Sedekah Kurban untuk Sesama

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Sedekah Kurban untuk Sesama

Assalamu Alaikum Wr Wb.

Alhamdulillah, tahun ini Allah masih memberikan kesempatan untuk kita menjalani shalat Idul Adha dan juga berkurban. Tahun ini, apakah berniat berkurban?

 

Alhamdulillah Allah masih memberikan kesempatan saya dan suami untuk bisa selalu berkurban dari tahun ke tahun. Awal-awal pernikahan, kami bergantian berkurban. Misalnya tahun ini saya, tahun depan suami. Tapi kemudian, kami sepakat untuk sama-sama berkurban setiap tahun menggunakan uang dari penghasillan kami masing-masing. 


Sumber foto : pixabay.com 

Saya dan keluarga besar papa pernah menabung sebulan sekali untuk bisa berkurban. Seingat saya, waktu itu menabung sebulan sekali sebesar Rp 100 ribu selama lebih dari 13 bulan. Waktu itu seingat saya harga kambing sekitar Rp 1,3 jutaan. Kami mengirim uang ke rekening paman. Kami biasa memanggilnya Hal Abu. Nah Hal Abu ini yang menampung semua uang dan kemudian mendelegasikan untuk bisa kurban. 


Sedihnya, setelah Hal Abu meninggal, kebiasaan baik ini berhenti. Sehingga saya pun memilih untuk berkurban sendiri. Saya pernah berkurban melalui sahabat yang memiliki pondok pesantren dan anak yatim di seluruh Indonesia. Pernah juga berkurban melalui keluarga di Surabaya dan Kudus.


Makna Berkurban dan Keutamaannya


Mengapa seorang muslim berkurban dan apa maksud dari berkurban itu? Berkurban berarti menyembelih hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada Hari Raya Haji atau Idul Adha dan tiga hari Tasriq yaitu tanggal 11, 12 dan 13 bulan Dzulhijah. 


Kurban tentunya memiliki banyak keutamaan yang memberikan pahala bagi kaum muslim. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang memiliki kemampuan untuk berkurban tetapi ia tidak mau berkurban, maka sesekali janganlah ia mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)



Berkurban pada hakikatnya merupakan salah satu sarana ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah supaya mendapatkan keridhaan-Nya. Sedangkan kepada sesama manusia, kurban bertujuan untuk memberikan kebahagiaan bagi kaum fakir miskin yang menerima daging kurban.


Hal ini tentunya sesuai dengan firman Allah SWT yakni “Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang sengsara lagi miskin.” (QS. al-Hakk, 22:28). 


Berbagi Daging Kurban melalui Sedekah Kurban di Dompet Dhuafa


Beberapa hari lalu saya bertemu salah satu kenalan saya. Ia cerita keinginannya untuk bisa berkuban. Namun sayangnya, ia mengaku masih kurang dana untuk membeli seekor kambing. “Trus gimana ya, mau kurban tapi dana kurang,” katanya. 


Untungnya, saya ingat Dompet Dhuafa memiliki kegiatan sedekah kurban yang bisa merealisasikan keinginan seperti kenalan saya itu. Menurut saya pribadi, bagaimanapun semuanya selalu dimulai dengan niat yang baik dan dilaksanakan melalui cara yang baik pula. 


Saya yakin teman-teman juga sudah mengetahui dengan baik tentang Dompet Dhuafa yang telah membentangkan kebaikan sejak tahun 1994. Dengan adanya masa pandemi seperti sekarang, tentunya masih banyak yang membutuhkan daging kurban untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. 


Mengapa harus sedekah kurban di Dompet Dhuafa? Ada empat alasan utama mengapa saya memutuskan untuk sedekah kurban di Dompet Dhuafa yakni : 


Distribusi ke Wilayah Membutuhkan 

Tak mudah untuk melakukan distribusi ini namun Dompet Dhuafa berkomitmen untuk mendistribusikan ke wilayah miskin, tertinggal dan pedalaman serta wilayah bencana atau rentan konflik. 


Hewan Kurban Berkualitas 

Tak perlu kuatir memutuskan berkurban atau sedekah kurban di Dompet Dhuafa karena telah dilakukan melalui syariat Islam dan melalui proses quality control yang amanah. 


Laporan Kurban Transparan 

Informasi laporan kurban secara lengkap akan diberikan lengkap kepada mereka yang memutuskan untuk berkurban di Dompet Dhuafa. 


Berdayakan Peternak 

Hewan kurban yang dipilih adalah hewan kurban yang diberdayakan Oleh peternak lokal binaan Dompet Dhafa untuk Mandiri dan Membentang Kebaikan. 


Keempat alasan itu tentunya menjadi alasan utama tak ragu memutuskan sedekah kurban di Dompet Dhuafa. Pertanyaannya, berapa dana yang dibutuhkan untuk sedekah kurban? Alhamdulillah semuanya menjadi cukup terjangkau yakni hanya dengan Rp 100 ribu, sudah bisa melakukan sedekah kurban. 



