Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tak Mudah Stres

Cara mengatur keuangan keluarga biar tak mudah stres

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tak Mudah Stres


Bagaimana cara atur uangmu ? Kalau teman-teman mendapat pertanyaan seperti itu, bagaimana kira jawaban teman-teman ? Percayalah, cara mengatur keuangan masing-masing keluarga memang beda-beda. Tapi jujur sekarang pengaturan uang bisa jauh melenceng ketika terpaan media sosial yang sungguh tak henti-hentinya.

Nggak percaya ? Sekarang saya nanya, siapa yang sering lihat postingan selebgram di instagram dan kemudian berdecak kagum dengan penampilannya yang seolah tanpa cela, keluarga yang kelihatan harmonis dan harta yang seolah tak ada habis.

tips mengatur keuangan keluarga
Dua narasumber ajarkan cara mengatur keuangan keluarga 

Kemudian setelah kita melihat postingan demi postingan itu, kita kemudian berucap dalam hati “Kok aku nggak bisa tampil se sempuran itu ? Apa sih rahasianya mereka punya duit banyak? Kok selebgram itu hidupnya happy terus? Mengapa sih saya bisa tampilan seperti mereka? Dan ada banyak pertanyaan demi pertanyaan yang muncul. 

Hayo, siapa yang sering mikir kayak gitu ? Saya percaya nggak hanya saya saja. Karena hampir semua teman-teman yang saya temui juga punya pertanyaan yang hampir sama. Bahkan ada teman saya yang hobby mengikuti postingan artis yang selalu tampil mewah dan kemudian dia berhalunisasi agar dia bisa merasakan hal yang sama. Begitulah ...

Ada yang melihat tampilan instagram itu kemudian hanya sekedar kagum saja. Tapi yang mengkuatirkan menurut saya adalah kemudian mencoba meniru gaya hidup orang lain padahal keuangan pas-pasan. Akhirnya apa ? Akhirnya atur duit keuangan keluarga pun jadi bermasalah.

Uang yang sebelumnya diperuntukkan untuk belanja rumah tangga tapi kemudian kepake buat beli barang yang sebetulnya belum dibutuhkan. Tapi hanya sekedar pengen dan kemudian nggak terpakai. 

Uang yang sebelumnya diperuntukkan buat dana darurat tapi malah kepake buat liburan hanya karena feed instagram udah lama nggak ada postingan liburan. Dan pas ada kebutuhan mendesak yang penting, duitnya malah habis. Akhirnya, apa? Akhirnya stress dan kemudian hidup tak bahagia. Nggak pengen seperti itu kan ?  Lalu, bagaimana sih tips atur uang ?

Konsep Baru Edukasi Keuangan ala Bank OCBC NISP  

Kamis, 16 Mei 2019 saya menghadiri undangan dari Bank OCBC NISP. Saat awal mendapat undangan ini, saya dikabarin bahwa akan ada kegiatan meditasi sekaligus edukasi keuangan. Saya jadi penasaran bagaimana menggabungkan dua hal itu dan bagaimana hubungannya ya ?

Acara dilaksanakan sore hari di SANA Studio Jalan Cipete Raya No 1, Fatmawati, Jakarta Selatan. Tempat ini cukup strategis dan mudah di jangkau oleh kendaraan. SANA Studio ini memiliki dua studio yang memiliki daya tampung lebih dari 30 orang.

tips atur keuangan keluarga
Antusias para peserta 
Acara di awali oleh pemaparan dari dua narasumber yakni :
  • Aliyah Natasya, Financial Educator Investashe
  • Jucky Mariska, Wealth Advisory Head Retail Bank OCBC NISIP
Kegiatan program literasi keuangan ini bertujuan untuk mengajak perempuan untuk memiliki hidup yang bebas stres dengan manajemen keuangan yang sehat. Percaya nggak kalau masalah keuangan bisa bikin perempuan cepat stress?

Survey membuktikan, 6 dari 10 perempuan menunjukkan sikap kurang percaya diri untuk membuat keputusan yang berkiatan dengan keuangan. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menunjuukan bahwa hanya 18,8% perempuan yang memahami cara memanfaatkan jasa perusahaan keuangan.

