Makan Durian di Sop Durian Kunyil

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Makan Durian di Sop Durian Kunyil

Setiap kali ke Medan, salah satu kuliner yang tak pernah saya lewatkan adalah makan durian. Medan memang terkenal dengan duriannya. Mungkin karena sejak dulu saya memang selalu suka durian. Jaman masih SD dan tinggal di Ambon, durian di Ambon murah banget. Satu karung berisi durian, harganya Rp 5000. Rasa duriannya manis tak terkira. Dan buahnya pun berlimpah. Sampai0sampai, mama saya mengolah berankea durian karena masih banyak durian yang tersisa.

Sop durian enak. Sumber : Sopduriankunyil.com
Saat pindah ke Surabaya, kerap kali diajak saudara-saudara ke desa yang banyak menjual durian. Di sana, kami bebas makan sepuasnya. Dagingnya tebal dan rasanya manis. Benar-benar masak di pohon. Nah, setelah tinggal di Jakarta, keinginan makan durian tentu tak terbendung. Saat ulangtahun beberapa tahun lalu, keinginan saya satu yakni diajak suami makan durian. Dan, alhamdulillah kesampaian. Tapi, saya tentu juga ingin makan olahan durian. Olahan durian tentu banyak dijual dimana-mana. Nah, salah satu makan olahan durian yang saya coba adalah Sop Durian Kunyil. Saya memilih memesannya online. Saya memesan Sop Durian dan seporsi Batagor Siomay.  Untuk menu lainnya bisa langsung ke website www.sopduriankunyil.com atau cek IG @sopduriankunyil.

Saya memesan melalui Go Food, walaupun kalau mau makan Sop Durian bisa langsung ke Jl. Anggrek Cendrawasih Blok K No 39B, Jakarta Barat. Oh ya, tak hanya sop durian yang dijual melainkan juga ada Batasio (batagor siomay campur) yang dijual di Sop Durian.


Batasionya enaakk
Tak lama setelah pesan, makanan pun tiba. Saya langsung mencoba batasio yang tiba dalam keadaan panas. Kulit batagornya kriuk kriuk gurih dan pas di lidah ya. Sedangkan siomanya terasa sekali ikannya, kulitnya pun lembut. Untuk rasa bumbu kacangnya juga saya suka karena gigitan kacangnya masih terasa. Oh ya, batasio ini juga dilengkapi potongan jeruk nipis dan sambal. Untuk rasa, enak di konsumsi.

Kemasan Sop Durian Kunyil 
Setelah kenyang makan batasio, saya kemudian mencoba makan sop durian. Sop durian Kunyil kerasa banget daging duriannya. Saya pernah beli yang sejenis ini namun teryata, lebih banyak es batu daripada daging durian. Jadi saat lihat, bagian atasnya ada daging durian, tapi pas bagian bawah eh malah isinya es batu. Tapi Sop Durian ini isinya benar-benar daging durian. Kejunya pun berlimpah. Bagi saya, perpaduan daging durian dan keju benar-benar perpaudan yang pas dan lezat.
Setelah makan ini,  saya berasa ingin nambah lagi (dan lagi!)  

Tampilan batasio saat pertama tiba :)


64 comments

Avatar
Ria Rochma Oct 18, 2016, 7:32:00 PM

Sop durian? Baru dengar nih. Jadi penasaran gmn rasanya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 19, 2016, 7:53:00 AM

Enaak mba Ria. PAsti mau nambah, HIhii

Reply Delete
Avatar
Rotun DF Oct 18, 2016, 7:56:00 PM

Aku ada temen di Ambon Mba, sering banget pamer durian. Tapi nggak nyangka ih bisa semurah 5000 dapet sekarung. Alamaak, pengen terbang ke sana, hihi.
Di Palopo juga murah kalau lagi musim, tapi bersabar masih lama sampai bulan Januari-Februari. Coba di Jakarta ya, bisa langsung pesen sop durian Kunyil ini. Yummy...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 19, 2016, 7:54:00 AM

Iyaa di Ambon banyak durian enak mbaa :)

Reply Delete
Avatar
tutyqueen Oct 18, 2016, 11:15:00 PM

aku suka banget durian di olah jadi apa aja sukaak hihih

Reply Delete
Avatar
Lendy Kurnia Reny Oct 19, 2016, 7:20:00 AM

Duriian si raja buah.
Hummm, ngiler liat fotonya mba Lida.

^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 19, 2016, 1:20:00 PM

Biar makin suka nambah ya, makan durian :)

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah Oct 19, 2016, 10:07:00 AM

durian tahunya ucok aja klo di Medan, nice share mbaa..bs buat alternatif

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 19, 2016, 1:20:00 PM

Iya itu sih paling terkenal ya mba

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih Oct 19, 2016, 11:10:00 AM

pake keju juga ya mba ? duuuh enaknyaaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 19, 2016, 1:22:00 PM

Iyaa, mba KAnia. Kejunya banyaakk

Reply Delete
Avatar
Yudy Ananda Oct 19, 2016, 11:48:00 AM

wadau keju dan duriannya bikin saya bergetarrrrrrrr :D

Reply Delete
Avatar
Ira duniabiza Oct 19, 2016, 12:13:00 PM

Waa murah ya. Mauuu mauu saya suka saya suka.. eh apalagi makannya dipadu sama batagor somay.. duh bikin ngiler di siang bolong..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 19, 2016, 1:23:00 PM

Hihiii
Aku juga pengen nambah lagi mba :p

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Oct 19, 2016, 1:15:00 PM

Waah murah ni mba, omong-omong kapan bisa men durian sama dikau ya mba? ahahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 20, 2016, 12:22:00 PM

harganya terjangkau mba. Hayuk tapi nunggu musimnya dulu kali ya. Hihii

Reply Delete
Avatar
Okti Li Oct 19, 2016, 1:41:00 PM

Wah, kesukaan kami semua ini, Batagor dan durian, yummy :)
Pantesan mau nambah lagi, saya aja yang lihat udah ngiler, hihi...

