Tips Aman Pinjam Uang di Pinjaman Online

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Aman Pinjam Uang di Pinjaman Online


Sekarang makin banyak pinjaman online yang ada di Indonesia. Pinjaman online boleh dibilang menjadi salah satu inovasi di dunia digital. Kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online menjadi salah satu daya tarik sehingga banyak yang kemudian tertarik untuk meminjam uang di pinjaman online.

Namun meminjam uang di pinjaman online tidak boleh sembarangan. Jangan sampai bukannya terbantu tapi malah buntu dengan adanya pinjaman online. Sudah banyak kisah-kisah seram yang membuat orang takut untuk meminjam uang di pinjaman online. Tapi pinjaman online membantu bagi orang yang angat terdesak tapi tak ada yang dapat membantu. Hanya saja, lagi lagi harus di cek dulu keamanan untuk bisa pinjam uang di pinjaman online.
 
Sumber foto : pixabay.com

Pinjaman online merupakan financial technology. Nah, mengutip dari website bri.go.id, financial technology/FinTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat . Jadi, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

Nah, fintech telah diatur resmi di Indonesia. Bahkan telah memiliki dasar hukum penyelenggaraan dalam system pembayaran di Indonesia yakni :

  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi      Pembayaran
  • Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/22/DKSP perihal Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital
  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/17/PBI/2016 tentang Uang Elektronik.

 
Tips Aman Pinjam Uang Online

Pinjam uang di pinjaman online tak boleh sembarangan sehingga kita tidak terjebak dalam hutang uang yang memberatkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aman pinjam uang di pinjaman online. Jangan sampai terjebak dengan pinjaman online yang legal. Dikutip dari instagram OJK, Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi (Satgas Waspada Investasi) kembali menghentikan 144 entitas yang melakukan kegiatan usaha peer-to-peer lending, namun tidak terdaftar atau memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sampai saat ini jumlah total fintech peer-to-peer lending tidak berizin yang telah dihentikan kegiatan usahanya oleh Satgas Waspada Investasi adalah 947 entitas dimana 404 entitas dihentikan usahanya pada 2018 dan 543 entitas pada 2019. ⁣
Satgas Waspada Investasi juga menghentikan 73 kegiatan usaha tanpa izin yang terdiri dari 64 trading forex (perdagangan mata uang asing), 5 investasi uang, 2 multi-level marketing, 1 investasi perkebunan dan 1 investasi cryptocurrency yang diduga tanpa izin dari pihak berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat. Total kegiatan usaha yang diduga investasi ilegal dan dihentikan Satgas Waspada Investasi selama tahun 2019 adalah 120 entitas.

Jadi memang harus diperhatikan tips agar aman melakukan pinjam uang di pinjaman online. Ingin tahu apa tipsnya ? 

Perhatikan syarat pengajuan pinjaman online

Jangan sampai tidak memperhatikan syarat pengajuan pinjaman online. Misalnya berapa bunga ya diterapkan, berapa batas deadline pembayaran pinjaman online, bagaimana cara melunasi, berapa dendanya jika terlambat dan sebagainya.

Ajukan dana pinjaman sesuai kemampuan

Supaya aman, ajukan pinjaman dana sesuai kebutuhan dan batas kemampuan kita untuk membayar uang pinjaman itu. Misalnya nih kalau butuh Rp 1 juta maka sebaiknya hanya pinjam Rp 1 juta. Tidak dilebih-lebihkan sehingga nanti tidak menyulitkan pembayaran.

Pinjam jika benar-benar butuh

Seringkali ada juga yang pinjam uang di pinjaman online hanya karena keinginan dan bukan karena kebutuhan mendesak. Sehingga kemudian gampang tergoda untuk pinjam uang di pinjaman online. Padahal sebaiknya meminjam uang di pinjaman online ketika benar-benar terdesak atau ada kebutuhan yang tak dapat dihindari

 
Catat jatuh tempo dan jumlah uang yang dipinjam

Jangan lupa untuk mencatat kapan jatuh tempo uang yang dipinjam. Misalnya jatuh temponya tanggal 30 Juni maka catat sehingga bisa tahu bagaimana membayar uang pinjaman di pinjaman online itu. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengingat dan mencatat uang yang dipinjam.

