Jumat, April 21, 2017

Mau Datang ke Big Bad Wolf Jakarta? Siapkan Beberapa Hal Ini

Ceritanya tahun lalu saya nggak kesampaian berkunjung ke Big Bad Wolf (BBW) Jakarta 2016. Saat lihat di televisi teryata banyak sekali yang datang. Saya juga ngiler lihat tumpukan buku yang rasa-rasanya pengen saya bawa pulang semuanya. Tapi ya karena nggak datang, akhirnya cuma bisa lihat dari televisi saja. Big Bad Wolf ini pertama kali diadakan tahun 2009 di Kuala Lumpur. Awanya hanya event obral cuci gudang dari berbagai buku yang paling laku dan buku anak-anak hingga buku langka. Diskon yang ditawarkan mulai dari 60 hingga 80 persen. Tahun ini, BBW buka 24 jam sejak pukul 09,00 hingga 24.00 WIB sejak tanggal 21 April hingga 2 Mei 2017.

Nah, pas Komunitas Emak-Emak Blogger membuat pengumuman pembagian tiket masuk VIP, tentu saya pun langsung mendaftar. Tiket VIP ini diberikan oleh Bank Mandiri. Alhamdulillah saya langsung mendapat tiket ini. Jadi, tiket VIP ini berarti kita dapat datang sebelum BBW dibuka secara resmi. Satu tiket VIP berlaku untuk dua orang dewasa dan anak-anak di bawah usia 12 tahun.
 
Horee tiket VIP (berasa orang penting, Padahal ;p)

Kamis, 20 April 2017 saya sempat janjian dengan mba April Hamsa (Blogger Depok City) tetapi kemudian jadinya kami nggak bisa barengan. Lokasi bazar buku BBW Jakarta di ICE BSD, Tangerang yang lumayan jauh dari dari wilayah Kalisari, Jakarta Timur. Pagi itu, saya berangkat dari rumah pukul 08.30 WIB menggunakan sepeda motor dan lanjut naik commuterline dari stasiun Pondok Cina, Depok. Dari stasiun Pondok Cina naik commuterline hingga stasiun Tanah Abang dan lanjut lagi ke stasiun Rawa Buntu. Dari stasiun Rawa Buntu lanjut naik ojek online bayar Rp 16 ribu.

Pas saya tiba, saya langsung menunjukkan email untuk mendapatkan tiket masuk VIP BBW. Nah, karena saya termasuk 25 orang tercepat, jadi dapat tambahan voucer belanja di BBW sebesar Rp 50 ribu. Pertama masuk langsung lihat aneka permainan anak dan makanan. Saya sih langsung meluncur ke bazar buku. Wah, lihat aneka tumpukan buku di depan mata sebetulnya benar-benar bikin kalap. Tapi pas saya ingat tumpukan buku di rumah yang juga belum terbaca akhirnya berhasil meredam biar saya nggak kalap. Hihiii …
 
Tumpukan bukunya euy
Tumpukan buk
Target saya ke BBW selain penasaran juga khusus membeli buku belajar buat Ayyas yang kini duduk di kelas 2 SD. Saya lebih memilih buku buat Ayyas adalah buku pelajaran matematika dan bahasa Inggris yang bisa dijadikan Ayyas untuk latihan soal. Buku bacaan juga ada beberapa biar Ayyas senang. Saya masih bebas mencari-cari buku, tak ada desak-desakan. Pokoknya enak banget. Suasananya juga adem. Pencahayaannya di ruangan bazar buku juga bagus. Buku-bukunya dalam keadaan masih rapi dan bersih. “Asyik banget kalau dapat tiket VIP bebas desak-desakan,” kata saya dalam hati.

Namun pas mau bayar, alamaaak, saya kaget melihat antriannya panjang dan berkelok-kelok. Saya awalnya sempat antri bayar tapi pas tahu antriannya panjang dan berkelok-kelok, akhirnya saya balik ke booth Bank Mandiri untuk tukar poin fiesta Mandiri sebanyak 100 poin agar bisa melewati jalur cepat. Namun, walaupun melalui jalur cepat saya membutuhkan hampir 1 jam untuk membayar buku di kasir. Ampun!. Ada teman saya yang cerita dia harus antri sampai 4 jam hanya untuk membayar di kasir. Saya lihat banyak ibu hamil dan menggendong bayinya yang tampak kecapean. Setau saya memang ada jasa peniitipan buku bagi yang telah membeli buku bisa nitip dulu di lokasi bazar untuk di ambil di lain hari. Tapi kalau jarak rumah jauh tentu itu bukan pilihan. Pukul 13.00 WIB saya baru selesai bayar dan langsung bergegas pulang. Alhamdulillah dapat buku berkualitas dengan harga terjangkau.
 
Tumpukan buku para pembeli yang bikin ngiler
Jika ingin ke ICE BSD untuk membeli buku di BBW Bazar Buku, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni :

Perhatikan Rute Kendaraan Menuju ICE BSD
Jadi dari stasiun Pondok Cina ke stasiun Tanah Abang. Lalu dari Stasiun Tanah Abang naik coomuterline ke jurusan Rawa Buntu. Total waktu yang dibutuhkan lebih dari 1,5 jam belum termasuk naik ojek online dari stasiun Rawa Buntu ke lokasi.  

