Pengalaman Menggunakan Minyak Goreng Bekatul Oryza Grace Rice Bran Oil

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Menggunakan Minyak Goreng Bekatul Oryza Grace Rice Bran Oil



Keluarga saya penggemar makanan serba goreng-gorengan. Mulai dari ayam goreng, bakwan goreng, dadar jagung goreng apa saja mereka suka. Alhasil, saya pun selalu berusaha untuk membuat aneka makanan gorengan yang disukai oleh keluarga. Biasanya, gorengan semakin enak jika dimakan bersama saos sambal atau cabe rawit.

Karena sering dan suka makan gorengan, saya pun terpikir untuk mencari minyak goreng yang sehat untuk keluarga. Saya sempat mencari informasi dari teman saya ketika dia menggatakan bahwa ada Rice Bran Oil yang sehat. Jujur, pas mendengar nama Rice Bran Oil saya masih kurang ngeh. Tapi pas tahu minyak bekatul, saya jadi ingat kata bekatul. Bukankah itu makanan ternak ?



Bekatul memiliki beberapa manfaat yakni :
  • Omega 3 Fatty Acids, Omega 6 Fatty Acids dan Oleic Acid.
  • Vitamin E complex (Gamma Oryzanol, Tocopherol &Tocotrienol;), yang merupakan anti-oksidan kuat, anti penuaan dini dan pelawan radikal bebas.
  • Vitamin B complex (B1, B2, B3, B5, B6, B15)
  • Vitamin B15 (Pangamic Acid) berkhasiat menaikan daya metabolisme tubuh.


Yap, selama ini bekatul selalu identik dengan makanan ternak. Padahal bekatul ketika diolah menjadi minyak maka akan menjadi minyak yang menyehatkan. Minyak bekatul atau minyak dedak ini terbuat dari serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi. Dan ini tentu saja adalah minyak goreng sehat.

Berkenalan dengan Oryza Grace Rice Bran Oil

Pekan lalu saat belanja bulanan, saya langsung membeli Oryza Grace Rice Bran Oil untuk dicoba di rumah. Saya mencoba Oryza Grace Bran Oil yang satu liter. Harganya  Rp 79.900. Oryza Grace Rice Bran Oil ini hanya dua ukuran saja yakni satu liter dan lima liter. Untuk Oryza Grace Rice Bran Oil lima liter seharga Rp 377.900.  

Memang sih harganya lebih mahal dibandingkan minyak goreng lainnya. Tapi Oryza Grace Rice Bran Oil ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yakni :

Melezatkan Masakan

Memasak dengan Oryza Grace Rice Bran Oil membuat masakan menjadi lebih sehat dan nikmat. Minyak goreng ini memiliki cita rasa yang enak. Dengan menggunakan Oryza Grace Rice Bran Oil, gorengan maupun tumisan akan menjadi semakin lezat. Selain itu juga renyah dan gurih. Selain itu, Oryza Grace Rice Bran Oil ini cocok dan aman untuk menggoreng (deep frying), menumis, memanggang, salad dressing dan berbagai cara penyajian lainnya. 


Hasil masakan dengan Oryza Grace Rice Bran Oil 

Baik untuk Kesehatan

Minyak goreng dari ekstrak bekatul padi, rendah lemak jenuh, tahan panas tinggi (hingga 254'c) sehingga lemak baiknya tidak berubah menjadi lemak berbahaya saat proses penggorengan berlangsung. Oryza Grace' Rice Bran Oil aman dipergunakan untuk menggoreng pada suhu tinggi tanpa khawatir kadar kolesterol dalam darah meningkat, sebab rice bran oil memiliki titik asap (smoke point) sangat tinggi yaitu 254°C. Ini adalah titik asap yang paling tinggi di antara semua jenis minyak goreng. Dengan 'Oryza Grace' Rice Bran Oil kita bisa menikmati makanan gorengan, tanpa khawatir kolesterol meningkat dan kesehatan jantung tetap terjaga.

