Kelebihan Jual Beli Properti Online via 99.co Indonesia

Share:

                                                                                           
Saat pertama kali akan membeli rumah yang kini saya tempati, saya harus datang ke hampir puluhan rumah untuk mencari rumah yang tepat. Memang sih, banyak yang bilang kalau nyari rumah itu kayak nyari jodoh alias cocok-cocokan.

Dan saya pun mengalami itu. Kala itu, setiap kali pulang kerja atau libur kerja, saya dan suami berkunjung dari satu rumah ke rumah untuk mencari rumah impian kami. Kami berkeliling mulai kawasan Jakarta Selatan hingga Jatiasih, Bekasi.
 
Ilustrasi membeli properti secara Online 
Kala itu kami lebih banyak mencali informasi sial jual beli properti melalui surat kabar ataupun informasi dari rumah ke rumah. Tapi sekarang sudah makin banyak jual beli properti seperti di 99.co Indonesia.

Kini, makin banyak yang memilih untuk menjual properti online, baik dari perorangan maupun agen properti, sehingga tersedia banyak sekali pilihan bagi yang sedang mencari rumah, apartemen dan sejenisnya. Menurut survei, ada sekitar 80% penjualan rumah bekas yang dipasarkan melalui online.

Hal ini tentunya disebabkan oleh jangkauan iklan online yang lebih luas sehingga potensi penjualan pun lebih besar. Dan kecenderungannya, calon pembeli saat ini sudah tidak mau ‘ribet’ dan lebih memilih cara praktis, karena hunting properti online bisa dilakukan di mana saja. Yap, tentunya nggak ada yang ingin mengalami seperti saya saat dulu mencari rumah.

Meski begitu, transaksi properti online khususnya yang dalam kondisi bekas, atau yang dijual agen dan perorangan, tetap dilakukan secara langsung. Lagipula masih banyak yang pencari properti yang tak puas dengan hanya melihat foto dan deskripsi saja. Sehingga tetap harus cek dan survei langsung juga ke lokasi. Tapi ya kunjungan langsung itu sebetulnya lebih ingin melihat langsung kondisi di rumah tersebut. Jadinya ya calon pembeli bisa merasakan nyaman atau tidaknya jika memiliki rumah dikawasan itu.

Prospek Jualan Properti di 99.co Indonesia

Meski sebelumnya disebutkan bahwa hampir 80% rumah bekas diiklankan secara online, tapi tentunya tetap ada banyak sekali pilihan untuk pencari hunian baru, bahkan peminatnya cenderung lebih banyak. Kelebihan membeli hunian baru di antaranya adalah sistem pembayaran yang mudah, dengan DP dan cicilan ringan, bahkan tempo yang juga panjang, sehingga dirasa tidak terlalu berat.

Kehadiran situs seperti 99.co Indonesia, bisa sekaligus memperkenalkan penjualan properti secara online ke masyarakat Indonesia. Sehingga diharapkan ada pergeseresan dan pembelian properti secara konvensional ke online.
 
Jual beli rumah online
Seperti yang dilansir dari viva.co.id, Country Manager 99.co, Irvan Ariesdhana, mengatakan untuk mengubah marketplace menjadi e-commerce butuh waktu empat sampai lima tahun. Nah, kehadiran event seperti Hari Properti Nasional (Harpropnas) berguna untuk menjembatani bisnis properti online ke arah e-commerce.

Dan kehadiran situs seperti 99.co Indonesia, sebenarnya bisa memudahkan banya pihak di sektor properti. Mulai dari pihak penjual, baik perorangan atau agen yang sudah tak perlu repot lagi menawarkan brosur properti door to door.

Potensi Properti Online di 99.co Indonesia

Secara umum pejualan properti online di Indonesia sudah menunjukkan indikasi yang positif. Apalagi mengingat pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 140 juta orang, baik yang mengakses melalui ponsel maupun komputer.

