Tips Investasi dengan Modal Minim

Share:

Boleh dibilang saya termasuk orang yang senang bepergian. Dalam setahun, minimal satu kali saya melakukan perjalanan. Entah dalam kota atau bahkan luar kota. Tahun lalu, saya berkesempatan melakukan lebih dari 4 kali perjalanan dalam negeri dan tiga kali perjalanan di luar negeri.

Melakukan travelling berarti ada dana yang dikeluarkan. Dan itu tentunya tak sedikit. Makanya, saya selalu menyiapkan dana khusus untuk bisa travelling. Belakangan, saya terpikir untuk melakukan investasi agar bisa melakukan travelling tanpa menganggu pengeluaran rutin.
 
Sumber foto : pixabay.com
Tapi investasi seperti apa yang bisa saya lakukan ? Berapa modal yang harus dikeluarkan agar bisa memiliki investasi ? “Kenapa kamu nggak nyoba investasi dengan modal minim?,” kata teman saya.  Saya sempat binggung juga saat dia menyampaikan investasi dengan modal minim. Emang ada ?

Dari teman, saya mendapat informasi bahwa peer to peer lending merupakan salah satu solusi investasi yang bisa diterapkan. Peer to peer lending ini merupakan kegiatan pinjam meminjam dan ini merupakan inovasi di biang teknologi keuangan (lebih populer dengan istilah financial teknology (fintech).

Mengutip dari website bri.go.id, financial technology/FinTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat . Jadi, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

Nah, fintech telah diatur resmi di Indonesia. Bahkan telah memiliki dasar hukum penyelenggaraan dalam system pembayaran di Indonesia yakni :
  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran
  • Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/22/DKSP perihal Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital
  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/17/PBI/2016 tentang Uang Elektronik

Dengan adanya financial technology, biaya operasional dan biaya modal bisa lebih disederhanakan. Konsumen pengguna financial technology pun mendapat pilihan yang lebih banyak dan harga yang lebih murah.

Lalu, apa itu peer to peer lending ?
  • Menyalurkan pinjaman dana untuk kebutuhan konstruktif (bukan konsumtif) seperti pinjaman bisnis, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.
  • Sumber dananya berasal dari masyarakat (bukan dari perusahaan penyedia layanannya).
  • Bunga pinjaman lebih rendah dibandingkan lembaga keuangan konvensional maupun fintech balance-sheet lending.
  • Masyarakat bisa berkontribusi meminjamkan dana dan mendapatkan bunga darinya (seperti investasi).
  • Seluruh prosesnya terjadi secara online, kapan pun dan di mana pun.    
  • Mampu menjadi investasi alternatif dan sumber pendapatan tambahan bagi Pendana/Investor
  • Mendapat dukungan dari OJK dan BI demi meningkatkan inklusi keuangan

  • Sumber : KoinWorks
  • Mampu membantu UKM berkembang dengan dukungan modal usaha yang murah dan terjangkau.

KoinWorks, Pionir Peer to Peer Landing (Pinjaman Online) di Indonesia

Pinjam online di Indonesia apa saja yang telah terdaftar di OJK ? Yap sekarang banyak pinjaman online yang telah terdaftar di OJK. Dan pioner peer to peer landing di Indonesia adalah KoinWorks. Apa itu KoinWorks ?

KoinWorks, sebagai platform P2P Lending, berperan sebagai penghubung antara masyarakat yang membutuhkan pinjaman dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan. KoinWorks menyediakan sebuah platform agar seluruh kegiatan pinjam-meminjamkan uang dapat terjadi sepenuhnya secara online dan mudah dijangkau siapapun.  

Ada dua kelompok yang terdapat dalam KoinWorks. Pertama adalah peminjam KoinWorks dan kedua adalah pendana KoinWorks.  Peminjam KoinWorks memungkinkan peminjam untuk mendapatkan modal usaha, pinjaman pendidikan, atau kesehatan secara online tanpa perlu mendatangi kantor KoinWorks. Jadi boleh dibilang, sistem kerja KoinWorks ini mudah dan terjangkau bagi siapa saja.

Sedangkan pendana KoinWorks adalah menjadi alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan dan berpotensi menjadi sumber pendapatan dalam jangka panjang. Apa yang ditawarkan oleh KoinWorks boleh dibilang adalah inovasi di dunia modern seperti sekarang. Dengan menjadi pendana KoinWorks, bisa sekaligus melakukan investasi untuk mencapai tujuan. Seperti tujuan investasi saya untuk berlibur juga bisa tercapai dengan investasi di KoinWorks.

