Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Resep Favorit Keluarga Menggunakan Ayam Dingin Segar

Kamis, Juni 01, 2017
Keluarga saya termasuk penyuka konsumsi daging ayam. Apalagi Ayyas, anak saya yang berusia 7 tahun. Hampir setiap saat dia minta makan lauk ayam. Saat masih usia 3 tahunan, ia menyebut ayam dengan kata ‘uuk’. Nama itu berasal dari kata kokok ayam di pagi hari. Jadi, setiap kali mau makan ayam, dia selalu bilang ‘Ummi, mau makan uuk’. Setiap kali makan ayam, ia selalu makan dengan lahap. Hampir semua olahan ayam ia sukai. Mulai dari ayam goreng, ayam bumbu kecap, ayam panggang dan lain-lain. Jadi, hampir selalu menyediakan ayam di kulkas rumah. Menu olahan ayam juga menurut saya mudah bagi saya yang berprofesi sebagai ibu bekerja. 
Ayam Masak Cabai Hijau menggunakan Ayam Dingin Segar

Nah, karena selalu menyediakan ayam di kulkas, saya nggak kebingungan saat ada anggota keluarga yang datang mendadak. Seperti yang terjadi dua minggu lalu. Keluarga suami berencana untuk berkumpul di rumah saya. Karena saya lagi kerja dan tak sempat belanja, pulang kerja saya langsung mengambil ayam di kulkas dan mengolahnya menjadi ayam panggang. Praktis kan?
Konsumsi ayam juga mengandung berbagai manfaat. Seperti yang saya baca di Merdeka.com, konsumsi ayam memiliki manfaat :

Menyehatkan tulang
Untuk mencegah munculnya penyakit seperti osteoporosis dan osteoarthritis, konsumsi ayam diketahui dapat meningkatkan ketebalan tulang. Konsumsi sop ayam seringkali menjadi nutrisi penting bagi pasien yang dalam masa pemulihan.

Meningkatkan jumlah protein
Dalam seekor ayam terkandung asam amino dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk berkembang dan berfungsi dengan baik.

Membantu pertumbuhan anak
Daging ayam dipercaya dapat menguatkan tulang anak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, konsumsi daging ayam juga diketahui dapat membantu pembentukan otot dan jaringan di dalam tubuh.

Mencegah penyakit berbahaya
Ingin terhindar dari penyakit berbahaya seperti jantung? Konsumsi daging ayam dipercaya lebih bagus daripada daging merah

Namun sayangnya, tingkat konsumsi daging ayam di Indonesia masih kalah dibandingkan Malaysia. Tingkat konsumsi daging ayam masyarakat Indonesia baru mencapai 9 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan tingkat konsumsi daging ayam di Malaysia mencapai 36 kilogram per kapita per tahun. Perbandingan yang cukup jauh kan?

Karena saya sekeluarga termasuk penggemar daging ayam, maka kami selalu berhati-hati ketika memilih daging ayam karena di pasaran masih ditemukan daging ayam yang belum atau tidak diproses dengan layak. Apalagi saat itu sempat dihebohkan dengan dijualnya ayam tiren yang berbahaya bagi masyarakat. Ayam tiren adalah ayam yang mati tidak melalui proses pemotongan. Ciri ayam tiren adalah :
Jika dicium maka akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap
Daging ayam tiren memiliki warna kebiru-biruan seperti daging yang habis kena benturan. Warnanya juga pucat dan tidak segar
Permukaan daging tidak mulus dan kulitnya lebih licin dan mengkilap karena efek penggunaan formalin

Lalu, bagaimana cara memilih daging ayam?
Pilihlah daging ayam yang warnanya putih krem kemerahan (bukan kuning kehijauan)
Pilih daging ayam yang tidak kering kulitnya dan tidak berlendir
Pilih daging ayam yang teksturnya kenyal. Jadi ketika ditekan, maka tekturnya akan kembali normal.
Pilih daging yang tidah memar
Pilih daging yang bau dan aromanya khas daging ayam segar, bukan bau yang lain



