Rekomendasi Hotel Nyaman dan Bersih di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Hotel Nyaman dan Bersih di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Sumba Barat di Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu tempat yang ingin saya kunjungi. Saya suka kawasan Indonesia Timur yang menawarkan keindahan budaya eksotik yang tak tertandingi. Dan saya bersyukur, saya berkesempatan mengunjungi Sumba Barat setelah menang lomba blog pada 20 Oktober 2019.

Nah selama di Sumba Barat, saya menginap di Hotel Morika Inn yang terletak di kawasan Waikabubak, Sumba Barat. Hotel ini sebetulnya sekelas hotel bintang tiga menurut saya. Dan Hotel Morika Inn ini adalah hotel baru di Sumba barat sehingga kebersihan dan penataannya masih sangat rapi.

Saya di dalam penginapan

Pertama kali menginjakkan kaki di hotel ini, langsung ke ruang makan sederhana tanpa berpendingin udara (AC). Ada satu meja sederhana untuk resepsionis. Jadi pas datang, langsung saja registrasi di meja resepsionis dan langsung diberikan kunci kamar untuk beristirahat.

Di tempat itu juga disediakan ruang makan yang diisi puluhan kursi serta meja yang diperkirakan mampu menampung hingga 20 orang. Saya suka dengan penataan ruangannya. Walaupun sederhana tapi memikat. Dinding ruang disi berbagai tulisan penyemangat dengan gambar sederhana.



Selain itu juga disediakan gitar plus sound system untuk pengunjung jika ingin memainkan alat musik. Ada juga meja kaca yang menyediakan beberapa kebutuhan mendasar seperti sabun, odol hingga beberapa souvenir khas Sumba Barat.

Kamar Tidur

Saya menginap sendiri di satu kamar yang mampu menampung hingga dua orang. Satu kamar single bed ini rapi dan bersih. Kasurnya juga nyaman begitupula lantainya bersih mengkilap. Di meja televisi, disediakan beberapa snack dan minuman bersoda. Awalnya saya kira ini bayar teryata gratis euy!

Tempat tidur yang nyaman


Untuk hotel seperti ini, menyediakan beberapa snack gratis tentunya menjadi salah satu daya tarik ya. Apalagi buat anak-anak. Tak hanya itu saja, di kamar juga disediakan cangkir, air mineral lengkap dengan pemanas air.


Kamar mandinya didominasi warna putih. Ada air panas dan air dingin yang berfungsi dengan baik. Selain juga disediakan tissue di kamar mandi. Handuk yang disediakan dua dan dalam keadaan bersih dan harum. Untuk perlengkapan mandi, saya lupa apa disediakan atau tidak ya. Tapi sepertinya tidak karena saya juga menggunakan millik sendiri.

Makanan di Hotel

Makanan yang disediakan di hotel ini walaupun terkesan sederhana tapi lumayan bervariasi. Saya tiba menjelang sore dan langsung memasak makanan. Karena sudah lapat dan ingin makan yang dimasak cepat, saya pesan nasi goreng.

Harga satu porsi Rp 25 ribu. Lengkap dengan telur ceplok, ketimun dan kerupuk. Soal rasa menurut saya lumayan enak. Apalagi ada potongan cabe rawit hijau jadi pas deh buat saya yang suka pedas. Malamnya saya coba kuah ikan kuning. Satu porsi ada dua potong ikan kakap ukuran agak besar hargaRp 30 ribu. Rasa kuahnya segar dan bikin nagih.

Menu sarapan


Lalu ada ikan dori yang digoreng kering pakai tepung dan kentang goreng. Semuanya disajikan dalam keadaan panas.

Saya sempat mencoba ayam suwir dabu-dabu milik teman. Sambal dabu-dabunya saya suka karena pedas dan asem lemonnya kerasa sekali jadi pedas. Tapi sayangnya ayamnya masih agaks edikit alot kalau versi saya. Dan cenderung agak tawar. Tapi jika di padu dengan sambal dabu-dabu, insyaAllah cukup.




Oh ya, jangan kuatir akses internet karena akses internetnya kencang sekali. Jadi komunikasi tak akan terputus ke keluarga di Jakarta selama di hotel.Untuk menginap di sini, biayanya tak sampai Rp 500 ribu. Jika ada kesempatan ke Sumba Barat, tempat ini menjadi pilihan.

