Waspadai, Pemicu Alergi di Sekitar Kita

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Waspadai, Pemicu Alergi di Sekitar Kita

Entah kapan pertama kali terjadi, saya lupa. Satu hal yang saya ingat, tubuh saya langsung bentol-bentol (tanda kemerahan pada kulit) setelah makan telur atau udang. Apalagi saat kondisi tubuh sedang menurun.  Jika itu yang terjadi, saya harus segera minum obat alergi. Bahkan harus dua butir obat sekaligus. Setelah minum obat, biasanya langsung ngantuk. 

Pernah saat pengumuman kelulusan SMA, saat teman-teman lain bersorak-sorak lulus, saya harus ke rumah sakit. Muka saya bentol-bentol. Kaki saya pun bentol-bentol, sehingga melangkah pun susah karena kaki bengkak. Untuk ke rumah sakit, saya dibantu papa. Dokter selain memberi obat yang harus saya minum, juga ada tindakan suntik kepada saya. Beberapa tahun lalu, saya kemudian sadar, bahwa saya pun alergi udara dingin. Khususnya, angin malam. Pernah beberapa kali jatuh sakit karena tak tahan udara dingin sehingga harus ke rumah sakit. Padahal dulu, tak pernah seperti ini.  

Saya lagi kena alergi. Foto by : @namkula 
Jika tiba-tiba kulit kemerahan dan gatal, itu adalah gejala alergi. Alergi adalah keadaan sistem kekebalan tubuh merespon terhadap pemicu alergi. Hal-hal yang dapat memicu alergi disebut dengan alergen. Kebanyakan orang, termasuk saya, hanya mengetahui bahwa alergi disebabkan oleh makanan tertentu. Pdahal masih banyak alergen lain yang bisa ditemui di sekeliling. Saya memilih untuk waspadai dan menghindari alergi yang buat tidak nyaman.

·    Tungau Debu
Debu bukan sekedar kotoran biasa, di dalam debu seringkali terdapat bangkai atau kotoran tungau. Tungau adalah hewan yang termasuk ke dalam keluarga serangga, tapi hewan ini jauh lebih kecil dibandingkan serangga lain. Saking kecilnya, tungau hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Hewan ini menyukai lingkungan yang hangat dan lembab, biasanya tumbuh subur di tempat tidur, seprai, dan sarung bantal.

·     Udara Dingin
Alergi terhadap udara dingin mempunyai istilah lain yaitu urtikaria, atau dikenal dengan nama populer biduran. Biasanya biduran muncul pada suhu di bawah 17 derajat celcius.

·     Bulu Binatang
Bulu binatang bukan hanya ditemui pada rumah yang memelihara binatang atau di lingkungan yang terdapat binatang, bulu ini bisa rontok dan terbawa angin loh. Pada musim kemarau berangin, kemungkinan menyebarnya bulu-bulu binatang ini lebih besar daripada biasanya.
 
Bulu binatang cantik ini juga bisa bikin alergi loh. Sumber : pixabay
·     Serbuk Sari
Serbuk sari atau pollen berasal dari tanaman seperti bunga, pohon, atau rumput. Sebenarnya pollen ini adalah alat reproduksi. Ketika serbuk sari jatuh ke kepala putik inilah terjadi proses pembuahan sehingga tanaman dapat menghasilkan buah. Pada beberapa tanaman, proses penyerbukan ini dibantu oleh angin, seperti pada padi. Karena itu, serbuk sari bisa jadi terbang bersama angin dan terhirup oleh manusia, sehingga memicu alergi.
 
Serbuk sati. SUmber foto : pixabay.com
·     Jamur Tembok
Jamur pada tembok muncul karena lingkungan yang lembab, sebab pada lingkungan tersebut jamur dapat tumbuh dengan subur. Seringkali, kita tidak sadar bahwa tembok rumah berjamur. Biasanya tumbuhnya jamur ditandai dengan bercak hitam atau kehijauan pada tembok. Jika jamur sudah tumbuh, maka pembersihan besar-besaran harus dilakukan. Nah, setelah mengetahui alergen yang mungkin ada di sekitar kita. Sebaiknya, kita meningkatkan kewaspadaan, terutama pada musim kemarau berangin seperti sekarang. Salah satunya, dengan menggunakan masker untuk meminimalisir resiko munculnya alergi.