Narasumber 
Jadi dengan adanya konsep baru edukasi keuangan oleh bank OCBC NISP dan menggandeng komunitas Investashe dan SANA Studi bisa membantu  perempuan untuk menumbuhkan sikap positive dan mindfull terkait pengaturan keuangan keluarga.

“Semua itu tergantung pola pikir kita untuk pengaturan keuangan. Jadi jangan salahkan orang lain,” kata Mba Aliyah. Seseorang perempuan memiliki kemampuan untuk pengeluaran keuangan keluarga. 

Pernah mendengar kalimat “Give a woman a dollar and she can put it to good use. Teach her about how monet really works, and she can change the word”. Hal ini menandakan bahwa perempuan ketika tahu pengaturan keuangan maka akan berdampak baik bagi diri karena tak stress dan juga pengelolaan keuangan keluarga.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan keluarga agar tak stress? Pengaturan keuangan keluarga harus memperhatikan tiga hal yakni :
  • Tujuan investasi
  • Jangka waktu investasi
  • Keadaan finansial
“Hal penting yang harus diperhatikan adalah apa tujuan keuangan keluarga,” kata Mba Jucky. Dengan menentukan tujuannya, akan rahu juga bagaimana cara mengatur keuangan keluarga termasuk untuk memutuskan investasi apa yang dipilih. Jangan lupa juga untuk mengetahui profil resiko untuk investasi yang akan dipilih. Semakin aggresive investasi yang dipilih, maka makin besar pula resiko yang ada.

Selesai paparan kedua narasumber, kami kemudian diajak untuk mengenal lebih jauh serta mempraktekkan tentang meditasi yang dipandu oleh Aprishi Allita, Yoga Teacher & Meditation Practitioner SANA Studio.

Jadi pengen belajar lagi dengan pengaturan keuangan 
Itu pertama kali saya mencoba meditasi dan mengenal lebih banyak tentang meditasi. Mba Aprishi juga menceritakan terlebih dahulu alasan dia memutuskan untuk meninggalkan karirnya di dunia agensi dan memutuskan fokus untuk mengajar yoga dan meditasi.

Berkat ketekunannya, dia mengaku selama tiga tahun ini tidak pernah konsumsi obat karena tubuhnya selalu fit. Meditasi menurutnya membantu untuk mengoptimalkan peran otak yang selama ini kurang  digunakan secara maksimal.

Kami di beri waktu sekitar 15 menit untuk meditasi. Saya jujur sempat mengalami rasa ngantuk selama proses meditasi itu dan teryata itu adalah hal yang lumrah. Tapi dengan pikiran yang tenang ditambah edukasi keuangan keluarga yang mumpuni, saya yakin bisa untuk mengatur keuangan keluarga.

48 komentar

Avatar
mira utami 19 Mei 2019 14.36.00

Bener sih bisa ngantuk efeknya juga kalau aku kaya muter terbamg gitu rasanya. klo udah punya pengendalian yg kuat jd gak mudah iri sama rumput tetangga

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan 19 Mei 2019 17.57.00

Jadi ingat awal awal nikah sampai dua tahun pertama stres ngatur keuangan. Akhirnya baru tahun ketiga ini bisa agak lega. Memang butuh try and error juga sambil nemuin cara ngatur keuangan dan investasi yang pas untuk saya.

Reply Delete
Avatar
Nur Dalilah Putri 20 Mei 2019 07.59.00

Faktor kebanyakan stres memang karena ekonomi ya mbak, terlebih buat kaum hawa
Lebih gampang stres

Reply Delete
Avatar
diane 20 Mei 2019 08.44.00

Penting banget mengatur keuangan.. apalagi buat yang freelancer kayak aku gini.. dan penting juga menyikapi segala situasi dengan tetap tenang tanpa stress.. hehe.. Bawa happy aja ya

Reply Delete
Avatar
duniaeni.com 20 Mei 2019 09.16.00

Bener bangeeet, umi. Klo kita ga pintar atur uang jadi stres. Aku pun pernah mengalaminya jadi berasa ngisi air di ember bocor