Tidak Menyebabkan Batuk  

Siapa yang habis makan gorengan trus batuk? Kalau teman-teman batuk setiap kali makan gorengan, harus mencoba Oryza Grace Rice Bran Oil ini karena tidak menyebabkan batuk. Kok bisa ? Jadi begini.  Titik asap atau tingkat ketahanan panas adalah batas ketahanan minyak goreng terhadap panasnya wajan penggorengan yang bisa mencapai 220°C. Bila titik asap suatu minyak goreng lebih rendah dari suhu wajan, maka minyak goreng itu akan berasap, menandakan bahwa kandungan lemak baik di dalam minyak tersebut rusak total menjadi lemak jahat (saturated fat) yang bila masuk ke dalam tubuh kita akan berubah menjadi kolesterol LDL (kolesterol jahat)

Berasapnya minyak goreng pada saat penggorengan berlangsung juga menandakan bahwa saat itu terbentuk suatu zat bernama akrolein yang banyak merugikan kesehatan antara lain menimbulkan batuk ketika gorengan dikonsumsi.

Resep Masak Ikan Dori Panggang Sambal Dabu-Dabu menggunakan Oryza Grace Bran Oil


Saya menggunakan Oryza Grace Rice Bran Oil untuk memasak ikan dori panggang bambu dabu-dabu saat libur di akhir bulan April 2019. Ikan dori merupakan ikan kesukaan keluarga saya. Apalagi Ayyas, anak saya yang setiap kali makan ikan dori selalu lahap. Jika selama ikan dori selalu dimasak kering pakai tepung, kali ini saya memasak ikan dori dipanggang.


Bahan-bahan ikan dori panggang sambal dabu-dabu 

Sambalnya saya pakai sambal dabu-dabu. Di Ambon, sambal dabu-dabu lebih terkenal dengan nama colo-colo. Colo-colo itu bahasa Ambon yang berasal dari kata celup. Ini karena sambal dabu-dabu dikonsumsi dengan cara mencelup lauk di sambal. Resep ini mudah sekali di cari dan bahan-bahanya pun tak banyak. Penasaran?

 
Ikan Dori Panggang Sambal Dabu-Dabu


Bahan-bahan :
  • Ikan dori
  • Garam
  • Merica
  • Oryza Grace Rice Bran Oil


Sambal Dabu-Dabu
  • Bawang merah iris tipis-tipis
  • Cabe rawit
  • Jeruk
  • Tomat
  • Kemangi
  • Oryza Grace Rice Bran Oil
  • Garam
  • Gula
  •  


Cara Membuat :
Pertama-tama, ikan dori dilumuri garam dan merica. Kemudian didiamkan sekitar 30 menit hingga bumbu meresap ke ikan dori.

Tuang Oryza Grace Rice Bran Oil di wajan dan biarkan hingga panas. Sedikit saja tidak usah sampai ikan terendam. Masukkan ikan dori dan panggang hingga ikan dori berwarna agak kecoklat-coklatan. Setelah itu, angkat dan sajikan.


Jangan lupa memasukkan Oryza Grace Rice Bran Oil 

Potong bahan-bahan sambal sabu-sabu, lalu masukkan juga garam, gula dan juga tuang minyak goreng Oryza Grace Rice Bran Oil. Tuang sisa minyak bekas panggang ikan ke dalam sambal dabu-dabu. Campur hingga rata dan siap disajikan.  


Add caption


Memasak menggunakan minyak goreng Oryza Grace Rice Bran Oil membuat ikan dori panggang sambal dabu-dabu sangat lezat. Sekeluarga pun suka dan lahap menghabiskan. Teman-teman ingin tahu informasi lebih banyak ? Langsung saja ke akun media sosial Oryza Grace Rice Bran Oil di bawah ini ya ...

Website: www.oryzagrace.com 


65 comments

Avatar
Ida Tahmidah Apr 28, 2019, 8:44:00 PM

Wah saya belum pernah nyoba minyak goreng ini...pengen jg nyoba minyak goreng yg sehat...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Apr 30, 2019, 6:07:00 AM

Nyobain mba biar makin sehat :)

Reply Delete
Avatar
Anggraini Arda Apr 28, 2019, 10:44:00 PM

Minyak goreng yang sehat dan tidak menyebabkan batuk memang menjadi pilihan untuk keluarga. Memang harganya lumayan juga ya untuk 1 liter mbak, tapi lihat kualitasnya sesuai sih. Btw resepnya maknyess dan siap diaplikasikan di rumah ini hehe.

