Minggu, April 09, 2017

Yuk, Keluarga Minum Susu Sekarang

“Nak, yuk minum susu biar cepat tinggi”
“Minum Susu biar sehat selalu”
Dua kalimat anjuran itu kerap kali kita dengar saat membahas tentang manfaat meminum susu. Namun minum susu tak hanya agar tubuh sehat dan badan cepat tinggi. Masih banyak manfaat minum susu yang teryata bermanfaat bagi tubuh. Informasi ini saya peroleh saat menghadiri Kampanye ‘Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!’ oleh Frisian Flag yang dilaksanakan pada Sabtu, 1 April 2017. Saat mendapatkan undangan menghadiri acara itu saya tertarik karena ingin tahu banyak tentang manfaat susu. Apalagi anak saya yang berusia 7 tahun sangat suka minum susu.

Hiasan cantik di acara

Tiba di lokasi acara di Restoran Kembang Kencur, Pejaten, Jawa Barat, suasananya sangat nyaman. Setelah melewati meja registrasi, ada papan berukuran raksasa yang berisi manfaat minum susu. Papan berukuran raksasa itu dilengkapi dengan infografis yang bagus. Selain itu, ada juga satu papan kosong berwarna biru. Nah, saat datang, saya dan teman blogger yang lain mendapat kertas tempel berbentuk segelas susu yang nantinya bisa ditulis alasan mengapa mengkonsumsi susu. Alasan saya sudah jelas, menambah asupan kalsium kepada tubuh. Suasana ruangan tertata dengan baik sehingga enak dipandang mata. Produk Frisian Flag tertata dengan baik dan ditempatkan di sudut-sudut yang tepat. Sebuah meja makanan diisi perlengkapan makan, sebuah foto keluarga hingga pot bunga berwarna biru yang cantik. Saya dan teman-teman blogger tentu tak menyianyiakan sudut-sudut cantik ruangan yang cantik untuk berfoto.   

Sekitar pukul 10.00 WIB, acara dimulai. Pembaca acara yang memperkenalkan namanya sebagai Pevita Pearce (tentu saja ini becanda :p) hadir dan memberikan kesempatan kepada Head of Prepared Beverages Frisian Flag Indonesia, Tanti untuk menjelaskan tentang kampanye minum susu. Kampanye ini diharapkan dapat mendorong keluarga untuk memulai kebiasaan mengkonsumsi susu. Frisian Flag, sebagai brand susu yang telah ada selama 95 tahun berharap agar keluarga di Indonesia memiliki kebiasaan mengkonsumsi minum susu bersama-sama. Salah satunya dengan mengkonsumsi Frisian Flag Gold. Nah, susu kental manis Frisian Flag Gold ini harganya terjangkau dan rasanya juga enak sehingga menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Susu kental manis Frisian Flag Gold dapat memberikan manfaat kebaikan jika dikonsumsi satu gelas sehari sekali.



Setelah Bu Tanti memberikan penjelasan, para blogger kemudian diberikan segelas susu kental manis Frisian Flag. “Yuk kita lakukan toast milk,” kata MC. Toast Milk kemudian dilakukan bersama-sama dan langsung mengkonsumsi susu kental manis yang disediakan. Rasanya? Mmh .. memang enak. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan talkshow. 

Milk toast bersama-sama
Ada tiga narasumber yang dihadirkan yakni dr Diana F. Suganda (spesialis Gizi Klinik), Ajeng Raviando (Psikolog) dan Pak Rio (PT Frisian Flag Indonesia). Talskhow diawali dengan pemaparan materi yang dilakukan oleh dr Diana. Susu, katanya selama ini dikenal dapat menambah tinggi badan. “Padahal masih banyak manfaat susu yang harus kita ketahui,” katanya lagi. Susu mengandung sumber makronutrien dan juga mikronutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Makronutrien ini seperti lemak dan protein yang dapat berfungsi untuk pembentukan otot dan sel darah dalam tubuh. Sedangkan mikronutrien ini adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Misalnya kacang-kacangan.