Antrian Bayar Kasir Panjang 
Antusiasme pengunjung memang banyak banget sehingga banyak pengunjung. Tapi pas saya datang, antriannya malah hanya terlihat di kasir pembayaran. Ini pertama kali main ke bazar buku yang harus antri satu jam untuk membayar. Padahal itu sehari sebelum pembukaan untuk umum. Sudah bisa terbayangkan penuhnya seperti apa?. Saat saya datang, jumlah kasir yang dibuka 30 buah dan katanya saat dibuka umum, jumlah kasir mencapai 60. Tapi saya lihat, beberapa petugas kasir tampak beberapa kali kesulitan saat input data dan ini memerlukan waktu lebih. Saya sih merasa tak mudah juga untuk berdiri selama itu dan masih tetap semangat untuk membantu melayani para pembeli. Apalagi banyak yang membeli buku jumlahnya berkeranjang-keranjang.
 
Antrian berkelok-kelok menuju kasir
Tentukan Mau Membeli Apa
Karena banyak sekali buku yang dijual, otomatis bisa kalap untuk membeli buku. Tapi sebaiknya tentukan mau beli buku apa dan untuk siapa saja. Buku-buku BBW yang dijual di letakkan berdasarkan kategori. Mulai dari fotografi, art dan lain-lain. Jika bisa menentukan mau beli apa, belanja semakin cepat dan bayar di kasir pun tak perlu semakin antri parah.

Bawa Kursi Lipat kecil
Di ruangan bazar saya tak melihat ada kursi yang disediakan. Entahlah kalau saya terlewat. Tapi kalaupun mau datang, saran saya bawa kursi kecil yang bisa dilipat. Jadi pas antri bayar bisa sambil duduk kalau capek. Mungkin bisa juga disediakan kursi yang diletakkan di bagian pojok ruangan sehingga orang tua, anak-anak atau ibu hamil bisa istirahat sambil menunggu. Jadi kursi tak hanya disediakan di bagian depan saja (di arena makan). Pas saya ke sana, banyak sekali ibu hamil, ibu membawa balita yang harus antri dalam waktu yang lama dan dalam keadaan berdiri. Apalagi melewati antrian yang berliku seperti itu. Kasihan sekali melihat kondisi itu. Mungkin ibu hamil, ibu membawa balita, orang tua ada jalur khusus yang diprioritaskan sehingga mereka tak kesulitan. Jadi tak hanya jalur khusus dengan memakai fiesta poin saja. Tapi saran saya, sebaiknya tak bawa anak saat ke BBW. Sekedar saran kalau nggak kuat ngantri.  

Antrian di depan kasir 
 
Pakai Pakaian Yang Nyaman dan Bawa Camilan
Walaupun suasana nyaman dan sejuk, tapi tetap aja terasa gerah saat ngantri. Hindari juga menggunakan sepatu hak tinggi karena sangat tidak direkomendasikan. Bisa pakai sepatu atau sandal hak datar yang nyaman untuk digunakan. Bawa camilan atau snack dan minuman ringan jadi sangat membantu jika haus. Mungkin itu beberapa informasi yang bisa saya bagikan buat teman-teman yang mau datang ke BBW. Buku-buku impor sangat banyak dan dijual dengan harga murah. Apakah teman punya pengalaman yang bisa dibagikan terkait BBW? Mari berbagi di kolom komentar.  










Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

52 komentar:

  1. Saya nunggu yang di Surabaya event ini. Kalau ke Jakarta masih kejauhan.
    BBW ini surganya buku-buku bagus dr luar negeri maupun dalam ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Kalau buku Indonesia hanya dari satu penerbit, mba. Kalau buku luar negeri hampir 90 persen. Dan kondisinya bagus :)

      Hapus
  2. Wah sudah dibuka ya jeng, yang saya pikirkan adalah mau beli tiketnya dulu dimana ..?? :D

    melihat gitu udah kaya surganya pecinta buku, saya tau big bad wolf awal dari blogger smooth review :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masuk hari ini setauku gratis, mba. Tanpa tiket :)

      Hapus
  3. Kalau gak lagi hamil pasti ke sana. Nunggu tahun depan ini mah. Ada lagi gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja diadakan setiap tahun ya mba. Karena tahun lalu juga ada

      Hapus
  4. wah mba alida cepat karena pakai fiesta poin ya :D ya temen hana yang pakai fiesta poin juga antrinya satu jam mba.. jalur cepat pun masih lama ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi setelah aku, jalur cepat juga ngantri mba. Hihihi

      Hapus
  5. aw aw aw, yampuuunmenggiurkan banget. Banyak buku gini bisa kalap.

