Review Aplikasi PrimaKu untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Review Aplikasi PrimaKu untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak


Saya masih ingat pengalaman hampir 13 tahun lalu. Pemeriksaan kehamilan selalu berganti-ganti dokter. Ada dokter di Jakarta, tapi saya juga periksa di dokter di Bogor, Jawa Barat. Alhasil, catatannya pun tersebar di beberapa buku. Tapi kemudian menjelang persalinan, saya konsultasi di dokter Jakarta yang rumah sakitnya dekat dengan tempat tinggal saya kala itu. 


Setelah anak lahir, semua konsultasi dokter anak dilakukan di rumah sakit tempat melahirkan. Dan satu yang wajib dibawa setiap kali konsultasi adalah buku yang mencatat semua perkembangan anak mulai dari imunisasi yang telah dilakukan, ukuran berat badan dan tinggi anak serta informasi penting lainnya tentang tumbuh kembang anak. 


aplikasi PrimaKu



Buku itu boleh dibilang buku sakti. Tapi yang pernah terjadi, buku itu pernah terlupa dibawa. Saking buru-burunya mau berangkat ke dokter, buku yang mencatat perkembangan anak pun terlupa. Dan saya baru tahu saat tiba di rumah sakit. Mau balik lagi, nggak mungkin. 


Sekarang, semua berubah. Tahun berganti, teknologi pun mengikuti perubahan dengan sangat baik. Sekarang, semua aktifitas sehari-hari terbantu dengan teknologi. Termasuk untuk mendukung pertumbuhan anak dan memantau tumbuh kembang anak. 


Pertanyaannya, aplikasi apa yang mendukung pertumbuhan anak dengan baik ? Jawabannya : PrimaKu. Saya tahu tentang aplikasi PrimaKu ini dari teman yang teryata pada kelahiran anaknya ketiga, ia menggunakan aplikasi PrimaKu ini. “Saya direkomendasikan dokter anak dan ini sangat membantu saya,” kata teman saya. 





Saya mendapat informasi tentang aplikasi PrimaKu ini melalui zoom yang diadakan PrimaKu pada Kamis, 17 Desember 2021 pukul 20.00 WIB. Saya bersama 25 blogger mengikuti zoom yang diadakan PrimaKu dengan menghadirkan : 

  • dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes  - Dokter Spesialis Kesehatan Anak
  • Tania Ray Mina - Moms Influencer 


Acara yang berlangsung santai ini diawali pembahasan dr Miza tentang defisini anak sehat. “Anak sehat itu anaknya bertumbuh, anak berkembang dan anak tidak sakit,” kata dr Miza. Anak sehat itu memiliki pertambahan berat badan, ukuran lingkar kepala serta ada penambahan kemampuan. Misalnya anak bisa berguling, duduk, menengok kiri-kanan dan lainnya. 


Dan untuk memantau perkembangan anak itu menurut dokter Miza sangat terbantu dengan aplikasi PrimaKu. “Kami dulu saat sekolah untuk membaca kurva perkembangan anak saja butuh waktu 2-3 bulan. Itu pun kalau ujian masih banyak yang nggak lulus. Tapi dengan PrimaKu, semua jadi mudah,” kata dr Miza panjang lebar. 





Sebagai dokter, ia pun sangat terbantu dengan adanya aplikasi PrimaKu ini. “Saya terbantu dengan jadwal imunisasi di aplikasi ini. Mau cek ya langsung di handphone. Kalau buku kan masih sering ketinggalan. Beda dengan handphone yang jarang ketinggalan,” kata dr Miza lagi. 


Di aplikasi PrimaKu, data harus dimasukkan lengkap agar bisa termonitor dengan baik. “Hasil analisas PrimaKu itu hanya sebutkan bahwa perkembangan normal dan rekomendasi periksa ke dokter,” tambahnya lagi. “Aplikasi ini direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia,” katanya dr Miza. 


