Yuk, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Tercukupi untuk Keluarga

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Yuk, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Tercukupi untuk Keluarga

“Siapa yang di ruangan ini yang tadi sarapan sayur?,”. Pertanyaan sederhana itu dilontarkan MC (master ceremony) acara ngobras (ngobrol bareng sahabat) dengan tema “Ibu Cerdas, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Terpenuhi untuk Keluarga” yang diadakan oleh PT Kalbe Farma Tbk pada hari Sabtu, 6 Mei 2016. Namun dari sekitar 25 peserta yang hadir, teryata hanya sedikit sekali yang sarapan sayur. Termasuk saya yang tadi pagi hanya sarapan nasi dengan lauk kikil dan tahu tempe. Tak ada sayuran sama sekali. Setelah pertanyaan itu terlontar, MC kemudian langsung memanggil tiga narasumber yakni dr Rida Noor Sp.GK (dokter gizi), Adelia Pramasita (Brand Manager Juice Kategory PT Kalbe Farma Tbk) dan Sakri Sab’atmaja, SKM, Msi, Kasubdit Advokasi dan Kemitraan Kementerian Kesehatan RI untuk berbagi informasi.

                                   Ketiga narasumber (kiri-kanan) Adelia Pramasita (Brand Manager Juice),
                              dr Rida Noor Sp (dokter gizi) dan Sakri Sab'atmaja (Kementerian Kesehatan)
Acara diawali dengan pemaparan dr Rida Noor Sp. GK, dokter gizi, yang bercerita  tentang pentingnya buah dan sayur bagi kesehatan tubuh. Menurutnya semua orang tahu bahwa  sayur dan buah itu penting dan bermanfaat di tubuh tapi tak semua orang mau mengkonsumsinya. “Mungkin karena hidup di Jakarta yang serba praktis sehingga lebih memilih makanan yang praktis dikonsumsi seperti gorengan,” kata dr Rida panjang lebar. Padahal, makan gorengan tak memiliki nilai gizi. Sayuran dan buah yang mengandung sumber utama vitamin tak banyak di konsumsi. Padahal, vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kebutuhan serat sehari-hari. Vitamin dibutuhkan untuk metabolisme tubuh sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

 dr Rida Noor Sp (dokter gizi)
dr Rida mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi serat ada beberapa keuntungan yakni :
Saat proses mengunyah makanan yang mengandung serat, maka akan keluar enzim-enzim yang bermanfaat bagi pencernaan. Manfaat lainnya, proses mengunyah juga akan menstimulasi otak. Selain itu, makanan yang mengandung serat akan sulit dicerna dan akan mengendap di lambung lebih lama. Akibatnya, tubuh menjadi mudah kenyang. Mengkonsumsi serat juga bermanfaat karena pada saat mengunyah makanan yang mengandung serat, maka akan keluar enzim-enzim bermanfaat untuk pencernaan. Dampaknya, Buang Air Besar (BAB) menjadi lebih lancar sehingga terhindar dari resiko dari penyakit colon (usus).
Buah dan sayur. Sumber : pixabay.com
Sedangkan beberapa manfaat vitamin adalah :
Menambah daya tahan tubuh karena vitamin C dan vitamin A yang jenis betakarotin memiliki anti oksidan yang dapat mencegah tak mudah muncul penyakit.  

Vitamin C juga mampu menstimulasi produksi kolagen sehingga elaktifitas kulit menjadi lebih baik sehingga kulit menjadi lebih kinclong dan tubuh lebih fit.

Tentu saja tak hanya dua itu saja manfaat mengkonsumsi buah dan sayur. Masih banyak manfaat mengkonsumsi buah dan sayur bagi tubuh.

