Resep Sayur Lodeh Labu Siam

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Resep Sayur Lodeh Labu Siam


Beberapa hari suami bilang ke saya kalau sudah lama saya nggak masak sayur lodeh. Tahu nggak, salah satu kegemaran keluarga saya adalah sayur lodeh. Awla nikah dulu, saya nggak percaya diri untuk masak lodeh karena cita rasnaya tak sesuai yang saya inginkan.

Pertama kali saya masak sayur lodeh, kuahnya terlalu warna kuning sehingga agak terasa getir kunyit yang terlalu banyak. Coba lagi, malah sayur lodehnya terlalu warna pucat sehingga membuat tampilannya terasa kurang berselera. 


Kemudian saat datang ke sebuah rumah makan, saya langsung suka dengan sayur lodeh yang disajikan. Penasaran, saya pun mencoba mencari informasi resep sayur lodeh yang enak menurut kesukaan keluarga.

Pagi hari saat berangkat kerja, saya mampir dulu di Pasa Palmerah untuk membeli bahan-bahan untuk masak sayur lodeh. Kebetulan yang saya ingin buat adalah sayur lodeh yang menggunakan labu siam. Nah di pasar itu ada dijual labu siam yang sudah di potong iris memanjang sehingga saya nggak perlu repot buat bersihin atau potong-potong. Harganya pun juga murah. Saya beli seperampat labu siam sudah di iris hanya Rp 2500.

Kemudian kacang panjang saya beli seikat saja. Kalau nggak salah, harganya Rp 5000 seikat. Murah meriah kan ? Selain itu, saya juga beli kikil sapi yang sudah dalam bentuk potong-potong. Saya beli Rp 4000 saja dan udah dapat banyak. Alhamdulillah.

Saya nggak pakai terong buat masak sayur lodeh karena di rumah saya nggak ada yang suka makan sayur lodeh dengan terong. Pernah sih masak sayur lodeh terong, eh malah nggak habis. Makanya saya agak kapok sih masak pakai terong. Kalaupun sayurnya ada terong, saya pakai tetelan daging sapi biar menambah cita rasa. Tapi kali ini saya masak sayur lodeh dengan bahan utamannya labu siam.

Oh ya saya juga beli lontong bungkus daun biar bisa dinikmati bersama lodeh. Papa saya suka banget lontong dan bahkan nambah. Begitu juga anak saya, Ayyas. Saya beli di pasar hanya Rp 1000 perporsi. Beli masih dalam keadana hangat. Penasaran sama bahan-bahan resep sayur lodeh ?

Resep Sayur Lodeh Labu Siam

Bahan-bahan :

Labu Siam
Kikil sapi
Kacang panjang
Santan
Daun salam

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

Bawang merah
Bawang putih
Kunyit
Jahe dikit 
Lengkuas
Cabe merah besar 

Cara memasak :

Tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan hingga wangi dan keluar minyak. Setelah sudah wangi, masukkan bahan-bahan lodeh. Aduk sebentar hinga bahan-bahan tercampur rata. Kemudian masukkan air putih.


Setelah air mendidih, masukkan santan kental dan aduk hingga rata. Aduk rata berulangkali agar santak tak pecah. Kemudian masukkan garam dan tunggu hingga mendidih.


Sayur lodeh kemudian siap untuk disajikan bersama lontong sayur. Oh ya saya juga rebus telur dan kemudian disajikan bersama sayur lodeh dan lontong.

Teman-teman punya resep sayur lodeh kesukaan keluarga ?

2 comments

Avatar
Notif Line Tidak Muncul May 11, 2019, 2:03:00 AM

jadi kangen ibu dirumah :( biasanya kalau sahur suka dimasakin sayur lodeh :'(

Reply Delete