Situs Belajar Online untuk Membantu Anak Belajar di Rumah

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Situs Belajar Online untuk Membantu Anak Belajar di Rumah

Situs Belajar Online untuk Membantu Anak Belajar di Rumah 


Tak terasa sudah delapan bulan anak belajar di rumah. Kita tak pernah menyangka bahwa suatu saat anak akan belajar di rumah. Anak tidak belajar di sekolah, bertemu guru-guru dan teman-temannya. Saat pertama kali anak saya, Ayyas (usia 11 tahun) tahu bahwa dia harus belajar di rumah, yang terbayang adalah tak ada lagi pertemuannya dengan guru dan teman-temannya. 


Selama delapan bulan belajar di rumah, ada banyak hal-hal yang harus di adaptasi untuk kebaikan anak. Dan saya tahu ini tak mudah. Termasuk bagi saya dan suami yang juga harus bekerja ke kantor. Tapi kami sejak awal yakin bahwa ini semua pasti akan bisa kita jalani bersama, dengan komitmen bersama. 


Sumber foto : pixabay.com

Karena Ayyas sudah besar, dia sudah belajar mandiri dan tanggung jawab. Ini tentu saja sangat membantu selama proses belajar di rumah. Pada saat awal belajar di rumah kebetulan saya di rumah sehingga bisa membantu untuk mengenali sejak awal konsep belajar di rumah. 


Hal utama adalah meyakinkan bahwa bagaimanapun ini dia harus tetap belajar. Hanya saja tak di sekolah melainkan di rumah. Kebiasaan-kebiasaan baik yang selama ini dilakukan di sekolah misalnya disiplin masuk sekolah jam 7 pagi di lanjutkan dengan disiplin jam 7 pagi sudah standby di layar komputer dan mulai kegiatan dengan berdoa bersama. Setelah di lanjutkan dengan pelajaran melalui G-meet. 

Sepekan sekali biasanya guru membagikan jadwal belajar selama sepekan. Lengkap dengan jam belajar, link untuk online (jika ada) serta materi pelajaran apa yang akan di bahas. Selain itu, sehari sebelumnya, guru juga akan menyampaikan materi pelajaran keesokan harinya. 



Awal-awal, semua berjalan lancar sesuai jadwal. Tapi bulan-bulan kemudian, disiplin jam 7 pagi mulai kendor. Walaupun sudah bangun subuh untuk menunaikan ibadah shalat subuh, Ayyas tidur lagi dan akan bangun jelang jam 7 pagi. Padahal belum mandi dan sarapan sehingga saya pun agak gemes melihat polanya. Pernah juga dia komentar “Ummi, kayaknya aku nggak mau ikut pelajaran hari ini”. Makjleb! 


Pernah juga pas pelajaran akhir, dia tertidur. Pas terbangun dia kabarin saya yang waktu itu kerja di kantor. “Ummi, tadi aku ketiduran,” katanya. Saya marah? Nggak. Saya tak bisa memaksa dia harus menghadap layar komputer berjam-jam walaupun ada jam istirahatnya. 


 



Jadi kalaupun saya terkesan tak pernah ngeluh soal tingkah anak belajar di rumah itu bukan karena semua baik-baik saja tanpa ada cela sedikitpun. Tapi tetap saya merasa ini pasti ada jalan keluarnya. 


Saya sadar bahwa apa yang dia lakukan mau tak mau karena ia jenuh. Orang dewasa saja jenuh berada dalam rutinitas yang ada selama di rumah, apalagi anak-anak. Mau tak mau, saya pun berusaha agar dia tetap bersemangat untuk belajar di rumah. Saya juga berusaha untuk mentoleransi sikapnya. 


