Senin, Oktober 02, 2017

Rahasia Kulit Bayi Tetap Sehat

Siapa yang tak senang melihat kulit bayinya sehat? Saya sih yakin hampir semua orangtua menginginkan kulit bayi tetap sehat. Tapi, hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis membuat kulit bayi rentan membuat kulit bayi mengalami permasalahan. Dikutip dari Kompas.com, lebih dari 80 persen anak pernah mengalami masalah kulit.

PH kulit bayi itu berbeda dengan PH kulit orang dewasa. Jika PH kulit orang dewasa 4-6, PH kulit bayi berkisar antara 6-7. Tak hanya perbedaan PH kulit saja melainkan juga kulit bayi yang lebih tipis 30 persen dibandingkan kulit orang dewasa membuat kulit bayi rentan terjadinya iritasi.

Lalu, apa saja masalah kulit yang paling sering dialami bayi?

Sumber : pixabay.com

Biang keringat
Pernah melihat kulit bayi yang melepuh halus dan tampak bintik-bintil merah berukuran kecil? Besar kemungkinan bayi mengalami biang keringat. Biang keringat ini biasanya muncul di dahi, punggung dan dada.  Mengapa terjadi biang keringat? Penyebab utama dikarenakan kondisi di sekitar bayi panas dan lembab sehingga menyebabkan munculnya biang keringat.
 
Sumber : Lactacyd Baby
Ruam Popok
Sebanyak 50 persen bayi yang mengalami popok mengalami ruam popok. Biasanya, ruam popok ini terjadi pada bagian kulit yang tertutup popo. Biasanya hal ini terjadi karena pemakaian popok yang terlalu lama sehingga melebihi batas kapasitas tampung urin atau tinja. Nah, ruam popok ini paling  sering terjadi saat bayi tertidur di malam hari karena orangtua jarang memperhatikan popok di malam hari.
 
Mencegah agar tak terjadi ruam popok 

Lecet
Jika kulit tampak memerah dan terkadang ada luka, ini dikuatirkan anak mengalami lecet pada kulit tubuhnya. Di bagian tubuh mana lecet terjadi? Lecet teryata paling banyak terjadi di anus bayi sehingga orangtua harus memperhatikan dengan baik agar  tak terjadi lecet pada bayi.

Dari segala permasalahan kulit yang dialami bayi, anak saya saat masih kecil, paling sering mengalami biang keringat. Saat baru lahir, kondisi rumah yang agak panas membuat dia mudah mengalami biang keringat. Biang keringat paling banyak yang di alami Ayyas adalah di dahi. Saya ingat saat Ayyas pertama kali kena biang keringat, tidurnya menjadi tak nyaman. Di dahinya muncul benjolan kecil berwarna merah. Duh, saat saya lihat dia jadi kasian juga.

Saat tante saya datang ke Jakarta dan melihat kondisi Ayyas yang penuh biang keringat, tante langsung meminta agar kondisi ruangan rumah dibuat senyaman mungkin. Saya kemudian memeriksa dahi, leher dan bagian tubuh yang tertutup pakaian. Bintil-bintil kecil berwarna merah yang tampak kemerahan menandakan anak terkena biang keringat. Dalam istilah kedokteran disebut sebagai miliaria.

Sesuai saran tante, saya langsung menjaga kenyamanan lingkungan di sekitar anak misalnya kamar bersih, tidak panas dan tak lembab serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Tak hanya itu saja, saya juga memakaikan baju yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, lembut dan tak ketat pada bayi. Jika melihat bayi berkeringat, saya langsung usap dengan waslap basah dan keringkan dengan handuk kering yang lembut. Jika diperlukan, saya pun mengganti baju yang basah  itu.

Hal lain yang saya lakukan adalah menggunakan Lactacyd Baby untuk menjaga kesehatan kulit bayi. 


Mengapa Lactacy Baby?
Lactacyd Baby merupakan brand internasional yang sudah terpercaya untuk menjaga kulit bayi dari iritasi ringan.