 

 


66 komentar

Avatar
Turis Cantik 14/06/20, 16.24

save dulu ah, aku kalau sumba barat belom prnh jadi one day pasti perlu neh informasinya hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 05/07/20, 07.09

Aamin semoga kesampaian y mba :)

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 15/06/20, 10.58

Aku bener2 buta soal NTT. Jadi ini bakal aku masukin sebagai referensi kalau ke sana. Terima kasih, ya

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 15/06/20, 13.26

Ih Mbak Alida juara lomba blog jadi sering jalan-jalan ya?

Hotelnya kayaknya nyaman banget ya Mbak? Homey gitu suasananya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 05/07/20, 07.09

Alhamdulillah mba. Nyaman sih mba jadi betah :)

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 15/06/20, 14.02

belum pernah ke Sumba Barat, menarik sekali karena banyak tempat wisata dan view yang cantik cantik

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 18/06/20, 07.40

Aku juga sama Mbak
Padahal di Sumba banyak hal menarik
Ini kata kakak iparku juga yang senada dengan mba Alida

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 19/06/20, 09.53

Hayuuk kapan ya embakcer ngetrip barengan ke Sumba Barat. Lumayan nih udah dapat rekomendasi hotel dari Mb Alida.

Delete
Avatar
Eryvia Maronie 15/06/20, 22.06

Saya belum pernah ke Sumba termasuk Sumba Barat.
Terima kasih rekomendasi hotelnya yaa mbak Alida.
Keliatan banget kalo hotelnya bersih dan rapi. Pasti nyaman banget ya.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 16/06/20, 05.52

Wih dua puluh lima ribu untuk makanan hotel itu murah, ya Mbak. Enak pula. Makasih rekomendasinya.

Reply Delete
Avatar
Liza-fathia.com 16/06/20, 10.54

hotelnya simpel tapi cozy ya mbak. noted. kalau ke sumba bisa jadi tempat menginap nih

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 16/06/20, 14.14

Murah juga ya makan seporsinya 25K udah kelihatan nikmat gitu :) AKu suka nih hotel kayak gini. Meskipun sederhana tapi nyaman. Toh kalo traveling biasanya sering di luar hotel kan? Impian banget pergi ke Sumba :D

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 18/06/20, 23.14

Kalau saya biasanya begitu, deh. Makanya buat saya memang yang penting kamar tidur dan kamar mandinya nyaman. Kalau makanannya juga enak itu lebih bagus :)

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha (yenisovia.com) 16/06/20, 15.43

Termasuk murah atuh ya mba. Harga hotelnya ga sampai 500 padahal tempatnya bagus juga, bersih dan rapih aku lihat di foto. Boleh juga kalau ke Sumba jalan-jalan nginep di sana aja ya

Reply Delete
Avatar
dr.Tubagus 16/06/20, 17.04

Assalamualaikum...salam kenal mbak. Blogwalking Sillaturahmi.

Wah tampilan luarnya mirip cottage, tetapi desain interiornya.... luar biasa.. lantainya mengkilap.

SIla mampir blogsaya ya mbak. :)

Reply Delete
Avatar
mardanurdin.com 17/06/20, 05.28

Saya belum pernah ke Sumba Barat, semoga suatu saat nanti setelah semua keadaan normal lagi bisa jalan-jalan ke sana. Nah, rekomendasi hotel ini bisa dicatat deh. Makasih infonya ya mbak

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 17/06/20, 11.35

owh di sumba ada tahu goreng juga ya mba, mantap nih gak perlu asah selera atau menyesuaikan selera makan. btw hotelnya bersih ya mba

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 17/06/20, 11.38

Biasanya camilan begitu disuruh bayar, ya. Ini malah gratis. Jangankan bawa anak. Saya pun bisa kesenengan kalau ada camilan begini :D

Reply Delete
Avatar
Ria Rochma 17/06/20, 11.44

kamar hotel dengan kamar berjajar dan ada kursi meja di depan kamar gitu, terasa apa ya, homey sekali nggak sih mbak?
apalagi dengan menu makanan hotel yang juga homey. ah.. seolah paket lengkap ya

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti 17/06/20, 18.28

Masih baru ya Mbak hotelnya. Sederhana tapi terbilang komplit dan bagus ya fasilitasnya. Harga kamarnya pun sangat terjangkau.. :)

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 17/06/20, 18.50

Mbak Al aku lagi lapar baca postingannya jadi tambah lapar :-D. Jadi ada ide makan nasi gorneg ah, loh kok jadi oot ke makanan ya. Aku belum pernah je Sumba mbak, boleh lah nanti rekomendasi hotelnya ini

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 17/06/20, 18.59

Duh rezeki banget ya Mbak menang lomba blog dan bisa ke Sumba, hotelnya bersih dan nampak nyaman, harga makanan pun terjangkau ya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 17/06/20, 21.48

cakeeep tempatnya mba Alida dan aku jadi mupeeeng mau main ke Sumba. Naksir kainnya yang kereeeen

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 17/06/20, 21.56

Lumayan worth ya Mbak untuk standar Indonesia Timur mah. Cukup rapi dan bersih hotelnya. Btw, Udah lama ngincar waktu yang tepat untuk ke Sumba. Makin semangat menabung.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 17/06/20, 22.10

Kak Alida mainnya jauuh...
Happy banget lihat kamar hotel yang bersih plus internet kencang.
Di Sumba kegiatan apa aja, kak?