Lalu, bagaimana sistem pinjam di KoinWorks ? Pertama-tama, peminjam mengajukan pinjaman secara online. Setelah itu, KoinWorks menganalisa seluruh data dan memberikan skor kredit A1-E5. Pinjaman diterbitkan ke dalam platform. Kemudian diproses dan pinjaman dicairkan. Setelah itu, peminjam akan memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Penasaran apa sih kelebihan dari KoinWorks ?

Pertama-tama, seperti yang saya sampaikan di atas bahwa dengan berinvestasi di KoinWorks, modal yang dikeluarkan sangat minim. Bayangkan saya, hanya dengan Rp 100 ribu saja, siapapun bisa mendanai atau investasi di KoinWorks.

Kedua, aman dan terpercaya. Tak perlu kuatir karena KoinWorks selain telah terdaftar dan di awasi oleh OJK, KoinWorks juga dianggap fintech yang paling inovatif versi BIFA. Selain itu, KoinWorks juga telah berkolaborasi dengan berbagai mitra bereputasi seperti Lazada, Tokopedia, BukaLapak, English First, BINUS, Bhinneka, Berrybenka, dan banyak lagi.

Ketiga, memiliki dana proteksi. Jadi, apabila peminjam pailit/gagal bayar, dana yang dipinjamkan akan diganti rugi hingga 100%. Keempat, KoinWorks mudah, cepat, dan sangat fleksibel. Selain itu, tujuan pendanaannya juga bersifat sosial. Ditambah lagi, fitur RoboLending dan Auto Purchase, berinvestasi secara otomatis dan mendapatkan bunga keuntungan yang tinggi.

Kelima, KoinWorks ini merupakan cara menabung dengan cerdas di era modern karena mulai dari nominal kecil, keuntungan tinggi dan berkelanjutan serta bisa investasi on-the-go.

Teman-teman ingin mencoba KoinWorks? Jangan kuatir karena ada promo mendapatkan 150.000 KOIN dengan memasukkan kode KOINWORKS150 disini. Ingin investasi online dengan modal minim? Silakan mencoba investasi di KoinWorks.


72 komentar:

  1. Meski modal minim jadi jangan menyerah untuk tetap memiliki mimpi punya investasi ya

    BalasHapus
  2. Sekarang investasi makin mudah ya, apalagi dengan modal 100 ribu

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya mbak, tipsnya boleh dicoba nih, pengen juga travelling tanpa mengganggu keuangan pokok

    BalasHapus
  4. Modalnya kecil ya mbak cuma 100 ribu? Wah harus banget ya di coba, lagi pula ini inves aman ya di koinwork

    BalasHapus
  5. sekarang banyak ya pinjaman dengan modal minim seperti koinworks, yang penting semua persyaratannya dibaca dan diketahui dulu lebih lanjut agar nantinya tidak menyulitkan yg mau pinjam uang plus sudah terdaftar di OJK

    BalasHapus
  6. Pingin mencoba jadinya. Itu misal kita inves 100 ribu, terus kalo ada uang lagi bisa ditambah lagi gitu kan ya Mak?

    BalasHapus
  7. Semakin canggih teknologi semakin banyak inovasi dibuat termasuk koinworks ini.
    Tenang kalau sudah ada jaminan dari OJK dan 5 point keuntungannya memang bikin pantas dibilang Fintech berkualitas...

    BalasHapus
  8. Baru tau nih aku mba soal KoinWorks.. Trims infonya ya mba Al.. Selama ini aku tau dan pernahnya investasi modal kecil di reksadana.. Sekarang jadi Ada media lain buat investasi kecil-kecilan.. Tapi lama-lama bisa jadi bukit, yaa.. :D Nah, alhamdulillah, nih, udah masuk daftar OJK juga ya mba, jadi aman..

    BalasHapus
  9. KAlau udah terdaftar di OJK, saya tenang bila ingin melakukan pinjaman online. Tinggal berharap saja smeoga dimudahkan melunasinya

    BalasHapus
  10. setuju mba, dengan modal minimal hasil yang didapatkan bisa maksimal.

    BalasHapus
  11. Oalah... koinworks ini sering banget berseliweran iklannya di beranda media sosial ku. Jadi aku cukup akrab dengan peer to peer lending yang satu ini. Tapi aku sendiri belum pernah mencoba bergabung. kalau dilihat-lihat sih aman karena memang sudah terdaftar di OJK.

    BalasHapus
  12. Bunda mungkin telat di usia yg menginginkan punya investasi. Yang namanya investasi kan gak hrs bermodal besar, ya, kan?

