Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi Selama Bulan Puasa dengan Pepsodent Herbal

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi Selama Bulan Puasa dengan Pepsodent Herbal


Alhamdulillah, tak terasa dalam hitungan hari lagi sudah memasuki bulan puasa. Saya dan sekeluarga mohon maaf ya jika ada kesalahan kata atau perbuatan entah yang disengaja atau tidak sengaja yang saya lakukan. Saya pun tak sabar menyambut bulan puasa karena dalam bulan puasa penuh keberkahan dan terbukanya pintu-pintu ampunan oleh Allah.

Berbagai persiapan untuk menyambut bulan puasa tentunya harus disiapkan sejak dini. Menambah keimanan dan keislaman tentunya menjadi faktor utama menyambut bulan puasa. Satu hal yang tak boleh terabaikan adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi selama bulan puasa. “Emang penting?”Bagi saya, tentu saja penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi selama bulan puasa.
 
Pepsodent Herbal 

Sewaktu masih sekolah, saya ingat ada teman saya yang di tegur teman-teman lain karena saat puasa, mulutnya mengeluarkan bau tak sedap. “Ini namanya bau surga,” kata teman saya itu. Betulkah ?  Saya tak memungkiri bahwa puasa memang menyebabkan mulut mengeluarkan aroma tak sedap. Tapi bagaimanapun, kita harus berusaha menjaga kebersihan mulut dan gigi. Saya yakin, teman-teman pun setuju.

Jumat, 26 April saya menghadiri undangan dari Pepsodent bertajuk “Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019” di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Saat datang, desain ruangan yang didominasi warna hijau membuat suasana menjadi lebih nyaman dan adem.
 
Sedang asyik membagikan informasi di sosmed
Acara diawali dengan pembuatan scrap book. Jadi setiap blogger dan influencer yang datang diberikan beberapa perlengkapan seperti gunting, lem, pigura, kertas warna-warni. Nah kami kemudian diminta untuk membuat kreasi penyemangat puasa dan nantinya akan diberikan kepada anak-anak yatim piatu. Jujur karena saya kurang kreatif, hasil reasi saya terkesan apa adanya.   

 
Belajar membuat Scrap book 
Setelah menunaikan ibadah shalat magrib, acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow berjudul “Pepsodent Herbal Sahur Amal: Mulut Adem, Hati Adem”. Ada tiga narasumber yang dihadirkan yakni :
  • Distya Tarworo Endri, Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk,
  • Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc selaku Pakar kesehatan gigi dan mulut
  • Lulu Susanti, Ustadzah



Ustadzah Aini menjelaskan pentingnya menjaga diri selama bulan puasa. Dengan lancar, ia menyampaikan ayat-ayat Al Quran terkait pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi saat puasa. “Karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” kata Ustadzah Aini. Selain itu, Allah mencintai orang yang bertaubat dan membersihkan diri. Membersihkan diri salah satunya juga dengan cara menyikat gigi. Hal ini sesuai dengan hadis nabi yakni “Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya perintahkan mereka untuk gosok gigi setiap hendak shalat.” (HR. Bukhari, no. 887)

Lalu bagaimana cara lain membersihkan diri ? Yakni dengan menjaga diri dari makanan-makanan yang tidak halal. Makanan yang dikonsumsi harus halal dan toyib (baik).  Misalnya mie itu adalah makanan yang halal tapi jika telah kadarluarsa maka itu tidak toyib (baik). “Makanan yang dikonsumsi juga harus penuh berkah dan kita tidak boleh mendekati yang tidak halal.

Kumpul blogger
Satu hal lagi yakni pentingnya menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain. Sebagai umat muslim seharunya menjaga diri agar selalu mengeluarkan perkataan yang baik, mulia dan sopan. Seorang manusia dituntut untuk bisa menjalin hubungan baik dengan Allah ( hablum minallah) dan juga dengan manusia (hablum minannas). Dan di bulan puasa ini, menjaga lisan ini amat sangat penting dan jangan sampai saat puasa tidak ada apapun yang diperoleh kecuali hanya lapar dan dahaga saja.

