Ayat Al Quran untuk Melancarkan Rezeki

Bacalah Ayat Kursi dan ayat seribu dinar yang memiliki keutamaan untuk melancarkan rezeki

Ayat Al Quran untuk Melancarkan Rezeki


Tatkala galau memutuskan untuk resign, suami saya pernah bertanya, “Apakah kuatir dengan datangnya rezeki dari Allah?,” katanya. Kalimat ini pendek tapi satu sisi membekas juga di saya. Sebetulnya kalau saya katakan saya galau dengan kehadiran rejeki bagi saya, ini agak kurang tepat. Pertama, selama ini kehidupan saya ditopang penuh oleh suami. Urusan anak sekolah dan pembayaran lainnya serta kebutuhan saya ditanggung suami. 


Alhamdulillah …


Hal yang paling penting adalah saya percaya dan saya yakin bahwa rezeki itu Allah sudah mengaturnya. Dan bahkan seringkali Allah membukakan pintu rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Banyak keajaiban yang saya rasakan ketika saya meyakini bahwa rezeki dari Allah itu memang telah diatur oleh Allah. 


Ayat al quran


Saya ingat ketika menghadiri kajian di masjid terdekat, Ustadzah Halimah Alaydrus mengatakan untuk tidak ragu dengan datangnya rezeki dari Allah. “Ketika masih berada dalam kandungan pun sang bayi tak perlu kuatir makanan akan datang padanya atau tidak. Karena Allah sudah mengaturnya. Mengapa harus takut rezeki tak ada ketika sudah dewasa seperti sekarang?,” kata Ustadzah. 


Ya, memang benar apa yang dikatakan Ustadzah Halimah. Rezeki memang telah diatur oleh Allah. Tapi satu yang penting untuk digaris bawahi bahwa manusia pun baiknya ikhtiar untuk mendapatkan rezeki yang halal. 


Rezeki memang tak melulu harta. Tapi memiliki kesehatan yang baik, keluarga harmonis, pekerjaan yang nyaman juga adalah rezeki. Hanya saja, rezeki selalu identik dengan harta benda. Entah uang yang berlimpah, perhiasan emas yang banyak, atau saham yang bertebaran dimana-mana. 


Sebagai umat Islam, dianjurkan untuk membaca doa untuk mempermudah membuka pintu rezeki dari Allah SWT. Ada beberapa ayat Al Quran yang dianjurkan untuk dibaca untuk melancarkan rezeki. 


Apa saja ayat Al Quran untuk lancar rezeki ? 


Ayat Kursi 

Membaca Ayat kursi dianjurkan dilakukan setelah shalat lima waktu, pagi dan petang. Tapi bisa juga kapan saja membaca ayat kursi. Saya seringkali membaca ayat kursi pada pagi hari dan setelah shalat. Bagi saya, ayat kursi menunjukkan kekuasaan Allah, sebagai pelindung diri juga memiliki keutamaan untuk melancarkan rejeki. 





Ayat kursi merupakan bagian dari surat Al Baqarah ayat 255 yang juga merupakan simbol keagungan dan kebesaran Allah SWT. 


Bacaan ayat kursi dalam bahasa latin dan terjemahannya adalah sebagai berikut : 

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.


Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”


Ayat Seribu Dinar 

Ada yang familiar dengan ayat seribu dinar? Ayat ini merupakan bagian dari surat Ath-Thalaq ayat 2-3 yang berbunyi : 

Wa may yattaqillaha yaj al-lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja alallahu likulli syai in qadra.


Artinya:

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaq: 2-3).


Membaca ayat seribu dinar ini bisa dilakukan setiap hari khususnya setelah melaksanakan shalat fardhu. Ayat seribu dinar ini menunjukkan kekuasaan Allah kepada orang yang bertakwa dengan diberikan rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka karena segala sesuatunya telah diatur Allah tapi manusia juga harus ikhtiar mendapatkan rezeki halal dan berkah. 


Rezeki yang dimaksud dalam Ayat seribu dinar ini juga mengajarkan kita untuk meyakini bahwa Allah yang akan mencukupkan kebutuhan hambaNya sesuai yang dikehendakiNya.   


