Tetap Produktif di Rumah Menggunakan CloudX untuk Kelas Online Ngeblog

Di rumah saja tapi ingin tetap produktif? CloudX solusi untuk tetap produktif walau di rumah saja

Tetap Produktif di Rumah Menggunakan CloudX untuk Kelas Online Ngeblog


Selama menjadi blogger, saya merasakan banyak manfaat dan berkah yang tak henti-hentinya. Mulai dari mendapat barang, kesempatan jalan-jalan di dalam dan luar negeri, uang tunai serta kesempatan bertemu banyak orang-orang dari berbagai kalangan. Menjadi blogger juga memberikan kesempatan bagi saya berbagi informasi yang saya alami atau ketahui melalui blog. Salah satunya berbagi informasi tentang blog melalui kelas online ngeblog. 


Mengapa saya senang ngeblog? Blog yang awalnya hanya sekedar catatan perjalanan saya dan keluarga saat berkunjung ke suatu tempat atau menikmati kuliner khas ternyata bisa mendatangkan pundi-pundi rejeki. Saya juga merasakan berbagi pengalaman di blog bisa bermanfaat bagi orang lain. 





Misalnya saat saya menulis pengalaman saya merenovasi rumah, saya tulis apa saja yang saya alami selama renovasi dan yang saya lakukan selama renovasi. Ternyata, beberapa orang menghubungi saya melalui media sosial menanyakan nomor kontak jasa renovasi rumah yang saya gunakan. Belum lagi saat saya berbagi pengalaman menjalani ibadah umrah, Alhamdulillah juga banyak yang hubungi menanyakan lebih detail tentang persiapan umrah ala backpacker.  


Bahkan ada yang pernah malam-malam telepon via Facebook dari Hongkong untuk menanyakan pengalaman saya. Saya merasa terberkati dengan ini. Satu lagi yang membuat saya senang menjadi blogger, adalah datangnya kesempatan untuk berbagi ilmu tentang dunia blog di KBRI Kuala Lumpur di Malaysia akhir tahun 2019. Alhamdulillah. 




Kelas Online Menggunakan CloudX

Saat pandemi, saya baru sempat sekali melakukan kelas online tentang blog. Kebetulan sahabat saya, Faizah Zuhdi, yang menjadi moderatornya dan alhamdulillah acara ini boleh diikuti peserta dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, blogger dan peserta umum lainnya. Beberapa peserta yang mengikuti kelas online ini kemudian bergabung di WhatsApp grup untuk menjadi blogger. Semuanya saya lakukan secara gratis alias tidak dipungut biaya untuk peserta. 

Awal bulan Desember 2020, saya membuat kelas online tentang ngeblog. Mengapa? Saya merasa dengan berbagi ilmu tentang blog, siapa tahu makin banyak yang merasakan manfaat ngeblog dan juga menjadi ladang pahala bagi saya. 

Kebetulan beberapa kenalan sempat menanyakan cara untuk bisa memiliki blog seperti saya. Atau, ada teman saya yang bisa menulis tapi satu sisi bingung mau nulis apa untuk blog. Ada teman saya juga yang ingin memiliki blog untuk mencatat kegiatan bersama keluarga sehari-hari. Dari situ saya kemudian memutuskan untuk membuat kelas online tentang ngeblog. 





Mengapa harus kelas online? Masa pandemi seperti sekarang tentunya menjadi penghalang untuk melakukan kelas tatap muka. Penularan virus corona yang masih tinggi serta masih banyak orang yang belum menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) menjadi alasan untuk kelas online terasa lebih baik.


Jika sebelumnya saya melakukan kelas online menggunakan zoom, kelas online tentang ngeblog kedua saya memilih menggunakan CloudX. Mungkin teman-teman penasaran mengapa saya memutuskan menggunakan CloudX. 


Awalnya, saya tahu tentang CloudX ini dari teman saya. Waktu itu saya mengikuti kelas online menggunakan #CloudXbyTelkomsel tentang teknik fotografi. Kebetulan teman saya ini cukup mahir tentang fotografi. Saat akses awal hingga kelas online selesai, saya lihat CloudX tampak mudah digunakan.




Pertanyaanya, apa itu CloudX? CloudX merupakan layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud dari Telkomsel yang menyediakan fitur seperti CloudX Meeting yang mengoptimalkan komunikasi untuk tetap saling terhubung.