Sayangnya, manfaat minum susu tak seimbang dengan konsumsi susu di Indonesia. Konsumsi di Indonesia masih sangat rendah jika di bandingkan negara Asia lainnya. Berdasarkan data Pusat Statistik tahun 2015, konsumsi susu Indonesia hanya 12,1 liter per orang per tahun. Wah, jumlah yang sangat sedikit ya. Salah satu penyebabnya, kata dr Diana, susu seringkali dianggap hanya untuk dikonsumsi oleh anak-anak saja. Padahal, susu ini bermanfaat tak hanya untuk anak-anak. Melainkan juga remaja hingga orang tua. Segelas susu ini mengandung 130 kkal dan menyediakan sekitar 20% kebutuhan gizi harian manusia. “Kebiasaan minum susu harus dilakukan bersama keluarga,” kata dr Diana lagi.

Lalu, bagaimana cara agar keluarga memiliki kebiasaan baik mengkonsumsi susu? Psikolog Ajeng Raviando mengatakan keluarga merupakan unit terpenting untuk memperkenalkan kebiasaan baik. Keluarga juga merupakan lembaga sosial yang paling awal dikenal dan dekat dengan anak.

Diskusi yang berlangsung seru

Langkah-langkah yang bisa dilakukan orangtua yakni :
-      Menjadi model yang baik dan mengajari dengan teladan
-      Ketika orangtua memilih keinginan agar anak bisa berlaku sesuai dengan yang diharapkan, maka sebaiknya orangtua tidak hanya bicara tetapi juga mencontohkan dengan tingkah laku
-       
Dan, salah satu kebiasaan baik itu adalah mengkonsumsi susu bersama keluarga. Mengkonsumsi susu teryata dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi seluruh keluarga.  “Jadi, orangtua nggak hanya menyuruh anak untuk minum susu saja. Tapi juga orangtua minum susu,” kata Ajeng. Apalagi, susu tak hanya baik bagi anak tapi juga orang tua. Orangtua juga mengenalkan manfaat susu kepada anak sehingga tak hanya sekedar melakukan kebiasan baik minum susu kental manis Frisian Flag Gold.

Kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan milk toast setiap pagi bersama anggota keluarga. Nah, milk toast ini nantinya akan menjadi kebiasaan yang dilakukan dari generasi ke generasi. “Anak-anak juga akan mengingat kebiasaan milk toast ini,” kata Ajeng. Di satu sisi, orangtua juga harus pintar berkreasi agar kebiasaan mengkonsumsi susu ini menjadi salah satu kegiatan yang disukai oleh anak-anak. Narasumber berikutnya yakni Pak Rio dari PT Frisian Flag Indonesia kemudian memutar video tentang sejarah PT Frisian Flag. Di video yang berdurasi sekitar 1,5 menit itu kemudian menjabarkan perkembangan susu kental manis. Dijelaskan bawa awalnya susu segar hanya bisa disimpan dalam beberapa jam saja. Namun dengan menghilangkan kandungan air, susu menjadi aman dikonsumsi. Lama kelamaan dibuatlah susu kaleng yang produksinya meningkat pesat karena kemasan kaleng sangat praktis untuk para prajurit di medan perang. Hingga sekarang bentuk susu kaleng tidak banyak perubahan. Susu kaleng pun kemudian banyak dikonsumsi oleh negara-negara lainnya. Oh ya, di Indonesia, susu Friesche Vlag pertama kali diperkenalkan pada tahun 1922 ketika produksi susu kaleng mulai di ekspor. Masyarakat Indonesia yang kemudian menyebut nama susu Bendera hingga kemudian berubah nama menjadi Frisian Flag.  Di Indonesia, PT Friesche Vlag Indonesia berganti nama menjadi PT Frisian Flag Indonesia.

