Percepatan Penyelesaian Proyek Strategis Nasional Selama Pandemi

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Percepatan Penyelesaian Proyek Strategis Nasional Selama Pandemi


Teman-teman tahukah bahwa di kawasan Kuningan, Jawa Barat terdapat sebuah bendungan yang telah resmi dibangun dan beroperasi pada akhir Agustus 2021? Jadi, tepatnya pada 31 Agustus, sebuah bendungan di kawasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat diresmikan. 


Peresmian Bendungan Kuningan yang berlokasi di Kecamatan Cieureum ini memiliki kapasitas tampung 25,9 juta meter kubik dan  luas genangan 221,59 hektar ini akan mengaliri sekitar lebih dari 3000 hektar sawah masyarakat yang berada di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon di Jawa Barat hingga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 



Bendungan ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pertanian serta membantu penyediaan pasokan air bersih kepada masyarakat. Bendungan Kuningan ini teryata telah diproyeksikan pembangunannya oleh pemerintah sejak awal tahun 1980-an. Tahun 1984, masterplan Bendungan Kuningan selesai dibuat dan kemudian dilanjutkan dengan penelitian hingga tahun 2010. 


Desain model test dilakukan dari tahun 2011 hingga 2021 dan dilakukan pembangunan kontrak pembangunan pada tahun 2013. Dan setelah tujuh tahun kemudian, bendungan ini pun diresmikan. 


Bendungan Kuningan ini merupakan satu dari 32 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diselesaikan pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) selama pandemi yakni terhitung sejak Januari 2020 hingga November 2021. 


Untuk proyek bendungan, ada 22 bendungan PSN telah terbangun. Dengan terbangunnya bendungan maka diharapkan dapat menambah persediaan air baku sebesar 1,56 Miliar m3, mereduksi potensi banjir sebesar 4.306,72 m3 /detik. Selain itu juga untuk meningkatkan pasokan air baku sebesar 10.990 lt/detik, mengairi sawah seluas 206.000 hektar, dan memproduksi 123 MW listrik.


Ngomong-ngomong soal PSN, apa itu, PSN ? Jadi, PSN merupakan proyek infrastruktur yang ditargetkan mampu meningkatkan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah.


Media Gathering terkait Percepatan Penyediaan Infrastruktur 


Informasi ini saya ketahui lebih detail ketika saya mengikuti media gathering ‘Akselerasi Pelaksanaan PSN untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi’ yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Desember 2021 di Hotel Ritz Calton, Jakarta. 


Media Gathering ini dihadiri beberapa pembicara yakni : 

  • Dr.Ir. Wahyu Utomo, Kepala Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP)
  • Hari Kusmardianto, Asisten Deputi Kerja Sama Investasi Pemerintah dan Badan Usaha Pada Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan 
  • Nurhadi Putra, Direktur Bina Pengadaan dan Pencadangan Tanah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI.  
  • Taufiq Hidayat Putra, ST,M.Eng, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional 

Pelaksanaan PSN ini hingga kini masih dilakukan. Bahkan akhir 2021, menurut Wahyu Utomo, diestimasi ada tambahan 8 proyek senilai Rp 94,3 triliun, sehingga total proyek yang berhasil diselesaikan selama 2020-2021 diperkirakan sebanyak 40 PSN senilai Rp 253,1 triliun. 





Narasumber lain yakni Hari Kusmardianto mengatakan alokasi budget pemerintah untuk pembangunan infrastruktur semakin meningkat. Namun Hari mengatakan masih ada beberapa hambatan dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya ada terkendala pembebasan lahan. “Tapi kami berkomitmen target yang ditetapkan akan tercapai,” tambah Hari lagi.  


Sementara itu, Nurhadi mengatakan, pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI  bertugas untuk menyiapkan tanah supaya proyek infratsruktur bisa terbangun. “Kami menjadi titik awal pelaksanaan dengan peran untuk menyediakan lahan atau tanah bagi seluruh pembangunan,” kata Nurhadi lagi. Namun tak hanya proyek strategis nasional yang digarap oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI tetap semua proyek pemerintah yang menggunaan APBN. 