Kalau teman, alergi apa? Apa yang teman-teman lakukan untuk menghindar dari alergi? Mari berbagi

66 comments

Avatar
Lidha Maul Oct 30, 2016, 1:34:00 PM

debu..debu.. itu nomor 1 yang sering micu saya bersin2. sampai saya pernah mimpi debu (tebal) pun terus bangun tutup hidung dan ngibasin tangan,padahal cuma di mimpi lho..pas bangun ya udah nggak ada

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 30, 2016, 1:51:00 PM

Hihii kebawa mimpi gitu ya, mba Lidha. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Silviana Noerita Oct 30, 2016, 3:03:00 PM

saya paling ga bisa kalau ada debu, alergi banget.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 8:41:00 AM

Keponakanku juga gitu, mba Kena debu langsung bersin-bersin :p

Reply Delete
Avatar
Neisia Larasati Oct 30, 2016, 6:53:00 PM

Lagi alergi debu dari seprei kamar sendiri mba. Harus rajin-rajin ganti. karena jadinya ngefek ke muka dan jerawatan deh :(

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 8:41:00 AM

Ih sampe bikin jerawatan ya mba ?

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian Oct 30, 2016, 7:32:00 PM

Aku aku akuuu, alergi udah sepertinya, suka gatel kalo makan udang. Tapi tetep makan udang, abis itu kalo gatel langsung minum obat alergi. Eheheheheee.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 8:42:00 AM

Hahha sama bandelnya ama aku. Tapi aku smalah jadi kebal makan udang sekarang, mba

Reply Delete
Avatar
Suciati Cristina Oct 30, 2016, 8:14:00 PM

di rumah lagi banyak jamur tembok muncul nih mba...baru tau bisa menyebabkan alergi ya mba

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak Oct 30, 2016, 8:35:00 PM

Paling alergi sama orang yang suka mengeluh! Huh, menyebalkan, menebar aura negatif!
Hahaha... kog jadi curhat yak.
Alhamdullillah gak punya alergi. Tetapi pernah waktu kerja di rimba Borneo, mungkin pas keracunan makanan, tubuh bentol kayak zombie, sempat panik. Masak bentol bisa merayap gitu dan aku bisa menyaksikannya bergerak. Horor banget!
Langsung ke klinik di suntik, eh kembali mulus seketika.

Luar biasa dunia medis ya!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 8:43:00 AM

Hahhaa kayaknya semua alergi orang yang suka mengeluh mba :P

Reply Delete
Avatar
yulia yuli Oct 30, 2016, 11:30:00 PM

Waah.. saya alergi lho mbak Al.. kalau cuaca dingin kulit suka gatel-gatel gitu, atau kalau lagi beres2 lemari.. pasti bersin sama kalau abis mandi terus makan gorengan hidung langsung merah dan gatel.. wihihih banyak alerginya saya ternyata.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 8:43:00 AM

Hihiii
Harus jauh-jauh dari alergi tuh mba :)

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Oct 31, 2016, 6:01:00 AM

Alhamdulillah aku gak punya alergi. Anak sulungku nih yang punya. Dia alergi udang dan beberapa makanan laut. Kalo udah kumat saat makan sembarangan, atau makan makanan yang gak tahu ingredients-nya, pasti merah-merah dan bengkak-bengkak wajah dan seluruh tubuhnya. Kasian banget. Sejauh ini, solusinya cuma makan obat peredela demam dan berusaha menghindari pemicunya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 8:44:00 AM

Iya, harus menghindar dari pemicunya mba Nia ;)
Moga alerginya nggak kambuh2 lagi ya

Reply Delete
Avatar
Inna Riana Oct 31, 2016, 8:31:00 AM

suamiku alergi dingin. kalo pulang kerja kemaleman n abis mandi air anget langsung keluar bentol2. paling minum dexteem plus aja terus langsung tidur

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 11:09:00 AM

Wah, jadi harus sering minum obat ya mba?

