Pengalaman Membaca E-book di Gramedia Digital

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Membaca E-book di Gramedia Digital


Saya itu pembaca buku sejak kecil. Berawal dari kebiasaan membaca komik, lalu majalah dan kemudian membaca buku. Kebiasaan membaca buku dan majalah hingga kini masih saya lakukan. Namun dengan berkembangnya waktu, sekarang muncul e-book atau buku elektronik. Pas muncul e-book, saya tak mudah untuk menikmati membacanya.

Tapi saat kuliah, saya mau tak mau lebih banyak e-book karena banyak e-book luar negeri yang bisa dijadikan bahan materi tesis. Belum lagi jurnal-jurnal yang lebih banyak ditampilkan melalui e-book. Mau tak mau, saya harus mencoba nyaman membaca e-book.



Satu sisi, saya masih belum menikmati membaca e-book untuk bacaan pribadi. Saya lebih senang membeli buku kemudian merobek plastik pembungkus buku dan membaca helai demi helai bukunya. Tapi suatu saat saya berkenalan dengan e-book Gramedia Digital.

Awalnya saya mengira tampilan e-book Gramedia Digital tak nyaman. Tapi perkiraan saya keliru. Saya lupa pertama kali tahu tentang e-book Gramedia Digital dari mana. Kalau tak salah saat tahu ada flash sale voucher Gramedia Digital di Shopee.

Seingat saya waktu itu voucher Gramedia Digital untuk non fiction dijual dari harga Rp 49 ribu per bulan menjadi hanya Rp 18 ribu per bulan. Saya pun tertarik dan langsung membeli voucher Gramedia Digital di Shoppe dan mengikuti tata cara pemasangan voucher sesuai instruksi. Saya lampirkan di bawah ini instruksi pemasangan voucher Gramedia Digital jika membeli melalui Shopee.

Sebetulnya membeli voucher Gramedia Digital juga bisa langsung melalui aplikasi Gramedia Digital. Dan selain itu ada beberapa cara pembayaran yang bisa dibeli jika membeli di aplikasi Gramedia Digital.

Mudahnya Membaca E-book di Gramedia Digital

Cara membaca e-book di Gramedia Digital mudah banget. Pertama-tama harus membeli paket e-book yang diingininkan. Apalagi mau yang fiksi, non fiksi atau paket lengkap premium. Seringnya saya membeli yang salah satu saja dan paling sering beli paket bacaan fiksi premium Gramedia Digital.

Nah setelah membeli paket premium Gramedia Digital, kita bisa memilih buku-buku mana saja yang akan dibaca. Saking senangnya dengan banyaknya pilihan di Gramedia Digital, saya cenderung langsung unduh buku yang menurut saya menarik. Bahkan untuk tampilan judul buku yang menarik pun langsung saya unduh. Saya memilih untuk mengunduh beberapa buku sekaligus untuk memudahkan. Jadi tak perlu setiap kali mau baca, unduh buku.




Tampilan e-book di Gramedia Digital sama dengan tampilan buku secara fisik. Mulai dari lembaran demi lembarannya, penataannya dan lainnya. Huruf-hurupnya pun nyaman dibaca. Bagi yang suka huruf gede, tampilannya bisa diperbesar biar lebih memudahkan untuk membaca.

Apa keuntungan membaca e-book di Gramedia Digital? Pertama, e-book yang ada di Gramedia Digital adalah asli dan bukan hasil pembajakan. Penting banget ini menurut saya. Kedua, e-book yang ditampilkan adalah e-book terbitan terbaru. Jadi tidak semuanya dari buku-buku lama.

Pertanyaan berikutnya, apakah semua e-book di Gramedia Digital bisa di unduh ? Jawabannya tidak. Walaupun kita beli paket premium fiksi, tapi ada e-book yang juga tetap tak bisa di unduh. Saya tak tahu persis alasannya. Tapi mungkin ada ketentuan tertentu mana yang bisa di unduh dan mana yang tak bisa di unduh.

Dengan adanya e-book di Gramedia Digital ini memudahkan saya untuk membaca selama perjalanan ke kantor ataupun pulang ke rumah. Selain itu juga harga langganan sebulan untuk e-book di Gramedia Digital pun lebih terjangkau.

Dengan adanya e-book Gramedia Digital ini membantu saya untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang banyak hal. Selain itu, selama pandemi selama masih banyak di rumah, membaca e-book ini tentunya sangat membantu.