Namun untuk penggandaan tanah harus tetap melalui proses sebelum tersedianya lahan untuk pembangunan infrastruktur. Tahap pertama adalah disiapkan dokumen perencanaan tanah oleh instansi yang membutuhkan lahannya. Jika sudah siap semuanya baru kemudian dilakukan taha pan berikutnya yakni permohonan penetapan lokasi atau dikenal dengan nama penlok kepada Gubernur. 





Gubernur bisa juga melimpahkan kepada Bupati atau Walikota dan kemudian terjadilah dialog antara pemerintah dengan masyarakat, badan usaha, pemilik tanah yang yang akan dibebaskan. Setelah ada kesepakatan baru dikeluarkan penetapan lokasi oleh Gubernur atau oleh Bupati atau Walikota. 


Jika telah mencapai persetujuan maka kemudian dilanjutkan ke tahap berikutnya yakni tahap pelaksanaan pengandaan tanah oleh Kementerian ATR BPN. Kemudian dilakukan proses pendataan, mengidnetifikasi mana tanah yang akan dibebaskan, kemudian diukur, digambar kemudian pemiliknya didatangi. Proses-proses lainnya pun dilalui dan dilakukan oleh Kementerian ATR BPN. “Tujuannya agar data sesuai dengan fakta di lapangan sehingga bisa menghitung berapa ganti rugi agar adil,” kata Nurhadi. 


Proyek Percepatan Penyediaan Infrastruktur 

Sejak  pertama kali ditetapkan pada tahun 2016 sampai dengan November 2021, pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) telah melakukan percepatan penyelesaian 124 Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan nilai investasi Rp 626,1 triliun. 


Pelaksanaan PSN yang sudah selesai sejak 2016 telah menciptakan lebih dari 11 juta tenaga kerja langsung maupun tidak langsung. Dari keseluruhan 32 PSN  yang selesai tersebut, yakni ada 12 PSN pada 2020 senilai Rp 123,1 triliun, dan 20 PSN pada Januari – November 2021 dengan nilai Rp 35,7 triliun. Adapun sampai Desember 2021, KPPIP mengestimasi akan ada tambahan 8 proyek lagi didorong penyelesaiannya senilai Rp 94,3 triliun. Sehingga total menjadi 28 PSN yang akan selesai senilai Rp 130 triliun sepanjang 2021. Untuk tahun 2022, KPPIP mengestimasikan  akan ada 29 PSN dapat selesai.


Proyek Strategis Nasional ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan Pulau Jawa sebesar Rp 1.969,8 triliun atau 34,57%, Sumatera Rp 778,4 triliun  (13,66%), Maluku dan Papua Rp 566,6 triliun  (9,94%), Kalimantan Rp 505,8 triliun (8,87%), Sulawesi Rp 276,9 triliun (4,85%), Bali dan Nusa Tenggara Rp 58,6 triliun (1,03%), dan sisanya program dan proyek skala nasional Rp 1.542,4 triliun atau 27,06% dari keseluruh PSN.


Sepanjang periode 2016 hingga November 2021, pengembangan infrastruktur di berbagai sektor telah memberikan dampak yang signifikan. Contohnya terdapat 3 proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sudah selesai, sehingga menambah layanan pengadaan air bersih dan sanitasi kepada lebih dari 2 juta orang. 


45 komentar

Avatar
Nining 17/12/21 19.29

Proyek bendungan ini termasuk infrastruktur vital ya mbak, karena menyangkut pengadaan air bersih untuk masyarakat. Dan semoga 22 PSN tersebut lainnya bisa selesai sesuai target.

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 17/12/21 20.44

Proyek bendungan ciceurem deket rumah ibuku mba.. seneng nih kalau akhir2 sudah merata pembangunan infrastructur aplg sampai k pelosok2, yahh

Reply Delete
Avatar
@mirasahid 18/12/21 09.02

Pertama, sangat mengapresiasi atas kinerja-kinerja yang mampu dilaksanakan oleh pemerintah, baik dari dulu hingga kini. Konon memang, bangsa yang berkembang adalah bangsa yang juga mampu berkembang dari sisi infrastrukturnya. Dengan dana yang super besar itu, wowww, semoga saja semua memang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat juga ke depannya melalui lapangan pekerjaan ya Mak.