Karena itu jual beli properti online via website properti seperti 99.co Indonesia bisa dibilang sangat potensial, berikut beberapa alasannya:

Lebih murah

Ini tak hanya dirasakan oleh penjual yang ditawarkan opsi untuk menjual iklan secara gratis, sehingga tidak perlu mencetak brosur dan sebagainya. Alasan ekonomis ini juga tentunya dirasakan oleh pembeli karena ini menghemat biaya transportasi sehingga meminimalisir untuk survei ke berbagai lokasi, dan tentunya hemat waktu juga.

Lebih mudah

Kemudahan ini juga dari kedua sisi, karena platform digital seperti 99.co Indonesia, memberikan berbagai kemudahan dalam menjual maupun mencari properti. Bagi yang akan menjual properti, bisa memasang iklan dengan mengikuti panduan yang bisa diisi dengan mudah, berupa keterangan kondisi, lokasi dan fasilitas properti yang ditawarkan dan sebagainya. Sementara bagi pembeli ini bisa jadi cara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan praktis, dimana terdapat fitur ‘search’ dengan filter yang bisa membuat hasil pencarian lebih spesifik. 
 
Ilustrasi mencari rumah impian
Jadi, jika ingin membeli properti online, saya sarankan untuk langsung mencari di website properti seperti 99.co Indonesia. Setelah itu, bisa langsung melakukan beberapa langkah. Pertama-tama, jangan lupa untuk melakukan survei lokasi. Setelah itu, lakukan juga cek legalitas properti untuk memastikan bahwa hunian yang diinginkan tidak bermasalah. Karena tak sedikit yang berkasus akibat membeli properti bermasalah. Jika tak ingin repot, juga bisa menggunakan jasa agen properti sehingga bisa mendapatkan properti yang terbaik.

Alasan Mengapa Harus Memilih 99.co Indonesia

Mengemas iklan yang menarik sekaligus detail

Foto terbaik bisa dipajang untuk menarik perhatian pembeli. Lalu juga ada kolom deskripsi yang sehingga bisa leluasa untuk memberikan gambaran properti yang ditawarkan. Selain itu juga bisa melihat spesifikasi produk yang sudah tersedia dan isi sesuai dengan data produk, mulai dari luas bangunan, ukuran, jumlah kamar mandi dan sebagainya, termasuk pencantuman nomor kontak.

Memanfaatkan layanan premium

Ini merupakan layanan yang disediakan secara khusus oleh 99.co Indonesia sehingga iklan penjualan properti bisa muncul di posisi teratas pencarian. Ini tentu saja bisa meningkatkan peluang iklan untuk dilihat oleh calon pembeli. Hal ini sangat diperlukan mengingat banyak sekali iklan ‘pesaing’.

Bisa memanfaatkan fitur menarik bagi yang mencari properti

Kalau sedang mencari rumah atau properti lainnya di 99.co Indonesia, teman-teman juga bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik yang tersedia. Misalnya saja ada laman yang khusus memuat properti yang baru dibangun, lalu juga ada fitur pencarian dengan kebutuhan yang spesifik di fitur “Carikan Saya Properti”.
  
Nah, teman-teman sekarang sudah tahu kan kelebihan jual beli properti secara online ? Mungkin teman-teman punya pengalaman saat menjual atau membeli properti secara online ?

5 komentar:

  1. Wah kebetulan banget ortu lagj mau jual rumah nih mbsk, nanti aku kasih tsu buat pasarin di 99.co biar cepet laku.

    BalasHapus
  2. Naah..ini salah satu cara praktis mencari properti ya.. Alhamdulillah sekarang makin mudah dan praktis begini..

    BalasHapus
  3. Aku baru tau mengenai situs properti 99.co Indonesia ini. Jadi nambah lagi ya referensi buat nyari rumah yang cocok. Apalagi sekarang susah nyari rumah yg sesuai dengan keinginan :)

    BalasHapus
  4. Properti mah naik terusss yaa Ummi alida. Makanya kalau punya kelebihan uang mendinh ditabunh di properti, bisa dipake sendiri, disewakan, atau dijual nanti

    BalasHapus
  5. Barusan ku coba iseng-iseng cari rumah diwebnya 99, tampilannya memudahkan sekali mbak. No tipu-tipu ini sih kalau cari properti disini ya

    BalasHapus