Cara Mudah Masak Kari Jepang dengan House Kari ala Jepang di Rumah

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Mudah Masak Kari Jepang dengan House Kari ala Jepang di Rumah

Saya sekeluarga suka makanan berempah. Termasuk masakan kari ala India. Saya bahkan terbiasa masak-masakan kari karena rasanya selalu pas di lidah saya. Tapi suatu hari  suami saya cerita kalau dia mencoba kari Jepang rekomendasi temannya. Dan suami saya suka. Saya pernah beberapa kali makan kari Jepang tapi jujur belum pernah mencoba masak sendiri  kari jepang di rumah untuk keluarga.  


Rasa penasaran ini kemudian membuat saya mencari informasi lebih banyak tentang kari Jepang. Teryata kari Jepang termasuk hidangan yang populer. Berdasarkan artikel yang saya baca, orang Jepang rata-rata makan kari Jepang sebanyak 76 kali dalam setahun. Jadi dalam seminggu, orang Jepang makan 1-2 kali. 





Namun kari Jepang berbeda dengan kari India. Kari Jepang ini disajikan di atas nasi putih dan cenderung berkuah kental. Nah kari Jepang ini berisi daging ayam atau daging sapi. Sedangkan kari India kuahnya lebih encer dan tidak menggunakan tepung seperti halnya pada kari Jepang. 


Demo Memasak Kari Jepang 

Sabtu sore, tepatnya tanggal 19 Desember 2020, saya mengikuti demo masak kari Jepang yang diadakan oleh House of Kari. Saat demo masak yang disajikan melalui instagram live itu, saya jadi belajar cara memasak kari Jepang oleh Chef Putri Habibie. 


Ngomong-ngomong soal Chef Putri Habibie, ini kedua kali saya mengikuti demo masaknya. Pertama ya sebelum pandemi dan kedua ya saat Sabtu sore itu. Satu hal yang pasti, menu-menu makanan yang dibuat oleh Chef Putri selalu mudah dibuat dan rasanya enak. 


Nah, saat demo masak di instagram, Chef Putri memasak Curry Taco ala Dapur Kari ala Jepang.  Menu ini, kata Chef Putri akan menjadi salah satu menu masak yang akan disajikan di akhir tahun saat berkumpul bersama keluarga tercinta. Jadi, walaupun di rumahs aja tapi masih dapat menyajikan menu makanan enak tapi praktis bersama keluarga. 


“Saya suka kari Jepang ini karena rasanya enak dan praktis tanpa ribet,” kata Chef Putri. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah diperoleh. 


Resep Japanese Curry Taco ala Dapur Kari 

by : Chef Putri Habibie 


Bahan-bahan yang dibutuhkan : 

House Curry 

Air 

1 Bawang bombay diiris kotak-kotak kecil 

1 wortel dipotong kecil-kecil

350 daging sapi secukupnya 

Soft taco/taco shell siap pakai 

Selada secukuonya yang diiris 


Cara membuatnya : 

Tumis wortel dan bawang bombay hingga harum. Kemudian masukkan daging hingga berwarna kecoklatan. Lalu tuangkan air dan aduk hingga mendidih. Matikan air dan kemudian masukkan curry block, aduk hingga larut dan mengental. Sajikan dengan taco shell dan selada. Japanese Curry Taco ala Dapur Kari pun siap untuk dinikmati.  


Keunggulan Utama House of Kari 

Teman-teman mungkin penasaran tentang House of Kari pasti ingin tahu keunggulan House of Kari yang digunakan Chef Putri Habibie. Bumbu kari ini berbentuk saus padat atau curry roux. Tidak seperti kari Thailand atau India, kari ala jepang ini dibuat menggunakan roux kari. Roux kari adalah campuran tepung, lemak dan minyak, campuran rempah-rempah dan bumbu yang dimasak kemudian setelah itu didinginkan hingga padat. Roux adalah istilah memasak dari bahasa Perancis yang memasukkan campuran tepung yang ditumis dengan lemak dan atau minyak untuk mengentalkan sup. 