CloudX merupakan solusi untuk melaksanakan kelas online. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ketika semuanya dilakukan secara online, kelas online menggunakan CloudX ini merupakan pilihan. Nah, CloudX ini memiliki paket langganan yang disediakan oleh Telkomsel untuk memudahkan kita terhubung dengan rekan bisnis, keluarga atau seperti yang saya katakan sebelumnya, yakni melalui kelas online. 


Sebelum melakukan kelas online, saya memberikan informasi melalui instagram saya bahwa saya rencananya akan mengadakan kelas online menggunakan CloudX. Ada beberapa teman yang mungkin belum familiar dengan CloudX sehingga menghubungi saya melalui pesan pribadi untuk bertanya tentang CloudX. “Nanti saya kasih link meeting CloudX jadi kamu bisa langsung klik link yang saya kasih untuk kelas online,” kata saya. 


Cara Mengaktifkan Paket CloudX dari Telkomsel

Untuk mengaktifkan paket CloudX, pertama-tama harus membeli paket CloudX yang ada di aplikasi MyTelkomsel. Oh ya CloudX ini hanya bisa digunakan untuk pengguna prabayar seperti simPATI, KARTU AS dan LOOP. Setelah itu, saya mengisi pulsa di nomor simPATI. Saya beli pulsa Rp 300 ribu untuk menggunakan paket langganan CloudX, aplikasi virtual meeting, sebesar Rp 250 ribu (sudah termasuk pajak) untuk mendapatkan kuota CloudX 30 GB dengan masa aktif 30 hari. Setelah itu, saya download aplikasi CloudX di playstore. 


Hanya nomor yang membeli paket langganan Telkomsel CloudX yang dapat menjadi host meeting. Nah, karena saya adalah host meeting untuk kelas online, maka saya mendapatkan akses bisa menggunakannya 24 jam/7 hari selama masa aktif berlaku. Selain itu, aplikasi ini dapat mengakomodir hingga 100 partisipan. Boleh dibilang, CloudX adalah aplikasi selain zoom yang memiliki fitur cukup lengkap dan mudah digunakan untuk virtual meeting





Setelah membeli paket langganan CloudX, tak lama kemudian saya langsung mendapat SMS  dari Telkomsel yang berisikan info bahwa paket CloudX senilai Rp 250 ribu telah aktif. Selain itu, ada juga info data login serta password yang akan digunakan untuk aktifkan CloudX. 

Langkah berikutnya adalah download aplikasi CloudX di Android, iOS, Windows atau MacOS. Saya download aplikasi CloudX di HP dan di laptop Mac saya. Setelah download aplikasi CloudX, saya memasukkan nomor telepon saya yang telah terdaftar paket CloudX serta password yang diberikan. 




Saat membuka tampilan CloudX, ada tampilan untuk membuat pertemuan (sebagai host) dan bergabung ke pertemuan. Kita bisa membuat pertemuan saat itu juga atau bisa membuat pertemuan mendatang.  


Saya mencoba membuat pertemuan saat itu juga dengan menekan tulisan “Membuat Pertemuan”. Langsung muncul pilihan untuk memulai pertemuan dan juga opsi untuk mengirim link pertemuan via email atau salin pertemuan. Saya mengirim link pertemuan ke sahabat saya untuk mencoba melakukan pertemuan via CloudX dan alhamdulillah berhasil. “Pas klik link yang saya kasih, langsung terhubung atau tidak?” tanya saya. “Langsung terhubung kok,” kata sahabat saya. Alhamdulillah. 


Kemudian saya membuat jadwal pertemuan untuk kelas online saya Kamis, 24 Desember 2020 pukul 10.00 WIB. Saya cantumkan detail judul kelas online, jadwal lengkap misalnya tanggal, jam serta durasi kelas online. Dan kemudian saya salin pertemuan dan bagikan ke calon peserta kelas online menggunakan CloudX. 


Pengalaman Menggunakan CloudX untuk Kelas Online Ngeblog 

Harinya pun tiba. Sejam sebelum kelas online, saya sudah bersiap untuk melaksanakan kelas online menggunakan CloudX pada Kamis, 24 Desember 2020 pukul 10.00 WIB. Saya mencoba berlatih untuk share PowerPoint, membuka tampilan blog dan lainnya. Alhamdulillah lancar. 