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar 20 Mei 2019 09.35.00

Bener banget harus banyak istighfar kalo liat sosial media hahaha kadang2 suka iri apalagi liat artis wkwkwk. Intinya wanita harus bisa mengatur keuangan yah mba al

Reply Delete
Avatar
Mporatne 20 Mei 2019 12.51.00

Meditasi merupakan salah satu cara untuk relax apalagi kebutuhan lebaran banyak harus pintar pintar mengatur keuangan keluarga

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 20 Mei 2019 13.14.00

Mbaaaa makasiiii banget atas "tamparan'-nya yang super hakjleebbb hahahaha :D Memang sih, financial planning itu sangat krusial buat semua orang. Hanya saja selama ini, mayoritas orang sering menganggap ini bukan hal yg penting. Padahaaaaall, duit berapapun bakal habis kalau finplan nya amburadul
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 20 Mei 2019 14.02.00

Wkkwkw....aku juga ngantuk kalau gak ngapa-ngapain (aka. meditasi).
Kadang sampai mikir, yang ngalami kaya gini apa cuma aku yaa..?
Mudah tertidur di mana aja, tapi kalau ada apa-apa, mudah banget kebangunnya...misal hujan.
Otomatis melek, langsung ke tempat jemuran. Huuhuu~
**mamalyfe

Dasar-dasar mengatur keuangan ini seringkali aku catat, tapi seringkali pula pada prakteknya lupa.
Jadi bener-bener harus memegang teguh keyakinan kalau beli barang yang diperlukan saja...gak hilang fokus.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 22 Mei 2019 05.01.00

Kak Alida kalau nulis masalah keuangan, aku suka banget.
Gak pake bahasa yang ribet, jadi aku yang awam begini mudah mengerti.
Kalau jangka waktu investasi ini di jelaskan, bisa manjang yaa, kak Lid..

Reply Delete
Avatar
Gioveny 20 Mei 2019 14.53.00

Urusan keuangan keluarga jujur masih diatur bareng-bareng. Nggak shanggup aku mbak ngatur sendiri. Bisa boncosss

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 20 Mei 2019 17.37.00

Emang kalo atur duit emang susah, makanya suami menyerahkan sepenuhnya sama aku, biarlah dia yg menghasilkan duit aja, aku yang mengaturnya wkwk...

Reply Delete
Avatar
Molzania 20 Mei 2019 19.50.00

bagaimana kalo untuk perempuan yang masih single nih?

Reply Delete
Avatar
Okti Li 20 Mei 2019 22.01.00

Meditasi sama pengaturan keuangan ternyata ada benang merahnya ya. Satu sama lain bisa koneksi positif dan itu dapat menguntungkan kita.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 20 Mei 2019 22.19.00

Mengatur keuangan keluarga itu harus saling percaya antara suami istri. Dan istri pun kudu smart juga, udah dikasih kepercayaan sama suami, mesti bijak deh ngurus duit untuk keluarga. Alhamdulillah selama ini keuangan keluarga udah sesuai rel. Meski dulu pernah mengalami bangkrut juga karena duit RT untuk menutup kerugian usaha suami.

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 21 Mei 2019 00.12.00

Jadi, sebagai center of family, wanita itu harus selalu dalam keadaan fikiran yang damai dan jernih ya.. karena kondisi fikiran seorang wanita dapat mempengaruhi berbagai macam keputusan rumah tangga, salah satunya dalam bidang keuangan.. maka support system penting ya mba, dukungan untuk kaum perempuan untuk dapat memaksimakan dirinya untuk menjalani peran dalam kehidupan rumah tangga

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 21 Mei 2019 01.04.00

Benar banget, keuangan keluarga itu menyumbang 90% faktor stress (sumber : abal2, hahaha)

Kebanyakan, para kaum istri itu stres karena mengatur keuangan keluarga.
Jangankan yang keuangannya amat sangat terbatas, bahkan yang keuangannya terbilang wah juga sering kesulitan mengaturnya :)

Reply Delete
Avatar
Evi Erlinda 21 Mei 2019 04.37.00

Saya tertarik dengan meditasi mbak, releasing stress and staying calm =D

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 21 Mei 2019 04.43.00

Jadi penasaran nih tips2nya mengatur keuangan. Tentunya tidak cukup dengan yoga saja ya..