Takahiro Kuramochi, President Director PT House and Vox Indonesia mengatakan, rasa kari Jepang sangat enak. “Kari ini cocok dengan lidah orang Indonesia,” katanya. 


Tetsufumi mengatakan House of Kari adalah bumbu kari yang praktis sehingga memasak menjadi lebih mudah tapi juga enak. Tetsufumi mengatakan bahwa kari ini halal dan sudah ada sejak tahun 2016. 


Tepat pada tanggal 22 Desember 2020, House Kari ala Jepang menghadirkan produk dengan varian rasa spicy yang pas untuk penggemar masakan pedas. Buat saya yang penggemar masakan pedas tentunya senang dengan adanya varian baru House Kari ala Jepang ini. 


Ada tiga keunggulan House Kari ala Jepang yakni  : 


Halal dan Aman dikonsumsi 

Tak perlu kuatir dengan kehalalan House Kari ala Jepang karena House Kari ala Jepang ini sudah tersertifikasi halal. Ini terlihat dari label halal dengan logo MUI. Selain itu, House ala Jepang ini juga telah tersertifikasi BPOM RI. 


Porsi Banyak 

Satu pak House Kari ala Jepang bisa untuk 16 porsi. Bayangkan, beli satu saja tapi bisa untuk 16 porsi. Menurut saya ini lebih murah dan tentunya menguntungkan. Jadi kalau mau masak, langsung ambil sepotong di dalam kemasannya seberat total 300 gram. 


Mudah Memasaknya 

Kalau mau yang praktis, masak House of Kari ini gampang banget. Bahkan terlalu gampang. Bayangkan saja, tak perlu menambahkan saos apapun, hanya bumbu ini saja, rasa karinya terasa banget! Ini tentunya juga lebih praktis.   


Oh ya, saus kari ini memiliki karakteristik yang hampir sama seperti cokelat karena kandugan lemak dan kandungan lemak dalam minyak di dalamnya bisa meleleh dan menjadi lembek akibat panas. Jadi sebaiknya tidak menyimpan roux kari di tempat yang panas atau terkena sinar matahri langsung. Nah setelah lapisan tipis untuk roux kari dibuka, sebaiknya dimasukkan ke wadah kedap udara atau dibungkus rapi dan disimpan di kulkas agar terjaga kualitasnya. Selain itu, roux kari yang telah dibuka tidak disimpan dalam kulkas dalam waktu lebih dari tiga bulan. 


Memasak Kari Jepang di Rumah

Setelah menonton live instagram di akun instagram @dapurkarialajepang, saya penasaran untuk mencoba memasak ulang (recook) menu masakan yang di masak Chef Putri. Kebetulan saya memasaknya pada sore hari ketika libur kerja. 


Waktu itu saya ingin memasak snack sore untuk anak. Sebetulnya saya ingin memasak persis seperti yang dimasak oleh Chef Putri tapi apa daya saya tak ada soft taco. Sebagai gantinya, saya menggunakan roti tawar. 


Bahan-bahan yang dibutuhkan lainnya pun kebetuan tersedia di rumah yakni bawang bombay, selada, wortel dan potongan dada ayam. Jadi saya tak perlu keluar rumah lagi untuk mencoba memasak resep kari ala Jepang. 


Cara memasaknya teryata beneran gampang. Pertama-tama saya iris tipis bawang bombay dan tumis serta wortel. Potongan wortel saya agak sedikit besar dan saya iris tipis miring. Setelah agak lunak, saya masukkan potongan dada ayam tanpa tulang. 




Saya sengaja potongan dada agak gede jadi pas di gigit jadi lebih berasa dibandingkan jika pakai potongan ayam yang terlalu kecil. Setelah itu, saya pindahkan ke panci kecil dan tambahkan air. Nah setelah itu saya masukkan potongan House Kari ala Jepang. 


