Selasa, September 27, 2016

Makan Lontong Balap Pak Gendut di Surabaya

Makanan ini, pernah membuat saya ngidam saat hamil Ayyas dulu. Pas hamil, saya pengen banget makan lontong balap. Iya, lontong balap. Mungkin karena pernah tinggak di Sidoarjo, Jawa Timur, jadi suka sekali makanan khas dari Jawa Timur. Tapi darimana membeli lontong balap di Jakarta? Setelah Nanya kiri nanya kanan, akhirnya dapat referensi makan lontong balap di Mall Pondok Indah. Harganya, berkali-kali lipat daripada harga yang biasanya saya beli. Tapi ya mau gimana lagi, sekali doang sih. Padahal tak lama kemudian saya pulang ke Sidoarjo dan tentu menikmati lontong balap. Hihii. Kabarnya, nama lontong balap ini berawal karena para pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan bergantian memakai perlatan dan selalu ingin cepat selesai. Istilahnya, saling balapan (cepat-cepetan).






Saat pulang ke Sidoarjo, 16 September lalu saya menyempatkan mampir dan makan di lontong balap Pak Gendut. “Ir, tolong antar Chi kesana,” kata saya kepada adik saya. Sore harinya, saya bersama keluarga kemudian meluncur ke lontong balap Pak Gendut yang terletak di kawasan Praban, Surabaya, Jawa Timur. Tempat makanan ini jadi tempat tujuan saya sekeluarga sejak dulu.

Tempat jualan lontong balap Pak Gendut 
Dulu, saat datang ke sini banyak sekali pilihan lontong balap yang terletak di kiri dan kanan Saya nggak tahu siapa yag pertama kali memperkenalkan saya makan lontong balap Pak Gendut. Jadi ya sejak pertama tahu hingga kini, saya masih  makan disini.

Mas penjualnya, duh saya lupa namanya, adalah generasi ketiga dari warung lontong balap Pak Gendut. Warung ini memiliki dua cabang lainnya. Warung yang di Pramban ini sederhana sekali. Hanya ada tempat seperti bakulan yang membawa dua gentong besar di kiri dan kanan. Dua gentong besar ini terbuat dari tanah liat dan berisi kuah dan kecambah. Kecambah yang digunakan adalah kecambah Jepang yang lebih besar dan bersih. Kecambahnya masih segar saat dikonsumsi. Kuahnya memiliki perpaduan rasa yang pas.
 
Penjual lontong balap Pak Gendut Generasi ke 3
Makanan lontong balap berisi kuah serta kecambah kemudian ada tahu serta beberapa potongan lontong. Juga ada lentho lezat yang terbuat dari kacang tolo dan beraneka bumbu. Saya suka lentho karena maish garing alias kriuk kriuk saat disantap walaupun telah disiram kuah. Sayangnya, kuahnya kurang panas kalau versi saya. Padahal memang penyajiannya tidak dalam bentuk kuah panas. Beda dengan soto. Oh ya, makanan ini menjadi semakin enak karena ada petis dan sambal yang khas. Menurut mas penjualnya, ciri khas dari lontong balap Pak Gendut adalah racikan petis dan sambal yang dijadikan satu. Satu porsi lontong balap harganya Rp 11 ribu. Supaya semakin lezat, saya memilih makan lontong balap dengan sate kerang. Sate kerangnya satu porsi isi 10 harganya Rp 11 ribu. Sate kerang ini makan dengan kuah kecap dan sambal. Untuk minumnya, saya pilih es kelapa muda untuk menetralisir kerang. 

Lontong balap Pak Gendut ini mulai berjualan pada tahun 1956 di jalan Wonokromo. Lalu pada tahun 1976 pindah dan menetap dan berjualan di depan Bioskop Garuda, hingga kini. Sayangnya, Lontong Balap Pak Gendut tak ada di Jakarta. Kalau ada, saya bakalan sering mampir dan makan lontong balap. Enak sih ...  





Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

70 komentar:

  1. Wahahaha sedapnyaaaaa, itu ada lentho nya juga. Sudah lama nih nggak makan lentho, pengin lontong balap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lenthonya kriuk kriuk mba. Enaak deh. Moga kesampean makan lontong balap ya

      Hapus
  2. mantap emang lontong balapnya...next k surabaya katong kuliner lai ee chi

    BalasHapus
  3. Saya baru kenal lontong balap justru setelah merantau ke Bontang hihi. Kalau di sini satu porsi rasanya banyak sekali makanya suka pesan setengah aja :p Yang paling saya suka itu gorengannya yang bulat-bulat, apa ya namanya..haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jauh banget kenal lontong balapnya. Hihiii. Iyaa itu lentho mb. ENAKKK

      Hapus
  4. Segeeerr banget nih penampakannya ya Mba. Aku blm pernah nih makan lontong balap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Seger euy. Cobalah kapan kapan mba Uniek

      Hapus
  5. Pernah dgr sih makanan ini tp blm prnh nyobain mba :). Penasaran.. tp sambelnya pedes kan ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambalnya mantaap mba. Pedess. Bisa nambah sambal jugaa hihii

      Hapus
  6. duh ngiler jadi pengen makan lontong balap

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuk mas dcoba makan lontong balapnyaa

      Hapus
  7. sudah 7 tahun di surabaya tapi blm pernah kesini.