Kandungan alami dari ekstrak Susu serta formulasi dengan pH yang sesuai dengan kebutuhan kulit bayi.

Lactacyd Baby telah teruji secara dermatologi dan dapat digunakan setiap hari.

Hasil yang nyata setelah menggunakan Lactacyd Baby.


Dan saya telah membuktikan hasil bagaimana Lactacyd Baby mampu membuat kulit bayi membuat kulit menjadi lebih sehat. Saat terkena biang keringat di saat Ayyas masih bayi, penggunaan Lactacyd yang secara rutin membuat kulit Ayyas bebas dari biang keringat. Kini, Ayyas masih menggunakan Lactacy Baby. Kok? Pernah ya kulit Ayyas ruam gatal di bagian kaki. Berbagai upaya kemudian dilakukan agar kulit di kakinya tak memerah. Tapi beberapa kali akhinya tak membuahkan hasil. Akhirnya kami teringat penggunaan Lactacy Baby yang membuat kulit Ayyas terhindar dari biang keringat saat masih bayi. Hasilnya apa setelah menggunakan Lactacy Baby di ruam kaki yang gatal? Secara perlahan, ruam gatal itu pun hilang.

Cara menggunakan Lactacyd Baby sangat mudah. Pertama-tama, saya tuang Lactacy Baby 3-4 sendok teh (@5 ml dalam wadah mandi). Lalu saya secara perlahan mengunakan Lactacy pada seluruh tubuh Ayyas terutama pada bagian tubuhnya yang terkena biang keringat. Agar hasilnya maksimal, saya lakukan gerakan menggosok secara perlahan agar kondisi kulit anak semakin sehat.



Bagaimana cara teman menjaga kesehatan kulit anak? Kalau saya menggunakan #LactacydBaby yang memang merupakan #BabySkinExpert 

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

58 komentar:

  1. Wah tenang yah sekarang, ada Lactacyd Baby buat jaga kesehatan kulit bayi. Suka kesian liat adek bayi yang kena biang keringet atau ruam2 merah gitu di kulitnya.

    BalasHapus
  2. Suka ga tega klo liat bayi yg ngalamin biang keringat. Selain gatal2 biasanya bayi agak lebih rewel

    BalasHapus
  3. Wah dulu yang masalah kulit tuh anak nomor dua kayak ruam2 gitu sampai kakeknya nyuruh2 ke dokter. Tp setelah itu malah kulitnya jadi paling putih. Untung sekarang mah ada Lactacyl ya..:)

    BalasHapus
  4. Apalagi jika kulitnya sensitif ya Mbak. Lactacyd juga andalan aku nih Mbak. Walaupun anak2 sudah besar, tapi krn alergi biasanya kalau kambuh suka beruntusan dan gatal ... Jd mandinya pake lactacyd.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini penting kan buat kulit alergi

      Hapus
  5. Duh kalo anak pas kena biang keringat, rewelnya melebihi emaknya yaa Kak Lida hahaha..lactacyd bisa jadi solusi nich

    BalasHapus
  6. Dulu waktu maish kecil, mamah suka kaish bedak dingin. Kalau sekarang sih praktis, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya jadi ingat nih soal bedak dingin ya

      Hapus
  7. jadi inget si bungsu waktu bayik, sempet pake ini juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini anakku ampe gede ya masih pakai ini mbaa. Hehhe

      Hapus
  8. Baiknya ini sampai umur berapa tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai 8 tahun juga masih saya pakai LActacyd mba

      Hapus
  9. kulit bayi memang sensitif jadi harus dirawat dengan produk khusus seperti lactacyd ini ya mba

    BalasHapus
  10. Anak2ku dulu jg sering kena biang keringat. Kasian jadi susah tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidur kalau nggak nyenyak, anak ya jadi rewel ya

      Hapus
  11. Wah, sultan banget nih biang keringetan mulu. Apalagi pas di rumah mertua yg ga boleh dikasih kipas angin kalau tidur, badannya merah2 semua.