Cari pinjaman online yang terdaftar di OJK (Obligasi Jasa Keuangan)

Cara yang paling aman untuk tahu apakah pinjaman online itu aman adalah mengecek apakah pinjaman online itu terdaftar di OJK atau tidak. Ada data-data contoh pinjaman online apa saja yang terdaftar di OJK sehingga memudahkan untuk dilakukan pengecekan. Jangan lupa juga untuk cek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon Kontak OJK 157 atau di website OJK (www.ojk.go.id). Jika mendapatkan tawaran investasi yang mencurigakan, Sobat OJK dapat mengkonsultasikan atau melaporkannya ke email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id⁣
⁣⁣
Nah salah satu pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah CekAja. CekAja.com menyediakan kemudahan secara online agar Anda bisa membandingkan dan mendapatkan pinjaman online yang memiliki bunga terendah dan juga proses tercepat.

Mengajukan pinjaman uang di pinjaman online tidak harus datang ke bank untuk mendapat informasi. Tapi semua dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi. Proses pengambilan keputusannya juga memerlukan waktu yang tidak lama, hanya 24 jam dengan proses pencairan dana minimal 3 hari kerja.

Selain prosesnya yang mudah, tenor yang diberikan juga cukup panjang, maksimal 20 bulan. Dengan pinjaman online, kebutuhan hidup yang sifatnya mendadak dapat langsung dipenuhi dengan mudah.

Menurut saya, meminjam uang secara online bagaimanapun tetap harus mempertimbangkan banyak hal sehingga tidak memberatkan di kemudian hari. Ingin pinjam uang di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online secara online ?






37 komentar

Avatar
Afifah Mazaya 04/05/19 11.58

Anak-anak juga perlu tau yang begini kayaknya. Tempo hari dapat kabar ada yang ikut-ikut pinjaman online gitu, akhirnya nggak bisa bayar, mungkin kurang hati-hati. Sedih. Huhu.

Reply Delete
Avatar
bundayati.com 04/05/19 12.16

Bunda sering terimavemail dan tawaran via WA dari nomor2yg gak jelas tentang pinjaman OL ini, tp alhamdulillah bunda bisa tepis. Nah, kl tergoda, kan bisa parah, dpt pinjaman bayarnya pake apa? Masa sih pake daon binahong yg subur tuh di rmh, hehe..#just kidding, Alida dear. Frankly speaking pernah sih nyoba tp ditolak karena faktor usia, hahaha...emang enak bunda? #ditolak.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 04/05/19 22.15

aku belum berani ummi buat pinjem di pinjol, emang harus beneran hati2 banget ya, ga boleh salah langkah supaya tetap aman sentosa semuanya

Reply Delete
Avatar
Nefertite 05/05/19 05.44

Pinjaman online memang menggoda kalau nggak mikir panjang. Kesannya memang menjadi lebih simpel, meskipun sebenarnya sama saja dengan model offline.
Kesan itu yang mungkin tidak diikuti oleh calon nasabah dengan mensurvei kemampuan diri . Sehingga akibatkan masalah dan merugikan diri sendiri.

Reply Delete
Avatar
ade anita 05/05/19 09.53

Aku setuju dengan pernyataan terakhirmu. Bahwa harus dipikirkan matang2 jika ingin meminjam online

Reply Delete
Avatar
Mechta 05/05/19 10.55

Sebaiknya sosialisasi ttg hal ini diperbanyak ya..bukan hanya iklan ttg pinjaman online sj yg diperbanyak, agar masy dapat memilih yg baik dan tepat sehingga tidak malah mendapat masalah dg pinjaman online

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 05/05/19 13.55

Memang harus selalu hati2 sebelum memutuskan untuk meminjam secara online yah mbak. Bener tuh, harus sesuai dengan kemampuan dan harus terdaftar di OJK agar bunga tidak mencekik dan bisa dipertanggungjawabkan.