Pas jam pelaksanaan, satu persatu peserta CloudX datang. Saya awali dengan menyapa para peserta sebelum memulai presentasi. Presentasi berjalan lancar. Tapi sempat ada kendala karena saat peserta datang lagi, saya terlambat tahu dan baru menerima mereka masuk di pertemuan setelah menunggu selama 5-10 menit. Maafkan ya ...


 




Saat acara berlangsung, saya dan teman-teman ngobrol banyak tentang ngeblog. Ada salah satu perserta yang bercerita tentang keinginannya menulis di blog tentang pengalamannya selama dirawat di rumah sakit ketika pandemi. Ada juga teman saya yang menceritakan pengalamannya berbagi waktu antara urusan rumah tangga dan kegiatan ngeblog yang menghasilkan uang. Menyenangkan ya. Alhamdulillah. 





Ada beberapa keuntungan yang saya rasakan selama menggunakan CloudX untuk kelas online ini. Pertama, saya tak perlu kuatir durasi selama kelas online terputus karena durasi untuk pertemuan secara online sangat lama dan dapat berulang-ulang kali digunakan. 


Selain itu, untuk membeli paket langganan CloudX juga mudah karena seperti membeli paket data lainnya saja dari aplikasi MyTelkomsel. Jadi, tak perlu menggunakan kartu kredit (karena saya juga tak punya kartu kredit) atau minta bantuan orang lain untuk membeli paket pertemuan online. 






Hampir 1,5 jam saya dan teman-teman ngobrol dan diskusi di kelas online tentang ngeblog. Alhamdulillah beberapa teman sampaikan kelas online yang saya berikan menambah ilmu pengetahuan tentang dunia blog serta memotivasi untuk ngeblog. Alhamdulillah. Menggunakan CloudX untuk kelas online membuat saya tetap produktif selama di rumah. 




 

60 komentar

Avatar
HM Zwan 07/01/21 08.43

Aku belum pernah pakai CloudX, baru denger. Lumayan juga ya paket internetnya Telkomsel, kebetulan kami juga pakai. Biasanya suami belinya langsung via aplikasi My Telkomsel, tinggal pilih aja paket data ya.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 07/01/21 08.46

Wah saya terlewat kelas Mbak Alida. Alhamdulillah ya, dengan ngeblog ternyata banyak hal bermanfaat tak terduga yang bisa kita alami, Mbak. Sehat selalu ya Mbak Alida agar bisa terus berbagi.

Reply Delete
Avatar
Mia Yunita 07/01/21 16.29

Akhirnya rejekinya Mbak ke cloudX nyampe juga ya bahkan bisa digunakan untuk kelas online. Sinyal yang juga nggak putus tentu mendukung operasional cloudX dong ya. Telkomsel memang keren nih.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 07/01/21 21.26

Wow, hebat banget nih dengan CloudX kita bisa virtual meeting hingga 100 orang ya. Dengan modal 250K aja bisa dapatin 30 GB pasti hepi ya. Tentunya ga cuma buat kerjaan atau kelas online. Bisa juga silaturahim keluarga atau reunian nih. TFS mb AL.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 08/01/21 20.56

Jadi tertarik ikutan webinar2 atau belajar ngeblog yang lebih oke dari para mastah nih. Mengingat kita bisa leluasa bersosialisasi virtual pakai CloudX ini jadi tambah semangat 😍😍

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 08/01/21 07.45

wah bisa makin produktif ngajar blogging ya mbak klo pake cloudX ini. .
sinyalnya pasti lancar karena kualitas telkomsel sudah teruji

Reply Delete
Avatar
Anak Astin Astanti 08/01/21 08.13

Mbak Alida nih keren banget, produktif sekali ngeblog, padahal pekerjaan juga banyak ya, Mbak. Aku jadi bersemnagat nih, melihat temen temen semuanya semangat, aku jadi terinspirasi dan harus melakukannya. Seneng ya bisa sharing menggunakan aplikasi cloudX by Telkomsel ini

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 08/01/21 09.24

Asik ya jadinya sinyal stabil dan ga putus - putus, makin seneng belajar di kelas online pakai Cloudx