Fakta Konsumsi Buah dan Sayur di Masyarakat Indonesia
Namun sayangnya, manfaat konsumsi buah dan sayur tak sebanding dengan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Berdasarkan survey Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2010), hanya 5 persen masyarakat yang mengkonsumsi buah dan sayur. “Sebanyak 93,5 persen tak mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari,” kata Pak Sakri Sab’atmaja.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak) dan 150 gram buah (setara dengan 2 buah pisang ambon ukuran sedang). Sedangkan masyarakat Indonesia dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per orang per hari (untuk balita) dan 400-600 gram per orang per hari (untuk remaja dan orang dewasa). 

Berkurangnya konsumsi sayur dan buah di masyarakat menyebabkan pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi). “Dulu sekitar tahun 1990-an, sebanyak 58 persen banyak yang menderita penyakit menular seperti diare, batuk dan pilek,” tambahnya. Namun kini, sebanyak 57 persen masyarakat lebih banyak menderita penyakit tak menular seperti penyakit jantung koroner, stroke yang menyebabkan kematian. Bahkan, pemerintah harus nombok sekitar Rp 3 Trilyun karena harus menanggung biaya kesehatan masyarakat yang menderita penyakit jantung.

Sakri Sab'atmaja (Kementerian Kesehatan)
Perubahan pola hidup juga semakin meningkatkan terjadinya penyakit tak menular. Jika sebelumnya banyak aktifitas fisik dalam kehidupan sehari-hari, kini aktifitas fisik mulai ditinggalkan. Aktifitas dalam rumah seperti mengepel, mencuci baju, menyapu, kini mulai digantikan dengan perabotan rumah tangga modern. 

Tak hanya itu saja. Banyak juga yang kemudian membeli mengkonsumsi makanan siap saji. Mirisnya sebanyak 60 persen anak muda memiih konsumsi soft drink karena dianggap mewakili gaya hidup. Lingkungan tak sehat seperti asap knalpot kendaraan bermotor juga menyebabkan munculnya beragam penyakit. Ditambah lagi, pembuangan saluran runmah tangga belum berfungsi dengan baik sehingga muncul genangan air kotor dan sampah yang memicu munculnya penyakit.

Lantas, apa yang menyebabkan masyarakat kurang mengkonsumsi sayur dan buah?
Pertama, karena akses dan kualitas produksi yang rendah. Di Indonesia, penyedia buah dan sayur masih kurang dibandingkan negara lain. Pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian, selalu berupaya untuk menggalakkan produksi buah dan sayur. Hanya saja, apabila tidak dikemas dengan baik maka masyarakat menjadi tak tertarik. Kedua karena jangkauan ke supermarket jauh dan mahal. Masyarakat dianggap tak tertarik membeli sayur dan buah yang dikemas tak menarik sehingga daya beli pun berkurang.

Upaya Meningkatkan Kesehatan Tubuh Masyarakat
Pemerintah kemudian memprakasai munculnya GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat). GERMAS merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa untuk meningkatan kualitas hidup.  

GERMAS. Sumber foto grafis : dinkes.kalteng.go.id
GERMAS kemudian fokus pada tiga hal yakni :
Meningkatkan aktifitas fisik 30 menit sehari. Mulailah dengan melakukan kegiatan-kegiatan fisik di rumah, sekolah hingga kantor. Di rumah kegiatan fisik yang dapat dilakukan seperti mengepel dan menyapu. Di kantor, aktifitas fisik ringgan yang dapat dilakukan seperti perbanyak menggunakan tangga dibandingkat lift atau eskalator. Walaupun di sekolah juga dapat melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga bersama teman-teman.

Mengkonsumsi buah dan sayur. Masyarakat diminta untuk menjadikan buah dan sayur sebagai menu sehari-hari dalam makanan yang dikonsumsi.

Rajin cek kesehatan setiap 6 bulan sekali. Pengecekan kesehatan meliputi cek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol, hingga pengecekan lingkar perut.

Vegie Fruit Premium Untuk Memenuhi Kebutuhan Serat Makanan
Talkshow kesehatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh  Adelia Pramasita (Brand Manager Juice Kategory PT Kalbe Farma Tbk) tentang produk PT Kalbe Farma yakni Vegie Fruit Premium. Vegie Fruit Premium merupakan jus buah dan sayur yang rasanya #EnaktapiSehat. “Minum Vegie Fruit Premium itu tak perlu tutup hidung karena rasanya enak,” kata Bu Adelia. 