Kenapa minum susu?
Setelah itu, Pak Rio menceritakan tentang kandungan gizi yang berada di dalam sekaleng susu kental manis PT Frisian Flag Gold. Jadi, susu kental manis Frisian Flag Gold mengandung sembilan vitamin dan lima mineral. Pak Rio juga menjelaskan bagaimana cara mengkonsumsi susu kental manis Frisian Flag. Jadi, satu gelas itu idealnya diisi sekitar 4 sendok makan yang dikombinasikan dengan air hangat sekitar 7/8 dari ukuran gelas. Petunjuk penggunaan tertulis secara lengkap dan detail di kemasan susu kental manis Frisian Flag.

kampanye ‘Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang’ memiliki beberapa kegiatan. Ingin ditelepon artis? Kampanye ini memiliki kesempatan untuk mendengarkan langsung cerita artis tentang kebiasaan minum susu. Caranya mudah yakni cukup dengan menelfon nomor bebas pulsa (021-29751355).   

Secara keseluruhan, acara selama hampir 1,5 jam itu seru banget. Materi disampaikan dengan baik dan jelas. Suasana tidak menjadi kaku karena MC membawakan acara dengan penuh humor sehingga hampir sepanjang acara terdengar gelak tawa. Acara juga dipenuhi hadiah dan alhamdulillah saya menjadi salah satu yang beruntung karena mendapar doorprize. Yuk mulai kebiasaan baik bersama keluarga untuk minum susu bersama.



Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

110 komentar:

  1. susu memang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Tapi orang tua juga harus minum susu :)

      Hapus
  2. Saya hampir setiap hari minum susu, tapi lebih suka yang fresh milk gitu, kalau yang manis-manis bisanya lebih dipake buat campuran makan roti atau bikin es buah. Kadang ada juga yang ngga mau minum susu karena takut gemuk, padahal enggak juga sih haha X_X

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik nih kalau minum susu. Makin sehat, mba :)

      Hapus
  3. Di rumah semua suka susu. Nah, untuk susu kental manis ini enak dibikin jadi resep kreasi untuk cemilan. Acaranya seru banget ya mba, nambah ilmu pengetahuan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak mengkreasikan susu kental manis juga mba :)

      Hapus
  4. Seru ya acaranya... aku minum susu kalau lagi merasa kurang fit aja hahahaha... kalau susu kental manis biasanya dipakai olahan bikin kue.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya minum susu segelas sehari sih biar selalu sehat :)

      Hapus
  5. Saya suka banget minum susu. apalagi SKM Frisian Flag jadi olesan roti tambah enak. Susu FF yg gold itu manisnya juara deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Susu Frisian Flag Gold rasanya enak :)

      Hapus
  6. Anak2ku juga suka bgt minum susu ini mbak ALida. Frisian flag gold enak tuh. Apalagi sekarang kan udah ada penutup kalengnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah jadi mudah ya mba. Moga anak makin suka :)

      Hapus
  7. Waah, senengnya dapat doorprize, selamat ya mba, hehe.. saya sekeluarga juga suka susu, apalagi klo pas promo, langsung deh borong banyak, wkwk. Tapi waktu sya masih kecil dulu inget banget sering diem2 buang susu, hiks.. padahal manfaat nya banyak banget ya mba..

    BalasHapus
  8. Frisian Flag ini susu yang wajib ada di rumah soalnya suami suka banget konsumsinya mbak.

    BalasHapus
  9. miris ya, Indonesia di urutan rendah dalam konsumsi susu, apalagi banyak opini yg mulai mengikis kita gak perlu minum susu, bikin dilema, pdhl manfaatnya banyak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah jelas manfaat susu buat kesehatan, mba Lia :)

      Hapus
  10. Klau aku memang dari kecil kata ortu gila susu wkwkwk tapi setelah memiliki anak sering terlupa, lebih fokus anak-anak yang minum susu. Tapi kemarin jadi ikutan rajin minum susu pagi bareng anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kebiasaan baik tetap dilakukan ya mba ENi

      Hapus
  11. anakku suka minum susu katanya rasanya enak sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, mba. Anakku juga suka minum susu :)

      Hapus
  12. waah saya belum menuliskan alasan kenapa minum susu, tetapi udah tahu alasannya sekarang, banyak manfaatnya yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Nunu. Banyak alasan buat minum susu mba :)

      Hapus
  13. wah ini merk susu kental manis favorit aku! kalo ngga lagi dipake minum susu pasti diolah jadi dulce de leche hehehe. baru tahu konsumsi susu orang indonesia kurang dan ya agak sedih gitu dengernya :(

    BalasHapus
  14. Sebenarnya pingin tanya tentang Susu Kental Manis ini, mba.