Nah, agar terhindar dari daging ayam yang tak sehat untuk kesehatan, saya memilih Ayam Dingin Segar. Ayam Dingin Segar adalah istilah yang digunakan untuk daging ayam yang diproses dengan cara pendinginan atau pembekuan. Ayam Dingin Segar bisa berasal dari jenis apa saja baik ayam broiler (pedaging, ayam kampung, ayam petelur dan lainnya selama diolah atau diproduksi dengan proses dingin. Jadi, ayam disembelih di Rumah Potong Unggas dan dagingnya ditangani dalam keadaan dingin (suhu 0-4 derajat celcius) dan terus dipertahankan pada suhu dingin selama transportasi, penjajaan hingga ke tangan konsumen. Penanganan daging ayam dengan cara pendinginan/pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kualitas kesegaran daging ayam serta menghambat pertumbuhan kuman. Cara ini dianggap terbaik karena kita berada di zona tropis yang membuat bakteri dan kuman lebih mudah untuk tumbuh.

Pemerintah saat ini mengkampanyekan edukasi Ayam Dingin Segar sebagai program edukasi atau pembelajaran untuk masyarakat Indonesia mengenai cara mengenali, mengindentifikasi dan memilih daging ayam berkualitas untuk keluarga tercinta.

Ayam Dingin Segar ini memiliki tiga keunggulan yakni :
Segar

Proses pengolahan daging ayam melewati proses yang panjang sejak dari Rumah Potong Unggas hingga ke tangan konsumen. Proses di Rumah Potong Unggas dimulai dari disembelih, dikeluarkannya jeroan, dipotong/disembelihnya leher dan kaki, dibersihkan dan disimpan. Setelah dari Rumah Potong Unggas, prosesnya kemudian dilanjutan proses transportasi dan penjajahan hingga ke tangan konsumen. Semua proses itu dilakukan dalam kondisi ayam segar selalu berada dalam kondisi dingin (0-4 derajat celcius)sehingga terjaga kualitas dan rasa aslinya. Daging ayam utuh akan terjaga kualitasnya selama 1 hingga 2 hari jika disimpan di kulkas (refrigerator) dengan suhu 0-4 derajat celcius. Sedangkan Ayam Dingin Segar juga dan bisa bertahan hingga 6 bulan jika disimpan dalam freezer (beku) dengan suhu di bawah -18 serajat celcius.

Praktis
Bagi ibu bekerja seperti saya tentu harus pintar mengurus keluarga, mengerjakan pekerjaan rumah ataupun bekerja. Mengkonsumsi Ayam Dingin Segar sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan saya sebagai ibu bekerja.  Jadi kapan pun saya menginginkan mengolah ayam, dengan mudah diperoleh

Serbaguna
Adanya Ayam Dingin Segar ini membuat saya dapat mengolah sesuai dengan kebutuhan keluarga dan cocok untuk diolah menjadi menu makanan khas daerah atau dari negara lain. Dengan menggunakan Ayam Dingin Segar, aneka makanan kesukaan keluarga bisa diolah. 

Tak hanya tiga manfaat utama itu saja yang dimiliki Ayam Dingin Segar. Ayam Dingin Segar memiliki keunggulan lainnya yakni :

Enak
Proses pendinginan atau pembekuan daging ayam yang dilakukan tidak mempengaruhi rasa dan diproses dengan teknik yang tepat, membuat rasa daging ayam akan terjaga. Rasa Ayam Dingin Segar  tak berbeda dengan daging ayam hangat. 

Hemat
Selama ini saya mengkonsumsi Ayam Dingin Segar karena saya selalu bisa menyimpan dan mengolah kapan saja. Soal harga memiliki harga yang mampu bersaing dengan harga daging ayam hangat di pasar.

Kandungan
Penanganan daging ayan dengan proses dingin diharapkan akan mampu menjaga kandungan gizi yang dimiliki daging ayam seperti protein, vitamin (B2 dan B6), mineral (tembaga, fosfor, dan selenium).

Lalu, dimana membeli Ayam Dingin Segar yang terjamin kualitasnya? Saya selalu membeli Ayam Dingin Segar di Prima Supermarket. Hingga saat ini baru beberapa supermarket besar saja yang sudah menerapkan sistem rantai dingin dengan benar yakni Ranch Market dan Prima Supermarket. Jarak Prima Supermarket tak sampai satu kilometer dari rumah saya. Dekat kan?. Jadi, seringkali saya sepulang kerja menyempatkan untuk berbelanja Ayam Dingin Segar. Suasana di dalam Prima Supermarket sangat bersih, pencahayaannya cukup dan penataannya rapi. Ayam Dingin Segar yang disajikan terlihat sehat dan bersih serta rapi.