Aplikasi PrimaKu ini memudahkan orangtua untuk memberikan layanan informasi sehingga terpantau dengan baik kesehatan anak. Sebagai orangtua, ia sarankan untuk memperhatikan rekam medis, melakukan imunisasi secara berkala dan melakukan konsultasi jika dibutuhkan. “Jangan lupa juga untuk memberikan asupan bergizi seperti ASI esklusif pada 6 bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun serta ada tambahan Makanan Pendamping ASI (MPASI),” kata dokter Miza. 


Pengalaman Mencoba Menggunakan Aplikasi PrimaKu 

Aplikasi PrimaKu merupakan teknologi monitoring yang dapat memantau tumbuh kembang anak melalui smartphone. Ada banyak kemudahan yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi PrimaKu. “Kami akan berusaha meningkatkan fitud dan memperluas informasi serta edukasi ke masyarakat mengenai kemudahan akses untuk memantau tumbuh kembang anak,” kata Muhammad Aditriya Indraputra, CFA dan Chief Executive Officer (CEO) PrimaKu.


Saya pun mencoba menggunakan aplikasi PrimaKu. Pertama-tama saya download aplikasi PrimaKU di handphone android (tersedia juga di iOS). Setelah itu ada dua pilihan yakni sebagai orangtua atau sebagai dokter. Saya pilih sebagai orangtua.


Kemudian diarahkan untuk mengisi data orangtua seperti nama, foto, email, jenis kelamin dan provinsi. Setelah mengisi data diri anak, ada penambahan data anak berupa nama, tanggal lahir, jenis kelamin hingga informasi apakah anak lahir prematur atau tidak. Informasi yang dibutuhkan juga berupa berat badan saat lahir, tinggi badan saat lahir hingga lingkar kepala saat lahir. Informasi berupa golongan darah dan apa anak alergi atau tidak pun dibutuhkan di aplikasi PrimaKu. Setelah data-data awal itu diisi, saya pun menjelajah lebih jauh dengan aplikasi PrimaKu ini. Cara akses ke PrimaKu ini tak sulit. Jadi saya yakin bisa digunakan siapa Saja. 


Lima Fitur Unggulan di Aplikasi PrimaKu 

Teman-teman pasti penasaran apa saja fitur unggulan di aplikasi PrimaKu ini ? Jadi ada lima fitur unggulan di PrimaKu yakni : 

  • Konsultasi 
  • Imunikasi 
  • Komunitas 
  • Rekam Medis 
  • Grafis pertumbuhan dan perkembangan anak 

Kelima fitur ini mudah di akses karena terletak di bagian utama PrimaKu. Penasaran informasi lebih detail dengan kelima unggulan itu ? Pertama, saya mencoba ke fitur konsultasi. Jadi di fitur konsultasi ini ada pilihan dokter anak yang bisa dipilih untuk konsultasi terkait kebutuhan pemantau perkembangan dan kesehatan anak. Informasi dokter lengkap berupa posisi klinik, jadwal praktek hingga nomor telepon. Selain itu juga ada informasi jarak dari rumah ke rumah sakit atau klinik tempat dokter praktek. Biaya konsultasi dokter pun tersedia mulai dari harga Rp 75 ribu dengan informasi pengalaman dokter juga tersedia. 


Kedua adalah fitur imunisasi. Sesuai namanya, fitur imunisasi adalah fitur yang mencatat jadwal imunisasi anak lengkap ada informasi jenis vaksin dan tanggal vaksin yang disarankan sesuai imunisasi IDAI 2020. Cara mengisi data mudah sekali. Pertama klik kata ‘belum’ untuk jadwal imunisasi. Nanti ada muncul informasi soal manfaat vaksin serta ketika memilih sudah vaksin maka diminta juga berikan informasi berupa tanggal vaksin jenis batch, barcode, nama dokter hingga detail soal vaksin. Ada juga fitur unggah foto untuk fitur ini. Lengkap dan detail ya ? 