Vegie Fruit
Vegie Fruit Premium tersedia dalam varian Carrot Squeeze yang merupakan kombinasi sayur wortel dan buah jeruk serta nanas yang diproses dengan teknologi UHT (ultra high temperatures). Kombinasi sayuran dan buah ini yang membuat minuman ini menjadi sumber vitamin A dan tinggi vitamin C, serta kaya serat serta tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna  dan tanpa pemanis buatan. Vegie Fruit Premium ini juga tinggi serat sehingga membuat tubuh menjadi lebih bikin kenyang namun tercukupi kebutuhan serat dan kaya vitamin.

Keunggulan Vegie Fruit Premium adalah : 
Terbuat dari sayur dan buah pilihan (Alami dan Natural)
Sumber Vitamin A
Tinggi vitamin C
Tinggi Serat
Tanpa bahan pengawet
Tanpa Pemanis Buatan
Rasa Enak

Dalam sebotol Vegie Fruit 300 ml mengandung :  


Vegie Fruit Premium dijual dengan harga Rp 8900 dan dapat diperoleh di tempat-tempat seperti di bawah ini: 

Sumber : vegiefruit.com
Konsumsi Vegie Fruit Premium di Keluarga
Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja, saya selalu berusaha untuk memperkenalkan asupan sayur dan buah sejak dini. Saya tahu bahwa tak mudah untuk mengenalkan buah dan sayur kepada keluarga. Apalagi dengan kondisi saya yang berangkat kerja pukul 05.00 WIB dan pulang kerja pukul 17.00 WIB. Pulang ke rumah dalam keadaan capek, tapi masih harus tetap berusaha menjaga agar asupan makanan buah dan sayur terpenuhi.

Apalagi, saya sendiri termasuk orang yang tak terlalu makan sayur. Saya lebih menyukai makan nasi dengan ayam goreng dan sambal atau ikan goreng dan sambal pedas. Menurut saya, menu makanan seperti itu enak sekali. Tapi saya sadar bahwa saya tak bisa seperti itu karena bagaimanapun saya ingin agar anggota keluarga saya juga mengkonsumsi sayur dan buah. Asupan buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan. 

Beberapa hal saya lakukan agar asupan buah dan sayur bisa tercukupi. Salah satunya dengan menyediakan Vegie Fruit di kulkas. Saat bekerja, saya pun membawa Vegie Fruit Premium di tas agar dapat dikonsumsi di kantor. Ukurannya pas sehingga praktis dibawa kemana saja sehingga bisa dikonsumsi kapan saja. Rasanya enak, kandungan buah dan vitaminnya tercukupi. Rasa ‘langu’ yang biasanya ada di dalam jus sayur dan buah tak ada sama sekali. Hal ini tentu menjadi nilai lebih dari konsumsi Vegie Fruit Premium ini.  Konsumsi Vegie Fruit Premium yang memiliki tagline “It’s Dealeasyousveggie’ ini merupakan minuman yang #deleasyouswaytohaveveggie dan digemari seluruh keluarga. Ibu cerdas pasti akan memastikan asupan buah dan sayur tercukupi untuk keluarga. Bagaimana cara teman agar menjaga asupan buah dan sayur bagi keluarga?