Awalnya saya mengira potongan House of Kari ala Jepang ini akan agak sulit untuk larut. Teryata dugaan saya keliru. Hanya sebentar saja, potingan House of Kari ala Jepang ini larut bersama air.  Dan semakin mengental. Saran saya ini dimasak dengan api kecil dan terus diaduk. 


Sambil menganduk, tercium aroma kari yang benar-benar wangi. Anak saya yang di kamar saja langsung keluar ke dapur dan berkata bahwa masakan karinya sungguj menggoda. Setelah agak sedikit hangat, saya ambil selembar roti tawar dan saya olesin daun selada. 


Setelah itu di atas daun selada saya taruh bahan makanan yang telah saya olah. Kemudian biar makin pedas, saya tambahkan saus sambal juga. Anak saya langsung tak menolak saat saya menawarkan menu makanan yang saya buat. 


“Enak banget, ummi,” kata anak saya. Dan memang beneran enak!  Mulai dari menyiapkan bahan hingga masakan jadi, total dibutuhkan waktu kurang dari 20 menit. Cepat banget kan? 

Rencananya saya akan memasak menu kari ala Jepang ini saat libur akhir tahun. Karena tidak kemana-mana dan hanya di rumah saja, pilihan masak dan makan kari ala Jepang adalah pilihan terbaik. 




65 komentar

Avatar
Dana Anjani 23/12/20, 13.22

Seems tempting ya mbak.
Kalau kari Jepang, aku cuma pernah coba curry udon di restoran franchise Jepang gitu, dan rasanya emang beda banget dari kari India.
Anyway, kalau pakai House ini, apakah masih perlu taburan rempah lagi kah? Karena takutnya rasanya jadi terlalu strong.

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 23/12/20, 15.05

masaknya cepet, abisnya cepet juga yaa kalo pake bumbu house kari ala jepang.
enak enak enakkk

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 23/12/20, 15.19

wah enak banget nih keliatannya. bikin kari jepang sekarang mudah yaa dengan adanya House of kari ini. jadi poengen nyobain jg deh

Reply Delete
Avatar
Rey - reyneraea.com 23/12/20, 16.07

Wuihhh lezat gurih nih Mba, bikinnya juga lebih mudah ya, kari sebenarnya bukan favorit banget sih buat kami, tapi kalau karinya enak, seketika jadi favorit hihihi.

Terlebih kari Jepang kayak gini, rasanya udah lah simple, cepat pula masaknya :)

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 23/12/20, 17.06

aku suka kari jepang mba, biasanya aku masak bareng katsu hehee anakku doyan karena ada kriuk2nya dan kari jepang tu bumbu karinya nggak nyengat kayak kari india

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 24/12/20, 20.58

wah kreatif juga sih ini
Biasanya nasi pake kari, kalo katsu dikasih kuah kari kayaknya enak juga yah, jadi pengen cobain bikin juga hehe

Reply Delete
Avatar
Dessy Achieriny 23/12/20, 17.16

Aku termasuk yang sering masak kari mbak, suamiku apalagi darah Melayu seneng yang bersanten. Biasanya pake bumbu kari instant juga, cuma belum coba yang House Carry ini.

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 23/12/20, 17.20

oh ya selain itu juga saya biasanya bikin jadi kuah udon, tapi untuk jadi semacam sandwich gini belum pernah, thanks idenya mbak :) aku mau coba kapan2

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 23/12/20, 20.15

baru aja nyobain bikin di rumah, pakai resep dan bahan yang hampir mirip dari Putri Habibie. Alhamdulillah anak dan suamik bilang enak, kebetulan Darell ulangtahun juga hari ini heheh jadi berasa spesial aja masakan menu yang gak biasa

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 23/12/20, 20.44

Wah, jadi semakin praktis nih bisa makan kari Jepang di rumah aja tinggal cemplung-cemplung doang yah mbaaak. Kelihatannya emang mudah dan kayaknya anak-anak bakalan suka nih

Reply Delete
Avatar
Diah Dwi Arti 23/12/20, 21.11

Oh utk resep ini dimakan pake roti kayak sandwich gitu ya. Karena ga ada soft taco kan ya. Kirain tadi disajikan dg nasi gitu.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 23/12/20, 22.00