Selain kedua ayat-ayat di atas, ada beberapa surat di Al Quran yang juga memiliki keutamaaan melancarkan rezeki. Misalnya dengan membaca surat Al Waqiah. Secara keseluruhan, membaca surat Al Waqiah ini membaca surat Al Waqiah ini membuka pintu rezeki oleh Allah. Dalam hadits riwayat Imam Baihaqi, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Barangsiapa yang membaca surat al waqiah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selama-lamanya”. 


Membaca surat Al Mulk juga memiliki keutamaan membuka rezeki bagi umat muslim yang istiqomah membacanya. Surat pendek seperti Al Ikhlas dan Al Fatihah juga merupakan dua surat yang dipercaya dapat melancarkan rejeki. 


Saran saya, supaya lebih mudah mengamalkan ayat-ayat al quran serta surat yang mempermudah melancarkan rezeki, bisa dengan membaca buku yang berisi ayat serta surat-surat tersebut. Ada banyak buku yang menulis tentang keutamaan melancarkan rezeki. Saya pribadi terbantu dengan buku-buku tersebut. 





Apalagi sekarang bisa membeli buku secara online di Tokopedia. Tokopedia menjual berbagai buku yang memuat ayat Al Quran ataupun surat yang mempermudah melancarkan rezeki. 


Selain itu, di Tokopedia juga menjual kaligrafi-kaligrafi bertuliskan ayat kursi hingga surat-surat Al Quran lainnya. Tokopedia adalah ecommerce yang terpercaya dan memiliki berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan. 


37 komentar

Avatar
Anonim 29/04/24, 08.12

Baarokallah fiik bu Alida...teruslah brdakwah melalui tulisan2 indahnya.

Reply Delete
Avatar
Sash 29/04/24, 13.38

Membaca ayat-ayat di kitab suci memang salah satu cara paling ampuh untuk menemukan kedamaian batin ya, Kak. Rasanya jadi tenang dan kaya dipuk-puk sama Gusti :)

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 29/04/24, 14.56

MasyaAllah. Semoga rezeki kita semua selalu mengalir lancar. Aamiin. Saya juga lebih suka beli buku online. Enak sih belanja di Tokopedia. Karena kelihatan jelas trackingnya.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 29/04/24, 16.16

Betul banget mbak rezeki itu banyak ga cuma harta, dengan diberikan kesehatabn kita bisa berusaha dan lain-lain. Kita harus berbaik sangka kepada Allah ya.
Ayat kursi Insya Allah selalu dibaca terima kasih pengingatnya mbak Alida.

Reply Delete
Avatar
Linasophy 30/04/24, 07.09

Kayaknya mau ngamalin ayat seribu Dinar deh, pengen lancar rejeki, lancar dan berkah. Bismillah

Makasih kak sudah berbagi

Reply Delete
Avatar
Susi Susilawati 30/04/24, 16.26

Ngomongin rezeki itu cakupannya luas banget ya, nggak melulu soal uang. Mau ikutin juga amalannya ah, Insyaallah biar hidup tetap tenang dan bahagia. aamiin

Reply Delete
Avatar
Lintang 30/04/24, 17.25

Ayat seribu dinar ini viral banget di tiktok. Tapi bener sii mba, aku juga pernah denger kalo seseorang sudah dikatakan tidak beriman kalo ngga yakin sama rezeki Allah besok. Tapi ya namanya manusia kadang juga waswas huhuu. Dan padahal rezeki ngga melulu materi kan.

Reply Delete
Avatar
Utie adnu 30/04/24, 21.58

Iya nih d medsos juga seliweran ayat seribu dinar ternyata pas search ATThalaq ya .. apapun itu pastinya tetep ada kerja keras ya mba, yg halal dan ada hak juga untuk orang lain untuk diberikan

Reply Delete
Avatar
Lala 30/04/24, 22.31

Masya Allah tabarakallah, pas banget aku sedang memikirkan 1 hal yang mba di awal sampaikan juga, jujurly kadang aku selaku manusia biasa suka terlalu khawatir sama rezeki. Bismillah setelah baca artikel ini, kembali meyakinkan diri kalau rezeki sudah diatur dan bentuk rezeki itu sangat beragam, semoga keyakinan ini melekat terus sehingga bisa melangkah lebih tenang, damai.. apalagi ayat kursi dan seribu dinar bisa kita amalkan secara berkala ya, bismillah.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 01/05/24, 09.39

Sama banget ini waktu aku ingin memutuskan untuk resign, galaunya setengah mati. Padahal kalau dipikir-pikir pun biaya hidup selama ini pak suami yang memenuhi. Akhirnya memantapkan diri deh, insya Allah semua dilancarkan termasuk rezeki.