    BalasHapus
  13. Huah ummi ini keceh amat travelling mulu nih semoga rezekinya ada terus yah dan investasinya lancar. Aku baru tahu ttg koinworks nih :) alhamdulilah ya udah masuk OJK

    BalasHapus
  14. Asik semakin banyak yang sudah sadar dengan investasi termasuk p2p lending ini, investasi yg aman karena diawasi oleh OJK

    BalasHapus
  15. Maunya sih investasi tapi ngga bayar gitu ada gak (dikepalai)

    BalasHapus
  16. Aku malah pengen banget pengen belajar investasi gini mba. tapi gak ada yg ngedukung masih to old (gaya bet omongannya). ya gtu jd mundur lagi malah pengen aku sewa gtu orang yg jago ngomong tak bawa pulang biar jelasin wakakaka.

    BalasHapus
  17. Masya Allah mba Alida luar biasa syekali. Aku aja dalam setahun cuma sekali bepergian. Isi tabungan kita beda sih ya. Mba Alida rajin investasi. Aku harus ikutin nih jejaknya.

    BalasHapus
  18. maju mundur aku mau nyoba koin work ini tapi liat ulasanmom alidaaku jadi memantapkan hati. baru tau secaragamblang tentang konseppeer to peerlanding ini

    BalasHapus
  19. Ternyata bisa juga berinvestasi melalui Koin Works ini ya mbak? Modalnya gak perlu gede2 pula. Cocok buat belajatr ttg investasi. BTW kalau jadi pemodal, kita bisa memilih gak ya siapa/ usaha apa yang bisa kita modali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang katanya kalau mau dapat penghasilan lebih, sebaiknya lakukan investasi.
      Yg penting memilih lembaga yang bisa dipercaya, salah satunya yang udah terdaftar di OJK kyk koinworks ini ya mbk

      Hapus
  20. baru tahu koinwork ini. modal saya jg minim, maklum ibu rumah tangga yg bisanya menyisihkan anggrana belanja. perlu coba juga nih kayaknya

    BalasHapus
  21. Serius, dulu aku kira Koinworks itu semacam situs judi karena bawa-bawa nama koin. Ealah ternyata fintech.

    Tertarik nih buat coba invest di sana, mau ngulik-ngulik lagi ah tentang Koinworks.

    BalasHapus
  22. Skema P2P lending alias Fintech nih lagi menjamur banget ya.. aku masih pelajari aja, it’s a new scheme and I want to be prudent :)

    BalasHapus
  23. Peer to peer landing ini makin mempermudah pihak yang membutuhkan modal, yang biasanya bakalan kesulitan saat mengajukan pinjaman ke bank karena tak punya agunan. Aman aman saja asal pilih yang sudah diverifikasi oleh OJK.

    BalasHapus
  24. Sekarang investasi bisa dilakukan dengan sangat mudah ya. Nominalnya juga tergolong kecil, mulai dari Rp 100.000 an, kita bisa berinvestasi. Ini cocok buat menghambat pengeluaran yang tak terkendali macam saya. Biar dialokasikan buat investasi.

    BalasHapus
  25. Bundaaaa...
    Makasih banyak yaaa artikelnya, bakal Ujame jadikan acuan nih buat Investasi. Dan baru dengar juga ada investasi semacam ini.
    Penting banget kayaknya, mengingat Ujame juga suka berpergian :D

    BalasHapus
  26. Harus cermat melihat syarat dan ketentuan, termasuk kewajiban yang harus dijalani serta komitmen yang harus diterima. Pelajari secara seksama sebelum memutuskan.

    BalasHapus
  27. Berarti Koinwork ini adalah solusi buat yang ingin verinvestasi dan meminjam dana ya mbak
    Wah, bagus nih konsepnya meski memang mesti bijak mempelajari sebelum gabung di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaay lagi ada promo mendapatkan 150.000 koinworks..Mau ah, coba-coba berinvestasi
      Investasi bisa juga dengan modal minim ternyata yaa

      Hapus
  28. huaaa tawaran KoinWorks ini menggiurkan sekali ya Mbak.
    apalagi yang poin pelunasan 100% itu. woow banget deh ya :D

    BalasHapus
  29. makasih infonya bunda. Harus cari tau nih soal KoinWorks kalau emang rekomen gak ada salahnya mencoba mensave pernghasilan yang di sana

    BalasHapus
  30. Ada banyak cara investasi yang unik. Seperti KOINWORKS ini. Menghimpun dana dari masyarakat untuk disalurkan lagi pada masyarakat yang membutuhkan. Pastinya akan memudahkan masyarakat yang ingin berrinvestasi secara mudah dan aman.

