Review Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Review Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur


Walaupun saya dan suami bukan urang (orang dalam bahasa Sunda) sunda, tapi kami berdua memang sejak dulu suka sekali makan-makanan khas sunda. Makanan khas sunda yang kami sukai itu simple saja. Hanya nasi, lauk, sambal dan lalapan. Itu enak banget bagi kami. Jadi kalau dalam perjalanan nemu warung nasi yang menawarkan kelezatan itu, kami tak ragu untuk mampir.

warung nasi urang sunda enak
Pesanan kami di Warung Nasi Urang Sunda 
Dan pas banget Minggu, 17 Februari 2019 kami menikmati makan siang di Warung Nasi Urang Sunda yang terletak di Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang. Mainnya jauh bnget dari Pasa Rebo ke Serpong? Sebetulnya saya ada acara pagi hari di kawasan Bintaro dan kemudian dilanjutkan ke Serpong untuk keperluan renovasi.

Pas perjalanan pulang sudah lewat jam makan siang. Dan pas di pinggur jalan raya ada tulisan Warung Nasi Urang Sunda, suami langsung berkata “Makan disini aja yuk”. Langsung saja saya iyakan dan mobil pun berbelok masuk ke dalam warung nasi.
 
Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur 
Tempatnya terbagi atas beberapa bagian. Sebelum memilih tempat duduk, kami dipersilahkan untuk memilih lauk yang ditempatkan di bagian depan warung. Pilihan menunya beragam. Mulai dari aneka tahu dan tempe, empal daging (empalnya gede), bebek goreng dan aneka sayuran seperti urap.

makanan khas cianjur
Bapak lagi nanya Ayyas mau makan apa :) 
Saya pesan ikan nila, bapak pesan tahu, tempe dan empal. Sedangkan Ayyas milih udang goreng dan ayam goreng (tapi teryata yang di ambil adalah bebek goreng. Hehhee). Nah makanan-makanan tadi kami berikan ke karyawan dan menggorengnya untuk disajikan panas.

Untuk minuman saya awalnay pesan es teh tarik seharga Rp 12 ribu. Tapi kemudian ngerasa tenggerokan mulai meradang, saya akhirnya pesan jeruk panas. Ayyas yang pesan es teh tarik sedangkan bapak milih air mineral.

 
Review Makanan di Warung Nasi Urang Sunda

Satu hal yang berbeda di Warung Nasi Urang Sunda, aneka sambal dan lalapan disajikan di masing-masing meja. Jadi, kami tak perlu repot bolak-balik nambah sambal dan lalapan jika habis. Dan tentu saja ini jadi memudahkan. Sambalnya ada tiga macam yakni sambal cabe rawit, sambal terasi dan sambal tomat. Dan tentu saja pilihan kami adalah sambal cabe rawit yang rawitnya yang di ulek kasar.

makanan empal khas sunda
Udang dan empal goreng enak 
makanan khas sunda murah
Kriuk kremesnya beneran enak 
Lalapannya masih segar dan bervariasi mulai dari kemangi, ketimun dan beberapa lalapan. Sekitar 10 menit kemudian, pesanan kami tiba. Dan teryata ada yang berbeda dari pesanan kami yakni aneka lauk plus kremesan. Tahu kan kremesan ? Biasanya dibuat dari adonan tepung dan beberapa bumbu yang kalau makan berbunyi kremes. Gurih dan garing serta lezat. Kremesannya ditabur di atas lauk yang tadi kami pesan. Bahkan hampir menutupi lauk pesanan kami.


Pas saya nyoba mengigigit kremesan, duh enak banget. Kremesannya mantap dan gurih serta menambah cita rasa makanan. Saya mencoba ikan nila yang saya pesan seharga Rp 20 ribu per ekor. Ukuran ikannya agak kecil menurut saya tapi rasa bumbunya sungguh meresap.


Untuk udang seharga Rp 20 ribu per porsi juga enak dan bikin ketagihan buat nambah. Nah empal ini menurut saya porsinya besar dan lebih lebar. Beda sama empal yang saya tahu ukurannya biasa saja.

makanan khas sunda
Sambalnya mantaap kan :p 
Lalu bagaimana rasa sambalnya ? Bagi saya dan suami, sambal di Warung Nasi Urang Sunda sungguh nikmat. Pedasnya mantap banget. Mungkin karena kami memilih sambal ulek cabe rawit. Jadi perpaduan cabe rawit, lauk yang nikmat, nasi panas dan lalapan sungguh adalah perpaduan yang pas.

Soal harga menurut saya masih terjangkau. Nasi per porsi Rp 6000 dan porsinya banyak untuk bertiga. Nasinya ditaruh di satu keranjang nasi. Bebek goreng seharga Rp 18 ribu dan empal yang ukuran gede harganya Rp 20 ribu. Secara keseluruhan untuk makan dan minum kami bertiga menghabiskan total Rp 128 ribu. Untuk harga segitu dan kelengkapan makanan serta kelezatan rasa, saya merekomendasikan agar menu makanan ini jadi pilihan.
 
makanan khas cianjur
Numpang selfie :) 

Kalau lewat Serpong lagi, kayaknya saya akan mampir ke Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur. Teman punya rekomendasi rumah makan khas ? Atau pernah mencoba Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur ini?

