Pengalaman Menggunakan Seragam Kantor

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Menggunakan Seragam Kantor

Teman-teman ada yang kantornya mewajibkan penggunaan seragam pada hari-hari tertentu ? Selama hampir sepuluh tahun bekerja di stasiun televisi, ada kewajiban menggunakan seragam dua kali dalam sepekan yakni pada hari Senin dan Kamis. Pengggunaan seragam kantor ini adalah pertama kali selama saya berkarir. Dulu saat kerja freelance maupun sebagai jurnalis majalah nasional, saya terbiasa menggunakan pakaian bebas saat bekerja. Tak ada penggunaan seragam sama sekali. 

Awalnya, tentu terasa berbeda saat penggunaan seragam. Awalnya menggunakan seragam kesannya hanya untuk karyawan perusahaan tertentu dan bukan perusahaan media yang cenderung menyatu dengan masyarakat. Sehingga ketika awal menggunakan seragam saya mengira akan tampak perbedaan dengan masyarakat. 

Tips menggunakan seragam kantor



Namun dugaan saya keliru. Awalnya seragam kantor berwarna hitam dengan logo serta nama perusahaan yang terpasang di bagian dada. Karena berwarna hitam, saat menggunakan seragam malah tampak lebih ngetren dan trendy. Bahkan saya semakin percaya diri saat menggunakan seragam. Apalagi, seragam kantor saya juga bahannya nyaman untuk digunakan. 


Sekian tahun menggunakan seragam kantor berwarna hitam, kantor mengganti model dan warna seragam. Seragam yang hingga kini masih digunakan adalah seragam berwarna merah mata dengan hiasan di bagian dada secara bertikal. Bahannya juga nyaman digunakan untuk beraktifitas. 


Pengalaman Menggunakan Seragam Kantor


Ngomong-ngomong soal seragam kantor, saya punya kejadian kocak. Ceritanya waktu itu saya baru pertama kali bekerja dan sepulang kerja saya mampir ke sebuah toko. Saat nanya barang, penjualnya nanya ke saya “Mba, kerja di perusahaan A ya?,” kata penjualnya sambil menyebutkan nama perusahaan saya. Saya kaget. Loh, kok bisa ibu ini tahu saya bekerja di perusahaan itu ya. Padahal kan saya bukan presenter atau reporter yang wajahnya selalu muncul di layar televisi.  Daripada penasaran, saya nanya balik ke ibu itu. “Kok ibu bisa tahu?,” kata saya dengan wajah keheranan. 


“Kan ada tulisannya di seragamnya mba,” kata ibu penjual sambil menunjuk tulisan nama kantor saya yang tertulis jelas di bagian dada. Ya ampun malunya jangan ditanya. Saya lupa kalau saat itu saya menggunakan seragam kantor yang jelas-jelas ada tulisan nama kantor. 


Tahun lalu kejadiannya hampir sama. Waktu itu sepulang kerja mampir mengisi bensin. Kebetulan ada obrolan seru dan keduanya mendadak nanya ke saya tentang apa yang dibahas. Saya agak lupa waktu itu topiknya apa. Kemudian saya jawab sesuai informasi yang saya tahu. 


Lalu salah satunya berkata “Mba ini kan tahu karena dia kerja di media”. Lagi-lagi saya kaget dan kemudian saya balik nanya lagi “Kok tahu kalau saya kerja di media”. Dan kemudian salah seorang berkata “Kan mba pakai seragam kantor dan ada tulisan nama medianya,” ujar salah satunya sambil tertawa. Wah lagi-lagi saya lupa kalau saya menggunakan seragam. 


Menggunakan seragam kantor ada beberapa hal yang menurut saya harus diperhatikan. Pertama, seragam kantor merupakan identitas sebuah perusahaan. Oleh karena itu, dengan menggunakan seragam kantor juga mewajibkan karyawannya untuk menjaga nama baik perusahaan. Dan kita pun tak boleh menyalahgunakan penggunaan seragam kantor. 





Kedua, gunakan seragam kantor sesuai dengan hari yang ditentukan. Misalnya karena saya diwajibkan menggunakan seragam pada Senin dan Kamis, maka pada hari itulah saya hanya menggunakan seragam. Namun mungkin ada saja saat penggunaan seragam diluar hari yang ditentukan. 


