Makan Lontong Balap Pak Gendut di Surabaya

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Makan Lontong Balap Pak Gendut di Surabaya

Makanan ini, pernah membuat saya ngidam saat hamil Ayyas dulu. Pas hamil, saya pengen banget makan lontong balap. Iya, lontong balap. Mungkin karena pernah tinggak di Sidoarjo, Jawa Timur, jadi suka sekali makanan khas dari Jawa Timur. Tapi darimana membeli lontong balap di Jakarta? Setelah Nanya kiri nanya kanan, akhirnya dapat referensi makan lontong balap di Mall Pondok Indah. Harganya, berkali-kali lipat daripada harga yang biasanya saya beli. Tapi ya mau gimana lagi, sekali doang sih. Padahal tak lama kemudian saya pulang ke Sidoarjo dan tentu menikmati lontong balap. Hihii. Kabarnya, nama lontong balap ini berawal karena para pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan bergantian memakai perlatan dan selalu ingin cepat selesai. Istilahnya, saling balapan (cepat-cepetan).






Saat pulang ke Sidoarjo, 16 September lalu saya menyempatkan mampir dan makan di lontong balap Pak Gendut. “Ir, tolong antar Chi kesana,” kata saya kepada adik saya. Sore harinya, saya bersama keluarga kemudian meluncur ke lontong balap Pak Gendut yang terletak di kawasan Praban, Surabaya, Jawa Timur. Tempat makanan ini jadi tempat tujuan saya sekeluarga sejak dulu.

Tempat jualan lontong balap Pak Gendut 
Dulu, saat datang ke sini banyak sekali pilihan lontong balap yang terletak di kiri dan kanan Saya nggak tahu siapa yag pertama kali memperkenalkan saya makan lontong balap Pak Gendut. Jadi ya sejak pertama tahu hingga kini, saya masih  makan disini.

Mas penjualnya, duh saya lupa namanya, adalah generasi ketiga dari warung lontong balap Pak Gendut. Warung ini memiliki dua cabang lainnya. Warung yang di Pramban ini sederhana sekali. Hanya ada tempat seperti bakulan yang membawa dua gentong besar di kiri dan kanan. Dua gentong besar ini terbuat dari tanah liat dan berisi kuah dan kecambah. Kecambah yang digunakan adalah kecambah Jepang yang lebih besar dan bersih. Kecambahnya masih segar saat dikonsumsi. Kuahnya memiliki perpaduan rasa yang pas.
 
Penjual lontong balap Pak Gendut Generasi ke 3
Makanan lontong balap berisi kuah serta kecambah kemudian ada tahu serta beberapa potongan lontong. Juga ada lentho lezat yang terbuat dari kacang tolo dan beraneka bumbu. Saya suka lentho karena maish garing alias kriuk kriuk saat disantap walaupun telah disiram kuah. Sayangnya, kuahnya kurang panas kalau versi saya. Padahal memang penyajiannya tidak dalam bentuk kuah panas. Beda dengan soto. Oh ya, makanan ini menjadi semakin enak karena ada petis dan sambal yang khas. Menurut mas penjualnya, ciri khas dari lontong balap Pak Gendut adalah racikan petis dan sambal yang dijadikan satu. Satu porsi lontong balap harganya Rp 11 ribu. Supaya semakin lezat, saya memilih makan lontong balap dengan sate kerang. Sate kerangnya satu porsi isi 10 harganya Rp 11 ribu. Sate kerang ini makan dengan kuah kecap dan sambal. Untuk minumnya, saya pilih es kelapa muda untuk menetralisir kerang. 

Lontong balap Pak Gendut ini mulai berjualan pada tahun 1956 di jalan Wonokromo. Lalu pada tahun 1976 pindah dan menetap dan berjualan di depan Bioskop Garuda, hingga kini. Sayangnya, Lontong Balap Pak Gendut tak ada di Jakarta. Kalau ada, saya bakalan sering mampir dan makan lontong balap. Enak sih ...  





71 comments

Avatar
lianny hendrawati Sep 27, 2016, 10:04:00 AM

Wahahaha sedapnyaaaaa, itu ada lentho nya juga. Sudah lama nih nggak makan lentho, pengin lontong balap :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 27, 2016, 12:49:00 PM

Lenthonya kriuk kriuk mba. Enaak deh. Moga kesampean makan lontong balap ya

Reply Delete
Avatar
Munzir Shakila Sep 27, 2016, 10:07:00 AM

mantap emang lontong balapnya...next k surabaya katong kuliner lai ee chi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 27, 2016, 12:50:00 PM

Siaappp. Insyallah Ir. Enak sih yaaa

Reply Delete
Avatar
Reta Yudistyana Sep 27, 2016, 10:29:00 AM

Saya baru kenal lontong balap justru setelah merantau ke Bontang hihi. Kalau di sini satu porsi rasanya banyak sekali makanya suka pesan setengah aja :p Yang paling saya suka itu gorengannya yang bulat-bulat, apa ya namanya..haha.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 27, 2016, 12:51:00 PM