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 08/01/21 12.07

Barakallah Mbak Al, sudah berbagi ilmu ngeblog pada sesama..
Aplikasi CloudX Telkomsel, menjadikan virtual meeting makin mudah ya. Dengan 100 partisipan dan bisa dipakai selama batas waktunya..ini beneran hemat pasti buat host kelas online. Semua lancar jaya dan belajar makin happy pastinya

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara 08/01/21 13.46

wah kebetulan lisensi zoom ku udah habis dan belum diperpanjang lagi sama pihak kantor. Bisa dicoba nih pakai CloudX untuk virtual meeting minggu depan

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah 08/01/21 13.52

aku pengguna telkomsel juga mba...lumayan yaa klo rapat tiap hari bs pake cloud max ini. bisa smp100 peserta per meeting ya... pesertanya ga harus pengguna telkomsel juga kan mba?

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 08/01/21 16.46

Yeay, alhamdulillah ya Mak, bisa berbagi ilmu saat pandemi tuh sesuatu banget, berkah buat semuanyaa. Meski lewat onlen, tetep sampe ilmunya dan kebersamaannya, apalagi didukung oleh Cloudx yang makin lancar untuk kelas onlinenya.

Ku belom pernah nyoba cloudx ini Mak, nanti tak usulin ke bapake

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 08/01/21 19.14

Saya kemarin sempat ikut mba dan seru sekali acara online nya. Keren ya Telkomsel ada cloudxnya kayak zoom

Reply Delete
Avatar
Okti Li 08/01/21 19.29

Pasti senang bisa jadi Nara sumber yang siap berbagi ilmu dan wawasan. Ditunjang dengan kecanggihan teknologi meski pandemi tidak ada kendala untuk terus beraktivitas ya...

Reply Delete
Avatar
Mechta 08/01/21 21.29

Setuju mba..ngeblog memang mendatangkan banyak berkah buat kita ya.. Jadi betah ngeblog deh, apalagi bila didukung jaringan handal seperti ini. Kumplit deh..

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 09/01/21 05.28

Menginspirasi nih, Mbak Al. Dari awalnya menulis tentang cerita perjalanan, kini bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan tulisannya bermanfaat bagi orang banyak. Semoga semakin sukses, Mbak.

Di masa pandemi begini, kita tidak bisa ketemuan secara langsung. Untungnya ada aplikasi CloudX Telkomsel sebagai sarana. Cara aktivasinya juga tergolong mudah.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 09/01/21 07.57

Luar biasa nih Mb Lid berkenan berbagi seputar dunia blogging. Mantap. Semangat terus untuk menginspirasi ya mba. Kalau webinarnya pake CloudX gini makin nyaman ya karena bisa online cukup lama, tidak terbatas waktu.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 09/01/21 08.43

Aku jadi tertarik pengen cobain juga mbak. Aku pakai zoom untuk kelas nulis online ku dan sering terganggu gangguan sinyal parah hehe capek juga...

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 10/01/21 12.30

Hayuuk ibu guru Ruang Aksara nih harus coba. Lebih stabil sih kayaknya nih CloudX. Hostnya aja yang butuh pake Telkomsel, ntar pesertanya bebas.

Reply Delete
Avatar
www.grandysofia.com 09/01/21 10.02

Kalau bisa tetap berbagi walaupun via daring, memang rasanya beda sih ya mbaaa. Apalagi sudah ada dukungan dari Telkomsel dengan hadirnya CloudX ini yg memudahkan untuk meeting tanpa ngelag.

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 09/01/21 10.04

Jempol banget deh CloudX ini. Beberapa kali aku pakai untuk kelas online selalu lancar jaya nggak ada putus nyambung. Thanks to Telkomsel.

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa 09/01/21 10.39

Mba Lid ini sangat inspiratif deh, pengen banget bisa ke luar negeri dari ngeblog. Btw, aku baru tau lho ternyata CloudX bisa dari MyTelkomsel ya, aku belum pernah coba, sangat membantu kita online ya

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti 09/01/21 13.24

Ternyata menggunakan cloudx seru jg ya mbak Alida, saya pas ikutan gabung webinarnya mbak Alida pertama kali menggunakan aplikasi cloudx, entar kapan2 kl ada webinar lagi colek2 ya

Reply Delete
Avatar
Tiaranab.com 09/01/21 13.53

Waahh sayangnya cuma buat pengguna aja ya mba, kalau selain provider itu engga bisa. Oh ya memang berarti dia hanya dengan kuota khusus itu aja ya?