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza 05/05/19 18.34

Harus benar-benar bijaksana sebelum memutuskan ambil pinjaaman online ya mba, dipikirkan matang-matang kemampuan bayar cicilan tepat waktunya, harus teliti juga memilih tempat pinjamannya, jangan sampai malah menyulitkan kita :)

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid 05/05/19 19.40

Sekarang pinjam uang semakin mudah yaa, Mba. Bahkan bisa dilakukan secara online dengan syarat yang mudah pula. Tapi yaa itu, kita harus pandai-pandai mencari tempat peminjaman yang aman agar gak nyesa nantinya

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 05/05/19 22.09

Aku memilih berhati-hati untuk ga meminjam melalui lembaga keuangan konvensional. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah ya sehingga dijauhkan dr musibah jadi ga butuh pinjaman kalo bisa malah yg meminjmakan ke mereka yg membutuhkan

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 06/05/19 00.35

Tips meminjam uang online keren juga ini mbak. Sebenarnya aku juga belum pernah melakukan ini. Bener asal udah terdaftar di OJK sih biasanya aman.

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty 06/05/19 04.25

Tip yang penting nih, soalnya saya denger banyak juga yang bermasalah dengan pinjaman uang online ini. Dengan baca tip ini semoga banyak masyarakat yang gak terjebak dengan pinjaman uang online abal-abal.

Reply Delete
Avatar
Anonim 06/05/19 05.19

Wah tipsnya hrs bener2 diperhatikan buat yg pinjem nih ya..biar ga salah milih..

Reply Delete
Avatar
lita chan lai 06/05/19 05.37

Dari dulu aku ga mau punya pinjaman uang baik dg Bank atau Kartu Kredit. Gpp di bilang jadul. takut kalau ga bisa bayar kaya nasabah ku waktu kerja di Bank. Rumah disita. paling sedih kalau melihat orang kelilit hutang.

Tapi lihat nanti kalau emang sudah berniat buka usaha, siapa tahu butuh pinjaman juga.

Reply Delete
Avatar
Emanuella Christianti 06/05/19 06.39

Pencatatan kaya yang Kakak bilang memang penting banget si. Untuk pinjaman apapun. Biar ingat dan nggak kelewat jatuh tempo. Pun kalau pinjam ke keluarga atau teman ya....

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 06/05/19 07.05

Pinjol ini bisa jadi bikin kita lebih produktif ya kalo dipakai buat modal. Mengingat pinjam ke bank yang lebih ribet. Dan sebaliknya, kalo dipake konsumtif, pasti bikin pahit di akhir. Tips ini kudu dipahami nih sama milenial terutama. jangan sampe deh akhirnya dapet pinjol yang gak aman.

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 06/05/19 08.15

setuju mba lidha sekarang banyak jasa peminjam uang online yang bodong, gak terdaftar di OJK tapi promonya gencar di internet duh ngeri

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 06/05/19 08.57

Bener banget mba, pinjaman online tuh sah2 aja dilakukan asalkan memperhatikan tips di atas tadi. Jangan sampai terjebak dalam kondisi sulit bayar gara2 bunga tinggi atau hal2 lainnya yang tidak mengenakkan.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 06/05/19 09.01

Nah itu pinjam kalau bener2 butuh, trus jangan buat pinjaman konsumtif. Misal buat buka usaha dll gtu. Tapi tetep kudu ada itung2an target bisa balikin tepat waktu atau gak gtu jg ya...

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta 06/05/19 09.06

Bener banget nih Mbak. Sebelum pinjam online memang kita harus pertimbangkan banyak hal dulu ya. Jangan langsung asal pinjam sembarangan supaya tdk ada masalah di kemudian hari

Reply Delete
Avatar
Desi 06/05/19 09.28

Oohh bisa minjem online juga di cekaaja ini ya Mak, wahhh makin memudahkan yaaa, semua serba online saja

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 06/05/19 09.33

Woow...
Aku aga takut dengar testimoni orang yang sudah pernah terlibat dalam pinjaman online begini...Rasanya harus memikirkan banyak kali untuk menetapkan pilihan meminjam uang ke pinjaman online.