    BalasHapus
  6. Tahun lalu aku udah kesini mbak, makanya tahun ini udh prepare banget kesini lagi

    BalasHapus
  7. Saya kembali menjadi jamaah titipiyah alias nitip aja yah hehe. Apalagi dengan kondisi ngantri yang demikian wah banget, kayanya saya gak sanggup :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa tapi katanya setelah tiket VIP itu, jadinya nggak ngantri lagi, mbaa :p

      Hapus
  8. Ehmmm.. Coba kemaren barengan ya Mbak jadi bisa nebeng tiket vipnya.. Hehehe

    Pasti serru ya pilihan bukunya banyak dan yg paling penting harganya juga lebih murah yah.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa emang harganya lebih murah, mba Evi. Terjangkau deh buat yang import

      Hapus
  9. Kalau aku ada disana pasti aku kalap juga blnja buku ampe penuh troli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga hampir kebablasan gitu, mba. Tapi aku tahan-tahan. Hahhaa

      Hapus
  10. Aq juga kemaren kesana tapi malam, udah milih beberapa buku trus mulai antri bayar. Udah antri 30menit trus akhirnya menyerah juga. Soalnya itu aja 30 menit cuma jalan 5 meter sedangkan itu antrian ada 20meter lebih kali. Bisa2 aq pulang subuh kalo lanjut antri hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, pasti kecapean tuh apalagi bawa anak seperti mba Fanny.

      Hapus
  11. Menyenangkan banget ngeliatnya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ coba di jual online juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa banyak yang jual lagi mba Indri :)

      Hapus
  12. BBW ini luar biasa heboooh ya kayaknya :)

    BalasHapus
  13. Wah baik taun kemarin dan sekarang tetap kejauhan di jakarta mbak, suami sering ke jakarta tapi kerja gak sempet deh beliin bukunya, semoga semarang ada ya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa semoga menyeluruh di seluruh Indonesia yaa :)

      Hapus
  14. Itu aku yang 4 jam!! Sampai ngerasa kapok rasanya. Tapi baca-baca di media sosial ternyata kemarin itu parah emang. Tahun lalu aja ga begitu katanya.
    Barusan pihak BBW nya udah ngeluarin statement permintaan maaf dan lagi nyari solusi terbaik. Semoga ga parah lagi antriannya, karena buku-bukunya layak diborong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa insyaAllah ke depan makin baik tentunya, mbaa

      Hapus
  15. Mbak Lid... haduuh beneran ya ngiri liat yang beli buku satu troli gitu..
    dapat buku apa aja mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Monda, aku dapat buku buat berhitung dan bahasa Inggris buat belajar ana usia 7 tahun.

      Hapus
  16. wuah surga book lovers banget ini >< karena terlalu jauh aku ngga bisa ikut :/ kebayang ngantrinya bagimana..pas acara buku goceng-goban dari gramed aja aku klenger mba ^^; kalo ini pasti abis-abisan ya..

    suika-lovers.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaaa iyaaa aku sempat binggung mau beli apa akhirnya tersadarkan untuk nggak kalap :p

      Hapus
  17. Waaaaa.. antrian kasirnya ngeri sekaliii... Lebih heboh dari Surabaya ini sih. Untung hasil buruan gak dipasang disini. Jadi gak baper bacanya.. xixi.. saya suka baper kalo lihat katalog yg buka jastip. Lalu ingat jastipnya mahal, mengurangi rasa baper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa mba Wiwit. Hasil perburuan kalau aku pajang jadi minder ama yang bertroli-troli :p

      Hapus
  18. Aku datang jam 11 dan lihat yang udah ngeborong bertroli2. Itu mereka datang jam berapa?! Cepet banget habisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah aaku juga takjup. Apa mereka nginap ya. Hahhaa

      Hapus
  19. Semestinya ada aturan minima pembelian gtu ya, biar buku2nya kebagian jg :(

    BalasHapus
  20. Aku pas pre sale kemarin juga kaget karena baru pertama ke BBW. Sempat cengo sebentar karena melihat keberingasan orang ngambilin barang. Pas mau bayar udah lemes duluan. Untuk sama temenku kooperatif jadi kita bisa gantian ngantrinya.

    BalasHapus
  21. ΔΉiat banyak buku rasanya pengen boronggg tapi liat ngantri bayarnya jadi lemes sendiri πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  22. Aku tahun lalu jg belum kesampaian ke sana mba. Tahun ini pingin tapi kayaknya enak pas dini hari ya ke sananya biar lbh sepi hehe..

    BalasHapus
  23. Walapun perkembangan zaman beralih ke digital
    tetapi tetap banyak penikmat buku yang tetap eksis

    BalasHapus
  24. wowwww antriannyaa gak ku kuuuuu

    BalasHapus
  25. klo akang suami aku ajak kesini lgsg ngomel merepet keknya mba hahaha apalagi ngantri gtu 😒😒 saranya bawa kursi lipat keren mba biar ga pegel jg cmn bwt ngantri bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Trus kalau capek bisa gantian pangku #Eh. Hahhahaa

      Hapus
  26. akkkk.. mba alida saya mau pake bingittt ke sana. ah tapi harus sabar dulu barang dua -3 tahun ke depan biar lebih enakann.... Mba alida kalau balik sana mau dong nitippp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mba Iraa. Iya nih belum tahu bisa main ke sana lagi kapan

      Hapus