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 17/06/20, 23.39

wah info menarik ini ya banyak juga hotel yang nyaman di sumba barat ya, bisa deh jadi bahan pertimbangan kalau wisata ke sana.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 17/06/20, 23.59

Wah, perjalanan Mb Lida udah sampai Sumba Barat aja. Jauhnyaaa... aku belum pernah mba pergi sampe sejauh itu. Sip sip, jadi rekomendasi banget nih penginapan yang direview ini.

Reply Delete
Avatar
Yuniari Nukti 18/06/20, 06.00

Hotel Bintang 3 rate tak sampai 500k termasuk murah mbak, dapat gratisan snack lagi. Kalau saya bakal dimasukkan koper semua buat camilan di jalan, haha..

Oya mbak, Sumba Barat wisatanya apa ya? Pingin eksplor Indonesia Timur euy. Lombok sudah, maunya ke provinsi sebelahnya lagi😁

Reply Delete
Avatar
t h y a 18/06/20, 08.48

wah, akses internet nya lancar yaa.. itu salah poin penting buat ku sih ketika menginap. komunikasi jadi gak keganggu ya kan. pun jadi bisa update2 status.. haha *centil

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 18/06/20, 09.52

mau banget traveling kemana aja jika hotel atau penginapan paling gak senyaman yg diulas kali ini. Salah satu bucket list saya ada berkunjung ke sumba barat.Doain mbak hehe

Reply Delete
Avatar
Kalkulator Kehamilan Plus 18/06/20, 13.06

Ada minibarnya juga, walaupun sederhana ...

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 18/06/20, 18.12

Simpel dan bersih. Hotel yang kaya gini tuh bikin senang. Jadi mau nginap juga nyaman. Soal makanan, masih bisa diterima lidah

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 18/06/20, 19.57

Saya ada sepupu yang tinggal di sini. Baru sih dipindahin tugasnya. Jadi pengen main ke NTT, nginepnya di hotel ini, deh

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 18/06/20, 20.36

Sumba daerah impian bnget mba mau kesana pemandangan nya bagus2 next nti juga stay di hotel ini nyaman bnget

Reply Delete
Avatar
Desri Desri 18/06/20, 22.11

asikk kalo ada rejeki kesana, aku mau tanya-tanya ya kak destinasi dan makanan yang wajib dicoba hehe

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 18/06/20, 23.32

Hotel nya nyaman banget ya mbak, aku belum pernah jalan ke Sumba. Apalagi di sana banyak pemandangan indah.

Reply Delete
Avatar
Eka Mustika Sari 19/06/20, 00.19

Tempat yang bisa dijadikan rekomendasi nih mba. Apalagi kalau bawa anak-anak sudah ada Snack gratis nya makanan nya juga murah

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 20/06/20, 22.05

Iya ya Mbak. Kalau ada snack pasti nih buat anak-anak yang memang gemar makan makanan ringan.

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 19/06/20, 08.18

Aku belum pernah nih ke Sumba huhu..pengen banget padahal traveling ke semua daerah. Mudah2an after Corona impian yang tertunda bisa tercapai

Reply Delete
Avatar
Okti Li 19/06/20, 08.52

Wow minuman dan camilan gratisan nya bikin saya gagal fokus. Jarang lho ya minuman bersoda disediakan free. Di penginapan berkelas sekalipun...

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 19/06/20, 09.35

Aku baru nyampe Sumbawa. Belum pernah main ke Sumba nih mbak Alida. Jadi pengen main jauh ke timur

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 19/06/20, 12.21

suka deeh hotel ini mba...semoga bisa segera main ke Sumba Barat

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 19/06/20, 13.34

kalau nginep di hotel biasanya makanan menyesuaikan selera tamu ya mba...
Biasanya di NTT susah banget cari makan khas daerah yang cocok lidah kita, kecuali mampir ke warung jawa, makasar atau padang...

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 19/06/20, 14.42

Nyaman!
Bagiku itu sudah kata koentji, untuk urusan tempat istirahat.
Meski sederhana, namun nyaman, alhamdullillah banget.
Soal kuliner, bagiku itu seperti bonus.