Semoga Allah mudahkan segala urusannya.

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah 06/05/19 11.58

benar banget pinjam ketika butuh aja. jangan minjem karena buat jajan hehehe

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris 06/05/19 14.02

Banyak juga yang tidak ada izinnya ya, Mbak. Benar-benar harus teliti sebelum pinjam, nih.

Reply Delete
Avatar
GLORIA'S LOAN COMPANY 11/03/20 09.09

Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

Data pemohon:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Seks:
5) Bekerja:
6) Nomor Telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Penghasilan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Periode pinjaman:
11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Salam Hormat

Reply Delete
Avatar
GLORIA'S LOAN COMPANY 11/03/20 09.11

Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

Data pemohon:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Seks:
5) Bekerja:
6) Nomor Telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Penghasilan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Periode pinjaman:
11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Salam Hormat

Reply Delete
Avatar
Lestari Abyasa @ Alhamdulillah, saya mendapat pinjaman Medis dan Bisnis dari pemberi pinjaman ibu RIKA ANDERSON yang jujur 12/04/20 20.33

nama saya Mrs. Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada kreditor palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya menderita kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Manusia di Singapura dan saya ditipu.

Saya hampir kehilangan harapan sampai saya menemukan seseorang Ayu Amangku mengirim email ayuamangku@gmail.com yang membagikan kesaksian pemberi pinjaman online bernama Ms. Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan 100 juta pinjaman tanpa jaminan dan suku bunga terjangkau beberapa hari yang lalu. Saya juga melihat posting di blog Margaretha Asmaran email margarethaasmaran@gmail.com.

Saya juga membuat pertanyaan dari Merpati Darma melalui email merpatidarma@gmail.com dan saya yakin dan setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya, saya terkejut melihat saldo akun saya dan menemukan jumlah yang saya kirim langsung ditransfer ke bank saya akun oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com Tolong saya ingin Anda menggunakan informasi ini dan bebas dari kesulitan keuangan Anda.

KESAKSIAN: Abyasa Lestari
BCA: 7683724750
dari Balikpapan di Indonesia.
Saya adalah saksi sejati perusahaan pinjaman Ms. Rika.
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Hanya Whatsapp: +1 (323) 689-3663

Reply Delete
Avatar
Ny. SISKA WIBOWO 11/08/20 08.38

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Reply Delete
Avatar
Yohanes T 02/01/21 08.07

Assalamualaikum
Data pribadi
Negara: Indonesia
Nama: Yohanes Tjandra 
Email: ytjandra42@gmail.com
Alamat: Jln. Gundung Sahari No 10b, Jakarta
Sudah empat tahun saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Ivana dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Ivana Pedro memberikan satu hal lagi untuk saya senyapkan karena setelah menyelesaikan cicilan pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Ivana bahwa saya ingin melanjutkan ekspansi bisnis sehingga saya meminta tambahan Rp3 miliar setelah melalui legalitas saya. proses. Pinjaman tersebut disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Ibu Ivana Pedro dan tim pengelola pinjaman OCEAN CREDIT LOAN telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Romania, jadi tidak ada masalah sama sekali.
Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Ivana Pedro hari ini dan selalu
Email: [ivanapedro85@gmail.com]
WA: +1-346-367-2942

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Reply Delete
Avatar
SURYANTO SURYANTO 08/01/21 20.55

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

Reply Delete
Avatar
SURYANTO SURYANTO 08/01/21 20.56

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

Reply Delete
Avatar
Mussen 03/02/21 16.21

Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang Anda bantu saya dapatkan hanya dalam seminggu dengan strategi opsi biner, maaf saya ragu pada awalnya, saya menginvestasikan $ 200 dan menghasilkan $ 2.500 hanya dalam satu minggu, dan terus berinvestasi lebih banyak, hari ini saya secara finansial berhasil, Anda dapat menghubungi dia melalui email: carlose78910@gmail.com
Melalui whatsapp: (+12166263236)
Saya menyarankan Anda tidak perlu ragu. Dia hebat.