Ini bumbu instan kari ala Jepang yang paling enak dan praktis. Sejak pertama coba udah langsung coba. Kalau kangen makanan kari Jepang ala resto, bisa bikin sendiri, ya

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 24/12/20, 14.32

Bumbu House Kari ala Jepang di rumah saya udah tinggal sedikit. Harus mulai stok lagi. Sekeluarga pada suka :D

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 23/12/20, 23.38

Kari ala jepang ini aku suka banget, karena lebih kental, ternyata pake tepung yaa, tapi berassa rempah2nyaa.
Haduduuu, lavaaaar jam segini liat , nyomot ahhh.
Btw, aku belom pernah nyobain di rumah niih , mau nyarii ahaa.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 25/12/20, 21.18

tos dulu kita teh, berarti kita harus cobain juga nih bikin di rumah dengan House Kari Ala Jepang ya.

Reply Delete
Avatar
MpoRatne 24/12/20, 00.49

House kari ala Jepang memang enak dan praktis banget .ini akan mempermudah kita membuat masakan selezat restoran

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 27/12/20, 19.16

Setuju mpoo.. orang rumahan jadi bisa masak enak dan kayak masakan restoran ya. Yuuk bikin bareng-bareng mpo.

Reply Delete
Avatar
Helena Magdalena 24/12/20, 02.56

Asik! dapet menu baru buat disajikan pas kumpul keluarga nih, momen tahun baru. Makasih Mbak, karinya beli dimana ya?

Reply Delete
Avatar
Mellisa 24/12/20, 06.37

Aku kira kalau masak kari itu ribet dan perlu waktu yang lama, ternyata ga sampe setengah jam ya. Hasilnya juga keliatan enak 😍

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 24/12/20, 08.05

Kuncinya pada bumbu karinya yang kental yaa, kak..
Serius ini enak banget.
Dan orang Jepang sangat gemar makan curry sama nasi.

Reply Delete
Avatar
Helena Magdalena 25/12/20, 04.36

Suamiku demen banget makan kari, apalagi bumbu yang kental dan sarat rempah2 gitu. mau cobain nih eksekusi

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 24/12/20, 08.53

Yeayy, jadi ada inspirasi masakan pas pergantian tahun!
Segampil itu ya mbaaa bikin makanan kari jepang.
anakku juga pasti demen nih
mau coba juga ahhh
makasiii mba

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 24/12/20, 11.44

aku penasaraaan deh mba.. soalnya aku suka kari jepang. Kalau lagi main ke Tokyo, selalu makannya ramen dan kari huahahaha. enak soalnya

Reply Delete
Avatar
Gina Nelwan 24/12/20, 19.12

Wah praktisnya yaa mba, boleh dicoba nih buat sajian natal besok nih ya coba yang beda selera Jepang

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 24/12/20, 19.22

Jadi pengin nyobain masak ini juga, tapi pake daging sapi mba. Terus dimakan sama roti maryam enak juga kalik ya meskipun tekstur rasa kari Jepang beda dengan kari India.

Reply Delete
Avatar
Ratnasari Pevensie 24/12/20, 19.33

Waah udah lama nih ga makan Kari hehe, ternyata masak House of Kari ini praktis juga yaa ga sampe 20 menit aja udah jadi

Reply Delete
Avatar
Hani S. 24/12/20, 20.50

Mbaa, aku langsung bayangin cocol roti canai ke kari Jepang ini, penasaran bangeeet. Apalagi bikinnya juga cepat ya, wah harus coba nih, Suamiku pasti suka.

Reply Delete
Avatar
Ellyzabeth 24/12/20, 21.28

Wah jadi inspirasi aku buat nanti married bikin Kari jepang ternyata ga susah caranya!