58 komentar

Avatar
Ratna Dewi 20/05/17, 20.19

Aku juga menyadari banget kadang konsumsi sayur dan buahku minim makanya sering bermasalah sama BAB. Masalah utamanya adalah kadang nggak telaten kalo harus tiap hari makan sayur buah. Nah, kalau udah ada minuman macam Vegie Fruit ini boleh juga dicoba.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/05/17, 21.47

Nah, harus telaten itu loh yang memang susah ya

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 20/05/17, 20.29

Aku kmrn dh stock beli d Alfamart anak2ku suka,,,

Reply Delete
Avatar
Eni martini 20/05/17, 20.32

Wah, perlu buat aku nih supaya urusan belakang lancar.agak jarang bab karena kurang serat kali ya T.T

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/05/17, 21.47

Harus rajin rajin juga sih ya mba konsumsi buah dan sayur

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 20/05/17, 20.49

nah ini dia aku kadang males banget ngejuice sendiri atau kupas buah sendiri pengennya dibukain getoh 🤣😂 adanya vegie tgl buka capnya lgsg minum n rasakan sensasinya mantaapp 👍

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/05/17, 21.47

Samaaa .. Aku juga mbaaa. Aku maunya juga disuapin ama bapak. HIhihih
Nah kalau ada yang praktis tapi enak ya kenapa nggak yaa

Reply Delete
Avatar
dongeng naura 20/05/17, 21.14

Praktis ya mbak. Tinggal buka botol dan glek. Dan takjubnya lagi. Ternyata serat pangannya lumayan ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/05/17, 21.48

Bener banget mba. Tinggal glek ;)

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 20/05/17, 21.36

Lumayan buat yang males ngeblender. Males cuci cuci perangkat ngejus. Ringkas sehat. Cobain ah...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/05/17, 21.48

NAh, PR banget tuh kalau harus cuci perangkat ngejus. Hihihi

Reply Delete
Avatar
khairiah 20/05/17, 22.39

Wah minuman tanpa pengawet kerenm anakku yg cowok cm mau buah jeruk dan jus jeruk lainnya nggak mau, sayur kebih2

Reply Delete
Avatar
Unknown 20/05/17, 23.24

sayur sih selalu ada dalam menu rumah, buah nih... anak2 masih milih2 maunya buah yg disuka aja, dikasih pepaya byebye aja deh :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.06

NAh iya kenapa ya anak-anak nggak suka pepaya

Reply Delete
Avatar
Ria Kurniasih 20/05/17, 23.39

harus coba ini, makasih ya mba infonya. saya belum pernah nyoba ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.09

Iyaaa sama-sama mba. Selamat mencoba yaa

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 21/05/17, 02.57

kalau anakku dn suamiku gak suka buah akhirnya aku sering bikin jus, nah kalau ada yg ini lbh praktis kali ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.10

Iya mba Tura. Praktis tapi sehat dan lezat

Reply Delete
Avatar
Riska Ngilan Haryono 21/05/17, 06.33

Seger banget kayaknya mbak, praktis juga tinggal minum ya dan yang pasti kandungan asupan gizinya terjaga.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.19

Aku masukkan ke kulkas makin enak mbaa Riska

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim 21/05/17, 06.57

Pertanyaan pembukanya cucok, dan aku pun termasuk dr yg sarapan nggak pakek sayur.hiks
Tapi enak nih skrg ada cara praktis utk memenuhi kebutuhn serat dan vitamin, tinggal konsumsi vegie fruit ini aja ya mbk. Asoy dah. Tengkiu infonyaaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.19

Hahah samaaan kita ya mba Inda

Reply Delete
Avatar
Zulaeha Achmad 21/05/17, 07.03

Wah, enak nih, cocok kali ya buat anakku, kadang sayur tertentu dia nggak mau makan, suka pilih2. Nanti mau nyoba ahh :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.20

Nah iya tuh pr banget ya orangtua punya anak yang nggak suka makan sayur

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 21/05/17, 11.30

Rasanya enak dan seger kaya buah asli ya mba

Reply Delete
Avatar
Tina Sindi 21/05/17, 11.41

Minuman ini membantu untuk orang yg tdk suka sayur dan buah. Minuman yg sangat kaya serat dan vitamin. Anak sy aja ketagihan mba...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.20

Wah hayuk nyetok yang banyaakk. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Pritahw 21/05/17, 21.05

ini berarti bisa jadi alternatif buat yg ga suka sayur, atau pas sibuk, nyari sayur susah ya mbak, hehe.. Tapi aku suka sayur bangett, haha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/05/17, 07.21