Tips Menemani Anak Belajar di Rumah 

Bekerjasama dan Berkolaborasi

Dua kata ini terdengar mudah tapi teryata sulit untuk dilaksanakan. Tapi menurut saya, ini penting untuk di sampaikan sejak awal ke anak bahwa walaupun di rumah tapi tetap belajar. Sampaikan juga kalau dulu belajar di sekolah, sekarang belajar di rumah. Cara penyampaianya tentu beda antara anak kelas 1 SD dengan anak kelas 5 SD. Kerjasama dan kolaborasi antara murid, orangtua dan anak sangat penting agar anak nyaman belajar di rumah. 


Siapkan Makanan Ringan 

Karena anak-anak dalam masa pertumbuhan dan suka ngemil, jangan lupa siapkan makanan ringan di rumah. Kalau di sekolah ada jadwal snack time jam 10 pagi. Nah jangan lupa saat jadwal istirahat pertama ingatkan anak untuk ngemil supaya lebih bersemangat. Pas jam makan siang, ingatkan anak juga untuk makan siang nasi lengkap dan lauk.  Bahkan kadang Ayyas saya suap supaya dia semangat belajar. Hehehe 


Apresiasi Usahanya

Karena kita tahu ini tak mudah, jangan lupa untuk memberikan apresiasi atas usaha anak selama belajar di rumah. Apresiasi bentuknya seperti apa ? Salah satunya melalui pelukan atau ucapankan “Bagus banget”, “Keren sekali”, “Terima kasih ya udah belajar dengan baik”. Terkesan basa-basi? Nggak. Bagaimanapun kita harus memberikan apresiasi dengan tulus apa yang telah dilakukan. 


Tempat belajar yang Nyaman 

Satu hal yang tidak boleh terlewati adalah tempat belajar yang nyaman. Kebetulan pekan lalu Ayyas minta dibelikan meja belajar. Biasanya anak-anak belajar menggunakan meja lipat karena ada keleluasaan belajar dimana saja. Tapi karena minta beli meja belajar, akhirnya kami kabulkan. Kebetulan ada point belanja yang bisa digunakan untuk beli meja belajar. Dengan adanya meja belajar, ia merasa lebih nyaman. Apalagi jika suasana kamar nyaman dan bersih membuat suasana belajar semakin menyenangkan. 





Belajar Online Melalui Situs Belajar Online 

Karena semua sekarang serba online, maka tak ada salahnya menggunakan situs belajar online. Salah satunya melalui situs belajar online Kelas Pintar. Saya mendapat informasi situs belajar online di Kelas Pintar ini melalui teman saya. Saya menyadari bahwa tak mudah mengajarkan anak belajar di rumah dan mau tak mau harus mengandalkan situs belajar online di luar sekolah. 


Mengenal Kelas Pintar, Situs Belajar Online 

Apa itu situs Kelas Pintar, situs belajar online ? Jadi, di Kelas Pintar merupakan solusi belajar online yang memudahkan anak belajar di rumah. Ada banyak kemudahan yang bisa diperoleh di Kelas Pintar untuk tiga pihak yakni : 

  • Kemudahan untuk Anak Murid 
  • Kemudahan untuk Guru 
  • Kemudahan untuk Orangtua 

Dengan belajar di Kelas Pintar, anak murid bisa mengakses berbagai variasi materi pelajaran. Ada juga berbagai tes di Kelas Pintar. Animasi-animasi pelajaran disampaikan dengan baik melalui Kelas Pintar. Guru juga dapat melakukukan aktifitas belajar secara online. Jika guru ingin memberikan tugas, project atau ujian secara online juga bisa melaui Kelas Pintar. 



Lalu bagaimana dengan orangtua? Orang tua memiliki kemudahan untuk mengawasi perkembangan belajar anak. Orangtua bisa mengawasi jadwal belajar, penyelesaian tugas dan bahkan bisa mengetahui nilai rata-rata anak untuk setiap mata pelajaran. Dengan Kelas Pintar, anak bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Bahkan ada sistem belajar terintegrasi dan semua dilakukan secara online. 