Suasana di Prima Supermarket

Ayam Dingin Segar
Ayam Dingin Segar
Saya biasanya membeli 2 ekor Ayam Dingin Segar. Ayam Dingin Segar yang saya beli saya simpan di kulkas bawa dan ada yang di freezer (kulkas atas). Ayam Dingin Segar yang saya beli dalam kondisi ayam beku dan ayam tak beku. Untuk ayam yang tak beku saya letakkan di kulkas tapi bukan di bagian freezer karena akan diolah 1-2 hari kemudian. Sedangkan ayam yang beku saya letakkan di dalam freezer.  
Teliti membeli ayam
Untuk daging ayam beku saya memiliki metode untuk mencairkan kebekuannya. Saya mengindari mencairkan di suhu ruangan karena akan membuka peluag bakteri untuk mengkontaminasi. Ada tiga metode untuk mencairkan yakni di dalam kulkas, di dalam air dingin atau di dalam microwave. Dari ketiga metode itu, saya memilih mencairkan ayam di dalam kulkas. Biasanya, saya meletakkan ayam di dalam piring atau wadah agar tidak ada cairan yang bocor. Waktu pencairan daging ayam beku adalah 24 jam untuk setiap 2,5 kilogram daging ayam beku. Apakah daging ayam beku yang batal dimasak bisa dibekukan kembali? Iya, daging ayam beku bisa dimasak kembali jika daging masih dingin dan masih terlihat adanya kristal es.

Resep Favorit dari Ayam Dingin Segar
Kalau ditanya apa sih menu makanan favorit dari Ayam Dingin Segar, jawabanya satu yakni Ayam Masak Cabai Hijau. Resepnya mudah, bahannya nggak ribet dan rasanya enak sehingga saya sekeluarga sangat menyukai resep ini. Resep ini saya modifikasi dari buku ‘241 Resep Makanan Favorit Antigagal’ karya Fatmah Bahalwan dan Tim Natural Cooking Club. Perbedaan utamanya jika resep aslinya ayam digoreng terlebih dahulu, kali ini saya tidak menggoreng ayam. Untuk bumbu, saya menambahkan cabai hijau kecil dan menambahkan beberapa butir bawang merah dan bawang putih. Penasaran ingin tahu resepnya?

Bahan-bahannya
Bahan
1 ekor ayam, potong 12 bagian
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
Minyak secukupnya untuk menggoreng
Air Secukupnya

Bumbu
10 buah cabai hijau besar
10 butir bawang merah
7 butir bawang putih
6 buah tomat hijau potong-potong
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
6 lembar daun jeruk purut

Cara Membuat :
Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam lalu diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih. Kemudian, kukus cabai hijau dan haluskan bersama bawang merah dan bawang putih. Panaskan Minyak, tumis bumbu halus bersama tomat, daun jeruk purut hingga harum. Tambahkan garam dan gula, aduk. Masukkan ayam dan air kemudian aduk rata. Diamkan hingga ayam berubah warna, air mengering dan bumbu meresap. Angkat dan siap disajikan bersama keluarga.

Yuk simak video saya di bawah ini :


Setelah membaca tulisan ini, jangan ragu untuk konsumsi Ayam Dingin Segar untuk keluarga. Teman, apa menu favorit dari Ayam Dingin Segar?   

Referensi : 


60 komentar on "Resep Favorit Keluarga Menggunakan Ayam Dingin Segar "
  1. makasi ummi tipsnya aku krn belinya ga dibekuin jd takut klo dilama2 makanya lngsug diungkeb.
    mau coba ah resep ayam cabe hijaunya ❤️👆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayukk dicoba resepnya ya mba. Mudah dibuat dan rasanyaa enaakk :)

      Hapus
  2. Mbaa, makasih sharingnya, aku yg belum jadi ibu jadi tau gimana cara milih ayam yg berkualitas :D nanti mau coba ajak mamaku nyobain resep dari mba

    BalasHapus
  3. Menu ayamnya sangat menggugah selera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah makasih, mas. Hayo dicoba. Rasanya enak banget mas

      Hapus
  4. Boleh juga ini ayamnya buat stock selama bulan ramadhan,habis cari ayam di tukang sayur sering kehabisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYaa mba ENi. Praktis dan rasanya juga enaak