Reply Delete
Avatar
Lia Lathifa Oct 31, 2016, 9:33:00 AM

aku alergi kalo lagi makan udang haha.. minum CTM obatnya dan sama sekali gak makan udang jadinya. Utk debu alergi juga sih pas lagi bersih2 rumah

Reply Delete
Avatar
ade anita Oct 31, 2016, 11:06:00 AM

aku alerginya banyak. makanya kena asma. Nah, alergi ini bakatnya menurun ke anak2. jadi anak2 pun alerginya juga banyak. Bahkan karena ayah dan ibunya punya bakat alergi maka anak2ku dua kali lipat lebih banyak bakat alerginya karnea bakat alergi ayah dan ibunya bersatu di tubuh mereka. kasihan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 31, 2016, 11:10:00 AM

Tapi moga selalu sehat selalu ya mbaa

Reply Delete
Avatar
tukang Jalan Jajan Oct 31, 2016, 11:45:00 AM

Saya suka alergi ama aroma kak.terutama aroma makanan sedap, bawaannya jadi lapar ajah pengen makan. klo ngga dapet barangnya jadi kebayang melulu

Reply Delete
Avatar
halimatus sya'dyyah Oct 31, 2016, 12:14:00 PM

saya mungkin sejak sma atau kuliah ya, sering bersin- bersin karena debu dan kadang bisa juga karena kedinginan. tiap pagi pasti gitu. :( pernah dulu dikasih obat tapi nggak ngaruh dan lama- lama saya hentikan juga. jadi ya mesti sedia tisu tiap pagi dan malam apalagi kalau cuaca dingin seperti ini.
ohya, salam kenal mbak,..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:30:00 AM

Halo mba. Salam kenal kembali
Iya banyak juga ya yang alergi dingin

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Oct 31, 2016, 1:24:00 PM

Aku alergi debu, dingin dan bulu-bulu juga mbak. Anakku yg cowok sama kayak aku, kalo yg sulung alergi udang.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:30:00 AM

Harus dihindari ya mba sumber alerginya ya mba

Reply Delete
Avatar
Jack seven Oct 31, 2016, 4:32:00 PM

dibahas juga donk mbak produk-produk yang bikin alergi itu apa aja.
soalnya lumayan loh bternyata banyak bahan kimia yang bisa bikin kita alergi.
kalau saya sih alhamdulillah enggak alergi apa-apa.
oh iya kalau lagi cari tips dan teknik fotografi mampir dong ke blog saya.
gariswarnafoto[dot]com
yuk mariii

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:30:00 AM

Oh iya boleh juga mas. Makasi ya ;)

Reply Delete
Avatar
Budy TravellingAddict Oct 31, 2016, 4:59:00 PM

udara dingin, kalo dingin pasti gatal2

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:31:00 AM

Ih aku juga kadnag gitu, mas Budy :)

Reply Delete
Avatar
idfipancani Oct 31, 2016, 5:55:00 PM

Ah info yang sangat bermanfaat. Thanks for sharing ;)

idfipancani.blogspot.co.id

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi Oct 31, 2016, 7:45:00 PM

Tungau sama jamur tembok memang jadi masalah, anakku pernah alergi, perkiraan karena tungau. Terima kasih sharingnya mba, memang harus waspada neh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:31:00 AM

Iya harus waspada bener mba
Liswanti :)

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Oct 31, 2016, 10:19:00 PM

Saya kalau bersihin kamar jadi bersin2. Kalau yg 2 tahun belakangan ini sih alergi matahari, kulitnya jadi belang :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:32:00 AM

Wah harus pakai sunblock tuh mba ;)

Reply Delete
Avatar
Ira duniabiza Nov 1, 2016, 12:20:00 AM

Belum pernah sampai tahap alergi mba, paling senstif sama udara dingin (embun pagi). Klo lama2 kena udara dingin bisa bersin2 abis itu flu. eh ini alergi apa memang stamina lagi drop aja ya.. #lalumikir :-)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:32:00 AM

Mikirnya jangan kelamaan, mba Iraa. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Nov 1, 2016, 2:47:00 AM

kalau saya sih alergi dingin pasti perut mules atau diare

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:33:00 AM

Perutnya masuk angin ya mba? :p

Reply Delete
Avatar
evrinasp Nov 1, 2016, 5:16:00 AM

kalau aku gak terlalu berpengaruh, anak ku nih yang sensi banget langsung bersin-bersin, paling aku langsung lindungi pernapasannya pakai masker gitu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:33:00 AM

Iya mba Evrina. Pakai masker bisa membantu

Reply Delete
Avatar
Haeriah Nov 1, 2016, 5:25:00 AM

Alhamdulillah gak punya alergi. Hanya suamiku yang alergi debu dan udara kotor. Alhamdulillah sejak tinggal di Malaysia alerginya jarang muncul. Tapi setiap kali mudik ke Makassar begitu masuk rumah langsung deh bersin2 gak jelas.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:34:00 AM