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Oct 19, 2016, 2:05:00 PM

Saya belum pernah nyobain sop durian. Gak eneg ya, Mbak? Kalo buah duriannya, itu favorita saya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 20, 2016, 12:48:00 PM

Nggak eneg mba Nurul. Enak banget euy :)

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Oct 19, 2016, 3:21:00 PM

Baru denger ada sop durian, pasti rasanya unik karena ada irisan keju dan seger banget

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Menulis Oct 19, 2016, 5:33:00 PM

Aaarrrgg enak banget ini sop durian. Aku suka banget durian.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 20, 2016, 8:30:00 AM

SOP durian kunyil ini pasti bikin tambah doyan mbaa

Reply Delete
Avatar
Riska Ngilan Haryono Oct 19, 2016, 8:14:00 PM

Sop Durian cuma 5000 ? murahnya mbak, aku pengen juga :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 20, 2016, 8:30:00 AM

Itu jaman dulu pas ke Ambon harga duriannya Rp 5000 mba :)

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Oct 19, 2016, 9:20:00 PM

Ya ampun kakakk malem-malem baca ini jadi laperrrr itu kejunya tumpeh-tumpehhh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 20, 2016, 8:29:00 AM

Keju yang banyak yang bikin makin lapaar. Hihii

Reply Delete
Avatar
Molly Oct 19, 2016, 10:20:00 PM

Sebetulnya aku kurang suka sama durian. Sekedar nyicip aja atau makan olahannya siy masih oke, mba. Di Medan soalnya ngga putus duriannya. Tinggal ke Durian Ucok, selesai persoalan. Hehehe :D.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 20, 2016, 8:28:00 AM

Asyik kalau di Medan banyak pilihan juga ya mba

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Oct 19, 2016, 11:04:00 PM

Ini cocok banget buat yang suka durian ya. Anak-anakku suka durian semua :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 20, 2016, 8:28:00 AM

Asyiiik. Anakku juga suka durian mbaa Lianny :)

Reply Delete
Avatar
Mira utami Oct 20, 2016, 10:37:00 AM

Aikhh ngilerrr ini..dr kmarin kepengen es duren...

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Oct 20, 2016, 5:43:00 PM

Dureeeeeeenn, i like duren very much aulalaaa
Ahahhaha
Cocok ni buat oyeh oyeh

Reply Delete
Avatar
Neisia Larasati Oct 21, 2016, 9:11:00 AM

Keliatannya kayak yang enak. Tapi apalah dayaku mba aku nggak suka duren. Katanya yang nggak suka duren rugi. Hiks..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 21, 2016, 9:34:00 AM

Iyaa rugi mba kalo nggak suka duren. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Irly - Oct 21, 2016, 10:21:00 AM

aaakk.. ngiler!! Apalgi cuaca lagi panas gini..huhu

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari Oct 21, 2016, 12:16:00 PM

Walaah, aku pun bukan termasuk orang yang suka duren. Hihihi.. Rugi juga ya aku mba.. :D Bisa sih makan duren tapi dikit dan memang gak suka aja, mungkin karena aromanya, ya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 21, 2016, 1:17:00 PM

Emang selera orang masing-masing ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ria M Fasha Oct 22, 2016, 10:29:00 PM

belum pernah nyobain sop durian kalo aku mbak....
sejauh ini nyobanya es durian hihih
enak sih, tapi aku gx bisa banyak2 makan durian, sering panas dalam gitu jadinya

Reply Delete
Avatar
fanny fristhika nila Oct 23, 2016, 1:30:00 AM

buah yg aku suka banget, tp lg coba utk ngurangin skr ini :D.. mengingat U hahaha ;p tp sesekali msh maulah nyobain durian.. di jakarta barat ya mba... coba ah aku pesen ntr.. selama ini sih kalo kgn durian , aku titip ama mamaku di medan, yg kalo mw ke jkt, suka bawain durian ucok, yg udh disimpen dalam tupperware gitu :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 23, 2016, 7:45:00 AM

Hayuk atuh di coba mbaa Fanny :)

Reply Delete
Avatar
Inna riana Oct 23, 2016, 6:59:00 PM

kirain batasio makanan apa :p
aku sukaa sop durennn

Reply Delete
Avatar
Inna Riana Oct 23, 2016, 7:01:00 PM

kirain batasio makanan jenis baru :p
aku sukaa sop dureen

Reply Delete
Avatar
Santy Musa Oct 24, 2016, 11:54:00 AM

waahhh ... duriannya menggoda banget. cuma sayang ya seringkali olahan daging durian mnejadi mahal harganya jadi ga bisa sering-sering beli kayak beli tahu :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 29, 2016, 10:11:00 AM

Iya ya tapi emang enak sih mbaaa

Reply Delete
Avatar
tutyqueen Oct 26, 2016, 1:39:00 PM

Ya ampun duriaaan enak banget, aku penggemar durian mbak

Reply Delete