Review Makan di Restoran Telaga Sampireun Depok

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Review Makan di Restoran Telaga Sampireun Depok

Keiginan untuk berjalan-jalan keluar kota menikmati pemandangan alam yang indah serta kulinernya yang lezat tampaknya harus ditahan karena pandemi yang belum juga pergi dari muka bumi ini. Saya tak tahu kapan bisa hidup normal seperti dulu. Tapi yang sebisa mungkin kami lakukan sekeluarga adalah melakukan penerapan protokol kesehatan untuk menjaga diri sendiri dan menjaga orang lain.

Kebiasaan makan di luar rumah pun harus dikurangi. Bukannya apa-apa, selain karena untuk menghemat juga berusaha untuk lebih banyak di rumah. Tapi awal April tepatnya pada 3 April 2021, saya sekeluarga mencoba makan di restoran Telaga Sampireun yang terletak di pusat kota Depok, Jawa Barat. Awalnya namanya Bumi Sampireun tapi berubah nama menjadi Telaga Sampireun. 


Sebetulnya saya sudah lama tahu ada restoran Telaga Sampireun di Dmall, Depok itu tapi tak tahu persis tempatnya seperti apa dan lokasinya dimana. Nah pas 3 April kami rencana awalnya mau mengantar barang ke kakak ipar yang ada di Depok. Tapi karena macet banget pas di perjalanan, kami memutuskan untuk mengirim bareng menggunakan ojek online saja.  


Pas perjalanan pulang ke rumah, saya melihat tulisan restoran Telaga Sampireun di Dmall, Depok. “Bap, coba sekali-sekali makan di sana ya yuk. Penasaran,” kata saya. Suami pun setuju dan langsung masuk ke Dmall. Saat di dalam Dmall, kami sempat bertanya-tanya dimana restoran itu berada. Teryata lokasinya di luar bangunan mall. Jadi tak perlu parkir di dalam mall juga malah lebih cepat karena lokasinya depat pintu parkiran luar mall.

Selain itu, makan bareng bersama dua anak sekaligus memberikan semangat karena dua anak gadis saya lagi jelang masa perjuangan belajar. Mba Farah persiapan jelang skripsi dan Dek Ayyas perjuangan ujian naik SMP. Jadi biar mereka semangat sebelum fokus belajar. Bismillah …

Suasana Restoran Telaga Sampireun Depok

Awal masuk kami mengikuti penerapan protokol kesehatan. Wajib cek suhu, pakai masker, cuci tangan pakai sabun. Dan yang buat saya kaget adalah alas kaki pun di semprot untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Setelah masuk dan kaget teryata ada danau mini yang terletak di tengah dan dikelilingi saung-jauh. Di tengah danau mini itu ada air mancur kecil. Cukup menyegarkan mata. Nah di restoran ini ada tempat di dalam ruangan seperti rumah makan pada umumnya. Tapi ada juga ada saung-saungnya seperti yang saya katakan tadi.


Nah pas saya datang, banyak yang milih makan bareng di meja dan kursi yang tersediakan. Tapi saya mengusulkan untuk di saung. Saya sempat kuatir jangan-jangan kalau pilih makan di saung ada biaya tambahan tapi karena pengen nyantai dan merasakan suasana berbeda, saya kira saung adalah pilihan yang terbaik.

Dan ya benar pilihan saya. Saung yang tersedia hanya bisa dipakai selama dua jam karena teryata penggunaan saung itu gratis. Tapi saya nggak nanya kalau lebih dari dua jam apa ada tambahan biaya atau tidak.



Nah karena memilih saung, ini hanya khusus untuk kami sekeluarga saja.  Ruangannya kalau ditutup bisa sambil menyalakan AC. Tapi kalau mau menikmati udara terbuka, pintu yang menghadap danau mini bisa dibuka sehingga bisa menikmati hembusan angin.

Karena saung, kita makan sambil lesehan. Tempatnya bisa hingga 6 orang menurut saya. Saat makan, kami memilih untuk menutup pintu yang menghadap danau. Nah setelah makan, kami membuka pintu yang menghadap danau. Dan kami pun menikmati keindahan danau sambil memberi makan ikan koi yang jumlahnya puluhan. Kasih makan ikan ? Iya. Nyamannya di restoran ini adalah kita bisa memberi makan ikan dengan membayar Rp 5000 per kantong makan ikan.




Nah makanan ikan itu dikemas di kantong plastik warna putih dan diletakkan di dekat pintu. Jadi kalau mau kasih makan ikan nanti ambil saja dan bayar sekaligus membayar biaya makanan ikan. Pas kasih makan ikan, ikannya datang banyak bener. Ayyas bilang “Ummi kasihan ikannya lapar” karena setiap kali lempar makanan, ikannya langsung berebutan makan. Kegiatan memberikan makan ini satu sisi sangat menyenagkan bagi kami terutama anak-anak.