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn 18/12/21 11.08

Keberadaan bendungan di suatu daerah itu sangat penting untuk mendukung produksi pertanian dan ketersediaan air bersih, ya. Masyarakat sekitar pasti sangat terbantu dengan adanya pengadaan infrastruktur seperti ini. Jelas manfaatnya..

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 18/12/21 12.31

Pembangunan yang tepat guna semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar yaa..
Dan yang paling penting pengawasan serta pengerjaan yang detil dan teliti sehingga tidak membahayakan masyarakat ketika proyeknya telah rampung.

Sukses untuk Proyek Percepatan Infrastruktur Indonesia.

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 18/12/21 12.45


Bendungan Kuningan menjadi proyek startegis nasional makin membuat masyarakat banyak menikmati hasilnya ya. Bisa untuk meningkatkan ekonomi UMKM dan juga wisata.

Reply Delete
Avatar
Okti Li 18/12/21 16.51

Berharap sekali semua proyek pembangunan di tanah air kita ini sesuai dengan peruntukkannya dan hasilnya bisa dinikmati masyarakat. Soalnya banyak proyek yang mangkrak ketika kepemimpinan berganti. Kan sayang biaya itu ya...

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 18/12/21 17.47

meski pandemi tidak menghalangi penyelesaian proyek strategis nasional. semoga berjalan lancar dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat banyak

Reply Delete
Avatar
Nunung Yuni Anggraeni 19/12/21 19.56

Aamiin. Itu harapan kita semua Mak. Semoga penyelesaian proyek strategis nasional berjalan lancar agar bermanfaat buat masyarakat

Reply Delete
Avatar
Alfa Kurnia - pojokmungil.com 18/12/21 19.08

Dengan adanya proyek bendungan ini semoga pengadaaan air bersih meningkat. Juga bisa mencegah banjir, nih. Semoga proyeknya lancar.

Reply Delete
Avatar
Ria Fasha 18/12/21 20.15

pembangunan bendungan ini memberikan banyak manfaat ya terutama bagi masyarakat yang berkecimpung di bidang pertanian. semoga makin banyak proyek pemerintah yang tepat sasaran dan memberikan dampak langsung bagi masyarakat terutama dalam perbaikan ekonomi

Reply Delete
Avatar
Rina s 18/12/21 20.31

Pemerintah ngebut ya ngebangun infrastruktur agar percepatan ekonomi juga cepat

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 18/12/21 21.23

wah banyak ya proyek bendungan yang akan dijalankan
semoga proyeknya bisa selesai tepat waktu
Dan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 18/12/21 21.30

Bagus juga dengan adanya pembangunan infrastruktur untuk memajukan kawasan sekitar wilayah tersebut. Syukurlah pihak2 terkait juga membantu seperti pihak Kementerian Agraria yang membantu penyediaan lahan. Semoga proyek percepatan strategis nasional ini berjalan lancar

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) 18/12/21 23.27

Biarpun sedang di masa pandemi, proyek strategis nasional bisa berjalan dengan lancar, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat juga.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 19/12/21 21.20

Bermanfaat banget ya pembangunan bendungan ini untuk para petani agar panen bisa sukses, begitu juga proyek infrastruktur lain dari pemerintah

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 19/12/21 21.42

Semoga proyek ini berjalan lancar ya, mba, aku berharap pemerintah bisa menjalankan programnya sesuai dengan targetnya demi untuk Indonesia

Reply Delete
Avatar
mardanurdin.com 20/12/21 16.32

Keberadaan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) sangat membantu ya mbak. Terbukti telah menciptakan 11 juta tenaga kerja langsung bahkan lebih. Semoga makin berjaya dan makin banyak lagi merekrut tenaga-tenaga kerja yang berkompeten.