Reply Delete
Avatar
Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) 01/05/24, 12.15

aamiin, molly juga mau ngamalin ayat seribu dinar. hehe.. btw kenapa namanya seribu dinar ya? asal usulnya bagaimana sih

Reply Delete
Avatar
Arinta Adiningtyas 01/05/24, 14.20

Saya tahu tentang Surat Al-Waqi'ah sebagai surat yang dibaca agar memperoleh rezeki yang berkah dari Oma saya. Waktu itu beliau pesan, "Arin kalau mau Aa lancar rezekinya, baca surat Al-Waqi'ah." Dan saya percaya itu sih. Waktu Covid-19 melanda, saya sempet didera ketakutan, tapi dengan rutin membaca surat Al-Waqi'ah selepas ashar, setidaknya hati dan pikiran saya jadi tenang.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 01/05/24, 17.35

MasyaAllah, terima kasih sudah mengingatkan, Mbak. Selaku orang tua memang tidak perlu ragu dengan rezeki anak. Setiap anak ada rezekinya masing-masing, ya.
Dan yang namanya rezeki itu bukan hanya materi, tapi kesehatan dan kebahagiaan juga rezeki yang harus disyukuri.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 01/05/24, 18.43

mbaaa Alhamdulillah aku bersyukur bgt ikut ODOJ bareng KEB dan CM.
jadinya temotivasi bgt utk belajar agama Islam

belajar rutin baca Quran dan tafsirnya
termasuk ayat2 yg dijabarkan di sini.

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 01/05/24, 19.05

Masyaallah, okelah nanti aku akan coba juga baca ayat seribu dinar. Kalo ayat kursi alhamdulillah dah hafal di luar kepala. Makasih byk mbak rekomendasi dan tips nya

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 01/05/24, 19.25

Ikut merasakan soal kekhawatiran rezeki ketika memilih resign , udah kbayang ya Mak, aku pernah diposisi itu.
Tapi beberapa kali ikut kajian, dan emang ngapain juga takut akan rezeki yang udah diatur, Alhamdulillah ayat seribu Dinar dan ayat2 yang diatas akubpun selalu baca, Alhamdulillah.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 01/05/24, 20.03

Aku belum pernah ngamalin Ayat Seribu Dinar ini kayanya. Lebih suka baca Surat Al-Insyirah sih. Butuh kelapangan hati dan biat tetap berpikir positif. Well apa pun itu, semoga kita tetap istiqomah, gak berdoa hanya pas butuh saja

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 01/05/24, 20.11

Kalau mpo sukanya live tiktok dan suka ikutan baca sholawat dan dzikir . Enak rejeki lancar dan sholawat bersama sama teman online

Reply Delete
Avatar
Tian lustiana 01/05/24, 21.46

Masha Allah Tabarakallah, makasih loh ini reminder banget buat diamalkan ya supaya lancar rezekinya dan juga berkah, aamiin

Reply Delete
Avatar
Uminami 01/05/24, 23.11

Baca Al Quran memang bikin adem hati ya, semoga saya bisa lebih konsisten bacanya, terimakasih remindernya mba

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 02/05/24, 03.10

Sering denger tentang ayat seribu dinar, tapi belum pernah dipraktikkin... Terima kasih remindernya mak...

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 02/05/24, 17.19

Terima kasih infonyaa, setuju banget kalo rejeki itu nggak selalu harta yaaa, temen yang baik, keluarga yang sehat, dan aktivitas lancar juga rejeki yang wajib banget di syukuri, biar rejeki semakin lancar lagi hihi

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 02/05/24, 20.47

Insya Allah selalu dilancarkan rezeki kita ya mbak Alida dalam segala hal. Saling mendiakan ya mbak. Belum lama ini aku juga belu buku rawi di Tokopedia mbak

Reply Delete
Avatar
Abyess22 02/05/24, 22.20

Terimakasih atas artikel yang sangat menarik jadi menambah pengetahuan dan wawasan tentang agama

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 02/05/24, 23.25

Aku lagi coba terapin ayat 1000 dinar itu di tiap abis sholat. Kalau Ayat kursi pasti kubaca abis solat dan mau tidur. Apalagi kalau ditambah solat sunah Dhuha ya, tambah mantap rezekinya.