Selain itu, penggunaan seragam kantor juga harus disesuaikan dengan ketentuan yang ada. Misalnya di kantor saya ada kewajiban misalnya untuk penggunaan warna dan bahan rok atau celana saat menggunakan seragam. Bahkan dilengkapi juga dengan informasi penggunaan alas sepatu saat menggunakan seragam. Hal ini tentunya sangat diperlukan untuk menjadi panduan penggunaan seragam kantor. 


Ngomong-ngomong soal seragam, salah satu yang melakukan perubahan seragam adalah JNE, jasa pengiriman terpercaya. Uniknya, JNE melakukan perubahan seragam kurir yang ikonik dengan seragam kurir dengan seragam para ksatria JNE. Nah seragam para ksatria JNE ini dibuat berdasarkan karya Ario Anindito, seorang profesional komik artis yang karyanya telah dipercaya oleh banyak perusahaan hiburan besar di Amerika seperti Marvel, DC dan lainnya. 


Tentunya seragam ini menunjukkan apresiasi kepada para ksatria JNE yang telah menjadi pahlawan pengiriman.  Apa latar belakang pembuatan seragam JNE ini ? Kurir atau ksatria JNE ini selalu dibutuhkan untuk mengantarkan paket yakni Joni Super Kurir. Nah sebagai ksatria, kurir harus siap membantu mengirimkan berbagai produk UMKM hingga pengiriman hal-hal pribadi. “Dengan tagline Connecting Happines, harapannya JNE bisa semakin bermanfaat bagi sesama,” ungkap Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto.   


21 komentar

Avatar
Nurul Sufitri 17/03/22 14.02

Benar, seragam kantor merupakan identitas perusahaan. Tentu saja bangga mengenakannya. Keren nih sekarang kuri2 JNE sudah punya seragam baru berwarna merah semangat :) JNE menggaet mas Ario yang berpartisipasi dalam Marvel dll udah tersohor ya :) Dengan ikon baru Joni Super Kurir, semoga kurir2 JNE makin semangat melayani customer2nya :)

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 17/03/22 17.11

Keren banget para ksatria JNE seragamnya baru dan makin fresh. Jadi semakin semangat ya bekerja. Aku sangat terbantu dengan JNE ini, selamat ksatria JNE seragam barunya

Reply Delete
Avatar
Unknown 17/03/22 17.11

di kantorku yang sekarang pakai seragam selama 3 hari mba hehehe, senin sampai rabu aja, lumayan sih bikin gak bingung mau pakai baju apa setiap harinya

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 18/03/22 08.03

Wah karya Ario Anindito...keren pasti! Memang pas dan sesuai misi JNE yang para ksatrianya menjadi pahlawan pengiriman baik produk UMKM maupun keperluan pribadi. Para Joni Super Kurir bakal lebih percaya diri pakai seragam ini:)

Reply Delete
Avatar
Suciati Cristina 18/03/22 10.28

taglinenya JNE cakep dan seragamnya juga super. JNE membantu perpaketan Indonesia, debes, aku seringnya pakai JNE klo mau ngirim2. Aku belum pernah pakai seragam kantor, karena nggak ada. Paling seragaman pas reuni heheuuu. Kantornya mba Lid udah terkenal, masyarakat pasti tau ^^

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 18/03/22 13.59

Dulu jaman kerja di Cottage sempat pakai seragam pakaian casual traditional gitu, Mbak. Kayaknya aja ribet, aslinya nyaman banget karena lokasi cottage-nya kan di dataran tinggi, jadi medannya agak naik turun gitu. Kenyamanan pakaian penting banget. habis itu ngantor di sekolah, full pakai seragam rapi Senin-Jumat, haha, kayak bukan saya banget. tapi jujur ya, sebenarnya lebih enak pakai seragam, jadi gak mikir harus koleksi baju buat ngantor.

Btw, seragam baru JNE kece banget ya. tetap merah, khas JNE.

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 19/03/22 06.51

Dari seragam, emang orang bisa tahu ya mbak, pemakainya itu kerja di mana. Hihi... lucu juga kalau pemakainya sampai nggak sadar kalau orang dengan gampang tahu dia kerja dimana karena pakai seragam itu.