      Hapus
  5. kurang pedas mba,,, haha tambahin cabe rawit yang merah itu,, #ngerusakresep, enak mba aku dh nyoba,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tambahin cabe rawit hijau yang pedas aja ya mba Kan ini nama resepnya cabai hijau. Hihihi

      Hapus
  6. Wah resepnya boleh banget dicoba nih. Anakku suka banget ma ayam, tapi kadang bosan kalo makan itu-itu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAh itulah. Jadinya kita rajin-rajin berkreasi ya mba

      Hapus
  7. Mbak, aku iri nih sama Mbak. Mudah banget ya dapetin ayam dingin segar. Semoga di tempatku secepatnya ada supermarket atau minimarket yang paham sama ayam dingin segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba Ika
      Aaamin semoga terwujud, ya mba :)

      Hapus
  8. Wah asik nih dapet referensi resep baru untuk buka puasa, ayam pake cabai hijau...pastinya sedappp, ditambahin cabai rawit bakal lebih nyesss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mba Muti. Pakai cabe rawit makin enak dan lezat. Mmmhh jadi lapar nih. Hihihi

      Hapus
  9. Aku biasanya pak cabe merah mba, habis liat ini malah pengen masak pake cabe ijo juga. Hihihi
    Enak ya sekarang daging ayam ga perlu lagi susah2 nyari, lengkap pula pilihannya mau pedaging, broiler, kampung semuanya ada di Ayam dingin segar ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabe merah bisa juga jadi pilihan tuh mba. Jadi biar gantian ya mba buatnya. HIhihi

      Hapus
  10. betul bgt nih masyarakat perlu diedukasi dgn ayam dingin segar, pasti memang masih segar, tdk spt ayam yg di pasar, udah siang msh aja di gelar tanpa es, mesti dipertanyakan kok gak bau?

    aku juga suka beli ayam dingin masih ber-es di.prima...tekstur ayamnya juga gak keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Tekstur ayamnya memang tak keras mbaa :)

      Hapus
  11. Saya biasanya digoreng aja atau gak dibuat chicken nugget buat si kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku pengen buat chicken nugget eh gagal meluluu, mba. Hihihi

      Hapus
  12. Wah, ayam memang bisa dimasak dengan beragam resep ya. Anakku suka segala jenis olahan ayam dingin seger ini mbak

    BalasHapus
  13. Bukber di rumahmu aja mbak, ntar masakin ayam masak cabai ijo yak hehehe

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu nich, ayam dingin. Selama ini aku belinya ayam potong trus aku masukkan ke dalam frezzer.

    BalasHapus
  15. Ayam goreng cabe hijau my luv 😍

    BalasHapus
  16. Aku kira tadi Ayam Dingin Segar itu sejenis olahan ayam baru.
    Ternyata cara mengolah ayam dan penyimpanannya yaa...


    Ayam ini makanan sejuta umat kalo di rumah aku jugaa..
    Setiap menu ayam goreng, anak-anak juga suami langsung lahap.

    Kalo menu lainnya, semacam tahu tempe...aduduu~~ lama nian makannya.

    Perlu nyetok juga niih ayam dingin segar. Biar gak mati gaya kalo anak mendadak GTM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau anak mendadak GTM jadinya binggung ya mau masak apa aja ya mba

      Hapus
  17. Emang nih ayam bumbu lombok ijo sukses bikin lidah kemecer.Kira2 beli ayam dinginnya dimana ya mba?

    BalasHapus
  18. Ayam sambal ijo memang menggugah selera mbak.. Suami aku suka bgt aku buat sambal ijo dengan bahan apa aja

    BalasHapus
  19. Sama mba saya kalau beli Ayam saya perhatiin banget, kalau ada memar kadang bekas suntikan di sayapnya saya ga jadi beli, makannya jadi was-was.

    BalasHapus
  20. Huaa langsung bilang ibuku mau masak ayam cabe hijau hari ini mbak, ngiler :))

    BalasHapus
  21. cobain resepnya ah, kebetulan suami saya pencinta ayam mbak

    BalasHapus
  22. Thank you mbak sharing resepnya! :) Aku juga suka beli ayam di Prima hehehe.