Bagaimanapun, belajar di rumah tentunya tidak mudah. Tak hanya untuk orangtua dan guru tapi terutama pada anak. Oleh karena itu sebagai orangtua kita harus berusaha agar anak bisa dengan mudah 

44 komentar

Avatar
nurul rahma 10/12/20 09.11

Aku udah ubek2 website KelasPintar ini mbaaa
super duper cocok untuk anak2.
mau yg masih kecil, ataupun udah sekolah menengah, sippp banget pakai KelasPintar.
Ngebantu ortu juga kaann

Reply Delete
Avatar
Silviana Noerita 10/12/20 15.12

Wah dapat info baru nih, makasih ya mbak.. Bisa saya rekomendasikan ke saudara-saudara yang punya anak masih sekolah.. Soalnya sering banget dapat cerita, orang tua kesusahan ngajar pelajaran sekolah anaknya sendiri.

Reply Delete
Avatar
Susi Susilawati 10/12/20 16.15

Keren.. anak saya masih kecil nih belum usia sekolah, tapi andai saya punya anak usia sekolah kayaknya mau pilih paket kelas pintar MBG, murah dan all in one gitu..apalagi ada garansi uang kembali :)

Reply Delete
Avatar
t h y a 10/12/20 16.32

aku beberapa minggu ini dititipin ponakan kelas 5 sd malah jadi pusing bin gregetan. susah banget disuruh belajar, malah rebahan dan main hp terus.. ampuunn dah..

memang kudu dibuat menyenangkan ya suasananya biar bisa ikutan belajar dari materi kelas pintar. bte, bagus tuh ada berbagai tes nya juga. bisa untuk evaluasi belajar anak.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 12/12/20 22.49

Iya mbak dimaklumin aja soalnya pasti anaknya juga udah jenuh belajar di rumah mulu dan blm ada perubahan, tanda2 pandemi kelar ya :(
Bener kudu cari cara menarik supaya anakbisa semangat lg belajar

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 10/12/20 17.01

Rencananya anak syaa mau pindah bimbelnya semester depan. Lagi cari-cari yang pas. Saya mau pertimbangkan juga Kelas Pintar ini

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 11/12/20 16.23

Kemarin ngobrol lagi ma anak saya tentang pindah ekskul. Fix deh dia juga udah mantap pindah. Mudah-mudahan kali ini dapat yang cocok.

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 10/12/20 17.34

Solusi banget situs belajar onlen saat ini, salah satunya kek Kelas pintar ini pastinya membantu orang tua buat mengawasi anaknya yang daring, mengurangi drama PJJ ya Mba Lidaa.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 10/12/20 18.17

Athifah beberapa kali juga ketidura wkwkwk. Ampun deh, ujian banget. 🤣 Btw memang perlu juga ada Kelas Pintar yang bisa membantu seperti ini.

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 11/12/20 09.52

memberikan apresiasi memang sangat penting ya Mbak, biar anak jadi lebih semangat belajarnya, apalagi kalau diberi cemilan kesukaan juga ya jadi double deh itu :D

Kelas Pintar ini komplit banget ya, bermanfaat tuk anak, orangtua juga sekolah bisa mengontrol peserta didiknya ya.

Reply Delete
Avatar
Efi Fitriyyah 11/12/20 10.08

Apresiasi usaha anak untuk belajar ini penting banget ya Mbak. 8 Bulan di rumah pastinya ada kejenuhan dan kebablasan tidur lagi abis subuh itu bukan anak aja. Aku juga abis subuh suka leyeh-leyeh ketiduran bisa sampe sejam hahaha

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 11/12/20 10.18

belajar di rumah tuh bukan cuma menyediakan materi ya mbak, tapi juga gimana kita menjelaskan dan suasananya mendukung tidak, apalagi kalau di dukung platform yang bagus kayak kelas pintar ini :)

Reply Delete
Avatar
IG: eviindrawanto 11/12/20 10.39

Orang tua dan anak juga guru memang membutuhkan alat belajar yang mumpuni ya agar proses ajar mengajar berjalan lebih smooth. Memang belajar dari rumah hal baru yang dipaksa oleh keadaan. Apa boleh buat. Semoga dengan situs belajar online seperti ini mengurangi sedikit keribetan