Tips Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi Saat Puasa

Drg Ratu Mirah membahas tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi selama bulan puasa. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar mulut dan gigi selalu terjaga kebersihannya yakni 

Menyikat gigi dan lidah minimal 2 kali sehari

Sebaiknya menyikat gigi dan lidah setelah makan sahur dan sebelum tidur. Tapi saya pribadi lebih sering menyikat gigi setelah bangun tidur dan saat sebelum tidur. Teryata hal itu kurang tepat. Mengapa ? Dengan membersihkan gigi dan lidah maka sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan dan tidak dirubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan bau mulut dan karies atau gigi berlubang

Berkumur saat berwudhu

Ingat bukan berarti keasyikan kumur-kumur lalu airnya malah tertelan ya. Hihihi. Teryata, berkumur saat berwudhu bisa membantu membersihkan dan menjaga kebersihan gigi dan mulut

Memperbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa

Konsumsi air putih tetap sangat diperlukan saat bulan puasa unt  Air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi, sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi
 
Jangan lupa sikat gigi ya 

Perbanyak makan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran

Jangan lupakan konsumsi buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa. Buah dan sayur adalah pembersih gigi alami yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan, juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut

Mengkonsumsi kurma

Saya baru tahu bahwa kurma ini teryata mengandung fluoride yang bisa mencegah gigi berlubang. Kandungan gula dalam kurma termasuk golongan fruktosa, yang tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan gigi.

Ngomong-ngomong soal pasta gigi, Pepsodent Herbal bisa menjadi pilihan untuk membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi di bulan puasa. Ada dua alasan utama mengapa Pepsodent Herbal bisa membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut di bulan puasa yakni :

Mengandung bahan-bahan alami

Di Pepsodent Herbal, ada kandungan ekstrak daun sirih dengan jeruk nipis dan garam. Keduanya dipercaya bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut.

Mengembalikan kesehatan gigi dan mulut

Ada formula aktif di Pepsodent Herbal yang mampu untuk menjaga merawat gigi serta memberikan senasai dingin dan segar ke seluruh mulut.

Sikat gigi pakai Pepsodent Herbal 

Selain memberikan mulut dan hati yang adem, sebagai satu-satunya brand pasta gigi yang telah mendapatkan penghargaan Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Pepsodent (termasuk di dalamnya Pepsodent Herbal) juga menjawab kebutuhan umat muslim akan produk yang halalan thoyiban.

Program Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019

Sejak tahun 2013, Pepsodent memberikan program yang memberikan keberkahan di bulan puasa. “Program ini telah membagikan ratusan ribu paket sahur kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” ungkap Distya Tarworo Endri, Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk,



Bagaimana caranya ? Mudah banget. Untuk setiap pembelian Pepsodent Herbal 190 gr kemasan khusus Ramadhan, otomatis Rp1.000,- akan didonasikan untuk mempersiapkan paket sahur yang selama bulan Ramadhan akan didistribusikan kepada anak-anak yatim piatu. Nantinya, paket sahur akan dibagikan ke ratusan panti asuhan yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Ingin menjaga kebersihan mulut dan gigi serta mendapat keberkahan di bulan puasa? Beli Pepsodent Herbal dong. Oh ya, bagaimana cara teman-teman menjaga kebersihan mulut dan gigi ?


74 comments

Avatar
Nia Haryanto May 2, 2019, 8:53:00 AM

Ini sih salah satu varian Pepsodent favorit di rumah. Seger di mulut. Kalo lagi sariawan, nyikat gigi pake ini, cepet sembuhnya. Kudu nih nyetok buat Ramadan nanti. Biar siang-siang saat puasa pun, mulut tetep wangi dan seger ya.

Reply Delete
Avatar
Lusi May 2, 2019, 12:07:00 PM

Belum pindah ke lain hati. Masih pakai pepsodent dari dulu. Selamat menjalankan ibadah Ramadan. Semoga lancar dan diterima Allah SWT. Aamiin.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 6, 2019, 9:31:00 AM

Aamin mba. Harapanku ya begitu :)

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati May 2, 2019, 1:49:00 PM

Masalah bau mulut saat puasa kadang memang bikin ga PD. Tips dari pepsodent ini mau ah aku coba. Menyikat lidah dan banyak minum air putih. Ok, cuzz ah ke warung sebelah, beli pepsodent herbal. Kebetulan pasta gigi pas habis... Tfs mb. .

Reply Delete
Avatar
Lina sophy May 2, 2019, 2:08:00 PM

Saya pakai pepsodent herbal ini kuga udah lama, paling cocok soalnya kalau pakai yg pepsodent biasa merah putih malah jadi sariawan. Selamat bersiap menyambut ramadhan mbak, maaf lahir bathin.