Wah jauh banget kenal lontong balapnya. Hihiii. Iyaa itu lentho mb. ENAKKK

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sep 27, 2016, 10:56:00 AM

Segeeerr banget nih penampakannya ya Mba. Aku blm pernah nih makan lontong balap.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 27, 2016, 12:51:00 PM

Iyaa mba. Seger euy. Cobalah kapan kapan mba Uniek

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila Sep 27, 2016, 11:45:00 AM

Pernah dgr sih makanan ini tp blm prnh nyobain mba :). Penasaran.. tp sambelnya pedes kan ya??

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 27, 2016, 12:52:00 PM

Sambalnya mantaap mba. Pedess. Bisa nambah sambal jugaa hihii

Reply Delete
Avatar
Budy TravellingAddict Sep 27, 2016, 12:30:00 PM

duh ngiler jadi pengen makan lontong balap

Budy | Travelling Addict
Blogger abal-abal
www.travellingaddict.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 27, 2016, 12:52:00 PM

Hayuuuk mas dcoba makan lontong balapnyaa

Reply Delete
Avatar
Bondan murdani Sep 27, 2016, 3:52:00 PM

sudah 7 tahun di surabaya tapi blm pernah kesini.

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Sep 27, 2016, 6:22:00 PM

Pengeeen, apalagi pas lapar gini, tapi jauuuh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 28, 2016, 7:08:00 AM

Deket kok mba. Cuma satu jam perjalanan

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Sep 27, 2016, 10:32:00 PM

Kirain lontong balap itu saking banyaknya tukang lontong terus mereka balapan kalau melihat ada pelanggan yang mau beli :D

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Sep 28, 2016, 11:22:00 AM

Huaaa baca ini jadi ngilerrr ..Lontong balap kayaknya enak nih.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:38:00 AM

Enaak menurutku mba Amel. Cobaaa yuuukk

Reply Delete
Avatar
Yudy Ananda Sep 28, 2016, 1:01:00 PM

deskripsi lenthonya yummy banget mba, sayang seumur-umur belum pernah ngerasain lontong balap hiks :( coba cari ah mudah-mudahan nemu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:39:00 AM

Iyaa aku lihat juga jadi pengen makan lagi hahhaha

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi Sep 28, 2016, 3:43:00 PM

Mbak, lontong balap ini yang suka dimakan pake sate kupang ya? Pas liputan ke Sidoarjo dulu aku nggak sempat nyicipin kuliner ini, huhuhu.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:39:00 AM

Iyaaa. Bener banget mba Dewi. Wajib tuh kali jalan2 coba kulinernyaa

Reply Delete
Avatar
Ety Abdoel Sep 28, 2016, 4:36:00 PM

Weh, saya juga suka lontong balap.
Kalau mudik ini salah kuliner inceran.
Duh, jadi pengin deh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:40:00 AM

Mmmh yummy ya. Ini juga jadi wajib buat aku kalo pulang mba. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Rusydina Tamimi Sep 28, 2016, 5:20:00 PM

lontong blap, sama tahu lontong atau tahu campur sebenrnya sama ngga sih ya mbak? apa cuma beda di bumbunya aja ya?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:41:00 AM

Beda mbaaa. Kuahnya lebih bening lontong balap. Hayuk dicoba semuanya. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Sep 28, 2016, 7:21:00 PM

Lama banget nggak makan lontong balap, ada sekitar tiga tahun, duuuh.. bikin mupeng lihat fotonya, mbakkk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:41:00 AM

Kelamaan itu mbaa. Yuk makan lagi. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP Sep 28, 2016, 8:10:00 PM

Br tau tentang lontong balap nih... Kecambahnya bnyk bgt ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:41:00 AM

Itu bikin enak kecambahnya juga mba. Kriuk kriuk

Reply Delete
Avatar
retno Sep 28, 2016, 9:47:00 PM

aih jadi pingin makan lontong balap mba... kebetulan suamiku kan orang sidoarjo, jadi suka sekali makan lontong balap. malahan dulu kalo ga sibuk suamiku sering masak sendiri lontong balap lalu dibagiin ke tetangga... kemarin Paksu juga baru beli kacang tolo, maunya dibikinin lentho, tapi belum sempat hihihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 5:42:00 AM

Wah baru tahu aku. Asyik kalau bisa bikin sendiri lontong balapnya ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ranny Sep 29, 2016, 6:23:00 AM