Ada yang sudah membaca e-book di Gramedia Digital ?

 

 

 

 

 

 

16 komentar

Avatar
Nurul Sufitri 06/01/21 21.05

Wah, daku belum pernah baca e-book di Gramedia Digital tuh. Belum pernah lihat2 atau baca buku secara online sih, boasa buku fisik hehehe. Tapi sekarang malah jadi panasaran kayak apa sih keseruannya kayak mbak Al rasakan... di perjalanan kita juga bisa baca buku favorit dong ya.

Reply Delete
Avatar
Lia The Dreamer 09/01/21 18.25

Hi Kak Alida, salam kenal 😁

Aku termasuk tim yang bersyukur sekali dengan adanya Gramedia Digital karena lewat aplikasi ini minat bacaku melesat tinggi 🤣. Point kedua yang Kakak sebutkan itu adalah salah satu alasan kenapa aku langganan Gramedia Digital sampai saat ini. Buku-bukunya selalu update, bahkan ada beberapa buku yang rilis versi digital terlebih dahulu dibanding fisik. Betapa kita dimanjakan dengan kemajuan teknologi yang ada, bukan? 😁
Semoga app Gramedia Digital bisa berkembang menjadi lebih baik kedepannya ya, Kak 🙏🏻

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 09/01/21 19.42

Hai mba. Iya bener banget. Sampe aku kalap mau baca apa aja karena banyak yang bagus :)

Reply Delete
Avatar
Indah Riadiani 10/01/21 15.33

Mba, kalo ebook yg bisa diunduh di gramedia digital itu apa bisa dipindah ke kindle? Hehee maklum baru hijrah ke buku digital nih

Reply Delete
Avatar
Siti Faridah 10/01/21 15.48

Aku belum pernah baca e-book di Gramedia digital. Soalnya aku lebih suka baca e-book di aplikasi perpustakaan digital iPusnas dan iJakarta.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 10/01/21 17.58

Aku blum pernaaaahhh, tapi mupeng bngt mbaaa
karena memang se-praktis dan se-gampil itu yahh
namanya Kompas Gramedia Books selaluuu ada terobosan yg menarik ya Mba
Keceee!

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta 10/01/21 18.01

Saya udah beli 2 e-book di gramedia digital, tapi belum kelar bacanya

Reply Delete
Avatar
Anak Astin Astanti 10/01/21 20.44

Aku baru tahu Mbak. Pas banget nih di masa pandemi gini. Buat yang ada kendala untuk keluar ke Gramedia, bisa menjadi solusi ya. Makasih banyak infonya, nanti aku coba install ya.

Reply Delete
Avatar
Ida 11/01/21 15.16

Wah ini yang diceritain si sulung anakku, dia udah sering baca di gramedia digital, sudah jadi membernya....aku belum nih, masih suka bentrok dgn banyak hal ..hehe

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 11/01/21 15.38

Saya juga baru tau klo ada ebook gramedia, sering membaca e-book novel yang emang penasaran mau dibaca, thanks for your info

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 11/01/21 22.43

Aku pernah mbak baca buku di Gramedia Digital, waktu itu lagi ada tugas bikin tulisan ttg daur ulang sampah. Ditengah pandemi nggak bisa kemana-mana untuknya ada Gramedia Digital, beli ebook disitu.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 12/01/21 04.10

aku suka baca Gramedia Digital, mbak. Langganan yang full service-nya jadi bisa cari referensi buku parenting. Kalau anakku bagian baca majalah Bobo.

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 12/01/21 09.35

Aku juga pernah coba yang free trial. emang enak sih baca ebook gramedia. pilihan bukunya juga banyak... hurufnya juga jelas.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 12/01/21 10.03

Waaah makasih infonya Mbak aku pembeli setia buku di Gramedia. Sekarang lagi malas kalau pergi ke toko bukunya. Alhamdulillah ada Gramedia digital.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 12/01/21 10.58

Baca e-book tuh praktis banget tinggal buka gadget kita, dimana pun dan kapan pun bisa baca tanpa nenteng-nenteng buku yes, terus kalau mau lebih banyak buku yang di unduh tinggal kepremium aja.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 12/01/21 11.29

Iya, sayangnya buku-buku novel berbahasa inggris (versi asli) gak bisa diunduh.
Tapi ini sudah banyaaak banget koleksinya.
Salut untuk Gramedia Digital.

Reply Delete