Reply Delete
Avatar
Linimasaade May 2, 2019, 3:50:00 PM

Makasih mbk tips-tipsnya membantu banget bagi nanti persiapan berpuasa apalagi mulut dan gigi sangat sensitif harus dijaga tentunya

Reply Delete
Avatar
astin astanti May 2, 2019, 5:13:00 PM

Tak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan puasa. Salah satu persiapan yang sudah saya lakukan, tentunya membeli pasta gigi yang memberikan manfaat sebagai bagian dari iktiar menghilangkan bau mulut dan menjaga area mulut supaya tetap sehat. Saya suka banget pepsodent herbal loh, cantik banget ya, semua yang hadir, mengenakan dress code warna hijau

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara May 2, 2019, 7:13:00 PM

aku sudah cobain pepsodent herbal ini dirumah enak sekali pemakaiannya..

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen May 3, 2019, 4:08:00 AM

Pepsodent mah merek favorit keluarga saya sejak saya kecil, tapi untuk yang herbal saya belum pernah coba sih. Kapan-kapan coba ah biar kesehatan dan kebersihan mulut serta gigi terjaga dengan baik

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa May 3, 2019, 5:31:00 AM

Makasih mba Tipsnya.. memang suka gak PD yaa kalau bau mulut apalagi kerjaannya ngomong didepan orang banyak. Pepsodent emang pasta gigi andalan saya dan keluarga dari dulu mba.

Reply Delete
Avatar
emanuella aka nyonyamalas May 3, 2019, 9:33:00 AM

Saya pernah pakai pepsodent ini juga Mbak, rasanya unik ya di mulut, semacam ada asin asinnya :) tapi enakeun memang....

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih May 3, 2019, 9:43:00 AM

baru tau juga manfaat kurma untuk emncegah gigi berlubang. kemarin2 konsumsi kurma saat lahiran buat memperlancar persalinan, ternyata manfaatny ga cuma itu tp buat gigi juga. makin semangat deh makan kurma, enak kok menurut saya, soalnya suka ada yg ga suka kurma

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti May 4, 2019, 11:54:00 AM

Iya, baru tau manfaat kurma soal mencegah gigi berlubang ini. Taunya ya untuk buka puasa :))

Klo pasta gigi ya ingatnya Pepsodent ini, apapun jenisnya pokoknya Pepsodent ;)

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti May 3, 2019, 10:17:00 AM

Yuk beli Pepsodent Herbal untuk stock pasta gigi di bulan Ramadhan nanti. Sekalian kan bisa donasi untuk paket sahur bagi mereka yang membutuhkan.
Dari semua varian Pepsodent, aku ya paling suka yang herbal ini mba. Segernya tuh berasa enaaakkk di mulut.

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com May 3, 2019, 11:29:00 AM

aku aja yang ga puasa suka merasa mulutku bau kalau habis makan sesuatu yang merangsang enzim di dalam mulut mba :) thanks buat tipsnya, aku coba beli pepsodent ini ah lain kali

Reply Delete
Avatar
Mporatne May 3, 2019, 11:36:00 AM

Membersihkan mulut dan lidah membersihkan kotoran dan kuman dengan odol yang terbuat dari herbal. Pepsodent herbal

Jaga kebersihan mulut dan hati. Berhenti nonton gosip

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti May 3, 2019, 1:07:00 PM

ummi, aku pake pepsodent herbal loh *aku harus pengumuman* hahaha emang yah kalau bulan puasa tetap jaga mulut meski bau surga tapi kalau ga gosok gigi sih zolimin orang hahaha

Reply Delete
Avatar
(sulis) bunda raka-alya May 3, 2019, 1:38:00 PM

Makasih mba tips nya... He eh e, akupun sering bermasalah sama bau mulut. selama ini, untuk urusan gosok gigi, aku pake pepsodent juga, tp blm pernah pake yang varian baru ini. Makasih share nya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri May 3, 2019, 2:00:00 PM

kandungan herbalnya memang sangat membantu ya mba..aku juga suka pakai dan memang terasa bedanya. After tastenya enaaak :)

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati May 3, 2019, 2:37:00 PM

Aroma surga selalu jadi candaan yang enggak banget deh, hahahaa

Aku nggak pernah ganti merk kalo pasta gigi pasti Pepsodent. Kalo yg Herbal ini juga yang sering saya beli, karena suka dengan aromanya

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina May 3, 2019, 3:59:00 PM

Pas bener nih..saat puasa mulut dan hati adem dengan Pepsodent Herbal, bisa juga sekalian beramal..