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 21 Mei 2019 05.32.00

Jadi saat mengatur keuangan kita perlu memperhatikan 3 poin di atas dan membenahi pola pikir kita ya

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa 21 Mei 2019 06.10.00

Bener mba.. awal nikah acak kadut banget keuangan kami.. tapi lama kelamaan belajar dan sudahblumayan membaik..

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 21 Mei 2019 09.11.00

Berasal dari keluarga sederhana, mengatur keuangan sudah menjadi bagian gaya hidup aku.
Bahkan sampai sekarang pun aku masih belajar dan terus belajar.
Jadi, kalau ada tip yang lebih masuk diakal dan sering banget direferensikan biasanya aku akan adopsi.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 21 Mei 2019 09.56.00

setuju banget sama kalimat ini “Give a woman a dollar and she can put it to good use. Teach her about how monet really works, and she can change the word” ummi :) makanya harus belajar terus ya ummi suka nih ada acara begini

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara 21 Mei 2019 13.33.00

Bagus ini konsepnya, pikiran ditenangkan dengan meditasi, kalau pikiran tenang maka pengaturan keuangan juga bisa lebih rasional, bukan emosional

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 21 Mei 2019 14.02.00

mbaa aku lagi stress sekarang, thr belum turun hihihihi
atur pengeluaran itu penting banget ya. kudu bebenah lagi nih diriku :)

Reply Delete
Avatar
Dewi adikara 21 Mei 2019 17.59.00

Luar biasa ya kekuatan yoga dan meditasi, memang manajemen dari dalam diri sangat diperlukan selain cara pengelolaan keuangan. Kalau keduanya selaras jadi makin sempurna deh:)

Reply Delete
Avatar
Mechta 21 Mei 2019 18.49.00

Bener ya mba...harus dikuatkan dulu dari dalam..agar tidak mudah goyah dengan pengaruh luar..hehe.. Yuk lah..belajar mengelola keuangan rumah tangga dg baik..

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 21 Mei 2019 19.14.00

ini keliatan sepele padahal penting banget karena memang hal hanh lumayan bisa jadi pemicu stres adalah soal ekonomi kalau ga pinter ngatur pasti berantakan

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono 21 Mei 2019 23.58.00

Hal yang manusiawi ya mbak disaat kita melihat kesuksesan orang lalu kita ingin menirunya....tapi hrs kembali pada kemampuan kita sendiri terutama dalam hal finansial.... Saya jadi tertarik ingin ikut yoga dan meditasi, seperti nya dapat membuat tubuh kembali fit.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 22 Mei 2019 03.05.00

Aku kayaknya kalau disuruh meditasi bisa tidur, soalnya pernah jaman ngantor dulu ada yoga dikantor. Pas mulainmeditasi aku sudah mulai mau tidur.

Kalau soal mengatur keuangan ini bener mbak, setiap keluarga memiliki cara berbeda untuk mengatur. Makanya aku jarang follow selebgram karena ngeri kepengen. Dana liburan selalu disisihkan setiap bulan jadi tidak menggunakan dana darurat.

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 22 Mei 2019 05.25.00

Butuh ritme yg pas sampai bisa mengatur keuangan dg baik di keluargaku. Tapi kayaknya beberapa kali masih nemuin yg ga pas

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss 22 Mei 2019 05.52.00

perlu diterapkan nih ilmunya apalagi baru nikah. Emang bener mba, kadang masih bingung dan gak sedikit pikiran stress tentang manajemen keuangan baiknya gimana

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 22 Mei 2019 06.53.00

topiknya pas banget nih soalnya selama Ramadhan dan lebaran, keuangan rawan bocor. Ga tau ya kenapa padahal puasa tapi pengeluaran buat makan malah lebih banyak.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 22 Mei 2019 08.23.00

Duh duh, aku nih, ngatur keuangan rumah tangga masih suka keteteran. Jadainya masih susah buat investasi. Nabung pun seringnya diambil-ambil. Ihiks... kudu belajar banyak nih.