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Apr 29, 2019, 9:51:00 AM

Wow, aku malah baru tau loh minyak goreng ini. Jadi pengin nyobain, asyik deh buat goreng2an nggak bikin batuk. Ntar weekend mau cari di supermarket ah.
Btw itu bikin laper aja ikan dori pangang sambal dabu2nya :D

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Apr 29, 2019, 9:51:00 AM

Mungkin harganya rada bikin budget dapur terguncang dikiiiit, tapi kalo sebanding dgn kualitas dan faedahnya, insyaAllah cuan ya Mak :D
Apalagi sekarang penyakit degeneratif makin banyaaak, jadi kudu lebih ati2 pilih bahan makan
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Riza Firli Apr 29, 2019, 10:55:00 AM

wah minyak gorengnya lebih sehat ya buat goreng2an .. bisa di coba nih nanti ..pingin cari ahh di tokopedia

Reply Delete
Avatar
Diyanika Apr 29, 2019, 10:59:00 AM

Aku pernah baca artikel ada artis yang diet terus makannya bekatul. Agak heran. Tapi, ini baca lagi kok ada minyak goreng bekatul, aku makin percaya kalau ternyata bekatul itu memang baik ya. Iya ya harganya agak mahal, tapi kalau tidak menyebabkan batuk bisa jaditarget buruan ibuk-ibuk nih.

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com Apr 29, 2019, 12:15:00 PM

aduh ikan dorinya kok cantik sekali mba, keemasan gitu :) dan ga ada minyaknya, bebeas kolesterol ya mbak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Apr 30, 2019, 6:09:00 AM

Dan kita selalu berusaha mencari yang sehat ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati Apr 29, 2019, 12:41:00 PM

Baru tahu mb, minyak yang dibuat dari bekatul.. Ternyata lebih menyehatkan ya. Mgkn harga lebih mahal karena prosesnya lebih rumit... Tfs mb...

Reply Delete
Avatar
Linimasaade Apr 29, 2019, 12:51:00 PM

Minyak goreng sehat, harga sebanding dengan kelebihannya dari minyak goreng sebelah

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara Apr 29, 2019, 1:57:00 PM

Lucu banget ya namanya minyak oriza bekatul.. Hihi.. Awalnya bingung apa... Ternyata warnanya sama seperti minyak pada umumnya ya....

Reply Delete
Avatar
CatatanRia Apr 29, 2019, 2:04:00 PM

minyaknya menyehatkan ya mba, bagus nih buat goreng makanan anak-anak. Harganya lebih mahal dari minyak biasanya tapi memiliki kualitas dan manfaat yang lebih ya :D

Reply Delete
Avatar
Ria Nugros Apr 30, 2019, 1:58:00 PM

Jika sudah menggoreng menggunakan minyak Oryza ini gak ada rasa bersalah dan takut lagi ya mba makan gorengan :D

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti Apr 29, 2019, 3:36:00 PM

Pas banget ke sini, dapat resep dan rekomendasi minyak goreng yang aman untuk kesehatan. Suka banget nih, kalau makan yang bergoreng-goreng, minyaknya ndak ke mana-mana. Mbak lida, saya malah belum pernah mencoba menggoreng ikan dengan minyak yang gak menelenggamkan ikannya, noted banget nih saya mau buat menu ini untuk menu puasa besok. Tapi sepertinya sambal dabu dabunya skip deh untuk suami, suamiku ndak suka bawang merah diiris

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Apr 29, 2019, 6:46:00 PM

Gorengan itu memang makanan favorit sebagian besar orang.

Minyak goreng dari bekatul? Saya baru dengar nih. Iya, dari dulu mendengar nama 'bekatul' ya hanya buat untuk makan ternak ayam.

Ternyata bisa dibikin minyak dan justru lebih sehat karena tidak mengandung lemak yang jahat.

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda Apr 29, 2019, 9:29:00 PM

Walaupun harganya mahal tapi mengingat manfaatnya bagus untuk kesehatan buatku jadi worth it ya apalagi untuk menjaga kesehatan jangka panjang

Reply Delete
Avatar
Ujame Gaja Apr 29, 2019, 9:35:00 PM

Sama nih kak,Ujame juga suka banget kan ya sama gorengan, rasanya belum afdol kalo sehari gak makan gorengan. Tapi ya gimana kebanyakan makan gorengam kan gak baik juga, apalagi kalo minyaknya yang udh di pakai berkali-kali. Patut dicoba nih minyak nyaaa

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Apr 29, 2019, 9:52:00 PM

Ikan goreng + nasi hangat + sayur bening + sambal dabu-dabu (kami menyebutnya colo-colo) memang perpaduan yang pas banget. Bikin yang makan gak sadar nambah berkali-kali, hehehe :D

Dan untuk menggoreng memang kita butuh minyak goreng yang sehat yaa, Mba :)

Reply Delete
Avatar
Helena Magdalena Apr 29, 2019, 10:40:00 PM

Aku baru denger banget mbak ttg minyak ini... jadi penasaran kayak gimana, cuman harganya agak mengguncang ya hehehe

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti Apr 30, 2019, 1:36:00 AM

Bagus ya minyak goreng ini. Baru tahu bekatul ada minyaknya juga, pernah makan sih teh bekatul, memang bagus untuk kesehatan. Tentu jika tehnya saja bermanfaat, minyaknya pun lebih sehat ya.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa May 1, 2019, 8:49:00 AM

Oh aku malah baru tahu ada teh bekatul hmmmm kayak apa tuh ya...
Kalau minyak bekatul ini bagusnya tahan sampai suhu tinggi dan harganya pastinya lbh murah dibanding minyak sehat lainnya sih...

Reply Delete
Avatar
Grandys Apr 30, 2019, 7:19:00 AM

Dabu-dabu adalah sambal cocol yang selalu aku request k mamah kalo masak ikan goreng mba. Dan bener sih,bekatul dalam pikiranku itu ya buat pakan ternak, kebetulan dulu pernah nernak wkwk. Trus akrealin itulah penyebab batuk ya. Wowo nice sharing nih mbaa buat mamerku jg yg kolesterol nya tinggi

Reply Delete
Avatar
lita chan lai Apr 30, 2019, 7:31:00 AM

Minyak goreng bekatul ini kayanya pernah denger juga deh. dibuat dari sari2 bekatul ya. harganya lumayan juga sih, tapi seimbang dg manfaat yg didapat.

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti Apr 30, 2019, 7:48:00 AM

Suami tuh doyan banget makan gorengan mbak, semacam bala-bala dan teman2nya itu. Jadi emang suka agak khawatir juga sama minyak yang sering dipake.

Wah, aku juga baru tahu sih kalo bekatul bisa dibikin minya juga. Jadi penasaran pengen nyobak nih mbak.

Reply Delete
Avatar
Rotun DF Apr 30, 2019, 8:03:00 AM

Sampai sekarang orang tua selalu stok bekatul buat makanan ternak, Mba. Kok canggih banget ya bisa dijadiin minyak goreng.

Tapi kayaknya belum dijual bebas ini ya Mba?

Reply Delete
Avatar
Flo fairy Apr 30, 2019, 8:42:00 AM

terima kasih kaka infonya, aku baru tau samaa minyak goreng ini. Siang ini coba cari2 ah

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Apr 30, 2019, 8:46:00 AM

Nyaaammm enaknya makanannya mbak :D
Aku dah nyoba minyak ini mbak Al dan hasil gorengannya serenyah minyak goreng konvensional. Tapi tentu saja minyak goreng ini pastinya lebuh sehat ya buat kita. Harganya juga termasuk miring.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Apr 30, 2019, 8:58:00 AM

Aku juga masih awam nih mba soal rice bran oil ini. Ternyata bekatul bisa juga ya dijadikan minyak goreng, bahkan jauh lebih bagus dari kelapa sawit. Noted aaah untuk menjadi persenjataan masak di rumah, biar sekeluarga terjamin kesehatannya meskipun masih ingin menikmati masakan yang digoreng2

Reply Delete
Avatar
Niken Nawang Sari Apr 30, 2019, 9:01:00 AM

Saya baru tau loh Mbak kalau Bekatul bisa dibikin minyak goreng dan menyehatkan. Kalau di hypermart gitu ada jual nggak mbak?