Reply Delete
Avatar
Yeremia Nandiwardhana 12/03/21 08.10

Salam untuk semuanya, nama saya Yeremia Nandiwardhana, saya ingin membagikan kesaksian kehidupan nyata saya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp.14,4 juta, dari seorang pria di Afrika.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, sehingga saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu Pamela, Manajer di OCEAN CREDIT LOAN, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Bu Pamela. Maka saya menghubungi Bu Pamela melalui email: (pamelajsmith83@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +1 (507) 724-8254

Saya mengajukan pinjaman Rp.380 juta dengan tingkat bunga 2%, jadi pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pemindahan pinjaman, saya disuruh mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam setengah, uang pinjaman saya cair ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya mendapat pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp 380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa saya dan Dia telah memberikan keinginan hati saya.

Semoga Tuhan memberkati Ibu Pamela J Smith yang telah membantu memberikan hidup bebas stress finansial bagi saya, oleh karena itu saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Ibu Pamela melalui email: (pamelajsmith83@gmail.com)
atau melalui
WA: +1 (507) 724-8254 untuk pinjaman Anda

Akhirnya, saya ingin menghargai Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (yeremianandiwardhana@gmail.com) 
Salam

Reply Delete
Avatar
Yeremia Nandiwardhana 12/03/21 08.10

Salam untuk semuanya, nama saya Yeremia Nandiwardhana, saya ingin membagikan kesaksian kehidupan nyata saya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp.14,4 juta, dari seorang pria di Afrika.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, sehingga saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu Pamela, Manajer di OCEAN CREDIT LOAN, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Bu Pamela. Maka saya menghubungi Bu Pamela melalui email: (pamelajsmith83@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +1 (507) 724-8254

Saya mengajukan pinjaman Rp.380 juta dengan tingkat bunga 2%, jadi pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pemindahan pinjaman, saya disuruh mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam setengah, uang pinjaman saya cair ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya mendapat pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp 380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa saya dan Dia telah memberikan keinginan hati saya.

Semoga Tuhan memberkati Ibu Pamela J Smith yang telah membantu memberikan hidup bebas stress finansial bagi saya, oleh karena itu saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Ibu Pamela melalui email: (pamelajsmith83@gmail.com)
atau melalui
WA: +1 (507) 724-8254 untuk pinjaman Anda

Akhirnya, saya ingin menghargai Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (yeremianandiwardhana@gmail.com) 
Salam

Reply Delete
Avatar
Anonim 11/05/21 04.56

Advantage Financial Service adalah salah satu perusahaan terbaik yang pernah saya kerjakan dengan senang hati. Jika Anda mencari pemberi pinjaman, silakan email: (peterhelps01@outlook.com) atau whatsapp kami: + 34612543577, Anda akan senang telah ...

Reply Delete
Avatar
Anonim 11/05/21 04.57

Advantage Financial Service adalah salah satu perusahaan terbaik yang pernah saya kerjakan dengan senang hati. Jika Anda mencari pemberi pinjaman, silakan email: (peterhelps01@outlook.com) atau whatsapp kami: + 34612543577, Anda akan senang telah ...

Reply Delete
Avatar
Bank Instrument 21/11/21 09.25

My name is Mohammed Ahsan I'm a financial Consultant of a reputable firm Operating out of the United Kingdom
we provide Discrete Financial, Services for High Net Worth CEO's/Executives of Corporation & Senior Government Officials globally.
What we do is Legal & within the ambit of the law but following the Leakage of the Infamous United Kingdom
Papers & subsequent threat by the International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ)
International Criminal Court (ICC)
Below is what my Sender can offer.
1, MT103 gpi automatic
2, MT103 wire transfer
3, MT103 TT
4, MT103/202 manual download
5, SBLC lease and Purchase

All bank instrument will be done via bank officer to bank officer, Receiver has to provide bank officer details
on DOA all brokers are welcome and guarantee of there payment after successful deal
kindly send me a message via email and WhatsApp.


Email: mohammedahsan877@gmail.com

WhatsApp- +19893413179

Reply Delete