Reply Delete
Avatar
Liza-fathia.com 09/01/21 15.17

alhamdulillah bisa berbagi ilmi ngeblog untuk sesama ya kak Alida. Apalagi didukung oleh cloudz dari telkomsel. ilmu ngeblog bisa tetap di share meskipun lewat virtual

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 09/01/21 16.52

walaupun di rumah aja, wajib tetep produktif donk pastinya yaa hihihi, aku belum cobain nih pake cluudx ini, kapan kapan mau cobain juga ah hehehhe

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 09/01/21 17.07

bisa berbagi ilmu itu memang menyenangkan ya mbak sama halnya saya ketika ngajar anak-anak bisa recharge energi kembali gitu rasanya, semoga juga jadi ladanga pahala juga mbak

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 09/01/21 17.28

Senang sekali ya Mbak akhirnya ada aplikasi virtual meeting selain Zoom yang sinyalnya lancar dan suara jernih
Hanya perlu saya sediakan laptop baru karena laptop lama agak burek kameranya

Reply Delete
Avatar
catatansiemak 09/01/21 20.19

Seru nih mbak Alida kelasnya. Sayangnya kemarin aku pas ada kuliah ga bisa gabung deh. Pakai Cloudx Telkomsel lebih irit kuota sih ya

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 09/01/21 21.29

Serunya ya mba. Aku blm pernh pake cloudX ini. Kalo diitung emg lbh irit ya mba. Rekomen dicoba buat virtual meet gitu.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 09/01/21 22.42

Berbagi itu menyenangkan ya, kak Alida.
Dan aku yakin, semakin banyak berbagi, semakin menancap ilmunya.
Barakallahu fiik, kak...

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 10/01/21 11.39

Dengan menggunakan cloudX dari Telkomsel berbagi menjadi lebih menyenangkan. Uda gak perlu mikirin kuota, juga gak perlu mikirin jaringan.
Keren banget.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 11/01/21 09.12

Ilmunya gakkan di sharing keluar kah, kak Lida?
Hihi...jadi pengen ikutan sharing session kak Lidaa..

Delete
Avatar
Adriana Dian 09/01/21 23.04

Aku ketinggalan kelas onlinenya ibu negara nih, kemarin ngga merhatiin tanggalnyaaa. Pas mau ngecek lagi udah lewat ternyataaa.. huhu. Jadi penasaran deh sama cloudX ini, nanti mau cobain donlod juga aaaahhh

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 09/01/21 23.26

aku tuh kagum sama mbak Alida, rajin banget ngeblog dan bikin kontennya, padahal kerja kantoran juga :) luar biasa semangat dan kapan2 boleh donk di sharing cara membagi waktunya

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho 10/01/21 03.42

Saya baru tahun tentang CloudX ini ternyata ini sama seperti Zoom ya bisa dipakai untuk meeting. Boleh nih dicoba buat meeting bareng temen-temen grup

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 10/01/21 05.56

Baru tahu dengan aplikasi ini. Jadi kepengen nyoba aplikasi ini. Kepengen tahu keunggulannya dari aplikasi yang selama ini dipake. Nanti mau nyoba ah bareng genk aku. Kebetulan juga kami semua pake kartu dari Telkomsel.

Reply Delete
Avatar
Ida 10/01/21 06.05

Wah menarik nih ternyata Telkomsel sekarang sdh ada Cloudx nih.. jadi pengen nyoba juga nih...

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 10/01/21 07.24

Aku baru kenal Cloudx ini. biasanya pake yang orang umum pake ( Zoom).

Paketnya khusus gitu ya? kalau mau internetan lain apa pake paket lain juga?

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 10/01/21 08.28

Mantap ummi emang warbiyasah ni sampe ke Kbri KL buat sharing ngeblog dan sekarang bikin virtualnya ah aku beruntung bisa sekamar terus hahaha

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 28/01/21 10.31

warbiyasah emang budir satu ini selalu produktif sukses selalu ya Ummi dan sehat tercapai segala cita2nya tahun ini aamiin

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 10/01/21 09.12

masyaAllah ya Mba Lidba, keren banget karena ngeblog diundang ke KBRI Kuala Lumpur. Bahas Hongkong aku jadi kangen Hongkong pernah jadi tkw di sana aku. Kapan lagi ada kelas mau dong mBaa

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 10/01/21 09.22

Sampai saat ini masih blank banget soal cloud ini. Dari dulu penasaran tapi nggak mencari tahu haha. Smartphone yang baru-baru juga banyak yang pakai cloud untuk penyimpanan datanya tapi saya malah nggak tahu bukanya darimana.