    BalasHapus
  23. Belum pernah masak ayam cabe ijo. Bisa dicoba resepnya.

    BalasHapus
  24. Mbk Alida, puasa-puasa kayak gini liati gambar n resepnya mbk alida buat nelan ludah. hihi,...ngiler.com

    Salam kenal dari Bengkulu mbk.
    ditunggu kunjungannya di blog saya.hihi
    ditunggu juga Follow nya..

    BalasHapus
  25. Baru tau tentang ayam dingin ini.
    Terima kasih untuk info dan resepnya mbak.

    BalasHapus
  26. iya ya mba.. sekarang suka galau beli ayam karena itu mba bakteri dan formalinnya, . tapi apa daya, karena tak ada pilihan akhirnya beli aja. Seertinya harus coba sok ayam dingin segar ini biar lebih sehat,
    Resep ayam cabe hijaunya bikin ngilerrr...

    BalasHapus
  27. Cocok ni mbak ... nanti tak kasi tau istri saya menunya

    BalasHapus
  28. Opor ayam yang aku ga suka mba hehehe.. Btw prima ini cuma jual ayam dan nugget ya mba?

    BalasHapus
  29. Saya juga selalu belanja ayam di Prima. Kebetulan dekat rumah. Ayamnya udah bersih.

    BalasHapus
  30. Terima kasih infonya kak,,duhh jadi laper liat ayam bumbu lombok hijau 😂😂😂

    BalasHapus
  31. Ayam cabai hijaunya bikin ngiler. Tapi kalau yang pedas begini, cuma aku di rumah yang doyan 😂

    BalasHapus
  32. Aku belum pernah belanja ayam segar di prima...tapi setelah baca ini jadi tertarik, apalagi deket rumah ada Prima baru buka tuh...resepnya menggugah selera mbak Alida tq.

    BalasHapus
  33. Dulu beranggapan malah ayam yang didinginkan itu yang gak bagus buat tubuh, jadi kalau beli ayam gak mau di supermarket, eh ternyata malah ayam dingin itu justru yang bagus.

    BalasHapus
  34. Kayaknya kalo nyuRIh si mba ART belanja, khusus ayam aku mau belinya di tempat yg memang beku gini deh.. Jgn di pasar lagi.ga kebayang bakterinya dan lain2 kalo ayam yg dijual di pasar ya mba :(

    BalasHapus
  35. aku udah sering mraktekin konsumsi ayam dingin segar karena 1 alasan: belanjanya bulanan.. hahaha... jadi beli ayam beberapa yang beku sampai rumah masukin frezer lagi. Jadi kalo belanja niat banget bawa tas yang bisa bawa makanan beku agar tetap beku.

    BalasHapus
  36. Sama2 pecinta ayam nih kita mba. Akupun setiap minggu pasti nyetok ayam di kulkas. Kmrn ak sempet nyoba bikin di cabe ijo gini. Tapi gagal mba karena bawang merah bawang putih dan cabe hijaunya aku rebus dulu. Next mau nyoba resep kamu ah mba. Yg di kukus cuma cabe ijonya aja. Tfs ya mba

    BalasHapus
  37. Semenjak tau kelebihan ayam dingin segar akupun selalu beli sekalian kalau belanja bulanan.
    Dan resepnya menarik banget nih, wajib coba resepnya nih mbak.
    Makasih mba share nya.

    BalasHapus
  38. wah bisa dicoba nih, apa lagi ini masih bulan puasa...

    BalasHapus
  39. aku ke prima n liat ayam dingin segar kemarin. tapi ga jadi beli krna mbak2nya sendirian jadi kasir merangkap tukang potong ayam dan lagi ladenin pembeli motong ayam. karna kelamaan, kutinggal pergi deh. kapan2 nanti balik lagi kalo sepi

    BalasHapus
  40. Thanks udah berbagi Ilmu, butuh edukasi memang terkait pengolahan dan management daging biar manfaatnya gk berkurang.

    BalasHapus
  41. Waw mantap banget tipsnya ya mba.. ak mau ngikutin ah tips dr mba.. sangat membantu.. kebetulan br beli ayam ni mb

    BalasHapus
  42. Enak banget neh, harus dicobain neh ressepnya

    BalasHapus
  43. Mantep tenan mbak hidanganya,, cocok banget kayaknya buat bukber bareng temen-temen/ keluarga :D

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature