Selasa, Oktober 18, 2016

Makan Durian di Sop Durian Kunyil

Setiap kali ke Medan, salah satu kuliner yang tak pernah saya lewatkan adalah makan durian. Medan memang terkenal dengan duriannya. Mungkin karena sejak dulu saya memang selalu suka durian. Jaman masih SD dan tinggal di Ambon, durian di Ambon murah banget. Satu karung berisi durian, harganya Rp 5000. Rasa duriannya manis tak terkira. Dan buahnya pun berlimpah. Sampai0sampai, mama saya mengolah berankea durian karena masih banyak durian yang tersisa.

Sop durian enak. Sumber : Sopduriankunyil.com
Saat pindah ke Surabaya, kerap kali diajak saudara-saudara ke desa yang banyak menjual durian. Di sana, kami bebas makan sepuasnya. Dagingnya tebal dan rasanya manis. Benar-benar masak di pohon. Nah, setelah tinggal di Jakarta, keinginan makan durian tentu tak terbendung. Saat ulangtahun beberapa tahun lalu, keinginan saya satu yakni diajak suami makan durian. Dan, alhamdulillah kesampaian. Tapi, saya tentu juga ingin makan olahan durian. Olahan durian tentu banyak dijual dimana-mana. Nah, salah satu makan olahan durian yang saya coba adalah Sop Durian Kunyil. Saya memilih memesannya online. Saya memesan Sop Durian dan seporsi Batagor Siomay.  Untuk menu lainnya bisa langsung ke website www.sopduriankunyil.com atau cek IG @sopduriankunyil.

Saya memesan melalui Go Food, walaupun kalau mau makan Sop Durian bisa langsung ke Jl. Anggrek Cendrawasih Blok K No 39B, Jakarta Barat. Oh ya, tak hanya sop durian yang dijual melainkan juga ada Batasio (batagor siomay campur) yang dijual di Sop Durian.

Batasionya enaakk
Tak lama setelah pesan, makanan pun tiba. Saya langsung mencoba batasio yang tiba dalam keadaan panas. Kulit batagornya kriuk kriuk gurih dan pas di lidah ya. Sedangkan siomanya terasa sekali ikannya, kulitnya pun lembut. Untuk rasa bumbu kacangnya juga saya suka karena gigitan kacangnya masih terasa. Oh ya, batasio ini juga dilengkapi potongan jeruk nipis dan sambal. Untuk rasa, enak di konsumsi.

Kemasan Sop Durian Kunyil 
Setelah kenyang makan batasio, saya kemudian mencoba makan sop durian. Sop durian Kunyil kerasa banget daging duriannya. Saya pernah beli yang sejenis ini namun teryata, lebih banyak es batu daripada daging durian. Jadi saat lihat, bagian atasnya ada daging durian, tapi pas bagian bawah eh malah isinya es batu. Tapi Sop Durian ini isinya benar-benar daging durian. Kejunya pun berlimpah. Bagi saya, perpaduan daging durian dan keju benar-benar perpaudan yang pas dan lezat.
Setelah makan ini,  saya berasa ingin nambah lagi (dan lagi!)  

Tampilan batasio saat pertama tiba :)


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

64 komentar:

  1. Sop durian? Baru dengar nih. Jadi penasaran gmn rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaak mba Ria. PAsti mau nambah, HIhii

      Hapus
  2. Aku ada temen di Ambon Mba, sering banget pamer durian. Tapi nggak nyangka ih bisa semurah 5000 dapet sekarung. Alamaak, pengen terbang ke sana, hihi.
    Di Palopo juga murah kalau lagi musim, tapi bersabar masih lama sampai bulan Januari-Februari. Coba di Jakarta ya, bisa langsung pesen sop durian Kunyil ini. Yummy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa di Ambon banyak durian enak mbaa :)

      Hapus
  3. aku suka banget durian di olah jadi apa aja sukaak hihih

    BalasHapus
  4. Duriian si raja buah.
    Hummm, ngiler liat fotonya mba Lida.

    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar makin suka nambah ya, makan durian :)

      Hapus
  5. durian tahunya ucok aja klo di Medan, nice share mbaa..bs buat alternatif

    BalasHapus
  6. pake keju juga ya mba ? duuuh enaknyaaa

    BalasHapus
  7. wadau keju dan duriannya bikin saya bergetarrrrrrrr :D

    BalasHapus
  8. Waa murah ya. Mauuu mauu saya suka saya suka.. eh apalagi makannya dipadu sama batagor somay.. duh bikin ngiler di siang bolong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii
      Aku juga pengen nambah lagi mba :p

      Hapus
  9. Waah murah ni mba, omong-omong kapan bisa men durian sama dikau ya mba? ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya terjangkau mba. Hayuk tapi nunggu musimnya dulu kali ya. Hihii

      Hapus
  10. ngilerr, aku paling suka yg manis2

    BalasHapus
  11. Wah, kesukaan kami semua ini, Batagor dan durian, yummy :)
    Pantesan mau nambah lagi, saya aja yang lihat udah ngiler, hihi...

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah nyobain sop durian. Gak eneg ya, Mbak? Kalo buah duriannya, itu favorita saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak eneg mba Nurul. Enak banget euy :)

      Hapus
  13. Baru denger ada sop durian, pasti rasanya unik karena ada irisan keju dan seger banget

    BalasHapus
  14. aduh mbaaa bikin ngiler, aku suka banget ama durian

    BalasHapus
  15. Aaarrrgg enak banget ini sop durian. Aku suka banget durian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SOP durian kunyil ini pasti bikin tambah doyan mbaa

      Hapus
  16. Sop Durian cuma 5000 ? murahnya mbak, aku pengen juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jaman dulu pas ke Ambon harga duriannya Rp 5000 mba :)

      Hapus
  17. Ya ampun kakakk malem-malem baca ini jadi laperrrr itu kejunya tumpeh-tumpehhh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keju yang banyak yang bikin makin lapaar. Hihii

      Hapus
  18. Sebetulnya aku kurang suka sama durian. Sekedar nyicip aja atau makan olahannya siy masih oke, mba. Di Medan soalnya ngga putus duriannya. Tinggal ke Durian Ucok, selesai persoalan. Hehehe :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik kalau di Medan banyak pilihan juga ya mba

      Hapus
  19. Ini cocok banget buat yang suka durian ya. Anak-anakku suka durian semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiiik. Anakku juga suka durian mbaa Lianny :)

      Hapus
  20. Aikhh ngilerrr ini..dr kmarin kepengen es duren...

    BalasHapus
  21. Dureeeeeeenn, i like duren very much aulalaaa
    Ahahhaha
    Cocok ni buat oyeh oyeh

    BalasHapus
  22. Keliatannya kayak yang enak. Tapi apalah dayaku mba aku nggak suka duren. Katanya yang nggak suka duren rugi. Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa rugi mba kalo nggak suka duren. Hihiii

      Hapus
  23. aaakk.. ngiler!! Apalgi cuaca lagi panas gini..huhu

    BalasHapus
  24. Walaah, aku pun bukan termasuk orang yang suka duren. Hihihi.. Rugi juga ya aku mba.. :D Bisa sih makan duren tapi dikit dan memang gak suka aja, mungkin karena aromanya, ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang selera orang masing-masing ya mba :)

      Hapus
  25. belum pernah nyobain sop durian kalo aku mbak....
    sejauh ini nyobanya es durian hihih
    enak sih, tapi aku gx bisa banyak2 makan durian, sering panas dalam gitu jadinya

    BalasHapus
  26. buah yg aku suka banget, tp lg coba utk ngurangin skr ini :D.. mengingat U hahaha ;p tp sesekali msh maulah nyobain durian.. di jakarta barat ya mba... coba ah aku pesen ntr.. selama ini sih kalo kgn durian , aku titip ama mamaku di medan, yg kalo mw ke jkt, suka bawain durian ucok, yg udh disimpen dalam tupperware gitu :D

    BalasHapus
  27. kirain batasio makanan apa :p
    aku sukaa sop durennn

    BalasHapus
  28. kirain batasio makanan jenis baru :p
    aku sukaa sop dureen

    BalasHapus
  29. waahhh ... duriannya menggoda banget. cuma sayang ya seringkali olahan daging durian mnejadi mahal harganya jadi ga bisa sering-sering beli kayak beli tahu :D

    BalasHapus
  30. Ya ampun duriaaan enak banget, aku penggemar durian mbak

    BalasHapus