    Katanya...
    SKM ini kadar gulanya terlalu tinggi dan gak baik buat anak.


    Gimana yaa, mba..?
    Anakku juga suka (pake banget) minum susu Frisian Flag Gold.

    Tapi dilematis dengan pernyataan tadi di atas.

    Adakah jawabannya, mba Lida?

    Haturnuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku ada saran penggunaan susu di kemasan, mba. Dan kandungan gula juga tertulis di kemasannya :)

      Hapus
  15. Saya juga suka minum susu Frisian Flag. di tambah kopi.

    BalasHapus
  16. Aku suka banget nyampurin susu kental manis ini ke es buah. Seger banget. Apalagi diminum tiap udara panas.

    BalasHapus
  17. Siapp mba mli detik ini aku n suami jg hrs minum susu bkn u. Kidos aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orangtua memang juga harus minum mba :)

      Hapus
  18. Ooo takarannya empat sendok makan to (ketauan gak pernah baca hahaha). Biasanya aku tuang gtu aja secukupnya di gelas, baru aku kasi air hehe
    TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya mba. Ada tulisan di kemasannya mba :)

      Hapus
    2. Orang tau Moco tuliasane wkwkwk :p

      Hapus
  19. Bagi aku tulisan ini menatik sekali.

    BalasHapus
  20. alhamdulillah, kami keluarga yang minum susu juga :D

    BalasHapus
  21. Sampai acara berakhir, aku nggak tau siapa nama asli MC Pevita Pearce itu hihihi

    BalasHapus
  22. Aku suka yang kemasan ekonomis dan praktis. Sampai saat ini masih mengandalkan susu frisian flag ini. Tinggal buka tutupnya saja. Terutama buat campuran kue dan minuman.

    BalasHapus
  23. asiiiik rezeki dpt doorprize, alhamdulillaah

    BalasHapus
  24. Frisian Flag ini susu fav keluarga aku. Kadang hkn diminum, tp dioles ke rpti tawar. Hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olesin di roti tawar memang bisa jadi pilihan ya mba :)

      Hapus
  25. aku suka banget sama fisian flag ini :D
    sering aku buat sebagai campuran mayonese.hihi
    kalo untuk diminum lebih suka yang coklat sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya campuran mayonaise juga enak mba :)

      Hapus
  26. Susu kesukaan neh, enak banget kalau dibikin puding. Yuuk ah minum susu.

    BalasHapus
  27. Aku berasa diingetin udah lama ga minum susu. Padahal dulu waktu kecil iya selalu dibiasakan minum susu. Sekarang malah males. Sekeluarga jarang (malah hampir ga pernah) minum susu. Mau mulai lagi ah kebiasaan ini. Terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Kadang kita udah merasa nggak perlu minum susu karena udah nggak anak anak lagi. Padahal seusia kita juga sebaiknya minum susu

      Hapus
  28. Susu ini biasanya aku ga diseduh mba cara minumnya tapi buat bikin kue, buat ngejuice buat bikin es buah hahaha mmm Neyna n akang suami langsung lahap ^^

    BalasHapus
  29. aku suka susunya. buat tambahan bikin jus jadi makin nikmattt

    BalasHapus
  30. saya suka rasa coklat
    susu sebagai penyempurna kelengkapan nilai gizi utk dikonsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu memang nilai gizinya banyak mba :)

      Hapus
  31. susu saya susu benderaa... salah kt mbak MC susu frisian flag hihiihh

