Rekomendasi Kuliner Enak di Makassar

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Kuliner Enak di Makassar

Assalamu Alaikum teman-teman apa kabar ? Bulan ini jadi bulan yang membuat saya sempat kehilangan semangat karena sesuatu dan lain hal. Sesuatu yang saya tunggu tapi kemudian harus batal. Tapi sudahlah, saya yakin semua harus berjalan dengan baik. Masih banyak yang harus kita syukuri. Termasuk bersyukur masih sehat hingga kini dan bahkan tahun lalu sempat berkunjung ke beberapa kota termasuk ke Makassar.

Saya ke Makassar tujuan utamanya silaturahmi dengan keluarga. Sekaligus juga mengajak Ayyas untuk berkunjung ke Makassar. Kebetulan ia belum pernah ke Makassar jadi pas diajak ke Makassar, dia senang sekali.




Dan ketika ke Makassar, salah satu yang tidak terlewatkan adalah mencicipi kuliner enak. Soal kuliner, bagi saya adalah sesuatu hal yang wajib. Karena setiap daerah memiliki kekhasan rasa kuliner yang sulit untuk dibandingkan.

Untuk mengetahui mana kuliner khas di Makassar, saya tanya ke keluarga dan juga mencari informasi via online. Biasanya saya mencari kuliner yang melegenda yang bertahan dari waktu ke waktu. Biasanya kuliner ini memiliki rasa yang tak lekang waktu.

Seperti saat berkunjung ke Makassar, saya mencicipi beberapa kuliner enak di Makassar. Saya pergi bersama sepupu, anak dan papa saya. Tapi sesekali pergi juga bersama om dan tante saya. Lalu, kuliner enak apa di Makassar yang saya dan keluarga cicipi?

Coto Makassar di Coto Daeng Sirua Asahan HJ. Sungara

Coto Makassar 

Kayaknya kalau ke Makassar wajib deh makan coto. Sebetulnya pas tinggal di Ambon, sering jumpa coto Makassar. Tapi pas ke Jakarta nggak sering nemu coto Makassar. Jadi pas ke Makassar, saya minta tolong diantar ke coto Makassar yang enak di Makassar. Saya tahu rasa enak ini sebetulnya subyektif. Tapi minimal yang paling sering dikunjungi dan juga sudah lama bertahan.

Sehari setelah tiba di Makassar, pagi harinya langsung meluncur ke Coto Daeng Sirua. Pagi jam setengah 8, rumah makan ini sudah penuh pengunjung. Satu yang khas dari coto Makassar adalah porsi mangkoknya yang kecil banget. Beda dengan mangkok soto lamongan yang lebih besar. Coto makassar ini kuahnya agak keruh dan isinya bisa milih daging atau jeroan atau gabung keduanya. Makan coto makin enak kalau ditambah buras (seperti lontong yang dibungkus daun). Saya habis dua buras dan Ayyas pun begitu. Coto ini makin enak karena dimakan saat panas-panas. Harga satu porsi cukup terjangkau kok!




Sop Ubi 

Beberapa kali ke Makassar, saya baru tahu kalau Makassar ada kuliner enak yakni sop ubi. Sop ubi yang saya coba adalah sop ubi Hj. Haniah yang telah ada sejak tahun 1963. Sop ubi ini terkenal dengan nama sop ubi lorong. Satu porsi harganya tak sampai Rp 25 ribu. Dan sop ubi ini sangat mengenyangkan karena ada potongan ubi goreng serta bihun serta sebutir telur rebus. Tak hanya itu saja, sop ubi ini juga dilengkapi irisan daging yang membuat kuliner ini menjadi pilihan.


Es Pisang Ijo

Pas datang ke Makassar, papa saya langsung bilang pengen makan es pisang ijo. Sebetulnya ingin makan es pisang ijo pas hari kedua tiba di Makassar. Tapi akhirnya siang haru sebelum balik ke Jakarta, kami mencoba es pisang ijo. 


Es pisang ijonya sanggat menggugah selera karena disajikan di sebuah piring dengan potongan es pisang ijo dan parutan es serta flanya. Rasanya pas dan bikin nagih! Harga satu porsinya sekitar Rp 15 ribu.

Jalangkote

Salah satu kuliner Makassar yang wajib dicoba adalah jalangkote. Tampilannya seperti pastel tapi ukurannya agak gede. Jalangkote yang saya coba adalah Jalangkote Lasinrang Ny Lily Montolalu yang telah ada sejak 1985. Soal rasa beneran enak. Saya lihat langsung proses memasaknya. Saya mencoba jalangkote ini siang hari sebelum balik ke Makassar. Jadi saya pesan yang matang untuk dimakan langsung. Lalu saya beli juga buat dibungkus di rumah. Rasanya masih kerasa sampai sekarang loh!  