Cusss ah nyetok Pepsodent Herbal :)

Reply Delete
Avatar
Luella Artistry May 3, 2019, 4:55:00 PM

Waah makasih banyak tips nya. Aku suka liat pepsodent herbal ini di mall cuma belum sempet beli aja. Jd pengen coba skrg.

Reply Delete
Avatar
Sri Al Hidayati May 3, 2019, 8:03:00 PM

Sama di rumah pun langganan sama Pepsodent Herbal ini 🙂🤗

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari May 3, 2019, 10:00:00 PM

Aku jg plg cocok sm pepsodent herbal ini mba. Entah knp rasanya paling enak aja dibanding yg lain gitu. Aplg kalo bulan puasa. Mulut segar seharian.

Reply Delete
Avatar
uchy sudhanto May 3, 2019, 11:07:00 PM

aku baru tahu kalau ternyata kurma bagus buat gigi. semoga nanti bisa istiqomah makan kurma buat buka puasa saat Ramadhan...

Reply Delete
Avatar
cicifera May 4, 2019, 12:35:00 AM

wah, makasih udah sharing tips dan event nya mba.. Alhamdulillah bisa ikut berdonasi ya mba dengan membeli pepsodent herbal ini.. seribu pun bisa berarti banyak.. gigi segar, pahala pun dapat, hehe..

Reply Delete
Avatar
Farida Pane May 4, 2019, 3:55:00 AM

Aku baru tahu juga nih kalau kurma mengandung fluoride. Tentunya dlm jumlah sedikit sehingga masih aman dikonsumsi ya.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane May 4, 2019, 10:43:00 AM

Seru bgt acaranya pake belajar scrapbook segala.
Aku jg pake nih pepsodent herbal.

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah May 4, 2019, 5:19:00 AM

Wah memang kudu ekstra perhatian dgn kesehatan.mulut dan gigi ya di bulan ramadhan tantangannya lebih dr hari2 biasa...

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti May 6, 2019, 4:53:00 PM

Iya, betul banget ya mba. Tantangannya mulai dari menjaga kesehatan mulut serta kebermanfaatan mulut, digunakan untuk mengucapkan yang baik2 saja agar tidak merusak amalan Ramadhan.

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya May 4, 2019, 5:32:00 AM

Pepsodent tu udah andalan banget sih. Yang namanya pasta gigi ya pasti belinya pepsodent. Makasih mbak tips nya, bagus bgt

Reply Delete
Avatar
Diyanika May 4, 2019, 5:38:00 AM

Pasta gigi jadi salah satu barang yang kubeli untuk persiapan bulan puasa ini, Mbak. Soalnya ya itu tadi, jangan sampai meskipun puasa, bau mulut mengganggu. Kan tengsin lagi kumpul sama teman-teman, bau mulut kowar-kowar ke mana-mana.

Reply Delete
Avatar
Lidya May 4, 2019, 6:43:00 AM

Beli pasta gigi Pepsodent untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut plus dapat pahala juga ya mbak karena otomatis ikut donasi juga bagi yang membutuhkan

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani May 4, 2019, 7:15:00 AM

Untuk penggunaan sehari-hari saya juga lebih senang dengan produk yang berbahan herbal.
Tambah senang jika saat beli produknya, juga bisa berbagi untuk sesama seperti Pepsodent Herbal ya

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak May 4, 2019, 7:28:00 AM

Acaranya seru banget. Udah gitu dekorasi ruangannya cantik banget. Ijo-ijo. Aku juga pake pepsoden herbal ini.

Reply Delete
Avatar
ade anita May 4, 2019, 7:52:00 AM

Iya sih, setelah sahur gosok gigi sebelum shalat shubuh dengan pasta gigi yang menyegarkan bawaannya tuh tetep percaya diri pas berbicara sepanjang hari

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza May 4, 2019, 8:07:00 AM

Selalu pakai pepsodent tapi belum pernah nyoba yang herbal, kayaknya abis ini ganti pakai pepsodent herbal ah, biar mulut tetap nyaman selama puasa :)

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid May 4, 2019, 8:11:00 AM

Pepsodent herbal ini memang terasa segar di mulut, Mba. Dan saat puasa memang penting banget menjaga kesehatan mulut agar aromanya gak ganggu saat ngobrol dengan orang lain :)

