 20.34

Mid Year Sale Shopee ini perlu dimanfaatkan kalo punya niat ngedekor ulang rumah. Terima kasih sharing-nya, Mbak Alida.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 24/07/20 11.57

Kalau beli online untuk peralatan rumah tangga gini takut berbeda sama gambar gak siih, kak?
Tapi kalau sudah jadi dan sesuai, langsung happy banget yaa...hehehe...jadi tempat terbaik untuk pepotoan.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 25/07/20 11.25

Mendekor ulang rumah bisa bikin mood juga ikut membaik.
Aku baru beres-beres rumah kak Lidh...kerasa banget selama ini banyak simpen barang "ajaib"
Pengen nambah lemari kayu buat simpen buku.
Mantengin Shopee mid-year sale aah...

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 24/07/20 14.37

Penambahan kaca membuat ruangan tampak lebih luas? wah perlu dicoba nih.
Kalau saya urusan dekorasi rumah, malah suami yang lebih telaten

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 24/07/20 19.53

Kece buangett mba Lid!
Aku blum berani renov rumah, euy
Takut mengguncang ekonomi keluargaaaa :D

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 25/07/20 10.56

Pas banget nih mbak hari ni aku mau belanja pernak pernik rumah karena mau selesai di renov. Jadi aku setuju untuk gak beli pecah belah, karena anakku masih kecil2 juga bahaya ya

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 25/07/20 14.08

Suka mupeng lihat dekorasi minimalis gitu tapi belum ada dananya untuk merombak hihi cantik banget lampunya Mbak Lid, tinggi lagi langit-langitnya..

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 25/07/20 16.34

Selama WFH 3 bulan kemarin saya hanya menata ruang lagi. Untuk perabot belum beli-beli lagi. Sebenarnya pengen banget deh mendekor rumah biar terlihat lebih rapi dan cantik. Tapi belum sempet.

Reply Delete
Avatar
Ayi 25/07/20 17.01

Dekorasi rumah memang salah satu faktor yang bisa bikin makin betah di rumah ya... Saya sih cita-citanya pengen dekorasi yang simpel dan banyak tanaman indoor. Tapi belum kesampaian.😄

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita 25/07/20 18.49

Aku juga suka dekor-dekor mba pas pandemi gini. Supaya betah aja hehehee, tapi fokus pembenahan dibagian depan aja. Dan aku pun suka belanja di shopee hehehehe. Toss

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 25/07/20 19.32

Selama pandemi ini saya juga sering lihat banyak yang rajin dekor rumah.
Bagi saya sendiri, juga lebih memilih punya perabotan yang disesuaikan fungsinya

Reply Delete
Avatar
Andy Hardiyanti 25/07/20 21.05

Cakep ih interior rumahnya mbak Lid. Untung baca postingan mbak ini, jadi bisa siapsiap berburu aneka promo incaran untuk dibeli di promo 8 Agustus nanti.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 25/07/20 21.33

Saya masih tahap beberes rumah yang belum juga selesai setelah pindahan. Nanti abis ini pengen mulai mendekorasi. Suka juga ngecek toko online. Apalagi di Shopee banyak yang bagus

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 25/07/20 21.43

Thank for your sharing. Is nice to me. Since for several day, i looking for this information. Untill i find your blogpost. I am happy to reading this

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 25/07/20 22.14

Suka sedih kalau liat foto di ig rumahnya rapi2, saya mah selama masih ada balita kayanya susah deh bisa gitu...

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 25/07/20 22.15

Selama pandemi ini aku jadi sering dandani dapur mb. Beli stiker dapur, sama stiker kulkas. Beli di Shopee motifnya lucu2

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 25/07/20 22.17

Jd pengen atur ulang desaign rumah kan baca artikel begini. Hihi. Seriusan deh mba krn aku beli rumah zaman old yg agak gimana designnya. Jadi cahaya matahari kurang masuk. Heu

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 26/07/20 00.43

Toooss saya juga demen banget liat dekorasi rumah yang rapih dan kece. Etapi karena saat ini bwlum memiliki rumah, jadi ya sekadar liat aja dulu.

Reply Delete
Avatar
Arenga Indonesia Palm Sugar 26/07/20 09.25

Saya pun termasuk yang sering ngiler lihat dekorasi-dekorasi interior rumah di medsos. Pengen ini dan itu. Kebetulan rumah juga dekat dengan IKEA gak keselulitan mencari bahan-bahan. Cuma saja sampai sekarang gak dilakukan. Rumahnya kecil, harus banyak barang yang dibuang kalau untuk ditata ulang...Jadinya ya gitu deh, sayang, akhirnya gak move on

Reply Delete
Avatar
Kyndaerim 26/07/20 14.24

Manis sekali dekorasinya mbak Lid. Bikin ruangan terlihat lebih luas ya.
Saya juga suka belanja di Shopee untuk beli pernik kebutuhan rumah tangga, pilihannya banyak, bagus-bagus juga.

Terima kasih untuk inspirasinya mbak Lidaaa :D

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 27/07/20 08.31

Suka banget sama desain rumahmu mba Lid. Luang dan ada tempat nongkronnya. Asik banget buat ngumpul dan belajar itu makasihh tips untuk. Mendekorasi rumah mba

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 27/07/20 11.50

seneng liat yang dekor minimalis gini, tapi kok susah nerapin di rumah hehe, mungkin karena bang Dana belum ada haha

Reply Delete
Avatar
Hanifa 29/07/20 22.10

Aku juga udah ngerombakin kamar Mak selama pandemi ini. Tapi kalau rumah secara keseluruhan, Bapak yang banyak ambil bagian karena beliau belum kembali bekerja. Rasanya jadi fresh banget!

Reply Delete