Reply Delete
Avatar
Emanuella Christianti 10/01/21 10.28

Keren banget ni CloudX, kalau lagi pulang kampung Dan ga ada wifi, bisa banget jadi alternatif kalau butuh video conference ya. .. .

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 10/01/21 11.56

pekerjaan tetap bisa dilakukan secara lancar, koordinasi juga bisa dilakukan dengan baik, trus aktivitas komunitas juga bisa dijalankan dengan baik tanpa terkendala komunikasi

Reply Delete
Avatar
diane 10/01/21 12.16

Wah boleh nih dicobain buat meeting online... Secara selama ini seringnya pake zoom atau Gmeet. Ternyata telkomsel punya cloudX buat keperluan meeting online.

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita 10/01/21 12.30

CloudX Telkomsel ini beneran bikin tambah produktif aja ya buat ngeblog apalagi untuk nyimpen konten, mau coba juga ah jadinya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 10/01/21 19.14

Platform meeting online yang satu ini oke juga kayaknya ya mba.. mau aah nanti coba

Reply Delete
Avatar
CIci Desri 10/01/21 22.23

butuh banget ya kak, apalagi sekarang semuanya serba online. butuh banyak platform yang bisa support.

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 10/01/21 22.30

Mba Alida tidak perlu diragukan lagi, saah satu blogger senior hehe.. keren mba jadi pemateri di CloudX, semoga makin go international aja ya mba gak hanya hongkong hehe Amin

Reply Delete
Avatar
Reva Nisa Nabella 11/01/21 07.22

wah senang sekali ya pakai CloudX jadi ikutan kelas online jadi lebih menyenangkan ya. tanpa hambatan sepertinya pakai cloudx ini.

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 11/01/21 08.02

wah keren ini produk barunya telkomsel ya, nambah orang makin semangat kerjanya dengan aplikasi CloudX ini ya

Reply Delete
Avatar
Gioveny Astaning Permana 11/01/21 08.14

Meski di rumah aja tetap bisa upgrade ilmu dengan ikut berbagai kelas online ya mbak. Salah satu hikmah pandemi yg ku syukuri itu juga

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 11/01/21 08.47

udah zamannya yaa pakai sistem cloud.. tapi aku baru denger nih soal cloudX nya telkomsel. makasi yaa infonya mbaa..

Reply Delete
Avatar
elvinautami 11/01/21 09.13

Seneng y pasti klo bisa ikut kelas online. Klo dulu aku sering ikut via WA sih sama tmen2 Blogger

Reply Delete
Avatar
Rummy Ningsih 11/01/21 09.27

Aku baru tau nih kak jadi mau langsung pakai cloudx telkomsel ini buat nyimpen dokumen file

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 11/01/21 09.50

Meeting online make cloudx ini keren dan seru banget pastinya ya mba. Bisa saling berbagi dan sharing. Kapan-kapan mau iktuan juga dong Mba heheheh

Reply Delete
Avatar
Ria Kiyandra 11/01/21 10.37

ulasannya sangat bagus, oh ya apakah aplikasi cloud x ini hanya bisa dipakai untuk pengguna telkomsel saja? lalu, untuk durasi tanpa putusan yang di sebutkan diatas cukup lama, itu berapa jam ya ka? makasi infonya

Reply Delete
Avatar
Rotun DF 11/01/21 20.36

Aku sempat diajakin Mba Tya (Beauty Blogger) untuk ikut online class tentang make up simple. Kelasnya pakai CloudX juga Mba. Sayangnya pas itu waktunya bentrok, jadi batal ikut deh, huhuu.

Kebetulan aku pengguna setia Telkomsel, bisa banget nih coba CoudX buat alternatif online meeting selain Zoom ya. Apalagi jaringan Telkomsel udah pasti bagus, jadi meetiing maupun webinar makin lancar.

Reply Delete
Avatar
Ani 13/01/21 10.45

kereen mba sudah bikin online class aku baru tahu ada cloudX bakal install ah lumayan banget ini buat referensi

Reply Delete