Reply Delete
Avatar
Mbak Nyi May 4, 2019, 8:24:00 AM

Mba Lid makasih banyak sudah diingatkan selalu
aku juga mencatata hal-hal penting di atas agar nanti puasa tetap sehat mulu
dan badan menjalankan sebulan penuh. Aamiin

Reply Delete
Avatar
Ade UFi May 4, 2019, 8:30:00 AM

Oo ini acaranya malem toh. Baru tau loh, Mba kalau kurma mengandung floride. Pantas aja jadi makanan yg disunnahkan rasulullah saat berbuka ya.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi May 4, 2019, 8:45:00 AM

Mohon maaf lahir batin juga yaa..kak Lid.
Semoga Ramadan kali ini lebih baik dari Ramadan sebelumnya.


Barakallahu fiik..
Marhaban ya Ramadan.

Jangan lupa untuk menyiapkan yang terbaik untuk menyambut bulan penuh berkah...salah satunya dengan menjaga kebersihan area mulut.
Pepsodent Herbal memang pilihan yang tepat.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto May 4, 2019, 8:56:00 AM

Wah, seru banget nih acaranya ya. Seneng deh, ternyata pasta gigi yang aku pake di rumah banyak manfaatnya. Aku sih milih ini karena bikin mulut sekeluarga jadi jarang kena sariawan. Buat puasa juga enakeun. Bikin mulut seger sepanjang hari.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa May 4, 2019, 9:34:00 AM

Bau tau kalau kurma itu kaya fluoride yang menjaga kesehatan gigi Eh tapi kurmanya kurma buah kanb? Bukan kurma manisan?

Aku juga sesekali pakai pasta gigi pepsodent herbal ini mba. Dulu anakku pas lepas pasta gigi bayi pakinya pasta gigi ini soale gak pedes.

Reply Delete
Avatar
FaridavPane May 4, 2019, 11:48:00 AM

Seru ya mbak acaranya. Sangat berfaedah dan menginspirasi. Terima kasih atas transferan ilmunya.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra May 4, 2019, 12:03:00 PM

kurma mengandung fluoride? wah beneran lho aku baru tahu tentang ini. Masya Allah, jadi tepat nih stok kurma plus Pepsodent Herbal saat bulan Ramadhan.

Reply Delete
Avatar
Esti Sulistyawan May 4, 2019, 3:44:00 PM

Masalah bau mulut waktu puasa ini yang bikin gak pede klo ketemu teman. Tapi dengan cara menyikat gigi yang tepat serta pasta gigi yang tepat pula

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka May 4, 2019, 4:39:00 PM

Seru banget si acaranya full ilmu dan fun, aku pengen belajar bikin scrapbook books deh, met berpuasa ya mak semoga berkah aamiin

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) May 4, 2019, 6:36:00 PM

Aku juga pakai Pepsodent Herbal dirumah, awalnya dulu beli iseng eh malah keterusan pakai. Mumpung lagi edisi special ini jadi senang bisa ikutan nyumbang juga.

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam May 4, 2019, 6:53:00 PM

Seru banget ya acara blogger gathering nya keluargaku dulu juga mengkonsumsi pasta gigi Pepsodent ini dan keren deh ada inovasi baru Pepsodent Herbal.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa May 4, 2019, 7:08:00 PM

Hahaha hayooo siapa yang modusnya berkumur padahal minum wkwkwkwk
Acaranya seru yaaa bertabur artis hihihi :D
Wah ada program donasinya juga ya, semoga sukses programnya aamiin

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty May 4, 2019, 7:49:00 PM

Memang suka nggak pede kalau lagi puasa takut bau mulut, tapi asal rajin merawat kesehatan mulut dan gigi, insya Allah terhindar dari bau mulut, mau ah beli pepsodent herbal sekaligus bisa beramal ya

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana May 4, 2019, 9:04:00 PM

Biarpun bau surga, tetap aja kita wajib sikat gigi ya di bulan puasa. Kalo pake Pepsodent Herbal tuh mulut jadi segeeeer. Ibadah pun lancar.

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) May 4, 2019, 9:57:00 PM

Bau mulu selama puasa selalu jadi masalah ya, kalau ada pepsident herbal ini jadinya solusi ya mba. Makin seger.