Tak sabar ingin sedekah kurban? Langsung saja klik https://dmptdf.com/sedekahdaging dan berikan kebaikan dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Semoga segala amal ibadah dan kebaikan kita semua di balas oleh Allah SWT. Aamiin !  

19 komentar

Avatar
winda - dajourneys.com 24/07/20 15.41

puji Tuhan masih bisa berkurban ya mbak :) semoga rejekinya selalu dilancarkan biar bisa selalu berkurban untuk sesama

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 24/07/20 19.51

Alhamdulillaah tahun ini aku bis berkurban in sya allah tadi siang sudah daftar ke pak RT :D Oh begitu ya? Jadi seandainya seseorang punya keinginan berkurnan namun dananya belum memungkinkan, bisa setap berbagi buat sesama ya. Bisa 100 ribu maupun lebih melalui Dompet Dhuafa. Sudah yakin banget penyebaran dagingnya merata hingga oelosok desa ya, keren.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 25/07/20 06.03

alhamdulillah ya Mi ada program ini, kadang kepikiran kalau ga bs kurban, apalagi ini lagi pandemi, pemasukan ikut berguncang pasti, jadi walau belum bs kurban, insya alloh masih bs ibadah lain yaitu sedekah daging ya

Reply Delete
Avatar
miyosi ariefiansyah (bunda taka) 25/07/20 07.35

Alhamdulillah bersyukur jg tahun ini masih diberi kesempatan untuk berqurban, mbaa
Alhamdulillah juga di tanah air kreatif2 masyaaAllah
Teman2 yg belum bisa berqurban masih bisa ikutan berkontribusi dg sedekah daging
Alhamdulillah

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta 25/07/20 08.35

program dompet dhuafa selalu bermanfaat. semoga banyak yang berpartisipasi dalam program qurban nya

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 25/07/20 11.38

Program Dompet Dhuafa keren ya mba Kita Juga bisa lagi dengan mudah ikut turut Serta juha

Reply Delete
Avatar
Mugniar 25/07/20 23.22

Program sedekah kurban dengan laporan yang transparan ... mudah pula ya bisa online saja. Masya Allah.

Reply Delete
Avatar
Andy Hardiyanti 26/07/20 00.41

Meski dana yang disiapkan belum kesampaian untuk beli seekor kambing atau patungan sapi kurban, ga jadi masalah ya. Ikut program sedekah daging aja, yang hanya butuh dengan nominal 100rb. Kecil memang, tapi Insya Allah akan bermanfaat banget bagi mereka.

Reply Delete
Avatar
Desri Desri 26/07/20 09.19

alhamdulilah, tahun ini ada wadahnya sedekah daging kurban ya kak, apalagi mulai dari 100ribu aja.

Reply Delete
Avatar
Ujame Gaja 26/07/20 10.08

Bersyukur sekali, DD punya program sedekah daging ini ya, bund..
Jadi meski kondisi kita terbatas, tapi tetep bisa berbagi sesuai kemampuan kita saat ini.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 26/07/20 10.59

Sebisa mungkin disiapkan dari awal supaya kita bisa kurban ya mbak, tapi kalau misal gak memungkinkan ikutan sedekah kurban aja dulu kaya begini.
Alhamduillah kalau jadi bisa ikutan keduanya kurban & sedekah

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 26/07/20 11.04

masih banyak saudara - saudara kita yang membutuhkan banyak bantuan yaa mbaaa

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 26/07/20 11.14

Bagi yang belum sanggup berkurban sendiri, melalui program sedekah kurban ini bisa banget ya membantu saudara-saudara kita yang saat ini sedang kesulitan, bahkan untuk makan daging pun mungkin susah sekali.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 26/07/20 11.36

Kalau beli di Dompet Dhuafa, hewannya dari kota yang sama dengan yang bersedekah atau hewannya sudah ada di daerah yang akan disalurkan?
MashaAllah~
Barakallahu fiikum, Dompt Dhuafa.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 26/07/20 12.20

Tak terasa ya sebentar lagi IdulAdha lagi yaaa.
Semoga banyak orang ikutan sedekah daging ini sehingga Tuhan berbaik hati pada kita untuk menghilangkan pagebluk yg bikin keki di muka bumi ini aamiiin

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 26/07/20 12.21

Yuk mulai belajar bersedekah..jgn tggu nt2 aja..ikutan program keren dari dompe dhuafa ini

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 26/07/20 15.12

Sedekah kurban memberikan kesempatan kita berbuat baik di bulan Dzulhijjah

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain 26/07/20 22.35

Udah lama aku ga berkurban. Kayaknya terkahir udah 3 lebaran yang lalu. Semoga aku diberi cukup rezeki ini untuk berkurban

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 26/07/20 23.20

Tahun ini kami nggak kurban karena diserang pandemi
Dan saya berharap tahun depan bisa qurban lagi

Reply Delete