34 komentar

Avatar
Husnul Khotimah 11/06/20 17.49

Coto Makassar pertama kali nyobain pas pulang ke Rumah Mertua di Kalimantan. Pas mau nyebrang mampir ke warung coto. Sampe sekarang setiap pulang ke sana, saya wajib makan coto Makassar ini hahaha.. Orang bugis yang bikin, sy gak bisa bayangin rasanya yang dari asal aslinya, pasti lebih muantul. Jalangkote sering sy lihat distatus temen Bugis, karena orang jawa ya sy ngiranya pastel haha.. bedakah?

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 12/06/20 01.46

bos saya orang makassar mbak, kalau acara makan kantor dia suka ngajak ke restoran yang menyajikan makanan makassar jaid secara garis besar saya pernah cicip hehee yg enak itu jalangkote menurut saya

Reply Delete
Avatar
AmeliaSepta 12/06/20 09.22

Jadi laper kak :((
Pengen banget ih ke Makasar terus cobain kulinernya secara langsung tapi gak bisa karena corona huhuu
Aku catet dulu deh kak manatau berjodoh gitu bisa makan beneran nantinya uwu :3

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 12/06/20 11.25

Saya punya kakak ipar yang sekarang tinggal di Makassar. Katanya kalau di Makassar ini dia betah, Soalnya banyak makanan enak di Makassar. Jadi pengen deh saya ke sana

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 15/06/20 08.30

Asyik juga yaa klo berkunjung ke suatu tempat dan ada banyak kuliner menarik di sana. Duuh kapan yaaa bisa berkunjung ke Makassar nih.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 12/06/20 18.52

Jalangkote Lasinrang itu salah satu yang paling top di Makassar memang. Terus, Coto Dg. Sirua saya cuma tahu cepat habisnya, belum tahu enak tidaknya. Karena ada di daerah barat yang saya tahu lebih dulu terkenal. Tapi kalo di Makassar banyak coto yang enak.

Reply Delete
Avatar
Diyanika 12/06/20 21.20

Selain tanya ke keluarga, biasanya aku kalau mau jajan kuliner khas suatu tempat tuh nyari yang memang on the spot tempatnya ramai banget. insyaallah nggak akan kecewa, karena endeus rasanya.

Reply Delete
Avatar
Lusi 13/06/20 00.06

Di Jogja ada restoran yang legend banget karena menjual menu2 diatas. Letaknyapun di depan asrama mahasiswa Sulawesi. Aku kadang kesana, enak2, cocok di lidah kami. Semoga suatu saat bisa nyicip di daerah asalnya ya.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 13/06/20 07.18

Awuwuww Mba saya jadi makin rindu pulang ke Makassar jadinya ini
Lihat ini bikin kemecer lidah dan lerut meronta

Reply Delete
Avatar
Mechta 13/06/20 08.13

Waaah..saya penasaran ingin nyicil semuanya niih setelah baca tulisan mba ini. Semoga suatu saat saya berkesempatan mencicip lsngsung di Makassar. Aamiin..

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 13/06/20 08.46

Di Semarang ada resto ala Makassar gini, sayangnya ga ada jalangkote di situ mba. Padahal kan pengin nyobain juga selain cotonya.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 13/06/20 09.45

Enak ya bisa makan es pisang ijo lagsung di Makassar. Enak-enak makanan dari sana ya mbak. Jalangkote juga enak ya

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 13/06/20 10.03

Belum pernah coba Jelangkote.
Asik yaah...kuliner di Makassar, apalagi ada keluarga besar yang menemani.

Kalau Es Pisang ijo, aku suka gak pakai kuah, alias langsung dimakan sama topping susu kental manis dan meises.
hehehe....maniiiss.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 15/06/20 08.52

Kalau Coto Makassar yang dijual di Jawa gini, mirip gak sih kak Lid..rasanya dan isiannya?
Aku suka soto...karena hangat di badan.
Pas sama Bandung yang tiris.

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 13/06/20 10.16

Es pisang ijo model Makassar berbeda ya Mba ditaruh di piring gitu selonjoran jadi cantik ahhaha kalau digelas kadang nggak keliatan. Aku suka ambil gandung ijonya aja nggak suka pisang soalnya. Seru ya berburu kuliner ke Makassar

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 13/06/20 10.50

Mencoba kuliner Makassar di kotanya langsung adalah hal yang istimewa. Semoga saya juga kelak bisa kulineran di sana.