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 03/05/24, 07.49

Daku pernah dengar kalau mau mengamalkan yang ayat seribu dinar harus ada gurunya. Karena kalau nggak bakal ada bala gitu. Wallahualam..
Yang jelas tawakal dan semangat raih rejeki pastinya ya kak

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa 03/05/24, 08.48

Masya Allah diingatkan sekali dengan tulisan mba Alida ini. Jangan tinggalkan dzikir dan doa disetiap harinya ya mba.. aku masih suka bolong2 baca dzikir al masurot pagi dan petang nya. Semoga bisa lebih konsisten dan dimudahkan segala rezeki yang hadir aamiin

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 03/05/24, 09.10

Ku pernah dengar salah satu teman yang mengeluh karena hidupnya itu sedang dilanda cobaan bertubi tubi, bayangkan cobaannya sudah memasuki 5 tahun!

Aku sering bilang, coba deh cari ayat Al Quran yang bisa mungkin menjadi pembuka jalanmu, yaa malah dia bilang, ga semua orang cocok dengan ayat tertentu, ada yang cuman baca bismillahirrahmanirrahiim aja udah selesai masalahnya, what do you think, Al?

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 03/05/24, 09.17

jaman sekarang semua serba di permudah ya mba, membaca buku rohani sekalipun bisa online

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 03/05/24, 09.33

Masya Allah, artikel mbak Al ini sungguh menyentuh hatiku yang masih banyak kurang berdoa dan membaca ayat-ayat melancarkan rezeki. Sesegera mungkin mau aku laksanakan ah aamiin. Ayat seribu dinar ini aku mau coba juga karena tahunya ayat kursi. Semoga rezeki kita lancar terus ya aamiin yra. Betul rezeki ga hanya berupa harta aja.

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi 03/05/24, 17.38

Selama ini baru tahu yang ayat seribu dinar aja, masyaaallah berkat baca postingan ini jadi tahu lebih banyak. Insyaallah akan diamalkan biar rezeki tambah lancar dan barokah.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 04/05/24, 10.52

Alhamdulillah dapet ilmu nih tiap kali baca blognya Mba Lida. Yang ayat seribu dinar ini baru tau loh aku. Terima kasih ya mba, Insya Allah mau ikut amalan2 doa dan baca ayat seperti dirimu.

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 04/05/24, 11.08

Masya Allah, ini doa untuk membuka rejeki semua nih. Amalkan waqiah setiap hari aja sudah mendapatkan rejeki yg tidak pernah putus apalagi amalankan semua yg ada dalam artikel ini. Semoga tokopedia jadi tempat belanja yg amana dan nyaman ya.

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim 04/05/24, 12.33

Kalau aku lagi patah hati karena perkara rejeki, aku langsung baca ayat seribu Dinar sekalian mengingat artinya, Alhamdulillah, berangsur-angsur tenang, patah hati perkara rejeki pun hilang perlahan, auto semangat lagi deh, insyaallah

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 04/05/24, 12.54

MashaAllaa~
Barakallahu fiik, sharingnya ka Alidaa..
In syaa Allaah diamalkan agar hati senantiasa merasa cukup dan tyda ada penyakit hati lainnya yang membuat hati resah gelisah.

Karena Al-Qur'an adalah sebaik-baik obat dalam berbagai masalah.

Reply Delete
Avatar
Indah N Savitri 04/05/24, 16.42

Alhamdulillah makasih yaaa mba.. Betül banget, akü juga percaya kalau rezeki sudah diatur dengan baiknya oleh Sang Maha Segala.

Reply Delete
Avatar
Agustina Dwi Jayanti 06/05/24, 10.04

Sejak resign bulan Februari lalu, rasanya emang selalu kawatir dengan rezeki. Apa lagi ada tanggungan ibu dan anak. Bismillah istikomah aja.

Reply Delete