Kisah Persahabatan Aisha Keem di Single Dead Light

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Kisah Persahabatan Aisha Keem di Single Dead Light


I saw her best friend 

I thought it would last forever

I don’t want this to be the end

Can it’ll hurt me forever 

I know you don’t lime me anymore 

I know it didn’t last 

But can you give me one more chance like you always gave me before 


Pernahkah merasakan hubungan persahabatan yang begitu dalam, tapi kemudian keadaan membuat hubungan itu terputus? Terluka? Pastinya. Hubungan persahabatan yang terputus itulah yang disampaikan Aisha Keem melalui single terbarunya yang berjudul Dead Light. 


Aisha Keem adalah penyanyi remaja berusia 13 tahun. Boleh dibilang, ia adalah pendatang baru di dunia musik. Single Dead Light ini adalah single pertamanya yang dilaunching pada tanggal cantik yakni Rabu, 2 Januari 2022. 





Saya, beberapa rekan blogger dan media mengikuti konferensi pers yang menghadirkan Aisya dan sang ayah, Irfan Hakim. Aisya mengaku sudah senang menyanyi sejak kelas 6 SD. Pertama kali, bundanyalah yang mengajarkan teknik bernyanyi. Kemudian karena melihat anaknya memiliki bakat dan minat untuk bernyanyi, Aisha pun diikutkan les vokal.

Saat les vokal, ia belajar lebih banyak tentang teknik bernyanyi yang tepat. Musik kemudian menyatu dengan kehidupannya. Ia kemudian belajar tak sekedar beryanyi, tapi juga menciptakan lagu. 


Aisya awalnya mengaku sekedar iseng menulis lagu. Apa yang ia rasakan kemudian coba ia tuang dalam bentuk lirik lagu. Kegalauan-kegalauan yang ia alami pun ia tuang dalam bait-bait lagu yang tertulis dengan indah. 


“Lagu pertama yang saya buat itu lagu buat bunda,” kata Aisha. Kala itu, dua tahun lalu, tepat pada hari ibu 22 Desember 2019, ia menciptakan lagu untuk ibunda. Walaupun sederhana, tapi lirik yang ditulis penuh cinta ini yang kemudian memotivasi Aisya untuk kembali menciptakan lagu. 





Lagu yang ia ciptakan berasal dari pengalaman yang kerap terjadi di lingkungan sehari-hari. Kisah-kisah yang selama ini tak jauh dari hubungan keluarga dan persahabatan ala remaja. Dan kisah persahabatan yang kemudian dia ungkap melalui single terbarunya yang berjudul Dead Light ini. 


Single terbarunya ini Aransemen musiknya dikerjakan oleh Irwan Simanjuntak yang biasa bekerja sama dengan penyanyi papan atas Indonesia seperti Rio Febrian, mendiang Glenn Fredly, Afgan, Project Pop, dan lain-lain. Tak heran jika iramanya harmonis walaupun ringan dan mewakili perasaan emosi anak seusianya.


“Lagu ini saya buat karena terinspirasi dari kisah nyata sendiri yang pernah merasakan kehilangan sahabat,” ungkap Aisya. Kehilangan sahabat yang ia alami membuat ia sempat terpukul. Rasa kehilangan itu yang kemudian dia tuang melalui lirik dan lagu. Dead Light merupakan metafora untuk menggambarkan persahabatan yang telah selesai. 


Pilihan liriknya khas remaja yang menginginkan persahabatan tetap berjalan balik seperti dulu. Bahkan dari lirik-liriknya juga menggambarkan hubungan persahabatan yang tak ingin putus karena bagaimanapun persahabatan yang diinginkan adalah persahabatan yang kekal. 





Aisha Keem boleh dibilang sebagai remaja yang aktif. Sebelum memutuskan terjun di dunia musik, Aisha aktif berolahraga. Ia belajar menunggang kuda dan olahraga pencak silat. Ia rutin berlatih hampir setiap hari menunggang kuda dan juga pencak silat. “Berkuda ada tekniknya dan kita juga harus menyatu dengan kudanya,” kata Aisha. 


Ketekunannya di dunia olahraga membuahkan hasil. Aisha mendapat medali emas dalam perlombaan pencak silat se-DKI Jakarta. 


Di dunia olahraga, beberapa catatan prestasi yang berhasil diperolehnya yakni : 

  • Tahun 2021 : Juara ke 4 ESC 5 Show Jumping 40-60 cm
  • Tahun 2022 : Juara ke 4 ESC kategori 70-90 cm 
  • Tahun 2022 : Juara ke 5 ESC kategori 50-70 cm 

“Saya banyak mencoba berbagai jenis olahraga,” kata Aisha. Ia mengaku apa yang ia lakukan ini merupakan konsekuensi sebagai anak pertama yang harus memberikan contoh kepada adik-adiknya. “Aisha memang mencoba banyak hal,” kata Irfan Hakim. 


Aisha menyadari apa yang ia lakukan tak lepas dari dukungan penuh keluarga dan orang-orang sekitar. “Semoga Aisha menjadi trendsetter remaja yang berprestasi,” kata Irfan Hakim. Keinginana Irfan ini menurut saya bukan sesuatu yang sulit diwujudkan. Selama konferensi pers, Aisha menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik, lengkap dan detail. Ia tampak percaya diri menyampaikan isi hatinya.


Sukses selalu Aisha! 

38 komentar

Avatar
Maya Rumi 05/02/22 05.57

buah tidak memang tidak jatuh jauh dari pohonnya yah mba, jiwa seninya irfan hakim menurun ke anaknya, bagus ini suaranya dan kejutan juga yah lagunya di tulis oleh aisha sendiri. semoga sukses sebagai pendatang baru di blantika musik indonesia.

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 05/02/22 21.51

Aisyah ini anaknya kang Irfan Hakim, kan? Aku kemarin sempet liat di TikTok nya kang Irfan yg bikin challenge untuk dance dari single Terbarunya mereka 😍

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP 06/02/22 05.36

keren iniii aisha.. muda dan prestatif yaa.. saya rasa bisa jadi inspirasi buat anak seumuran dia lainnya. cerita di balik lagunya juga bagus dan menarik

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 06/02/22 07.50

wah keren banget ini anak seumuran dia udah bagus banget karyanya patut diapresiasi nih

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 06/02/22 07.59

Selain wajahnya yang cantik khas anak remaja yang penuh semangat, lagunya juga keren banget.
Merinding pas denger... Aisha Keem sukses selalu.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 06/02/22 10.06

MashaAllah~
Anak memang gak jauh dari orangtuanya yaa... Bakat seni mengalir di diri ananda Aisha Keem. Aku menikmati sekali karya Aisha Keem yang kental dengan nuansa remaja.

Reply Delete
Avatar
dessy achieriny 06/02/22 16.09

Aku gak nyangka loh suaranya anak irfan hakim bagus, mana pinter banget. Lagunya juga enak didenger. Gak nyangka juga liriknya dibuat sama anak umur belum genap 14 tahun.

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono 07/02/22 05.06

MashaAllah keren banget mbak...suka sama lagunya Aisha dan perform-nya sangat bagus. Menggambarkan sosok remaja yang cerdas dan energik. Sukses buat Aisha.

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss 07/02/22 05.22

Bicara soal persahabatan sy jd teringat dengan sahabat di masa lalu yg smpai skrg hubungan kami sdkt renggang

Reply Delete
Avatar
Ida 07/02/22 06.35

Keren ya mendidik anaknya meski berlimpahan harta tapi tidak dimanjakan...Jadi remaja penuh prestasi. Salut deh ke Ifan dan istrinya...