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 11/12/20 16.41

berbagai kemudahan belajar yang didapat saat ini justru berawal dari pjj atau kegiatan yg berpusat di rumah aja. Banyak pilihan kelas online yang bahkan gratis, sesuai kebutuhan anak

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita 11/12/20 19.01

Kelas pintar ini emang ngebantu banget ya, latihan-latihan soalnya juga asik karena sebelumnya ada metode pembelajaran yg asik buat anak

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 11/12/20 20.53

Dengan adanya kelas pintar ini, kegiatan belajar online bisa lebih mudah ya. Bisa bermanfaat dan memudahkan bagi semua

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim 11/12/20 22.00

Yeaayyy senangnyaaa ada kelas pintar, saya sebagai pendidik, bisa dapat banyak referensi soal materi pelajaran yang saya ajarkan di sekolah, Alhamdulillah. Makasih informasinya, mbak Alidaaa

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn 11/12/20 22.15

Nah, ini yang dicari. Sistem pembelajaran daring yang oke banget. Lengkap, terintegrasi, solutif, efektif, efisien dan gratis pula. Salut deh, semoga bikin semangat belajar di masa pandemi ini..

Reply Delete
Avatar
Zahra Rabbiradlia 12/12/20 07.43

Another educational startup ya mba. Ternyata ada banyak selain RG. luar biasa perkembangan startup Indonesia 😍

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 12/12/20 08.57

semacam solusi tepat untuk membantu anak belajar secara online yang dilengkapi dengan fasilitas cukup lengkap

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha (yenisovia.com) 12/12/20 09.22

Memang nggak mudah ya mba adaptasi belajar karena pandemi ini. Banyak orang tua dan anak ikut stres jadinya. Belum lagi kalau banyak tugas. Makin bosen, stres dan belajar jadi nggak menyenangkan lagi. Jadi penasaran cara belajar di kelas pintar ini gimana?

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 12/12/20 10.52

Di jaman PJJ seperti ini bantuan apapun yang bisa menolong anak - anak belajar lebih baik akan selalu bermanfaat

Reply Delete
Avatar
Kiky | riskysupriati.com 12/12/20 10.54

Beruntungnya anak yang orangtuanya mba Alida, sabar dan pengertian banget. Tiada menuntut tapi menuntun. Kayanya situs ini cocok ya buat anak-anak, dan harganya kayanya terjangkau. Terimakasihhh, artikelnya bermanfaat dan mencerahkan 👍

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 12/12/20 11.03

Walaupun di rumah nggak ada anak kecil, tapi aku sempat ngakses kelas pintar juga mba. Seru banget pembelajaran daring macam ini ya, karena jamanku dulu tidak ada.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 12/12/20 12.03

Seneng ya mba kalau ada situs belajar yang online gini. Di rumah tuh ngikutin pelajaran dari guru aja kayaknya masih kurang lho pendalamannya.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 12/12/20 12.43

Kelas Pintar, membantu anak-anak lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan di sekolah. Suka banget karena gratis. hihii~

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 12/12/20 13.29

Wah, yg ini simple nih mba. Aku baru tau sm kelas pintar ini mba. Menolong banget nih buat belajar di masa pandemi begini. Krn msh gak bs kayaknya bln januari ini masukin anak sekolah

Reply Delete
Avatar
catatansiemak 12/12/20 13.33

Wah semakin banyak nih pilihan aplikasi untuk memudahkan belajar online di masa pandemi ini.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 12/12/20 14.14

fiturnya lengkap dan saling terintegrasi, benar benar membantu anak untuk belajar di rumah ya mbak
uda gitu bisa diakese via web pula