Reply Delete
Avatar
echaimutenan May 4, 2019, 10:04:00 PM

Selamaaat berpuasa mbaaaa
Pakai pepsodent herbal setiap hari biar nambah khusyuknya ramadan

Mau ke Alfamart ah beli pepsodent herbal sekalian donasi buat anak-anak

Reply Delete
Avatar
Andiyani May 4, 2019, 10:15:00 PM

Pasta gigi favoritnya anakku nih, dia bilang rasanya yang seger bikin semangat buat sikat gigi setiap hari.

Reply Delete
Avatar
nchie hanie May 5, 2019, 8:44:00 AM

Semenjak ada Pepsodent Herbal ini kupake dan keterusan, soalnya dari keluargali dulu sampe sekarang selalu pake merek ini, mba..

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti May 5, 2019, 9:39:00 AM

Tipsnya oke banget ummi Alida, Alhamdulillah sebentar lagi puasa ramadhan, tips menyegarkan mulut dan kesehatan diri penting banget.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri May 5, 2019, 12:03:00 PM

Kalau yang herbal ini rasanya memang segar.. kami juga suka pakainya mba

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana May 6, 2019, 5:23:00 AM

Habis sahur langsung bw ke sini. Alhamdulillah tadi ingat gosok gigi setelah sahur. Semoga ibadah tetap nyaman ya dengan mulut adem.

Reply Delete
Avatar
DWita May 6, 2019, 8:13:00 AM

Baru tahu juga loh aku ternyata kurma nggak berpengaruh sama kesehatan gigi, pdahal manis yaaa :D thangkyu infonya, bebas makan kurma dehh mulai besok yipyipppp

Reply Delete
Avatar
Echi Mustika May 6, 2019, 9:12:00 AM

Suka sekali dengan program-program pepsoden herbal saat Ramadhan, dan tips akan saya coba walau puasa nanti harus di surga, tetap harus di jaga saat di dunia berhadapan dgn orang

Reply Delete
Avatar
Andiyani May 6, 2019, 10:11:00 PM

Pasta gigi favoritnya anakku nih, gak terasa pedes tapi bikin seger mulut.

Reply Delete
Avatar
Riwenda May 7, 2019, 12:30:00 AM

Puasa terkadang bikin nggak pede untuk ngobrol sama orang lain, takut baunya menggangu tapi ternyata bisa di cegah yaa, dan baru tau juga kalau makan kurma itu membantu

Reply Delete
Avatar
Indira Wulandari May 7, 2019, 12:50:00 AM

Keberhasilan mulut emang jadi salah satu hal yang harus diperhatikan banget nih ketika berpuasa, biar orang sekitar tetap nyaman :)

Reply Delete
Avatar
Putri Istiana May 7, 2019, 5:39:00 AM

jujur akutuh gabisa sikat gigi setelah makan. jadi pasti setelah agi baru aku sikat gigi, boleh ga sih itu yaa? btw aku udah coba juga nih epsoden herbal hehe

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty May 7, 2019, 6:35:00 AM

Kalau lagi puasa kadang memang enggak pede dengan bau mulut, mesti ekstra perawatan, pakai pepsodent herbal, mulut pun terasa segar deh

Reply Delete
Avatar
Widya Lim May 7, 2019, 7:22:00 AM

aku selama ini udah benar sih.. Sikat gigi 2 kali sehari pas setelah sahur dan sebelum tidur, tapi pakai pasta gigi lain sih hehe

Reply Delete
Avatar
Grandys May 7, 2019, 8:22:00 AM

Selalu setia sih sama si hijau dari Pepso ini mba. Dan ak baru tau kalo kurma ada kandungan flouride nya, masya Allah. Makasih mba sharing artikelnya, dan sepertinya makanan yg sudah EXP ini juga jadi reminder ya, bikin jadi tidak toyib.

Reply Delete
Avatar
Novi Handayani May 7, 2019, 8:59:00 AM

Pepsodent herbal ini emang bagus banget untuk mencegah bau mulut dan menyegarkan mulut. Pas banget dipakai pas bulan puasa gini yaa :)

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me May 7, 2019, 9:36:00 AM

Senang banget semakin banyak pilihan pasta gigi berbahan alami natural seperti pepsodent herbal ini mba Lid, karena bakalan aman dan nyaman digunakan untuk setiap harinya :)

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti May 7, 2019, 9:43:00 AM

Penting banget ya mbak menjaga kesehatan gigi dan mulut, apalagi selama bulan puasa spt ini. Saya juga pakai pepsodent mbak Al

Reply Delete