    Lactacyd berarti rekomen ya mba

    BalasHapus
  12. Pas banget nih mba ..anakku lgi biang keringat trus...

    BalasHapus
  13. dulu pas raffi gatel pakai ini cepet sembuhnya

    BalasHapus
  14. Wahh bintil bintil memang ada kulit anak yang masih sensitif dan harus dirawat sedari dini...

    Babam pernah pakai lactacyd waktu aku udah wawas saat dia berguling dan mandi di tumpukan gabah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhaha tingkahnya babam pengen digigit nih

      Hapus
  15. Kulit bayi itu sensi banget ya. Makanya ketemu produk yang tepat dan baik senang banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener banget mba Gita. Bahagia pakai bangeet

      Hapus
  16. Anakku waktu sakit dikasih resep ini mbak sama dokter. Alhamdulillah ruam merahnya berkurang, ampuh emang pake lactacyd baby.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih jadi andalan sejak kini mbaa

      Hapus
  17. Ooohh makanya kulit bayi itu super sensitif ya mbak Alida..rentan gitu.. PH nya aja 6-7 trus beda 30% lebih tipis. Untung ada Lactacyd baby jadi masalah kulit bayi bisa teratasi dengan baik dan nyaman deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aman dan nyaman bangeet buat kulit anak ya

      Hapus
  18. Terimakasih infonya, ponakan sy sering sekali ruam, nanti akan sy suruh coba memakai lactacyd baby ini, semoga ampuh dan ga pusing lg masalah ruam

    BalasHapus
  19. waah lactacyd punya produk untuk bayi :D baru tahu aku mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa dikira hanya yang femine wash aja ya :)

      Hapus
  20. Saya juga pakai lactacyd baby pas anakku kena ruam-ruam, emang bagus terbukti

    BalasHapus
  21. Recomended banget berarti produk ini ya mbak.. thanks for share :)

    BalasHapus
  22. Eh.. lihat cara penggunaannya, berarti ade salah ya? Soalnya ade ga dituang di air mandinya. Tapi di usap langsung ke badan kayak pake sabun mandi gitu.

    Ini sabun emang top banget, reccomended banget buat kulit bermasalah. Dr mulai Abang sampe Adek Fi pake ini kalau pas kulitnya bermasalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sampai skarang anakku ya make mbaa

      Hapus
  23. Sabun andalanku kalau anak2 dah mulai biang keringat, apalagi kalau musim pancaroba seperti sekarang ini :D
    Dari bayi dah disaranin pakai lactacyd sama dokternya :D

    BalasHapus
  24. Kosemetik bayi andalanku ini. Sebelum Sagara lahir aku udah siapin Lactacyd Baby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh siapin lagi buat adiknya Sagara ya mbaa :)

      Hapus
  25. Anak2ku pake Lactacyd baby dr kecil, apalagi pas anak kedua, kulitnya sensitif bgt.. gampang biang keringet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama kayak anakku pas masih kecil tuh mbaa

      Hapus
  26. Aaah iya mba suka gak tega kalau anak kena biang keringat sama ruam popok. Dan itu Boo sama Mika ngalamin juga.. Waktu itu aku belum tau nih ada produk ini.. Huhuw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah tahu kan mba produk andalan ini. Hheee

      Hapus
  27. Kalo pas liat baby kulitnya merah gatal, suka ngebayangin rasanya, pasti nggak enak banget

    BalasHapus
  28. Wah ada pilihan baru nih kalp mau kadoin temen melahirkan, yang bermanfaat buat debay pasti maknya seneng dehh dikenalin sa Lactacyd .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bisa buat kado juga karena pas buat aanak ya mbaa

      Hapus
  29. Kulit bayi pun butuh perawatan yang memadai ya Mbak

    BalasHapus
  30. Dulu Neyna juga pak lactacyd ummi karena kulitnya merah di pipi alhamdulilah lgsg ilang setelah pake lactacyd ini :) recomended

    BalasHapus