Fitur ketiga adalah fitur rekam medis. Untuk memasukkan data, klik tanda tambah di pojok bawah kanan. Nanti ada informasi usia anak, kita juga diminta mengisi tanggal, jam dna jenis keluhannya apa saja. Ada juga lampiran yang bisa diisi 5 dokumen berupa jpg. 


Fitur yang unggulan lainnya adalah fitur perkembangan pertumbuhan. Di fitur ini, kita diminta untuk memasukkan berat, tinggi, lingkar kepala. Kita bisa memilih atau melihat lebih lanjut berat badan sesuai usia. Data ini terekam atau tercatat jika kita memasukkan informasi melalui tombol kanan bawah dengan menampilakan foto si kecil, tanggal pertumbuhan, berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala. Setelah diisi semua data, jangan lupa disimpan ya :) 





Kemudian fitur kelima adalah komunitas. Sebagai orangtua tentunya kita butuh dukungan atau juga mengajukan pertanyaan ke sumber terpercaya untuk memantau tumbuh kembang anak. Nah di fitur ini, kita bisa langsung mengajukan peryataan atau pertanyaan terkait kesehatan dan perkembangan anak. 


Pertanyaan bisa dijawab dari PrimaKu atau saya lihat ada orangtua lainnya yang menjawab dengan menulis pengalamannya sesuai permasalahan yang ada. Jadi merasa tak sendiri kan ? Oh ya pada fitur konsultasi ini, orangtua bisa melakukan juga konsultasi langsung dengan dokter spesialis dengan mudah melalui telepon, video call hingga chat. 


Kedepan saya yakin PrimaKu akan selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik untuk memantau perkembangan anak. Selain itu juga semakin membantu orangtua misalnya dengan menyiapkan fitur tambahan seperti membeli produk kesehatan ibu dan anak. 


Ada yang sudah download aplikasi PrimaKu di smartphone ? 


35 komentar

Avatar
Tetty Hermawati 19/12/21 01.28

Udah dong, lengkap gini fiturnya, kalau pake buku KIA pink kadang lupa juga nyimpennya dimana. Udah digital gini makin nyaman dan praktis buat ibuk2 masa kini. Tumbang anak terpantau dengan mudah via aplikasi.

Reply Delete
Avatar
catatansiemak 20/12/21 13.09

Sekarang tambah praktis nih urusan mengurus anak. Banyak aplikasi bagus yg mempermudah para mamah muda. Harus dimanfaatkan nih yang kayak gini

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 20/12/21 15.03

bener mba, dulu aku pernah pindah rumah dan kelimpungan nyari buku KIA pas mau vaksin hahaaa kalau ada aplikasi begini kan lebih praktis ya jadinya :)

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha (yenisovia.com) 20/12/21 21.48

Allhamdulillah aplikasi PrimaKu ini lengkap ya mba. Udah gitu ngga usah pusing pusing lagi nyari penjelasannya. Karena semua udah ada di sana. Aku sekarang jadi gampang ngecek tumbuh kembang anak aku

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 20/12/21 22.48

Jadi flashback nih saya ke masa anak-anak masih kecil. Iya sama, Mbak. Kalau mau ke dokter, pasti bawa buku catatan medis anak-anak. Asik banget kalau sekarang ada aplikasi begini. Jadi lebih praktis

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 21/12/21 04.11

Jadi inget, zaman aku dulu kalau galau dengan masalah anak, gabungnya melalui komunitas urban mama di melalui milist. Di sana ada lengkap curhatan Ibu beserta masalah ananda.
Kini, alhamdulillah ada aplikasi Primaku.
Semuanya lengkap dan terekam dengan sempurna dalam 1 aplikasi.

Reply Delete
Avatar
Nining 21/12/21 05.07

Wah, pada fitur imunisasi lengkap ya sampai jadwalnya juga, karena kadang saya terlupa. Jadi harus rutin lihat buku KMSnya kapan jadwal vaksin selanjutnya.
Kalau lewat aplikasi ini berarti nanti ada notifikasinya ya mbak, penasaran pengen nyoba juga supaya terpantqa dari hape saja mudah.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 21/12/21 12.01

Wah ada juga fitur konsultasi dokter ya selain fitur lainnya.Lengkap benar ini aplikasi Primaku, memantau tumbuh kembang anak jadi mudah dan bisa dilakukan para ibu di rumah

Reply Delete
Avatar
Mia Yunita 21/12/21 13.21

Keren banget sekarang sampai ada aplikasi Primaku untuk keperluan medis bagi anak. Kalo dulu pake buku pink buat catatan imunisasi juga catatan tumbuh kembang anak.

Reply Delete
Avatar
Katerina 21/12/21 14.42

Canggih! Fitur konsultasi langsung dengan dokter spesialis yang bisa dilakukan dengan mudah melalui telepon, video call hingga chat, ini berguna banget menurutku, jadi kita bisa konsul kapan saja dan dari mana saja ya. Eh tapi jadwalnya gak 24 jam juga kali ya? Dan ini artinya, kalau kita mau konsul ttg anak, misal sedang sakit, kita bisa liatin anak kita via video gitu ya, jadi dokternya bisa lihat kondisi. Wah hebat. Benar2 memudahkan.

Reply Delete
Avatar
Momtraveler 21/12/21 20.53

Wah keren nih aplikasinya. Jadi inget aku sering banget kelupaan bawa buku KIA pas kontrol anak2. Pernah juga.lupa cek jadwal vaksin akhirnya sempet telat cukup lama. Enak banget skr ada aplikasi kek gini ya membantu banget buat ibu2

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 22/12/21 01.39

Aku belum download sih tp aplikasi Primaku menarik juga supaya kita bisa mantau perkembangan tumbuh kembang anak lebih leluasa.

Reply Delete
Avatar
ShintaDwiA 22/12/21 03.22

Emang primaku tuh aplikasi yang banyak sekali fitur bermanfaatnya buat para ortu. Banyak DSA yang rekomendasikan juga. Jadi tumbang anak bakal terpantau ya mbak.

Reply Delete
Avatar
siska Pariska 22/12/21 07.46

Fitur komunitas ngebantu banget ya buat sharing sesama ibu apalagi ibu muda pasti kebantu banget sih. Kenapa aku baru tau sekarang infonya huhu

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 22/12/21 08.19

Andai dulu udah ada aplikasi Primaku ini, catatan tumbang anak-anakku bisa tersimpan dengan baik deh. Bermanfaat banget nih aplikasinya.

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 22/12/21 09.08

bisa saya rekomendasikan ke saudara aku yang punya anak kecil ini mah, supaya bisa membantu memantau tumbuh kembang anaknya, nice sharing kak

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 22/12/21 09.25

Allhamdulillah ya mba Lid, sekarang ada aplikasi primaku untuk mendukung tumbuh kembang anak panduan para ibu di jaman sekarang nih.

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya 22/12/21 10.39

Enak banget ya ibu-ibu zaman sekarang, udah banyak kemudahannya. Waktu aku dulu kadang suka kelupaan KIA, atau malah KIA nya hilang keselip dimana gitu. Pas lagi butuh bingung nyarinya.

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 22/12/21 17.39

keren ini aplikasi ngebantu banget buat ibu ibu untuk memantau tanpa harus repot repot dan bisa konsul dimana saja juga

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 22/12/21 17.59

Buku sakti rekam tumbuh kembang anak-anakku entah sudah dimana, hiiks~
Keseringan ganti dokter tempat periksa juga sih..
Bahkan anak pertamaku punya 2 buku, karena pihak puskesmas gak mau pakai buku dari dokter. Huhuu...