Reply Delete
Avatar
gustiyeni 23/12/21 08.46

Kereen semoga semakin maju, kota kuningan adalah kota singgah kami ketika mudik jakarta solo pasti singgah di kuningan menginap.sekalian mandi air panas alami

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 23/12/21 12.33

Percepatan penyelesaian proyek strategi nasional terasa di setiap sudut kota dan desa di Indonesia ya, bahkan sepanjang periode 2016 hingga November 2021, pengembangan infrastruktur di berbagai sektor telah memberikan dampak yang signifikan. Wow ini sih keren banget!

Contohnya terdapat 3 proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sudah selesai, sehingga menambah layanan pengadaan air bersih dan sanitasi kepada lebih dari 2 juta orang.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 23/12/21 12.48

Kemarin aku baca-baca soal Proyek Strategis Nasional ini kaya bendungan, tol beberapa sudah siap digunakan. Butuh waktu memang buat ngegolin, tapi pas beres, ini balik ke kita juga manfaatnya

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 23/12/21 13.36

bagusnya pengadaan infrastruktur ini menyebar ya gak cuma di salah satu tempat di Indonesia tapi rata sampai ke pelosok juga. jadi semua bisa dapat manfaatnya

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina 24/12/21 05.39

Saya dari daerah sana Mba, Cibeureum. Proyek bendungan masih berjalan dengan menggusur perkampungan dan lahan sawah. Walau tujuannya buat mengairi sawah. Tidak tahu sawah yang mana. Apalagi lahan sawah sudah makin sempit dan air bendungan mengering kalau musim kemarau. Karena, sumber air hanya dari satu gunung. Sejujurnya saya tidak setuju dengan adanya bendungan tersebut, karena malah merusak alam. Lahan persawahan jadi berkurang. Lucunya masyarakat sekarang beras saja harus beli, padahal dulu benar-benar mengandalkan dari sawah milik sendiri.
Untuk perkembangan infrastruktur sebetulnya saya dukung-dukung saja program pemerintah itu. Tetapi kalau lihat asli di lapangan banyak yang dikorbankan, termasuk alam.
Harapan saya semoga pemerintah bijak dalam mengambil alih pembangunan untuk infrastruktur karena resiko besar tidak dirasakan hari ini tapi di masa depan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 24/12/21 06.26

Siap terima kasih insightnya ya mba Erin. Bagaimanapun butuh keputusan dan pertimbangan yang tepat

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 24/12/21 10.54

Jujur aku baru tahu istilah PSN (Proyek Strategis Nasional).

Aku percaya, biasanya dalam PSN ini, regulasi dan institusi masih menjadi hambatan paling utama.

Juga hambatan fiskal, infrastruktur dan sumber daya manusia.

Aku menyaksikan sendiri di daerahku Balikpapan, saat ada proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda yang tersendat karena harga pembebasan lahan belum menemukan kesepakatan.

Aku belum tahu juga kesudahan kabar berita itu karena tidak menyimak lagi.

Tapi aku asumsikan sudah mencapai kesepakatan karena beberapa ruas jalan tol Balikpapan Samarinda sudah bisa dinikmati pengguna jalan.


Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 24/12/21 13.55

Proyek bendungan di Kuningan ini dibuat tentu sudah dipikirkan masak2 ya demi tujuan yang baik dan kepentinga masyarakat juga. Biasanya selain untuk ketersediaan air bersih, pengairan, bermanfaat juga sebagai sarana wisata. Infrastruktur memang sangat diperlukan untuk mempermudah hidup kita.

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 24/12/21 20.36

Pembangunan harus tetap berjalan meskipun pandemi, ya. Karena manfaatnya bisa dirasakan banyak masyarakat. Semoga terus dilancarkan proses percepatannya

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 25/12/21 01.28

Biasanya proyek pemerintah nih ada pro dan kontranya ya, Mba. Tapi tentunya jika pemerintah sudah membuat keputusan ada pemikiran yang baik untuk rakyatnya. Semoga pembangunan bendungan ini bisa menjadi proyek bermanfaat untuk rakyat sekitar.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 25/12/21 05.46

Mendukung banget program infrastruktur termasuk bendungan biar makin banyak warga Indonesia bisa menikmati air bersih dengan cukup dan harga terjangkau

Reply Delete
Avatar
bundayati.com 25/12/21 10.15

Apapun nama proyeknya selama utk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia di pelosok manapun, apalagi Proyek Strategi Nasional dibangun dengan dana APBN yang sangat fantantis bisa dilaksanakan dengan penuh amanah baik dari Pemerintah maupun dari pihak-pihak terkait dengan pembangunan infrastruktur ini. Semoga lancar. Aamiin.