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 07/02/22 08.55

Wah keren kecil2 udah bisa nulis lagu sendiri. Ternyata anak Irfan Hakim ya? Kyknya darah seninya menurun ya.
Prestasinya juga banyak nih, jd gak aji mumpung, semoga makin sukses ke depannya.

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 07/02/22 10.57

Udah dengar lagunya suuara bagus banget ya soft gitu. Ngomongin sahabat oerih banget memang kakaunsudah akrab kemudian berpisah beda tipis perih nya saat pisah sama mantan 😁

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris 07/02/22 13.08

Keluhatan banget berbakat, nih. Suaranya bagus bangett. Musiknya juga enak didengar ya, Mbak. Sukses buat Aisha.

Reply Delete
Avatar
Anggraeni Septi 09/02/22 15.16

energik sekali Aisha Hakim, multitalenta deh. Pencak silat iya, bahkan dunia tarik suara juga. Lagunya enak banget :) Semoga Aisha sukses selalu ya, Nak sholehah :)

Reply Delete
Avatar
lianny 10/02/22 12.08

Aisha, anak remaja yang berprestasi dan multitalenta banget ya. Dalam bidang olah raga dia berprestasi, di dunia seni juga. Keren banget lagunya, suaranya juga apik. Sukses selalu buat Aisha.

Reply Delete
Avatar
Dennise Sihombing 10/02/22 20.26

Kak Alida,Aisha ini putrinya artis Irfan Hakim ya? salud dengan prestasi remaja belia ini ya kak. Tidak saja jago menulis lagu dan tarik suara tetapi juga berprestasi di bidang olahraga

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 11/02/22 06.10

dari judulnya aja udah terbayang pesan mendalam di lagunya. She is super cool. So young and talented as well

Reply Delete
Avatar
Eviindrawanto.Com 11/02/22 07.41

Usia Aisha masih sangat belia tapi prestasinya sudah bikin saya angkat jempol. Ini pasti tak lepas dari peran sang ayah yang juga public figure juga ya Mbak. Ikut mendoakan agar Aisha melesat dalam karier menyanyi dan prestasi-prestasi lain segera menyusul. Amin

Reply Delete
Avatar
Eni Rahayu 11/02/22 11.12

salut banget masih kecil udah bisa nyiptain lagu. lagu yang ditulis pun sesuai dengan umurnya yaa nggak melulu soal percintaan. aku udah dengerin lagunya emang enak banget suaranya. sopan banget aja gitu masuk di kuping aku

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 11/02/22 11.21

Membaca deretan kegiatan dan prestasi yang diraih, beneran pantas jadi trendsetter remaja saat ini nih Aisha Keem. Semoga sukses dengan karya di bidang musik juga bidang lainnya.
Kebayang aja saya, Irfan Hakim anaknya sudah segede ini ...Jempol cara keluarga ini mendidik buah hati

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah 11/02/22 15.07

aku sempat nonton pas wawancara sm Irfan Hakimnya nih. agak kaget awalnya .. woooh anaknya Irfan Hakim toh hahahaha... Ga nyangka juga sih sudah sebesar ini dan Aisha tuh berkarakter yaa

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 11/02/22 15.13

Wah, Aisha Keem ini hebat sekali ya serba bisa padahal masih remaja. Minat dan bakatnya diturunkan dari sang ayah yang merupakan artis. Prestasi si sulung yang cantik ini luar biasa deh. Berkuda, pencak silat, hingga mulai menyanyi yang lagunya ditulis sendiri. Semoga sukses ya, nak.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 11/02/22 19.35

Aku pikir awalnya bukan ciptaan Aisha sendiri singlenya, untuk anak seusianya udah hebat banget ya bikin lagu begini termasuk liriknya pakai bahasa Inggirs pula.
Wwalaupun tentang kesedihan tapi dibawakan dengan tempo ngebeat

Reply Delete
Avatar
gustiyeni 12/02/22 06.38

Aisha Keem ternyata anak dari Irfan Hakim. Aku suka dengan keluarga irfan hakim seruuu islami banget dan juga istri Irfan pinter kalau ga salah lulusan stpdn.