    BalasHapus
  8. Pengeeen, apalagi pas lapar gini, tapi jauuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket kok mba. Cuma satu jam perjalanan

      Hapus
  9. Kirain lontong balap itu saking banyaknya tukang lontong terus mereka balapan kalau melihat ada pelanggan yang mau beli :D

    BalasHapus
  10. Huaaa baca ini jadi ngilerrr ..Lontong balap kayaknya enak nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaak menurutku mba Amel. Cobaaa yuuukk

      Hapus
  11. deskripsi lenthonya yummy banget mba, sayang seumur-umur belum pernah ngerasain lontong balap hiks :( coba cari ah mudah-mudahan nemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa aku lihat juga jadi pengen makan lagi hahhaha

      Hapus
  12. Mbak, lontong balap ini yang suka dimakan pake sate kupang ya? Pas liputan ke Sidoarjo dulu aku nggak sempat nyicipin kuliner ini, huhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Bener banget mba Dewi. Wajib tuh kali jalan2 coba kulinernyaa

      Hapus
  13. Weh, saya juga suka lontong balap.
    Kalau mudik ini salah kuliner inceran.
    Duh, jadi pengin deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmmh yummy ya. Ini juga jadi wajib buat aku kalo pulang mba. Hihiii

      Hapus
  14. lontong blap, sama tahu lontong atau tahu campur sebenrnya sama ngga sih ya mbak? apa cuma beda di bumbunya aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mbaaa. Kuahnya lebih bening lontong balap. Hayuk dicoba semuanya. Hihiii

      Hapus
  15. Lama banget nggak makan lontong balap, ada sekitar tiga tahun, duuuh.. bikin mupeng lihat fotonya, mbakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelamaan itu mbaa. Yuk makan lagi. Hihiii

      Hapus
  16. Br tau tentang lontong balap nih... Kecambahnya bnyk bgt ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bikin enak kecambahnya juga mba. Kriuk kriuk

      Hapus
  17. aih jadi pingin makan lontong balap mba... kebetulan suamiku kan orang sidoarjo, jadi suka sekali makan lontong balap. malahan dulu kalo ga sibuk suamiku sering masak sendiri lontong balap lalu dibagiin ke tetangga... kemarin Paksu juga baru beli kacang tolo, maunya dibikinin lentho, tapi belum sempat hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru tahu aku. Asyik kalau bisa bikin sendiri lontong balapnya ya mba :)

      Hapus
  18. Huaaa pagi-pagi bw ke sini jadi lapar huhuhu tanggung jawab mbak :D *dikeplak hhehehe
    Sebenarnya saya bukan penggemar lontong, tapi setelah nikah misua tuh suka lontong jadi deh ikutan suka *halah labil
    Saya selalu suka kuliner di tempat kayak gitu mbak, biasanya makanan yang dijual enaaaaakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Biar menikmati kuliner daerah mba. Lontong emang enak

      Hapus
  19. Enaaaaak Kayanya ya mbaa.. Ngiler jadinya .. Hahaha

    www.hai-ariani.com

    BalasHapus
  20. salam kenal mbak..aku suka juga sama lontong balap pak gendut. deket rumahku ada mbak, di sidoarjo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama oranG Sidoarjo. Salam kenal mba :)

      Hapus
  21. Saya taunya Mie balap, Mba. Lontong balap baru tau nih...

    BalasHapus
  22. Jd pengin makan lontong balap nih..kenyang bgt mb kalo makan lontong.

    BalasHapus
  23. Kalau saya mah belum pernah nyoba mbak karena dikota saya juga tidak ada jadi saya jujur baru lihat sekarang.

    BalasHapus
  24. mbaaa ini lontong balap langganannya ahmad dhani itu bukan sih? kalau iya aku udah pernah ke sini dua kali kayaknya. inget sm lentho-nya yang khas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaa Ophiee aku nggak tahu kali langganan AD. Nggak pernah dengar ceritanya. Hihiii

      Hapus
  25. mbakkk...baru kemaren makan lontong balap..porsinya jumbo
    Saya bilang sama suami, ah kebanyakan nih berdua aja...Tau nya nggak cukup.
    Sekarang kangen lagi :D

    BalasHapus
  26. Lontong adalah makanan favorit saya. Di Bandung saya suka lontong kari dan kupat tahu. Kalau makan lotek, bahkan lebih suka pakai lontong daripada nasi. Lontong balap? Belum pernah cobaaa ... ^_^

    BalasHapus
  27. Mbaak.. aku kira dulu itu lontong balap ini jualanny sambil balapan, alias berpindah pindah tempat hihi
    Ternyata gara gara cepet cepet an selesai tooh..

    Lama banget aku nggak kesurabaya, nanti kalau aku ke surabaya aku pengen nyobain. Itu udah sampe generasi ke 3 dan masih eksis, kayaknya enak deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa ...
      Iyaa skali skali cobain mba :)

      Hapus
  28. Aduh kenapa aku buka yang ini. Pas menanti waktu makan tiba. Uhuk!

    Hanya satu hal, karena saya sudah lama nggak makan lontong balap.

    BalasHapus
  29. Mba.. Itu tauge banyak buangeet...secara aku penggemar toge..ngiler euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tauge banyak ini yang bikin ngiler. Hehhehe

      Hapus
  30. Rasa lontong balap sebenarnya gmn sih Mba? Kapan hari aku pernah coba di Pasar Modern Bintaro, kok ya kurang gurih dari imajinasiku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nggak gurih, mba. Seger kayak kuah sop tapi lebih ringan :)

      Hapus
  31. Enaknya ... :o Jadi pengen nyobain. :D

    BalasHapus
  32. Waduhhm,,,,, sore gini baca postingan ini, menambah tingkat lapar aja nih,,

    apalagi lontong pula.. yummy

    BalasHapus