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

22 komentar

Avatar
Okti Li 23 Feb 2019 15.04.00

Kalau di Cianjur sendiri yang terkenal dan banyak ditemukan warung nasi Alam Sunda. Modelnya sih sama lah ada bubuk kriuk pada setiap lauk pauk yang digoreng. Penyajian sambalnya pun sama dalam jubleg mini batu seperti itu. Hanya ada 2 tipe sambal hijau sama sambal mercon yg merah dalam foto punya Mbak itu


Btw jadikan kapan jalma main ke Cianjur ya. Alun2 Cianjur sudah diresmikan Pak Jokowi hehehe

Reply Delete
Avatar
Aminnatul Widyana 23 Feb 2019 17.35.00

Itu wadah cobek utk sambalnya besar banget ya mom, utk 1 porsi makanan segitu ya? Tp pedesnya sambel pake banget apa gak nih? Hehehhe

Reply Delete
Avatar
Rara febtarina 23 Feb 2019 20.18.00

udang gorengnya menggoda banget, apaalagi liat sambelnya ampooon aku suka banget liat sambelnya seger banget! bisa ningkatin mood makan pasti deh

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 23 Feb 2019 21.53.00

Urang juga bisa berarti 'saya' dalam bahasa Sunda. Saya belum pernah makan di warung nasi urang. Tetapi, masakan sunda memang banyak yang enak. Dan pastinya harus ada sambal kalau buat saya :D

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 23 Feb 2019 22.04.00

Ya ampuunnn, ngiler liat udangnya mba.
Enak-enak banget deh kayaknya.
Harganya juga standart sih menurut saya, masih terjangkau dan sesuai aja ama makanannya
Semoga bisa ke Serpong lagi, ternyata banyak makanan enak ya di sana.

Reply Delete
Avatar
Reni Dwi Astuti 23 Feb 2019 23.34.00

Wow...udang gorengnya menggugah selera makan itu... maknyuuss,dipadu dengan sambalnya makin mantap. Kriuk-kriuknya boleh juga tuh, bikin makin semangat acara makannya.

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 24 Feb 2019 13.55.00

Aku belum pernah cobain makan disana. Jadi pengen cobain, soalnya itu kremesan ayam dan sambelnya menggoda selera banget.
Terima kasih untuk informasinya ya, mbak :)

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 24 Feb 2019 21.40.00

Waduh mbak..resto sejenis bisa lebih dari 128 ribu tuh menu segitu..
Aku sering ke Serpong, mesti dicoba nih :)
Penasaran sama kremesan dan sambelnya..

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 25 Feb 2019 00.12.00

Aduh, menggiurkan sekali makanannya. Sambelnya apalagi. Bikin segeeer. Kebayang pedesnya. Tapi kalau urang sunda identik dengan sambal terasi, kalau sambali gitu kayak sambal korek SS ya. Hehe

Reply Delete
Avatar
Diah 25 Feb 2019 05.25.00

Duuh Mbak, itu kriuk kremesannya aja udah bikin lapar apalagi lihat dengan sambal sepeeti itu. Nyaamiii banget deh pastinya yah :D

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza 25 Feb 2019 06.07.00

Haduu udangnya minta dicomotin.. kremesnya juga keliatan kriuk-kriuk banget. Menu masakan sunda selalu jadi favoritku, cita rasanya selalu enak-enak :)

Reply Delete
Avatar
cici desri 25 Feb 2019 10.19.00

aduh itu udang goreng sama sambel lalapan bikin ngiler, pokoknya kalo jalan2 ke plataran sunda macam cianjur gak apdol kalo gak icip-icip y kak.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 25 Feb 2019 10.50.00

Nanggepin fotonya: Bapak saya juga mau donk ditanyain mau makan apa #dikeplakibue hahaha
Kremes dan sambelnya menggoda. Aku jadi bau2en sambel ini komennya haha. Harganya juga lumayan ya buat makan bertiga mbak :D

Reply Delete
Avatar
Syarifani Mulyana 25 Feb 2019 13.50.00

Glek bacanya sambil nelen ludah mba. Huhu
Kremesannya banjir lagi, nggak pelit. Dicocol sambel nikmatnya. Urangnya juga gede-gede ya.

Reply Delete
Avatar
Ludyah Annisah 25 Feb 2019 15.43.00

Wahh, udang sama sambelnya bikin mupeng mbaaa, jadi pengen cobaa. Btw, harganya sendiri juga cukup terjangkau ya mba, recommended nih

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 25 Feb 2019 23.06.00

Aku pun suka sekali dengan masakan Sunda, padahal bukan orang Sunda. Selalu bikin nafsu makan apalagi dengan sambalnya yang enak.

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti 26 Feb 2019 08.11.00

Yummy banget mbak Al menu menunya. Jadi pengen ikut mencicipi menu yang ada di warung itu. KAlau ajak keluarga pasti semua pada seneng banget nih. Harganya juga lumayan terjangkau buat menu yg enak seperti ini

Reply Delete
Avatar
Afrilentin 2 Mar 2019 13.30.00

Wah sama mbak aku juga suka masakan sunda walau bukan orang sunda masakannya simpel padahal cuma lauk,sambel lalapan.aku ngacai sama kremesannya mbak kayanya enak banget ituh kriuk kriuk makannya dicocol sambel😋😋

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 6 Mar 2019 19.41.00

Harganya standar ya. Udangnya bikin melek mata deh. Masakan Sunda memang menggugah selera.

Reply Delete
Avatar
ghina 6 Mar 2019 19.58.00

di jogja jg banyak mbak yg kek gitu. sbg org sunda malah ku merasa nemu menu2 kek gitu kalo makan di rumah makan lamongan. hehe. salam kenal mba Lida,

Reply Delete
Avatar
mirantizr 23 Mar 2019 07.30.00

Duduuh menggodanyaa, aku suka lho masakan sunda, apalagi kalo padanannya ikan goreng plus sambelnya, joss. Ya ampun aku jadi ngebayangin pengen makan beneran hari ini D

Reply Delete
Avatar
Ariefpokto 25 Mar 2019 15.43.00

Penasaran sama kremesannya .enak banget kayaknya pake nasi dan sambel

Reply Delete