    BalasHapus
  31. Baru denger Koinworks mbaak.. yg penting udah aman kayak terdaftar di OJK. Legalitasnya jelas..
    Cakep invest buat traveling supaya nggak terasa banget saat keluarin dana.

    BalasHapus
  32. Ternyata untuk memiliki investasi itu tidak selamanya harus menggunakan modal yang besar ya...
    Investasi dengan koinworks saja bisa dengan 100 ribu. Mudah ya...

    BalasHapus
  33. Masya Allah, keren banget, dapat jalan-jalan banyak tahun lalu.
    Pasti banyak stok tulisan ne!

    Aku juga baru tahu tentang KoinWorks ini.
    Zaman now banyak produk inovatif, kudu pintar memilah.

    Tapi biasanya kalau sudah dijamin OJK, Insya Allah terjamin ya.
    Setuju sama mba Donna, tetap kudu cermat memeriksa syarat dan ketentuan.

    BalasHapus
  34. Pertama kali tau koin works waktu ada acara di Tempo, aku agak bingung dulu awalnya. Ternyata bisa investasi dengan dana kecil ya mulai 100rb, mau ah nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku awalnya juga mengira dia cuma perusahaan yang meminjami uang ke pebisnis, ternyata bisa jg buat investasi ya. Gak perlu dana besar pula utk mulai investasi.

      Hapus
  35. Wah wah wah, makin banyak lagi ya aplikasi pinjol. Sekarang ada koinworks juga. Jujur, aku selalu merasa kalau yang kayak gini tuh pedang berata dua. di satu sisi memang memudahkan, di sisi lain membuat orang jadi keenakan berhutang.

    Semoga kita dijauhkan sama masalah perhutangan ya mbak, kalau mau usaha atau beli apa-apa pake tunai aja.

    BalasHapus
  36. Semakin canggih dan semakin variatif ya pilihannya. Harus semakin banyak belajar dan memilih yg tepat sesuai dengan ilmu kita.

    BalasHapus
  37. Pembahasan yg menarik nih mba, khususnya soal investasi dll. Dan, semakin kesini kita makin dimudahkan ya mba untuk invest apalagi dengan kondisi minim modal. But, aku sendiri lebih senang nabung sebenarnya tapi yg gak boleh diambil-ambil hahaha

    BalasHapus
  38. wogh, modal 100k udah bisa investasi ya, kereen..
    saya juga baru tau ada aplikasi fintech koinworks ini mbak..
    aplikasi ini memfasilitasi peminjam dan pemilik modal ya?
    aku belum begitu paham sama investasi.. belum coba cari tau secara mendalam juga xD

    BalasHapus
  39. Fintech baru lagi ya ini mbak. Memudahkan untuk investasi, lumayan juga kreditnya Rp150.000.

    BalasHapus
  40. Wah bisa gampang banget berinvestasi ya. Apalagi tidak membutuhkan modal yang besar.

    BalasHapus
  41. Investasi itu ternyata ngga harus dengan modal besar ya mba.. modal kecil juga bisa.. ternyata anggapan saya selama ini salah dong ya tentang investasi huhu yang utama adalah bagaimana mempelajari investasi itu sendiri yang saat ini amat sangat beragam..

    BalasHapus
  42. Keren istilah Peer to Landing.
    Dan agar dana yang kita salurkan lebih bermanfaat untuk oranglain.

    Jadi,
    sambil menyelam, minum air.

    BalasHapus
  43. Keren banget bund inovasinya tapi baru tahu nih ada suntikan dana jenis Peer to Landing. harus belajar banyak dari bunda

    BalasHapus
  44. Iya ini Kita mo invest di mudahkan murah dn terjangkau jd bisa bngt jadi pilihan ini

    BalasHapus
  45. Baru denger tentang KoinWork ini, Mba Lid. Sekarang masyarakat kita makin melek investasi ya. Dan ini disambut baik dengan banyaknya jenis investasi.
    Semoga perekonomian Indonesia makin maju :)

    BalasHapus
  46. Nah aku baru kepikiran juga nanam modal untuk traveling. Udah merasakan nikmatnya traveling pakai tabungan. Ini malah ada ya investnya minim, coba deh semoga bisa makin sering traveling nya

    BalasHapus
  47. Jaman sekarang emang gak cukup hanya nabung ke bank aja. Kita perlu ber investasi. Nah tapi tetep hati2 takit berkenalan dgn investasi obong2..

    BalasHapus
  48. Wah, selain bisa pinjem, bisa nabung juga ya. Noted deh. Semoga banyak yang mendapat manfaatnya ya.