Berarti harus pindah ke Makassar ya mba? Hihiii

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae Nov 1, 2016, 8:27:00 AM

Alergi,ku paling sering gatel mbak #menyiksagituh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 9:34:00 AM

Hati2 kalo garuk kulit, mba ;)

Reply Delete
Avatar
Gilang Maulani Nov 1, 2016, 11:43:00 AM

Aku alergi debu, beberapa makanan sama udara dingin. Kalau udara dingin biasanya disiasati pakai jaket dan pakaian tertutup yang bikin hangat. Baru tau kalau jamur tembok bisa menyebabkan alergi. Makasih infonya mba Rach :)

Reply Delete
Avatar
Meriska Putri W Nov 1, 2016, 12:04:00 PM

Suamiku tu alergi segala rupa, bulu kucing sampe debu. Langsung deh badannya ngedrop kalau udah ketemu pemicu alerginya.

Tapi aku baru tau lho mbak, kalau jamur tembok juga bisa jadi penyebab alergi. Kayaknya aku alergi ini deh, tiap di ruang lembab pasti aku langsung sesek..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 1, 2016, 2:05:00 PM

Iya tembok yang lembab juga bisa jadi penyebabnya mba

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Nov 1, 2016, 4:06:00 PM

Anak tetanggaku alergi bulu binatang. Kepalanya sampai bernanah dan beberapa hari tidak masuk sekolah.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 2, 2016, 6:56:00 AM

Duh kok sampe segitu ya mba :(
Harus dihindari tuh. SMoga nggak papa ya mba

Reply Delete
Avatar
Titis Ayuningsih Nov 2, 2016, 2:00:00 PM

Duh, alergi saya biasanya bisa karena cuaca yang dingin mbak, mengigil gitu hiksss

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 3, 2016, 7:51:00 AM

Mengigil butuh kehangatan #eaaa :p

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih Nov 2, 2016, 8:22:00 PM

saya kao kena logam lama-lama bisa gatal, merah lama2 luka. suami alergi dingin , kalu pagi2 suka bersin2. anak pernah alergi susu sapi sekarang sih nggak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 3, 2016, 7:52:00 AM

Sama tuh mama aku juga kalau kena logam malah gatal gatal :p

Reply Delete
Avatar
Irly - Nov 3, 2016, 7:50:00 AM

Saya alerginya sama perhiasan-perhiasan dari logam Mba, cepet reaksinya. Mama yang alergi udara Mbak, ga ngerti apa-apa kadang suka tiba-tiba bengkak aja bibirnya.. kasihan sama Mama..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 5, 2016, 9:41:00 AM

Duh sampe bengkak bibirnya ya :(

Reply Delete
Avatar
Ria Tumimomor Nov 3, 2016, 3:01:00 PM

duh, semua penyebabnya kayaknya ada di rumahku nih... apalagi bulu kucing... Kucingku ada 5! pantes akhir2 ini bersin melulu :(

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 5, 2016, 9:42:00 AM

Kalo dirumahku nggak pelihara kucing sih mba Ria

Reply Delete
Avatar
fanny fristhika nila Nov 3, 2016, 6:07:00 PM

Alergi ini tp bisa ilang sendiri.. soalnya dulu itu aku alergi telur dan seafood mba.. tiap makan itu pasti gatel seluruh badan... cuma semakin besar, ga lagi.. mau sebanyak apapun makan seafood dan telurnya udh ga gatel2 kyk dulu... anakku yg dulu alergi susu sapi, skr udh okay... pas bayi aja yg ga bisa...

cuma suami nih yg sampe skr alergi debunya ga ilang2...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Nov 8, 2016, 8:51:00 AM

Berarti harus jauh-jauh dari debu tuh mba ;)

Reply Delete
Avatar
yuli aenuropiq Nov 14, 2016, 10:06:00 PM

salam blogger... salam hangat dr garo-blog.com,
yang penting mba kondisi tubuh kita, kalo kitanya sehat insya Allah virus-virus gk akan masuk,,sistem kekebalan tubuh kitanya bagus...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Dec 3, 2016, 10:50:00 AM

Sistem kekebalan tubuh memang harus dijaga ya mba Yuli :)

Reply Delete