Reply Delete
Avatar
Ida 22 Mei 2019 08.30.00

Sebetulnya secara pengetahuan sdh cukup banyak informasi soal manajemen keuangan ini..teelebih dulu kuliah soal uang jg hehe..yg susah itu konsisten pd.komitmen ..heu

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 22 Mei 2019 09.29.00

Percaya adalah kuncinya. Memang uang ini sensitif tapi sebagai calon ibu yang bail harus belajar Mengaturnya dengan sebijaksana mungkin.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 22 Mei 2019 09.38.00

Yups tujuan investasi yang harus kita tentuin dulu soale namanya goal fianncial setiap keluarga itu beda2 dan tergantung tujuan mereka investasi. Untuk investasi sendiri aku masih yang standart aja sih paling cm LM sama deposito aja hehe soale risikonya kecil.

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 22 Mei 2019 15.56.00

Kalau gak bisa mengatur keuangan keluarga. Ujung2nya pasti akan stress ya Mbak. Makanya harus rajin meditasi juga biar fikirannya gak awut-awutan, biar fokuslah yah untuk mengatur keuangan keluarga biar bisa ngepas untuk semua posnya.

Reply Delete
Avatar
Lisdha 22 Mei 2019 16.14.00

dua bulan ini saya sukses bikin catatan rencana dan realisasi pengeluaran bulanan. semoga setia melaksanakannya. sebelumnya suka angot2an..ga kontinyu. padahal catatan perencanaan dan pengeluaran itu menolong banget buat evaluasi keuangan keluarga

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 22 Mei 2019 20.57.00

Meditasi tuh susah nggak sih mba, kayaknya kok kudu diam dan konsentrasi. Soalnya aku kalau pas diem gitu banyak sekali pikiran berseliweran, ga bisa woles hehehee...
Penguasaan manajemen keuangan bagi perempuan emang penting banget ya, apalagi sebagai ibu yang harus mengelola keuangan keluarga. Harus tau mana yang prioritas dan tidak spending money untuk kebutuhan yg kurang penting.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 22 Mei 2019 21.32.00

Ngomongin soal mengatur keuangan memang selalu bikin stres. Belom apa-apa udah puyeng duluan. Huhu... kudu belajar terus soal ngatur keuangan ini.

Reply Delete
Avatar
Utie admu 22 Mei 2019 21.33.00

Untung sih selama ini di catat pengeluaran dan pemasukan jadi post2 tertentu krn penting bngt catatan keuangan kyk gini

Reply Delete
Avatar
Amdiyani 22 Mei 2019 21.37.00

Buibu kalo udah stres bisa bahaya ya mba hahahha apalagi kalo penyebabnya duit. Beuh bisa berentet deh ngomelnya

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 22 Mei 2019 22.41.00

Suami saya memang menyerahkan pengaturan keuangan keluarga dipegang oleh saya. Tapi tetap saja, saya juga selalu minta pendapat suami. Jadi bisa saling mengingatkan dan bertanggung jawab dengan kesehatan keuangan keluarga.

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara 23 Mei 2019 04.42.00

Harus banget ya kita pinter atur keuangan ini mana yang akan dibelanjakan ama ditabung.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 23 Mei 2019 06.51.00

Pantasan ternyata sekalian ada pelatihan meditasi. Aku sempat hetan kok pada duduk di lantai ya, santai banget gitu. Rasanya pengen selonjoran hehe.

Reply Delete
Avatar
Profil 23 Mei 2019 07.52.00

Percaya nggak kalau masalah keuangan bisa bikin perempuan cepat stress?

Percaya banget. Masalah pengelolaan keuangan memang sumber stress utama. Kalau perempuan diajari cara mengelola keuangan dengan baik dan benar ruamh tangga aman sejahtera.

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah 23 Mei 2019 10.45.00

nah untuk investasi ini saya masih bingung. tapi akan diusahakan belajar supaya bisa mengatur keuangan lebih baik

Reply Delete