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 13/06/20 10.54

Aku suka makanan khas Sulawesi Selatan. apalagi cottonya...aku kalau di makassar bisa pagi siang malam makan cotto.
Aku juga udah pernah praktekin bikin cotto dirumah. pandemi ini bikin aku rajin belajar masak. semoga teman2 yang lain begitu juga ya...

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 13/06/20 11.12

Makassar ini ya, salah satu kota yang banyak referensi makanan yang kudu dicicipnya. Walopun belom pernah ke sana, dan makan kuliner Makassar di tempatku, aku suka deh makanan Makassar.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 13/06/20 11.23

Mbak sampai sekarang aku penasaran dengan pisang ijo dan pasti rasanya nikmat banget. Semoga ada kesempatan main ke Makassar mbak.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 13/06/20 12.34

Saya tuh, masih penasaran dengan rasa sop ubi-nya Mbak. Selama ini belum pernah membayangkan atau merasakan ubi dibuat jadi sop

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 13/06/20 12.41

Semuanya enak mbaaa. Last time I visited this place I didn’t get a chance to have a decent culinary experience, I have to go back

Reply Delete
Avatar
Ellyzabeth 13/06/20 13.04

Sumpah ngiler 😂 kebetulan Aku belom pernah ke Makassar, bisa Kari rekomendasi niih kalau aku main kesana

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris 13/06/20 15.09

Sup Ubi ini aku kira semua isinya ubi2an, kok ada bihunnya juga, yaa. Kayaknya belum ada di warung2 umum, nih. Misal; bisa dinikmati di Semarang juga atau Yogya, gitu.

Jadi penasaran. :D

Reply Delete
Avatar
ZikraDelvira.com 13/06/20 15.41

Beda coto dan soto apa y mba.. btw pingin deh di Jakarta ada jalangkote, penasaran rasanya gimana..

Reply Delete
Avatar
Icha Amalia 14/06/20 05.33

nggak kebayang mbak rasanya sop ubi gimana. asin atau manis deh itu? ^^;;

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 14/06/20 12.00

wah pas aku ke Makassar juga dibawa ke tempat ini mba sama teman aku, kayaknya memang Coto Makassar di Coto Daeng Sirua Asahan HJ. Sungara ini sudah familiar banget bagi para wisatawan. beneran enak banget emang cotonya dan satu lagi kesukaan aku adalah es pisang ijonya, kemanapun pasti akan nyari ini heheh

Reply Delete
Avatar
Ria Kiyandra 14/06/20 20.43

oh jadi yang paling atas itu jalangkote ya aku kirain pastel.. belum pernah nih ke makassar. es pisang ijonya menarik bgt jdi haus liatnya wkwkwkkw

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 14/06/20 23.16

Duuuh pisang ijo itu favorit aku bangeeet. Jadi kepingin makan deh. Hayo mbak Alida tanggung jawab nih bikin aku ngiler. Kalau denger kata jalangkote aku jadi teringat sama si anak yang viral karena dibully itu. Kalau nggak salah dia jualan jalangkote ya? Rasanya sama kaya pastel apa nggak sih?

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana 15/06/20 00.44

Yummy enak semua nih kelihatannya! Jadi penasaran mau icip2 langsung ke sana, kangen liburan nih hihi

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 15/06/20 00.55

Walau belom pernah ke makassar langsung, aku suka banget sama pisang ijonya. Enak aja gitu. Seger lg

Reply Delete
Avatar
RIBKAH APRILIA 15/06/20 05.59

Kalau berkesempatan kesana , aku pingin nyobain yang es pisang ijo sama pastelnya itu. Menggoda banget pengen coba

Reply Delete
Avatar
Ratnasari Pevensie 15/06/20 06.22

Waah seru banget nih wisata kuliner bareng keluarga di Makassar, kalo aku baru coba pisang ijonya aja hehe

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 15/06/20 07.31

Whuaaa kayaknya enak-enak semuanya, kuliner langsung di tempat asalnya pastinya rasanya lebih khas ya, saya udah cobain coto makassar tapi di bandung bukan di makassar hehe

Reply Delete
Avatar
liza 15/06/20 08.52

es pisang hijau dan coto makasar... aaah, aku jadi pingin juga nih kak lida. tapi aku belum pernah ke makasar. semoga bisa kesana suatu hari nanti

Reply Delete