Review Kuliner Telaga Sampireun

Kami memesan menu makanan di restoran Telaga Sampireun yang bisa dinikmati bersama-sama. Soal harga ya relatif. Ada yang mulai harga Rp 15 ribu untuk makanan dan minuman. Saya lupa harga persis makanan yang saya pesan. Tapi seingat saya, saya memesan pecak ikan gurami, karedok, cumi bakar, tahu, tempe goreng dan dua sambal lengkap ddengan 4 nasi dan satu es jeruk, satu es teh manis dan dua teh tawar.

Cumi bakar ini harganya sama ama ikan gurame tapi porsinya sedikit yakni di atas Rp 100 ribu. Selain itu juga ada otak-otak yang disediakan jika mau. Saya lupa harga persisnya tapi kisarannya Rp 2000- Rp 5000 per buah.



Total harga untuk semua menu makanan plus makanan ikan sekitar Rp 500 ribu. Terkait pelayanan menurut saya terhitung cepat. Semua menu yang saya pesan tak lebih dari setengah jam sudah tersedia di meja makan.

Hanya saja seperti ikan gurami entah kenapa tak ada rasa panas. Tapi ukuran ikannya gede jadi kami puas juga makan berempat. Rasa sambal ikannya juga lumayan pedas dan sambalnya pedas. Padahal kami pesan dua sambal tambahan juga. Maklum penggemar makanan pedas.





Untuk cumi bakarnya menurut saya porsinya terlalu sedikit untuk makanan seharga Rp 100 ribuan. Tapi cuminya nggak alot tapi empuk sehingga enak dimakannya. Bumbunya juga meresap sempurna. Rasa karedok sama dengan rasa karedok pada umumnya tapi porsinya banyak sehingga kami bisa makan bersama-sama.


Buat saya, makan di restoran Telaga Sampireun ini seolah-olah berasa liburan karena suasananya yang tenang menyenangkan. Siapa yang mengira ada pemandangan danau lengkap dengan saung dan air mancur di pusat kota Depok yang terkenal macetnya ? Akses dari rumah saya pun tak jadi karena Bumi Sampireun ini terletak di Jalan Margonda, Depok.

Kalau ditanya mau datang lagi ke sana ? Saya bilang iya. Inginnya bawa anggota keluarga lengkap semua untuk menikmati kenyamanan tanpa harus berjalan jauh dan keluar kota.  


26 komentar

Avatar
Frans Enriko Siregar 23/05/21 13.20

Di deket daerah rumah saya ada juga, kayaknya baru buka di daerah kalimalang tapi belom pernah coba. Dilihat2 dari fotonya menunya kayak mang engking ya mbak

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 23/05/21 16.21

Menu2nya maknyusss dgn ambience yg menakjubkan! Aku seneng banget euyy, kalo datang ke resto kayak gini. Apalagi, mengikuti penerapan protokol kesehatan. Menyenangkan bgt dah kalo ke sini, rame2 ama keluarga, jadi makin mantuull. Sukak bgt karena ada keWajiban cek suhu, pakai masker, cuci tangan pakai sabun. trus, alas kaki pun di semprot untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 23/05/21 18.25

pernah juga makan telaga sampireun cmn yg di deket BSD bintaro gtu, tema dan bangunan hampir sama keknya ya mbak, aplg makanannya. Sy senang camilan otak-otaknya. Juara bgt

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 23/05/21 23.37

aku salfok sama foto otak2nya hahaa soalnya aku suka dan udah lama banget ga makan otak2 :(

Reply Delete
Avatar
Okti Li 24/05/21 09.46

Iya itu cumi nya kalau harga seratus ribu termasuk kurang. Masa cuma satu sekecil itu? Kalau di Cianjur Selatan, kan ada banyak pantai tuh, cumi bakar sekilo delapan puluh ribu aja. Itu udah matang ya. Bakar di tempat. Satu kilo,kalau yg kecil ada lima sampai enam. Kalau yg besar, dua atau tiga. Kami makan berempat ga habis. Dibawa pulang.
Mungkin karena ini di restauran kota, jadi harga bisa berkali-kali lipat ya...