Semoga Aisha bisa menjadi contoh generasi muda berkarya tapi berhijub.

Reply Delete
Avatar
Katerina 12/02/22 09.48

Masya Allah, keren Aisha. Gak cuma piawai bernyanyi, tapi juga berprestasi di bidang lain ya. AKu udah nonton videonya, denger lagunya juga. Bagus suaranya, lagu Dead Light juga enak didengar. Sukses buat Aisha!

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 12/02/22 14.35

Anak berprestasi, aktif dan banyak kegiatan positif, sungguh panutan bagi remaja masa kini. Semoga Aisha Keem sukses membangun karirnya di bidang entertainment dan bisa mewujudkan semua ide serta kreativitasnya di jalur seni.

Reply Delete
Avatar
Era Wijaya Sapamama 12/02/22 14.44

Lhah, ini sulungnya irfan hakim? Time flies so fast mba… perasaan lihat dia dulu masih balita, sekarang udah gede dan aktif kreatif banget ya. Keren. Sukses selalu Aisha…

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 12/02/22 18.54

Oh, anaknya irfan hakim ya, inspiratif sekali... Apabila menekuni minat dengan serius, hasilnya juga bagus ya... Pengen denger lagunya deh...

Reply Delete
Avatar
Witri Prasetyo Aji 12/02/22 19.42

Aisha Keem ini anaknya Irfan Hakim, tha? Kupikir artis luar karena liriknya juga bahasa Inggris.
Aisha ini keren ya, berprestasi, contoh yang baik buat ditiru.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 12/02/22 20.37

Wah ini anaknya Irfan Hakim? Wah sudah remaja ya
Yang muda yang berbakat nih
Sukses terus buat Aisha

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 12/02/22 21.04

alhamdulillah Aisha tumbuh di lingkungan keluarga yang mendukung bakat dan minatnya sehingga ia nyaman untuk tumbuh dan berkarya. selamat ya dedek manis

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 12/02/22 21.05

Suaranya Aisha memang bagus ya. Seingatku dulu aku pernah nonton video clipnya Aisha ini membawakan shalawat

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 12/02/22 21.16

Gàk nyangkan ya Aisha klo lagi d video sama ayahnya kayk anak kecil gituu pas udah nyanyi kayak gini kelihatan banget dewasanya... Pinter lagi anaknya semoga bnya yg Suka sama lagunya

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 12/02/22 21.23

suka banget dengan lagu dan gayanya, anak muda nan sholehah, mana jago juga berkuda ya? Keren deh sulungnya Irfan Hakim ini. Sukses ya Mbk Aisha

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 12/02/22 22.41

Wah keren nih pembuatan karyanya juga dibantuin aransemennya sama yang udah malang melintang di dunia musik yaa.
Karya2 remaja kyk gini akan sangat menginspirasi remaja2 yang lain jg supaya selalu hidup dan berperilaku positif

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 13/02/22 03.57

MasyaAllah, keren banget Aisha Keem, masih muda berprestasi, sudah memiliki tekad yang kuat dan bisa membentuk diri agar bisa menjadi contoh teladan adik adiknya. semoga Aisha Keem benar benar menjadi panutan buat remaja muslimah lewat aktivitas produktif menyanyi dan menulis lagu yang inspiratif.

Reply Delete
Avatar
Ugik Madyo 13/02/22 20.11

Ini ya Aisha Keem. Pernah dengar lagunya. Tak pikir penyanyi dari Malaysia. Ternyata anaknya Irfan Hakim. Lagunya enak banget. Easy listening. Liriknya juga dalam banget. Hebat sudah bisa bikin lagu. Semoga sukses terus karirnya.

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa 16/02/22 12.21

Wah anaknya Irfan hakim nih.. keren keren sudah berkarya di entertaiment yaa semoga single nya sukses

Reply Delete