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 12/12/20 15.13

Wah bagus nih, aku mungkin nanti pas mau PAS lagi semester berikutnya mau berlangganan. Kemarin msh beliin anak LKS2 yg diisi manual. Kalau anak kelas 2 butuhnya lbh ke kyk pelatihan soal biar makin paham jenis2 soalnya

Reply Delete
Avatar
Nanie 12/12/20 16.00

Jadi penasaran dengan sistem pembelajaran di kelas pintar. Anakku sudah tamat TK tapi ga dimasukin SD dulu karena kemarin itu banyak pertimbangan. Tapi jadinya belajarnya semau-maunya aja. 😅

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 12/12/20 17.50

Anakku yang SMP akhirnya panggil guru les Matematika Mbak karena aku nyerah nggak bisa membimbingnya, aku pengen tengok kelas pintar ini untuk adiknya yang SD..semangaat....

Reply Delete
Avatar
Shinta Shyntako 12/12/20 18.56

wah aku mau coba liat ah ini si Kelas Pintar and mau coba kalo memang cocok metode pembelajarannya sama anakku bolehlah nih buat langganan

Reply Delete
Avatar
Shinta Shyntako 12/12/20 19.13

Kelas Pintar ini aku mau cek ah, kalo anakku suka aku mau coba langganan nih lumayan membantu kita sebagai ortu untuk ajarin anak selama masih pandemi gini

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 12/12/20 19.20

suka sama konsepnya sebab bisa juga ngajuin ke pihak sekolah buat kerjasama

Reply Delete
Avatar
Lisdha 12/12/20 21.05

Mau ah lihat2 kelaspintar. Masa belajar onlen ini memang sangat menantang buat saya. harus pintar2 dan sabar mengajak anak2 belajar. Kadang lepas juga sabarnya...ups. Pengin homeskuling tapi merasa belum yakin.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 12/12/20 21.57

Kebayang deh anak-anak yang bosen banget dengan pembelajaran di rumah kalau itu itu saja ya materinya. Aku udah lihat nih mba kelas pintar dan menarik banget kemasan pembelajarannya.

Reply Delete
Avatar
Alfa Kurnia - pojokmungil.com 12/12/20 22.17

Wah sistem belajarnya disesuaikan dengan karakteristik cara belajara anak ya, Mbak? Pasti jadi lebih menyenangkan buat belajar online nih.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 12/12/20 23.21

Seneng banget ada tempat belajar yang seru dan mudah digunakan untuk orangtua. Bikin anak terbantu untuk pelajaran-pelajaran di sekolah.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 12/12/20 23.44

Menarik nih kalau mau coba cocok apa enggak belajar dengan Kelas PIntar bisa pilih satu mapel dulu dengan biaya 79ribu aja. Kalau cocok ya bisa lanjut untuk bayar setahun supaya memudahkan anak belajar.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 13/12/20 07.16

Di masa PJJ kayak sekarang, ngandelin belaja aja dari sekolah, buat anak-anak aku itu kurang cukup. Soalnya ada aja yang materi yang miss. Mungkin karena keterbatasan teknologi. Maklum di sekolah negeri. Jadinya ya, bimbel online ini jadi salah satu solusinya. Anakku yg SMA udah nyoba beberapa kelas, dan efektif.

Reply Delete
Avatar
Meykke Santoso 13/12/20 13.28

memang tempat yang nyaman itu udah kunci banget ya mbak bikin anak jadi betah sekolah atau belajar online, apalagi kalau ada website yang juga bikin belajar jadi makin mudah dan menyenangkan. Keren nih situsnya,.

Reply Delete
Avatar
indahjuli 14/12/20 05.22

Anakku yang SD dan SMK pakai situs kelas pintar ini, salah satu alternatif buat belajar. Tapi pakai voucher, belum langganan. Lumayan sih, jadi banyak wawasan belajar onlinenya.

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 14/12/20 12.52

Makanan ringan dan tempat nyaman memang penting sekali ya. Apalagi ada situs kelas pintar akan sangat membantu para wali murid. Aku coba cek situsnya ah

Reply Delete