Di kantor saya, walau instansi pemerintah, nggak ada kewajiban pakai seragam mbak. Semenjak presidennya pak Jokowi aja ada aturan kalau hari senin mesti pakai baju putih. Hari lainnya bebas

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 19/03/22 07.38

Suka dengan seragam barunya JNE lebih casual taoi nggak menghilangkan brand color nya JNE.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 19/03/22 16.46

Sebenarnya kalau ada seragam itu lebih menguntungkan menurutku ya, karena gak perlu repot mikir "besok pakai baju apa ya?" ini yang terjadi sama aku jaman ngantor dimana gak pakai seragam, jadilah kalau tiap malam suka menatap nanar isi lemari. Tapi aku seneng deh itu sama warna seragam barunya JNE dan selain itu ada karya khususnya juga ya mak.

Reply Delete
Avatar
Momtraveler 19/03/22 19.16

Sempet juga ngerasain pake seragam. Kalo aku seneng si jadi ada hari dimana ga usah pusing mikirin harus pake apa hahaha...btw seragamnya JNE kece ya warnanya cerah banget. Srmoga bikin para kurir makin semangat

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 19/03/22 21.28

Aaaaakkkkk ... Pasti aku bisa ngakak kalo pas kejadian ada di situ ya Al wkwkwkwk

Oiya yang seragam merah kurir JNE ini bikin beda ya semangat gitu liatnya

Reply Delete
Avatar
Ria Fasha 19/03/22 22.08

Seragam jadi identitas ya mbak dan ciri khas
dan ketika mewakili perusahaan ataupun instansi, dengan penggunaan seragam lebih diterima oleh masyarakat (pengalaman ku sih gitu, lebih resmi lah intinya, biar nggak disangka abal abal hehe)

Reply Delete
Avatar
Ria Rochma 19/03/22 22.31

Pakai seragam kantor tuh asyik-asyik ajah kalau sesuai sama ketentuannya ya. Biar ngga berasa saltum hihi

Reply Delete
Avatar
Gusti yeni 19/03/22 22.41

Dengan seragam sebetulnya jadi hemat ya maak.
Tidak belanja baju tiap saat coba kalau tidak punya seragam tiap hari pasti bingung pake baju apa yaaa...
Emak2 banget ya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 19/03/22 22.49

Bagi sebuah perusahaan, seragam adalah identitas ya mbak
Seragam adalah kebanggaan bagi para pekerjanya
Seragam JNE ini kece ya , semoga dgn seragam baru jadi makin semangat

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 19/03/22 23.27

Seragam kantorku sekarang daster, Mbak haha
Cuman kemarin sempat ikut webinar bahwa di rumah jangan dasteran melulu
Harus ada pakaian sesuai jam kerja orang orang supaya lebih semangat manajemen waktu katanya

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 19/03/22 23.55

Seru banget yaa..
Adanya seragam kantor membuat bahagia dan bangga karena bekerja di kantor tersebut.

Selamat dan sukses untuk JNE atas kolaborasi uniknya dalam mewujudkan karya anak bangsa yang luar biaa di kaos para HERO JNE.

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati 20/03/22 07.33

Seragam itu bisa membuat rasa kebersamaan dan kekompakan muncul. Sehingga lebih sungguh-sungguh melaksanakan tugas. Selain sebagai identitas juga pastinya. Wah, penasaran pengen lihat seragam baru JNE

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 21/03/22 05.57

Seragam kerja itu selain jadi identiats juga semacam pemacu semangat bekerja ya mb Alida. Apalagi kalo desainnya bagus dan beneran didesain untuk menaikkan semangat bekerja

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 22/03/22 12.37

nah, iyah aku pernah salah kostum ke kantor, hehehe. salah hari, tapi yah mau gimana lagi, mau pulang jauh. Jadi nikmati aja agak beda di kantor, hehehe

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 24/03/22 10.11

Dulu saya ngantor malah ga pernah ada seragam mba. Maklum kerja di pabrik dan lebih banyak aktivitas fisik di lapangan, jadi rata-rata ya cuma pakai kaos atau kemeja dan bawahan celana jeans. Malah kadang staf-staf yang punya ide bikin seragam sendiri utk seseruan. :)

Reply Delete