NTT, I'm coming!


Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) 19/06/20, 22.31

Lihat makanannnya aku jadi laper mba. Dan lihat hotelnya juga nyaman ya. Suka deh

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 19/06/20, 22.48

Kalau malam-malam blogwalking siap-siap aja nemu foto makanan jadi laper bawaan haha...duh Sumba pengen banget aku kesana

Reply Delete
Avatar
Niken Nawang Sari 20/06/20, 07.36

Wah rekomended banget nih hotelnya, tak catet dulu semoga besok bisa jalan-jalan sampai ke Sumba. Duh liat hotel kayak gini pas pandemi jadi inget pengen jalan-jalan Mbak 😅

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 20/06/20, 17.16

Lumayan murah ya ini, hotel bintang 3 dengan harga yang relatif murah. Tempatnya bersih, kamarnya nyaman, yang bikin bahagia ada snack gratisnya hehe

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina 20/06/20, 21.05

Mantep nih mba hotelnya disediakan snack juga dengan biaya room yang terbilang murah dengan fasilitas yang didapat.

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 20/06/20, 21.17

Senengnya jalan2 ke sana mak dapat dari blog pulaaa yeiyy

Hotelnya seperti model lama sederhana gt y mba. Tapi nyaman kelihatannya

Reply Delete
Avatar
nia nurdiansyah 20/06/20, 21.19

Bookmark dulu dehh, semoga suasuatu saat bisa ke Sumba. Penginapan berbersih is a must ununtukku

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 20/06/20, 21.57

Asik nih kalo cemilannya gratis, segitu banyak pula. Aku aja seneng kalo dapat gratisan dari hotel gini, hihii

Catet dulu deh mbak, meski belum tahu juga kapan berani dolan karena masih pandemi.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 20/06/20, 22.11

Hotelnya terlihat nyàman ya mba. Dan ramah buat anak jg. Semoga suatu saat ada rejeki buat main kesini.

Reply Delete
Avatar
diane 20/06/20, 22.34

Boleh juga hotelnya nih.. bersih dan rapi.. Menu makanannya juga oke.. Kapan ya bisa ke Sumba.. huhu pengen banget bisa ke Sumba

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 20/06/20, 23.48

liat dirimu makan nasi goreng kok aku mendadak jadi pengeen yaa amba heheh

Reply Delete
Avatar
mardanurdin.com 20/06/20, 23.58

Yang begini nih saya suka. Hotelnya nyaman, makanannya enak, murah pula. Makasih rekomendasinya ya mbak

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 21/06/20, 09.46

Asiik bisa ngumpulin list destinasi kalo pandemi bener-bener dah berlalu ya Mbak. Udah kerasa jenub di rumah berbulan-bulan.

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 22/06/20, 06.25

Gorengannya waow masih panas manget-manget mba Lidh. Alhamdulillah udah sampe Sumba aja nih mba. AKu pengen juga nginep di situ ehehheeh biar tahu pengalamannya beneran. Seru dan bersih cemilannya banyak ya mba

Reply Delete
Avatar
abasozora 22/06/20, 13.23

nasinya kelihatan lebih nikmat why ?

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 22/06/20, 20.44

Hotelnya nyaman yah , jadinya ingin liburan deh hehe. Semoga pandemi segera berahir ku ingin liburan hehe

Reply Delete
Avatar
Indah Julianti br Sibarani 23/06/20, 08.37

Belum kesampaian berkunjung ke Sumba Barat ini, padahal suamiku sudah bolak balik ke sana, tugas kantor sih.
Baca ulasan ini, jadi semakin mantap buat wish list traveling.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 26/06/20, 08.14

mauuuu jalangkote aka panada aka pastel nya
btw sumba ada hotel bagus dan bersih juga yaaa

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 29/06/20, 07.17

wow hanya di bawah 500 rb ya tempatnya nyaman, jadi pengen ngebolang lagi. Anak2 sudah kangen nginap di hotel hehe... seru kayaknya nih ke Sumba.

Reply Delete
Avatar
fanny_dcatqueen 23/07/20, 21.43

Aku save duluuu :D. Itulah yg aku suka kalo sdg keluar kota trutama di luar Jawa. Harga penginapan msh muraaah tp kdg fasilitasnya selengkap hotel2 di Jakarta :).

Itu makanannya juga kliatan enaak mba. Penasaran Ama sambel nya , aku yakin pedeesnya sesuai Ama aku yg suka pedes :D. Makanan sana memang cendrung pedes juga kan yaaa

Reply Delete