Dan kini terobosan baru dengan mengenal aplikasi Primaku.
Aplikasi wajib instal terutama yang memiliki anak balita. Praktis, aman dan lengkap.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 22/12/21 18.22

Ternyata dokter anak pun terbantu dengan adanya aplikasi ini ya mbak. Mungkin puyeng jg klau sampai ada buku KIA yang ketinggalan. Kalau aplikasi kan di HP, jarang banget org zaman skrng ninggal HP-nya hehe :D

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 22/12/21 19.59

aku baru tahu ini ada aplikasi PrimaKu yang ternyata ngebantu banget buat orang tua untuk memantau tumbuh kembang anak dan bisa berkomunikasi sama orang tua lain yaa

Reply Delete
Avatar
Okti Li 22/12/21 20.37

Untuk saya yang tinggal di daerah, kalau ke Puskesmas dokter jarang ada, sepertinya konsultasi ke dokter lewat aplikasi primaku ini bisa jadi solusinya ya. Terimakasih informasinya nih ...

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 22/12/21 21.48

Aplikasi primaku ini sangat membantu para orang tua untuk bisa memantau tumbuh kembang anak secara rutin ya mbak
banyak fitur canggihnya juga, urusan tumbuh kembang anak pun makin mudah

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 22/12/21 21.58

Aplikasi Primaku cocok nih buatku, mamak yang suka lupa bawa buku KIA tiap kali posyandu an anak atau imunisasi.

Mending ya, apalikasi gini, gak repot bawa-buku segala.

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 22/12/21 22.08

Meskipun buku sakti tapi kemungkinan lupa tetap ada ya mbak. Alhamdulillah sekarang ada PrimaKu kemungkinan untuk lupa bawa hp atau lupa naruh hp lebih Kecil sehingga proses konsultasi dokter dan pemantauan tumbang anak juga lebih baik.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 22/12/21 22.31

5 fitur di dalam aplikasi Primaku sangat membantu para orangtua terutama ibu dalam memantau tumbuh kembang anaknya

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 22/12/21 23.51

seru ya mak buat aplikasi primaku ini jadi buat data anak dan sesuai tumbangnya apa saja jaditahu harus gimana
bisa monitoring anak juga jadinya

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti 23/12/21 02.30

Alhamdulillah ya sekarang lebih praktis pakai aplikasi PrimaKu, gak perlu repot bawa buku, hehe..
Btw ini untuk anak yang sudah lahir ya, Mbak? Kalau masih dalam perut ibunya bisa dipantau pakai PrimaKu gak sih?

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 23/12/21 05.38

Fitur konsultasi dokter ini yang penting banget. Jaman now penginnya kalau ada apa-apa langsung konsultasi dengan ahlinya. Tapi sering mager mau ke klinik karena antri dan prokesnya. Jadi lebih mudah kalau pakai aplikasi Primaku.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 24/12/21 09.21

alhamdulilah udah install dan lengkap banget fiturnya jadi memudahkan sekali buat yg punya anak monitoring tumbang ya Ummi

Reply Delete
Avatar
Enychan 24/12/21 19.07

Wajib download nih nanti, nice info mba lidha thanks yaa. Dilihat dari keunggulannya banyak bgt dan wajib install hhi

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 26/12/21 14.49

5 fitur utama primaku ini sangat dibutuhkan orang tua untuk memantau tumbuh kembang anak-anak, terutama balita ya. Kini nggak perlu repot lagi menyimpan buku, mencari-cari kala membutuhkan, semuanya cukup disimpan di aplikasi primaku

Reply Delete
Avatar
aurabiru 27/12/21 11.48

Sudah dong mbak, beneran ini aplikasi bisa membantu memantau tumbuh kembang anak dan gak perlu butuh buku yang bisa aja keselip dan hilang. di aplikasi PrimaKu semua data tersimpan rapi

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 27/12/21 18.38

alangkah bahagianya kalau ada aplikasi seperti ini sejak sulungku dulu ya, sangat membantu sekali mengecek tumbuh kembang anak dan mengontrolnya secara detail

Reply Delete