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Apr 30, 2019, 9:24:00 AM

Hasil gorengannya cakep kak Lid..
Tapi seandainya dibiarkan aga kering lagi, aman yaa...pakai minyak goreng Rice Bran.
Karena titik panasnya terbilang tinggi.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi May 1, 2019, 6:29:00 AM

Sekarang, makanan sehat bisa diwujudkan dari rumah yaa, kak Lid..
Dengan konsumsi gorengan dari minyak sehat yang tidak berubah jadi lemak jenuh.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi May 1, 2019, 8:48:00 PM

Pas banget...
Aku juga mo masak ikan, kak Lid...
Nyontek resepnya yaa...ples pakai minyak Oryza Rice Bran.

Delete
Avatar
Mbak Nyi Apr 30, 2019, 9:28:00 AM

MasyaAllah Mba Lidh, aku jadi pengen nyoba masak itu. Sambel dabu-dabu aku baru tahu, keliatan enak banget haahah. Lapar jadinya. Aku belum pernah make minyak oryza grace ini penasaran dari kulit ari padi kan ya

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Apr 30, 2019, 10:23:00 AM

Masakannya enaaak, aku juga konsumsi bekatul tapi dalam bentuk minuman, banyak seratnya ya..bagus buat kesehatan..

Reply Delete
Avatar
Vindy Putri Apr 30, 2019, 2:55:00 PM

Iya mbak, saya juga kenalnya Bekatul itu makanan ternak. Dan saya juga suka makanan goreng²an yang gurih dan asin hihi.

Btw resepnya kok gampang sekali. Hahaha.. berati bisa ditiruuu

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut Apr 30, 2019, 4:42:00 PM

wah ternyata minyak goreng sehatnya dari bekatul. mau cari ah... makasi infonya ya

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Apr 30, 2019, 8:11:00 PM

Pernah lihat di supermarket si Oryza Grace ini cuma ku masih ragu dulu itu mau nyobanya, eh ini sudah beberapa kali aku lihat berseliweran di beberapa blog teman-teman termasuk mbak Alida. Jadi pengen juga nyobain ganti minyak ke Oryza Grace ini.

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak Apr 30, 2019, 8:39:00 PM

Ini jodohnya nasi pulen hangat, dimakan pas lapar, wow nendang banget!
Cuma ini sangat berbahaya, karena eh karena bisa bikin hasrat untuk nambah lagi, hihihi

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty Apr 30, 2019, 10:32:00 PM

Keluarga saya juga pecinta makanan gorengan, kadang suka nerasa khawatir kalau kebanyakan gorengan, tapi kalau pakai ricebrand gini dijamin sehat ya, resep ikan dorinya sungguh menggoda

Reply Delete
Avatar
Andiyani Apr 30, 2019, 10:38:00 PM

Wah, beneran ini minyak goreng Oryza Grace' Rice Bran Oil aman digunakan buat menggoreng suhu tinggi? Gils sih, titik asapnya tinggi amatan loh, 254°C

Reply Delete
Avatar
Riwenda May 1, 2019, 12:12:00 AM

Harganya lumayan ya mbak, tapi kalau dilihat dari manfaatnya nggak ada salahnya di coba minyak goreng ini

Reply Delete
Avatar
Ivonie May 1, 2019, 12:32:00 AM

Manfaat bekatul banyak juga ya mbak, setahu saya memang buat pakan ternak, bisa dibikin olahan dan sekarang ada minyaknya juga.

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita May 1, 2019, 5:36:00 AM

Aku pengen beli minyak goreng ini maju mundur, mahal soalnya. Tapi ada baiknya dicoba dulu ya supaya bisa tau tahan berapa lama. Hehehe, ngintip resep sambal dabunya ya Mba gehehe

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita May 1, 2019, 12:46:00 PM

Baru tahu banget ternyata bekatul bisa dibuat minyak. Berarti ini masuk kategori minyak nabati ya Mbak. Lemaknya gak berbahaya.

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu May 1, 2019, 5:09:00 PM

Belum coba ini merk minyak ini mba,,, mau bngt deh klo kandungan nya Aman,, jd gk khawatir klo bikin gorengan buat keluarga

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani May 1, 2019, 7:40:00 PM

Mengonsumsi makanan sehat udah jadi gaya hidup orang-orang zaman sekarang ya, Mbak. Semua ingin serba yang sehat. Tentunya minyak goreng oryza grace rice brain oil yang sehat ini bisa jadi alternatif pilihan ya ...