Reply Delete
Avatar
CIci Desri 24/12/20, 21.39

duh aku suka banget kak sama curry curry gitu, pas nih ada yang lezat dan praktis, bisa langsung eksekusi.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 25/12/20, 11.05

Sama mba, kebetulan aku juga suka banget tuh. Jadi pengin eksekusi juga untuk keluarga di rumah nih.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 24/12/20, 23.07

kayaknya kalo daging dicincang halus dengan dipotong dadu karinya akan berbeda ya mba? karena aku kok agak cair heheh apa karena dagingku kekecilan size nya

Reply Delete
Avatar
Ivonie 24/12/20, 23.11

aku udah pernah masak pakai bumbu ini juga mbak, kebetulan bumbu kari jepangku yg lama udah expired hihi, pas belanja cari yang ada logo halalnya dan nemu House Kari ini

Reply Delete
Avatar
Demia Kamil 24/12/20, 23.18

asik banget nih jadinya mudah dan praktis banget yaa, jadi kepo pengen cobain bikin juga deh, kebetulan banget suka sama curry jepang ehhehe

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 24/12/20, 23.48

Gleeekkkk... Jam segini baca tentang kari Jepang, jadi langsung kepengen. Langsung keingetan kalau di kulkas ada stok daging sapi, jadi pengen eksekusi besok deh bikin karinya.

Reply Delete
Avatar
Afifah 25/12/20, 00.31

Suka banget dengan Japanese curry. Rasanya khas. Enak nih bisa bikin juga di rumah. Apalagi gampang banget dan bisa jadi banyak porsinya.

Reply Delete
Avatar
Kartika Nugmalia 25/12/20, 01.11

Waah...aku fansnya Mbak Putri Habibie loh. Seneng banget kalau lihat dia masak. apalagi ini masak Kari Jepang ya. Mau nyontek juga resepnya ah.

Reply Delete
Avatar
Sri Al Hidayati 25/12/20, 03.06

Sekarang ga perlu khawatir ya kalau mau makan yang "gak biasa" salahsatunya terbantu sama bumbu kari ini. Penasaran ingin eksekusi juga

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 25/12/20, 06.19

Bumbu kari jepang ini memang juaraa ya mba.. soanya enak, kental dan makan dengan apa aja enaaak hehehe

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 25/12/20, 20.03

Mauu ah aku coba.. cari bumbunya dan langsung eksekusi haa

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 25/12/20, 08.25

Waaa mba Lidba bikin aku ngiler. Kangen makan kari dengan kuah yang luar biasa kenta. Enak banget pastinya. Dulu pas di Hongkong aku sering banget masak kari, soalnya keluarga majikan suka banget.

Reply Delete
Avatar
Armita 25/12/20, 10.42

Waaa suka banget sama kari, cobain ah pakai bumbu kari ini

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 25/12/20, 10.50

Untuk makan bersama keluarga besar, masak kari menggunakan bumbu instan begini, enak banget yaa...kak.
Menu kari memang terbaiik~

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 25/12/20, 10.57

Penasaran aku mbak dengan bumbu kari ini, soalnya suamiku suka banget aneka kari hehe

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari 25/12/20, 12.34

Aku nyetok bumbu karinya juga mbak, sangat praktis deh buat dibikin masakan. Biasanya aku masak kari tradisional sih blm pernah dibikin masakan lain. Nanti coba aku tiru deh resep taconya, eh pakai roti ta enak juga ya ternyata?

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 25/12/20, 14.36

Wah, 1 pak House Kari ala Jepang bisa buat 16 porsi? BOleh juga dicoba nih. AKu kan belum pernah trus baca ini jadi ngeces hihihi :) Bisa daging sai, daging aya, atau kambing nih kapan2 aku masak ah sepertinya praktis banget.

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 26/12/20, 01.16

wah asiik bumbu kari baruuu, lumayan nih untuk stok karena jelang liburan gini aku banyak stok bumbu jadi wkwk

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara 26/12/20, 09.46

Cara masaknya gampang ya. Saya belum pernah ngerasaan kari ala jepang gini. kalau kari india pernah, tapi kurang cocok di lidah saya, rempahnya tertalu tajam menurut saya.