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 25/12/21 13.51

bagi beberapa daerah, memang keberadaan sarana infrastuktur ini penting banget yaa seperti jalan dan jembatan yang pastinya mempermudah akses ke daerah tersebut. semoga saja pemerintah bisa mewujudkn pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 25/12/21 16.53

Dampak Percepatan Penyediaan Infrastruktur dan pembangunan ini bisa meluas yaa..
Dari mulai terciptanya lapangan kerja baru dan memberikan hubungan antar daerah juga segala kebutuhannya bisa dipenuhi secara mandiri.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 25/12/21 22.10

pandemi tak menjadi penghambat pembangunan proyek strategis ini ya mbak
semoga lancar pembangunannya dan bisa memberi banyak manfaat bagi masyarakat

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 25/12/21 22.37

Alhamdulillah ya Umi, turut bahagia banget membacanya. Akhirnya selama 5 tahun tersedia sumber air bersih yang menjadi kebutuhan primer kita ya. Moga proyek proyek ini berkesinambungan agar manfaatnya terasa merata

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul 25/12/21 22.44

Proyek infrastruktur untuk kemajuan perekonomian daerah ya mbak Alida. Semakin cepat semakin cepat juga proses pembangunan daerah.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 25/12/21 23.08

Wah bagus nih proyek bendungan akan sangat memudahkan utk pertanian di sana ya mbak?
Wow proyeknya banyak banget sampai puluhan proyek ya, semoga terealisasi semua dengan lancar sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar proyek juga.

Reply Delete
Avatar
diane 26/12/21 14.22

Warbiasa emang pemerintah sekarang..mengejar ketertinggalan pembangunan insfrastrukturnya gaspol banget..Alhamdulillah diusahakan merata ya gak hanya di Jawa..

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 26/12/21 15.27

Banyak sekali manfaat dari adanya bendungan, jadi inget di dekat rumah juga dibangun bendungan. Semoga proyek bendungan cepat selesai dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat sekita

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 27/12/21 07.49

Salut dengan pemerintah dan berbagai pihak yang terus berusaha menyelesaikan banyak proyek strategis nasional. Kepentingan bangsa memang di atas segalanya yaa... Diharapkan percepatan proyek2 ini bisa menjadi titik awal perbaikan di segala bidang saat ini.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 27/12/21 07.53

Sebagai orang daerah, jujur aja kadang aku ga ngerti : ITU TIANG TELEPON - SALURAN PIPA Kenapa Tidak Pernah Dirapihkan, mengingat "proyeknya jalan terus" dan itu BERBAHAYA
hiks tolong sampaikan yaaa Lidhaaaaa

Reply Delete
Avatar
Ugik Madyo 29/12/21 21.21

Aku baru tahu kalau di Kuningan ada bendungan. Luas juga jangkauannya. Bisa menyediakan air sampai daerah Brebes Jawa Tengah. Semoga dengan adanya bendungan ini tidak akan kekeringan atau kebanjiran di daerah sekitarnya.

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 30/12/21 08.52

semoga saja pembangunannya dilancarkan ya, karena bendungan ini jg memberikan fungsi salah satunya mencegah terjadinya banjir. semoga saja pembangunan daerah2 lain bisa merata.

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 30/12/21 12.03

Wah alhamdulillah, ikut seneng kalo tau banyak insfrastruktur yang semakin berkembang. Emang mesti dipercepat ya mak pengembangan infrastruktur ini, supaya masyarakat bisa semakin sejahtera jugaaa

Reply Delete
Avatar
RA Cakrawangsa 30/12/21 16.49

berasa emang ya semua ketunda gegara pandemi, tapi bukan alasan untuk tidak melanjutkan
semoga pemerintah konsisten membangun infrastruktur dengan lancar tanpa hambatan, biar kita bisa menikmati dengan nyaman juga

Reply Delete