Reply Delete
Avatar
Dessy Achieriny 24/05/21 11.13

Telaga Sampireun kayaknya banyak cabang kaya Mang Engking ya mbak. Model resto lesehan saung bawahnya ikan gini anakku suka bgt. Malah ada resto yang sengaja dibuat sekalian sambil mancing juga. Suasananya enak dan sejuk.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 24/05/21 13.01

Senangnya bisa ke resto yang modelan begini kalau bawa Rayi pasti heboh deh soalnya ada ikan-ikannya bisa sambil makan dan main enak sih ummi...aku belum lagi makan ke resto begini ciyehh

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 24/05/21 14.01

Aku dan keluarga juga sering makan di Telaga Sampireun, karena makannya enak. Tapi aku makan yg daerah BSD. Soalnya adeku rumahnya daerah sana 😊

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 24/05/21 15.10

Kepegen cobain pecak guramenya. Kelihatan seger gitu kalau siang-siang makan ini. Memang asik makan di saung. Lebih berasa privasi juga ya, Mbak

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 24/05/21 16.56

Aku baru ngelewatin aja nih mbak al, belum coba mampir dan menikmati menu serta suasana dalam telaga sampireun.. mau ajak keluarga besar juga deh kesini.. tempatnya asri dan menunya juga nusantara sekali hehe

Reply Delete
Avatar
Mechta 24/05/21 18.31

Kalau ada fasilitas saung/pondok kami juga memilih yg ini biasanya, agar lebih privat gak nyampur dg pengunjung lain. Duh aku pengen nyomot otak2nya nih..hehe..

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 24/05/21 18.35

mbaa tempat makan yang konsepnya deket kolam itu menurutku selalu menarik deeh. pernah tau di ambarawa ama di lumajang, itu nyenengin banget. pasti ramah buat anak2 yaa.. nah selanjutnya baru deh cek rasa makanannyaa hehe

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho 24/05/21 21.10

Tempatnya asik yaaa buat makin bersama keluarga, menunya rumahan tapi kelihatan enak :D

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 25/05/21 02.41

Ohh, sering lewat resto ini kalau ke Margonda, belum pernah nyobain, jadi ada gambaran nih kalau kapan-kapan bisa mampir makan di sini

Reply Delete
Avatar
Ida 25/05/21 07.22

Wuih lihat makanannya jadi lapar lihat suasananya juga asyik nih Mba... Jadi pengen banget ke sana kayaknya bakalan betah lama2 di sana ya :D

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 25/05/21 09.06

Beuh, itu guramenya bikin ngiler. Makan dengan makanan enak, tempat yang seger dan asri begini sih dijamin nikmat. Beberapa jam juga gak kerasa. Mana ngumpul bareng keluarga pula. Seru deh ya.

Reply Delete
Avatar
Zia 25/05/21 09.35

Liat makanannya bikin ngiler, liat tempatnya pengen makan ajak keluarga ke sana. Aku tandain deh ini kalo ke Depok wajib coba. Hehehe. Thanks for sharing ya, mba.

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 25/05/21 09.40

makan bersama keluarga di Telaga Sampiran asyik juga ya. selain makan, bisa menikmati pemandangan indah disana.
menunya juga makanan khas sunda ya.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 25/05/21 10.00

aduh jadi kangeeen main ke sini mba.. soalnya asli enak yaaa dan aku suka benget dengan suasananya yang cuantiiik

Reply Delete
Avatar
Heni Puspita 25/05/21 10.58

Ya Allah, maaf Mbak
Ntah kenapa saya masih nggak bisa buka gambar yang dari link 1.bp Mbak
Btw asyik ya bisa sambil kasi makan ikan
Anak saya suka nanya, kenapa ikan kalau dikasi makan selalu berebutan, kok kayak laper terus hehe

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 25/05/21 11.19

Duh itu ikannya bikin ngiler umi, apalagi sambelnya, makan nasi hangat dengan lauk yang enak begitu di pinggir kolam duh beneran surga ya mi, alhamdulillah

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 25/05/21 12.17

Harganya lumayan juga ya di sana ternyata. Tapi untuk kumpul sama keluarga enak banget.
terus baru tau kalau saungnya versi modern ya, bisa nyalain ac juga, keren ey

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 25/05/21 13.32

Aku pikir Sampireun ini letaknya di Kabupaten Bandung.
Tapi aslinya Telaga Sampireun Depok yaah..?

Dulu, pernah disaranin sama temen.
Kalau mau honeymoon, ke Desa Sampireun itu..

Namanya sangat terkenang yaah..

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah 25/05/21 14.14

enak banget untuk makan bersama keluarga, bapakku yang paling suka tipe rumah makan begini. mantul!

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid 25/05/21 22.49

duh salfok sama ikan bakarnya. kebayang dimakan pakai nasi hangat, pasti bakalan nambah lagi

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 25/05/21 23.15

Makanannya enak, suasananya pun seru yaa mbak. Anak-anak saya paling demen tuh kalau diajak makan di tempat yang ada ikannya, apalagi kalau pengunjung diizinkan untuk memberi makan ikan-ikan tersebut.

Reply Delete