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 26/12/20, 15.00

Wah, ini lumayan banget ya mbk. Satu pak bisa jadi banyak banget, sampai 16 porsi lho.. Praktis pula sepertinya, pingin nyoba resepnya

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 26/12/20, 15.36

Kuah kari ini yang biasanya bikin makan nambah terus. Btw kari India sudah biasa kalau kari Jepang duh belum pernah merasakan sama sekali. Jadi penasaran.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 26/12/20, 15.39

Jadi praktis masaknya ya semoga saja ada di minimarket terdekat

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 26/12/20, 18.21

Jadi ingin masak kari Jepang juga, deh! Kayaknya masaknya gampang ya, mbak, 20 menitan aja langsung jadi.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 26/12/20, 18.45

wah klo ada House Kari ini kita bisa bikin kari jepang sendiri di rumah
pas bgt saat pandemi, nggak perlu repot repot ke restoran jepang lagi

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 26/12/20, 19.25

Produk House of Kari bisa diperoleh dimana, kak Alida?
Aku jadi pengen makan kari kalau masaknya semudah dan sesimple ini.
Hihii~
Asik yaah...makan kari di saat hujan turun.

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 26/12/20, 19.57

Asik banget ini mencoba masakan baru apalagi kari dengan rasa Jepang

Reply Delete
Avatar
Sumarti 26/12/20, 20.01

aku sebagai buibu mageran, selalu suka dengan info beginian nyiahahaha, pokonya prinsipku "Klo ada yang mudah kenapa nyari yang sulit, termasuk soal masakan" klo ada bumbu kari praktis begini, maka otomatis aku gak akan nyari atau bikin yang ribet, next mau nyari di ecommerce lah buat stok

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis 26/12/20, 20.41

Tanpa santan ya mba? Bentuknya padat bisa disimpan di lemari es. Pas nih tahun baruan bikin sate ala house Kari ala jepang aja.

Reply Delete
Avatar
Ira Guslina Duniabiza 26/12/20, 20.54

wuaaa ini bakal jadi menu kesukaan nih, dari dulu saya suka cury jepang mba, karena bumbunya mengingatkan saya pada sate padang.. hihii. beda sih ya, tapi sama-sama enak..

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita 26/12/20, 23.22

Jadi inget dulu pernah diajak masak kari sama teman mama yang dari Jepang juga deh. Tapi lupa sama rasanya hehehe.

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 27/12/20, 00.14

itu karinya bikin ngiler mak kentel banget
rasanya gimana? kayak makan bumbu curry udon gitu ga mak
pengennnnn ini tinggal bikin pula kan praktis

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 27/12/20, 04.19

Baca ini pagi-pagi belum sarapan jadi langsung lapar... Praktis banget, jadi pengen coba bikin juga... Belinya di mana ya?

Reply Delete
Avatar
Niken Nawang Sari 27/12/20, 05.40

Waaaah simple banget ya masak kari Jepang di rumah sekarang tuh. Jadi pas keadaan pandemi kayak gini tinggal stok aja kari Jepang di rumah dan ga perlu ribet keluar rumah lagi.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 27/12/20, 07.07

Aku suka juga sama kari Jepangnya dan udah nyetok. Biasanya aku sayur biasa gtu dikasi wortel dan kentang yang banyak mbak.
Enak juga disajikan dengan ditambah gorengan ebi2an itu atau katsu2an hehe

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya 30/12/20, 15.11

Hujan2 gini jadi pengen nyobain resep karinya mba, juga ini jadi lebih praktis dan cepat untuk penyajiannya ya

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 01/01/21, 07.53

Wah orang jepang makan kari sering juga ya mbak. Anyway ini harganya berapa? Kan aku juga pingin masak kari yang cepat dan rasanya enak

Reply Delete
Avatar
Sari Roti 06/02/21, 23.56

mantap makasih gan

https://bit.ly/2YRet6i
https://bit.ly/3rGeeYj
https://bit.ly/39UK8dl
https://bit.ly/3rmXx3I

Reply Delete