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad May 1, 2019, 8:51:00 PM

Aku pernah ngobrol sama salah satu dokter spesialis gizi di kantor. Minyak yang sehat dan bagus buat tubuh itu yang kalo dimasak sama api yang panas gak pecah gitu. Eh gimana ya bahasanya

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Author keluargahamsa.com May 1, 2019, 10:37:00 PM

Titik didihnya tinggi itu bukan ya? Eh kalau gak salah sih hehe :D
kayaknya kalau rice brain ini pokoknya kalau misal kita goreng tuang minyak ke wajan trus kelupaan blm masukin yg digoreng dia akan lama gosongnya, kalau gak slah sih gtu....

Reply Delete
Avatar
Nia Haryanto May 1, 2019, 9:37:00 PM

Penasaan banget dengan minyak ini. Kayaknya bikin gorengan jadi lebih sehat ya. Gak bakalan feel guilty lagi kalo makan gorengan yang digoreng pake minyak ini. Nyobain ah...

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain May 1, 2019, 10:19:00 PM

Wah ada minyak goreng yang oke punya nih. Belum pernah cobain sih, tp ada resepnya di sini mau niru aja bikin sendiri ya di rumah ahhaa

Reply Delete
Avatar
aurabiru May 1, 2019, 10:20:00 PM

Salah satu kunci ingin hidup sehat, bisa dimulai dari bahan baku untuk masakan ya mbak, minyak goreng kan salah satu pemicu lemak dalam tubuh. sekarang sudah ada minyak goreng yang bahan bakunya dari bekatul.

Reply Delete
Avatar
Keina Rahardjo May 2, 2019, 4:31:00 AM

Emang kalo mau sehat mahal ya di indonesia dan kebiasaan cara goreng orang sini yg minyaknya melimpah bikin banyak sisanya padahal ga baik kalo dipake berulang. Ini minyak goreng yg pengen aku coba setelah sunflower oil.. Kebetulan mama mertua diabet jadi minya gorengnya sebisa mungkin cari yg sehat2 gini.

Reply Delete
Avatar
diane May 2, 2019, 7:50:00 AM

hmm.. minyak bagus nih.. apalagi gak bikin batuk heheh cocok. banget buat anak2 yang suka gorengan.

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa May 2, 2019, 3:21:00 PM

Serius itu berasal dari bekatul? Wah keren banget ya inovasinya, aku langsung ngebayangin berapa banyak bahan bekatul yang diperlukan untuk jadi sebotol minyak. Kalau memang bisa mencegah batuk, aku mau beli ahh..

Reply Delete
Avatar
Ade UFi May 2, 2019, 9:07:00 PM

Saya habis baca ini langsung searching bekatul. Asli saya ga tau apa itu bekatul. Ternyata kulit gabah itu ya, Mba. Itu bisa jadi minyak dan manfaatnya banyak ya. Keren ya yg nemuin minyak bekatul nih.

Reply Delete
Avatar
Hanni Handayani May 2, 2019, 9:42:00 PM

saya suka dengar bekatul banyak manfaat untuk tubuh kita, tapi klo minyaknya mang baru dengar. jadi mo nyoba karena biar masakan jadi lebih sehat dan enak

Reply Delete
Avatar
Memez May 2, 2019, 10:55:00 PM

Bekatul memang banyak gunanya ya... eh sekarang ada dalam bentuk minyak, so pasti jauh lebih sehat yaaa.... aku membayangkannya harumnya yang khas...

Reply Delete
Avatar
Eni Martini May 6, 2019, 9:08:00 AM

Aku tertarik banget sama minyak goreng ini, pas banget lagi cari minyak goreng sehat buat MPasi Binar

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri May 21, 2019, 11:24:00 AM

Wah emang ya 1 liternya aja hampir 80 harganya. Beli yang 5 liter 377K. Tapi yakin deh ada harga ada kualitas. Rice bran oil ini banyak banget manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Ga nyangka deh dari bekatul bisa menghasilkan minyak goreng kualitas tinggi seperti ini. Kalau di minimarket dekat rumah mungkin belum tersedia ya, kudu di supermarket :)

Reply Delete