    BalasHapus
  49. Sekarang ini enak ya mau investasi gampang banget, apalagi dengan modal minimpun bisa. Jadi penasaran sama Koin Works ini seperti apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi setelah membaca dan berfikir boleh juga ya nyoba ini

      Hapus
  50. Sekarang berinvestasi tak perlu modal besar yaa, Mba. bahkan dengan modal minim pun kita sudah bisa berinvestasi dan mendapatkan hasil maksimal pula :)

    BalasHapus
  51. Wahhh 100rb sudah bisa investasi? Duh pasti bakalan banyak yang tertarik nih, apalagi sudah terdaftar pula di OJK, jadi lebih aman lah yaa investasinya :)

    BalasHapus
  52. Kini soal mendapatkan dana sudah tidak susah lagi ya mba. Bagi mereka yang membutuhkan tapi sulit menembus birokrasi bank, bisa memanfaatkan fasilitas peminjaman via peer to peer landing ini.

    BalasHapus
  53. Wah...keren. modal 100ribu sudah bisa ya. Jujur saya baru ngeh dengan peer to landing ini mbak...dulu hanya meraba-raba saja...hehehe

    BalasHapus
  54. Aku baru tahu soal koinworks
    Asik ini nabung dengan cara baru ya mba Lidh. Apalagi kita juga bisa support orang lain

    BalasHapus
  55. Untuk investasi di zaman sekarang juga makin mudah ya mbak. Bisa dilakukan secara online pula udah gitu nggak perlu harus punya modal besar dulu. Dengan modal 100k sudah bisa intesvasi. Mantap deh

    BalasHapus
  56. Ada tipe baru lagi ya? Aku sudah ada investasi serupa, Mbak. Perbulan juga kuambil 100 ribu. Hihi. Baru coba-coba sambil mempelajari keuntungannya.

    BalasHapus
  57. Banyak cara untuk investasi ya mba. Salah satunya p2p ini. Tinggal pandai & jeli lihat syarat & ketentuannya aja biar keuntungannya maksimal :)

    BalasHapus
  58. Ya ampyunn ini sih bisa banget aku invest karena selama ini pengen invest tp ga punya banyak modal. hehee

    BalasHapus
  59. wah dengan 100.000 kita sudah bisa berinvestasi aman dan sudah terdaftar OJK. daripada buat jajan mending buat investasi ya mba, buat masa depan. kepengen aku tuh

    BalasHapus
  60. Agak takut berinvestasi gitu mba, kalo modalnya 100rb keuntungan kira-kira berapa ya mba

    BalasHapus
  61. Wahhhh, keknya baru dengar investasi dari KoinWorka mbak hheee
    Jadi bisa investasi atau ikut menjadi pendana dengan uang hanya 100rb ya mbak. Asyik deh nih bisa investasi
    Semoga hajatnya bisa liburan di tahun ini terpenuhi yah mbak

    BalasHapus
  62. Sekarang bentuk investasi makin kreatif aja yaa, dengan 100ribu aja udah bisa berinvestasi, asik laaah :)

    BalasHapus
  63. mudah-mudahan di tahun lebih banyak lagi melakukan perjalanan ya mbak. Dengan insvestasi bisa mengatasi keinginan kita buat traveling ya mbak

    BalasHapus
  64. Iiih mantab, ga pakai koinwork aja Mba Al bisa melakukan 7x traveling. Apalagi kalau sudah mulai berinvestasi denga koinworks.. xixixi.
    Koinwork ini mempermudah kita banget ya, Mba buat yg mau punya investasi. Secara cuma modal 100rb an.

    BalasHapus
  65. Investasi penting banget diluar kegiatan menabung, apalagi sekarang sudah banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan (serta kemampuan), tapi tetap harus jeli untuk membaca syarat dan ketentuannya biar tak jadi masalah di kemudian hari.

    BalasHapus
  66. Jadi lewat koinworks ini selain investasi kita juga bisa membantu pengusaha lokal ya, mbak. By the way Investasi sekarang memang perlu banget euy dalam pengelolaan keuangan. Saya juga lagi nyari-nyari info investasi yang tepat buay keluarga.

    BalasHapus
  67. Koinworks ini kayaknya cocok ya buat ibu ibu habis resign dan pengen mulai usaha namun modalnya minim, ngga perlu galau atau takut memulai usaha

    BalasHapus
  68. saya baru tahu tentang koinworks ini.
    Jadi kalau mau investasi, nggak perlu punya dana puluhan juta ya mbak. Kesan saya dulu kalau investasi itu begitu, duitnya berjuta-juta. Ternyata dengan koinworks, punya dana 100 ribu pun bisa berinvestasi

    BalasHapus