Huaaa pagi-pagi bw ke sini jadi lapar huhuhu tanggung jawab mbak :D *dikeplak hhehehe
Sebenarnya saya bukan penggemar lontong, tapi setelah nikah misua tuh suka lontong jadi deh ikutan suka *halah labil
Saya selalu suka kuliner di tempat kayak gitu mbak, biasanya makanan yang dijual enaaaaakkk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 7:54:00 AM

Iyaaa. Biar menikmati kuliner daerah mba. Lontong emang enak

Reply Delete
Avatar
aya rosidi Sep 29, 2016, 7:23:00 AM

Enaaaaak Kayanya ya mbaa.. Ngiler jadinya .. Hahaha

www.hai-ariani.com

Reply Delete
Avatar
sari widiarti Sep 29, 2016, 9:57:00 AM

salam kenal mbak..aku suka juga sama lontong balap pak gendut. deket rumahku ada mbak, di sidoarjo :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2016, 2:03:00 PM

Sama-sama oranG Sidoarjo. Salam kenal mba :)

Reply Delete
Avatar
Anita Carolina Tampubolon Sep 29, 2016, 1:06:00 PM

Saya taunya Mie balap, Mba. Lontong balap baru tau nih...

Reply Delete
Avatar
prana ningrum Sep 30, 2016, 8:43:00 AM

Jd pengin makan lontong balap nih..kenyang bgt mb kalo makan lontong.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 30, 2016, 4:22:00 PM

Lontongnya ga terlalu banyak mb :)

Reply Delete
Avatar
Kang Nurul Iman Sep 30, 2016, 9:03:00 AM

Kalau saya mah belum pernah nyoba mbak karena dikota saya juga tidak ada jadi saya jujur baru lihat sekarang.

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah Sep 30, 2016, 9:56:00 AM

mbaaa ini lontong balap langganannya ahmad dhani itu bukan sih? kalau iya aku udah pernah ke sini dua kali kayaknya. inget sm lentho-nya yang khas

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 30, 2016, 4:23:00 PM

Mbaa Ophiee aku nggak tahu kali langganan AD. Nggak pernah dengar ceritanya. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul Sep 30, 2016, 9:51:00 PM

mbakkk...baru kemaren makan lontong balap..porsinya jumbo
Saya bilang sama suami, ah kebanyakan nih berdua aja...Tau nya nggak cukup.
Sekarang kangen lagi :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 1, 2016, 11:38:00 AM

Iyaa kan. Pengen nambah lagi :))

Reply Delete
Avatar
Bang Aswi | @bangaswi Oct 1, 2016, 10:00:00 AM

Lontong adalah makanan favorit saya. Di Bandung saya suka lontong kari dan kupat tahu. Kalau makan lotek, bahkan lebih suka pakai lontong daripada nasi. Lontong balap? Belum pernah cobaaa ... ^_^

Reply Delete
Avatar
laili umdatul khoirurosida Oct 2, 2016, 9:24:00 AM

Mbaak.. aku kira dulu itu lontong balap ini jualanny sambil balapan, alias berpindah pindah tempat hihi
Ternyata gara gara cepet cepet an selesai tooh..

Lama banget aku nggak kesurabaya, nanti kalau aku ke surabaya aku pengen nyobain. Itu udah sampe generasi ke 3 dan masih eksis, kayaknya enak deh :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 2, 2016, 9:29:00 AM

Hahhaa ...
Iyaa skali skali cobain mba :)

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Oct 3, 2016, 4:26:00 PM

Aduh kenapa aku buka yang ini. Pas menanti waktu makan tiba. Uhuk!

Hanya satu hal, karena saya sudah lama nggak makan lontong balap.

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Adismal Oct 3, 2016, 7:19:00 PM

Mba.. Itu tauge banyak buangeet...secara aku penggemar toge..ngiler euy..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 4, 2016, 7:41:00 AM

Tauge banyak ini yang bikin ngiler. Hehhehe

Reply Delete
Avatar
NiaNastiti Oct 4, 2016, 10:27:00 AM

Rasa lontong balap sebenarnya gmn sih Mba? Kapan hari aku pernah coba di Pasar Modern Bintaro, kok ya kurang gurih dari imajinasiku :p

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 6, 2016, 8:02:00 AM

Iya nggak gurih, mba. Seger kayak kuah sop tapi lebih ringan :)

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae Oct 4, 2016, 11:04:00 AM

Enaknya ... :o Jadi pengen nyobain. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 6, 2016, 8:58:00 AM

Jangan lupa nyoba mba Annisa :)

Reply Delete
Avatar
Rudi Medan Wisata Oct 4, 2016, 5:09:00 PM

Waduhhm,,,,, sore gini baca postingan ini, menambah tingkat lapar aja nih,,

apalagi lontong pula.. yummy

Reply Delete
Avatar
Elva susanti Jun 20, 2018, 1:08:00 PM

Maknyus mbak. Bikin ngilerrr. Di Depok ada gak ya yg jual Lontong Balap.

Reply Delete