    BalasHapus
  32. Aku belom pnh milk toast nih... Kayanya kalo di coba seru jg ya

    BalasHapus
  33. Kayaknya aku harus coba milk toss juga nih sama anak-anak

    BalasHapus
  34. ini sih susu kami di rumah. Yang Gold enak! biasanya dicampur jahe jadi makin hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku malah belum coba pakai jahe nih :)

      Hapus
  35. Kalau SKM dijadikan minum susu harian, jarang banget. Tapi kalau dijadiin campuran juice, kue, dan lainnya sering. Malah saya selalu stok susu SKM :)

    BalasHapus
  36. dari dulu minum susu ini dr dulu sukanya cokelat

    BalasHapus
  37. Asik... kalau di rumah mama.. susu kental manis selalu jadi penambah bahan kolak mbak... enakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pakai kolak enak juga. DUh pengen banget makan kolak :p

      Hapus
  38. Susu favorit nih FF, terutama yg UHT. Kalau yg kental manis, enak buat bikin puding, isian roti, atau topping martabak manis

    BalasHapus
  39. waah..aku juga konsumsi susu ini mba... apalagi yg gold lebih kental .enak buat topping roti tawar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga sih jadi topping roti ya mba Nova :)

      Hapus
  40. Susu saya susu bendera, paporit keluarga, bisa polos dan bisa jg dimacem2in

    BalasHapus
  41. susu saya susu benderaa... sampai tetes terakhir

    BalasHapus
  42. Mbaak...aku suka susunya hingga tetes terakhirr :)

    BalasHapus
  43. Aku suka banget susu. Apalagi yang vanila. :)

    BalasHapus
  44. Acaranya Frisian Flag itu emang selalu seruuuuuu. Dan sampe sekarang Frisian Flag tetep jadi SKM favorit di rumah aku.. Hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di rumahku juga sellau tersedia Frisian Flag mba

      Hapus
  45. Paling suka susu kental manis. Susu yang sejak kecil menemani tumbuh kembang saya dan adik-adik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan hingga kini memang masih jadi favorit yaa

      Hapus
  46. kebiasaan minum susu baik buat keluarga dan jadi semangat beraktivitas

    BalasHapus
  47. Sampai sekarang susu bendera jadi pilihan d keluargaku.Karena di rumah memang sudah ga ada anak kecil mbak, jd ya pilihanny ya ke SKM. Apalagi susu bendera ini bisa d buat apa ajh, isian roti, pisang keju, campuran puding dll. Dan yg aku slalu ikut nyanyi kl liat susu bendera ini."aku suka susunya, hingga tetes terakhir, aku suka coklatnya, hingga tetes terakhir, susu bendera coklat nikmat hingga tetes terakhir"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba. Makanya sampe skarang masih jadi favorit ya

      Hapus
  48. aku waktu kecil disuruh minum susu tiap pagi. tapi mah sekarang tetep aja gak suka. ya paling kadang-kadang aja itupun susu cair :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu padahal pas untuk anak hingga orang tua mba

      Hapus
  49. Susu kental manis ini favorit keluarga saya semua mulai anak2, suami plus mertua kompak klo udah minum satu ini😉

    BalasHapus
  50. SKM saat ini tidak hanya diminum saja. Tapi juga diolah jadi variasi cemilan sehingga anak tidak bosan.

    Saya sekarang sering buat es krim dan moci yg bahan dasarnya SKM ini. Tidak hanya anak sendiri yg suka... Anak tetangga juga doyan akhirnya saya jualan deh hehehe

    BalasHapus
  51. Susu kental manis paling pas buat campuran es teler atau es campur, rasanya jadi sedap

    BalasHapus
  52. anak sulung saya jg paling suka SK, tp katanya ga boleh keseringan ya mba karena kan manis banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara penggunaannya ada di kaleng susunya mba :)

      Hapus
  53. Kalau susu kental manis biasanya aku buat campuran roti tawar :D

    BalasHapus
  54. Waah ini susu masa kecil setelah dancow.. dan sampai sekarang saya masih menjadi barang wajib di kulkas, utk ngejus, dan jd topping salad dan apabila masak pisang keju.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mba. Wajib ada di kulkas. Hehhehe

      Hapus