Alhamdulillah banget suka sayur mbaaa

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 22/05/17, 07.06

Beneer.. cara mudah konsumsi sayur buah ya, Mba. Udah gitu rasanya enaaak dan segeeer

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 24/05/17, 12.27

Kesukaan banget ya mba Ade :)

Reply Delete
Avatar
Uni Dzalika 22/05/17, 15.10

kadang suka ragu untuk coba karena kandungan gulanya suka banyak kan tapi kayaknya aku akan coba sesekali

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 24/05/17, 12.27

Biasnaya selalu tertulis komposisinya gula seberapa banyak mba

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 22/05/17, 16.50

Wuih seger kayaknya minumannya. Sehat pulak yaa..

Reply Delete
Avatar
Yasinta Astuti 22/05/17, 18.05

Wah enak sepertinya, kandungannya juga lengkap ya mbak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 24/05/17, 12.29

Kandungan lengkap dan jelas mba :)

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 22/05/17, 23.19

Sebetulnya saya gak terlalu suka buah, kecuali mangga. Sukanya ma sayur. Kalau minuman buah atau jus, masih suka. Tapi demi anak-anak, saya gak mau terlalu ngelihatin. Biar anak gak ikut selera ibunya yang gak suka buah hihihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 24/05/17, 12.29

JHihii kita kasih coba yang baik aja ya mba Myra :)

Reply Delete
Avatar
Hairi Yanti 23/05/17, 04.23

Saya suka buah mbak. Di rumah saya emang dibiasakan makan buah tiap hari sejak kecil. Tapi semenjak ikut suami kadang emang ga ada buah di rumah. Ga nemu yang segar dan menarik minat mata. Hihihi.. supermarket jauh. Kalau nemu minuman ini mau beli ah... :-)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 02/06/17, 08.30

Asik mba kalau udah suka buah :)

Reply Delete
Avatar
Vanisa Desfriani 23/05/17, 12.37

baru aja makan jeruk. haha makin tua makin sering makan sayur dan buah. didoyan2in pula ga kaya dulu pas masih kecil :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 02/06/17, 08.31

Hahhaa aku pun merasa begitu mba. Skarang demi kesahatan dlu sempat cuek mbaa

Reply Delete
Avatar
Diah Woro Susanti 26/05/17, 06.25

duuh jadi malu ketahuan kalo ga doyan sayur hehee

Reply Delete
Avatar
Prananingrum 26/05/17, 16.43

pingin nyoba nih mbak...seger kyknya

Reply Delete
Avatar
Mariatul Kiftiah 28/05/17, 09.46

waaah..advice banget nih buat diriku.secara anak anak dirumah susah sekali makan sayur dan buah juga pilih2. boleh lah segera dicoba ya di rumah^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 02/06/17, 08.33

Selamaat mencoba ya mba. Pasti suka :)

Reply Delete
Avatar
Febrianty Rachma 29/05/17, 12.42

Minuman kayak gini bisa jadi solusi banget buat emak-emak yang resah anaknya ga suka minum sayur dan pilih-pilih buah ya mbak. Aku belum pernah ketemu langsung sih, tapi sekarang jadi ngerti deh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 02/06/17, 08.33

Itulah. ENtah kenapa anak-anak tuh susah ya makan sayur dan buah :(
Oke semoga berguna ilmunya ya

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila 18/06/17, 13.24

Pantesan kemarin cari ini di tiptop g ada..ternyata di supermarket2 gedean yaa :). Aku termasuk yg jrang makan buah dan sayur sih mba.kalopun makan sayur, aku yakin jumlahnya masih kurang banget ama kebutuhan serat yg diperlukan sehari. Makanya butuh supplemen begini

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 26/10/17, 07.39

Sarapanku biasanya jus wortel. Kadang campur sama pisang. Besoknya kadang lemon hangat. Mencoba hidup sehat. Karena selama bertahun-tahun sarapannya gorengan mulu haha.

Reply Delete