Theme Layout

[Rightsidebar]

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

yes

Dark or Light Style

[Light]

Konsumsi Nutri Sendi untuk Nyeri Sendi


Punya hobi olahraga tapi terhambat faktor kesehatan? Mungkin terdengar aneh. Tapi itulah yang terjadi pada salah satu teman saya. Kebetulan kami dulu berada di kantor yang sama. Teman saya itu hobi banget olahraga badminton. Setiap pulang kerja, dia selalu olahraga badminton. Pas libur kerja, pagi hari pun menyempatkan diri untuk badminton. Bahkan di kantor, ia berinisiatif untuk mengajak rekan sekantor mendirikan club badminton. Tujuannya satu, biar olahraga badminton ini semakin banyak yang digemari. Dia mengakui, karena rajin olahraga, badannya menjadi lebih sehat dan bugar. Sebetulnya saya sudah beberapa kali diajak gabung ke klub badminton itu, tapi entah kenapa saya nggak terlalu minat. “Masih muda itu harus banyak olahraga. Jangan malas,” katanya kepada saya. Baiklah, omongan itu benar. Tapi entah kenapa saya kurang sreg karena tangan selalu pegal setiap kali badminton. Mungkin karena tak terbiasa. 

Nah beberapa bulan lalu kami reuni bersama teman-teman yang lain. Pas acara kumpul-kumpul itu saya pun bertanya tentang kebiasannya olahraga badminton. “Lagi berhenti bentar, Lid,” katanya. “Loh, kenapa?,” kata saya. Setelah saya tanya begitu, dia mulai cerita bahwa dia mengalami nyeri sendi. Katanya ada penipisan tulang rawan sendi (osteoarthritis) di lutut kakinya itu. “Kata dokter, ada pengapuran,” ujarnya.  Nah pada saat gerakan melompat itu, tumit kakinya sering nyeri sendi tak tertahankan. “Mungkin kurang pemanasan,?” kata saya kepo lagi. “Nggak. Aku ya pasti pemanasan dulu lah,” katanya. Iya bener juga sih. Obrolan kami kemudian beralih pada obrolan tentang nyeri sendi hingga konsumsi obat untuk membantu mengobati nyeri dan radang sendi. Dari hasil obrolan dan searching ke website solusisendi.com, nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang. Nah, nyeri sendi ini bisa berlangsung singkat atau lama dan tingkat keparahannya juga bervariasi. Beberapa penyebab nyeri sendi adalah  :

Kerusakan tulang rawan di belakang tempurung lutut
Pendarahan di dalam ruang sendi akibat retak lutut atau ligamen robek.
Penyakit asam urat
Peradangan pada jaringan yang melapisisi sendi dan tendon

Jadi, jaringan tulang rawan (kartilago hyalin) adalah jaringan elastis yang berfungsi sebagai bantalan ketika tulang saling bertemu dan kemudian bergerak. Fungsinya sebagai penyangga atau shock breaker pada mobil. Nah, bantalan ini juga berfungsi sebagai pelumas. Dengan adanya bantalan, tentu saja tak akan sakit saat pergerakan persendian. Apabila kerusakan jarigan rawan berlangsung lebih cepat daripada kemampuannya untuk memperbaiki diri sendirinya, maka terjadi penipisan tulang rawan dan kehilangan pelumas. Akibatnya, kedua tulang akan bersentuhan dan menimbulkan rasa sakit pada sendi.
Ilustrasi nyeri sendi. Sumber : nyerisendi
Nah, setelah terjadi kerusakan tulang rawan, sendi dan tulang juga ikut berubah. Pada permukaan sendi yang sudah aus akan terjadi pengapuran. Pengapuran ini merupakan tumbuhnya tulang baru yang membuat pertahanan tubuh untuk menjadikan sendi kembali stabil. Namun, tumbuhnya tulang baru inilahh yang membuat sendi menjadi kaku. Jika dulu banyak yang mengira gangguan tulang rawan sendi itu hanya di alami orang lanjut usia, kini teryata juga dialami pria dan perempuan yang memasuki usia 40 tahun.

Dari tulisan yang saya baca di Kompas.com, pada beberapa kondisi yang mempercepat osteoarthristis misalnya kegemukan atau sering beraktivitas yang bertumpu pada lutut seperti olahragawan. Penanganan nyeri sendi ini ditujukan untuk menghilangkan nyeri sehingga pasien bisa tetap aktif. Selain itu pasien juga diwajibkan melakukan latihan untuk memperkuat otot-otot di bagian sendi yang sakit.

Bulutangkis. Sumber foto : pixabay.com
Apa teman pernah mengalami nyeri sendi? Yuk berbagi :) Terima kasih 


You Might Also Like

50 komentar:

  1. Ibuku konsumsi ini !baru,, maklum dh sepuh klo bangun dr duduk lutut NY suka sakit smnjk konsumsi ini rs sakitnya berkurang

    BalasHapus
  2. Duh ngeri pengapuran y mb emang sejak dini mesti waspada y mba dg minum viostin ds.
    semoga kita sehat sll aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaa. Harus dihindari banget nih mba Herva. Jangan sampai kejadian ya

      Hapus
  3. Ibu mertuaku udah ngalamin nih, pengapuran kaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedihnya :(
      Moga ibu mertua penyakitnya bisa teratasi ya mbaa

      Hapus
  4. Mamamer juga punya nyeri sendi, beliau konsumsi viostin ds dan katanya enak setelah minum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau memang bermanfaat banget ya mbaa

      Hapus
  5. Saya juga suka nyeri di lutut. Kalau lagi outbound gitu suka nyeri saat turun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku juga pernah kejadian gitu, mba. Biasanya anggap sepele nih

      Hapus
  6. Duku bingung apa sih DS rupanya kekuatan ganda ya, kt mamak mmg minum yg DS lbh cept enakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khasiatnya memang langsung terbukti ya mba Uli

      Hapus
  7. Lututku mulai kaku kalau kelamaan duduk. Jalannya jadi lucu, karena menahan sakit.

    BalasHapus
  8. Bahas sendi ngeri rasanya, karena perempuan kan riskan di gangguan sendi ay mab. trim infonya maba

    BalasHapus
  9. Suamiku juga suka nyeri sendi krn lututnya dulu pernah terkilir, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga aja skarang udah baikan ya mba Ety :(

      Hapus
  10. Yang aku tau juga kalau perempuan lebih rentan pengapuran tulang dibanding laki-laki karena melahirkan & menyusui... Duh mana sekarang aku jarang olahraga pula hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kita giatkan lagi buat olahraga mba :)

      Hapus
  11. Ini yang biasa dikonsumsi mamah sama bapak aku juga mbak. Membantu banget meradakan nyeri sendi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Moga mama dan bapak sehat sehat selalu yaaa

      Hapus
  12. Ini yang nyesek banget. Dulu rajin olahraga sekarang malas-malasan. Baru niat aja mau olahraga lagi. Huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Godaan untuk tak olahraga tuh gede banget mbaa Linaa :(

      Hapus
  13. Suamiku pernah mengalami nyeri sendi, sakiit banget, aku sampai sedih lihatnya. Memang suplemen ini bagus banget mbak bisa menghilangkan nyeri sendi itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. DUh kalau suami sakit, kita jadi ikutan sedih lihatnya ya mbaa

      Hapus
  14. Hwaaa aku sudah nggak kuat kalau badminton. Ngos2an. Sehat2 terus ya emak yg super aktif :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihii sama, mba Lusi :)
      Makasih semangatnya, mba Lusi :)

      Hapus
  15. Duh, aku sering nyeri lutut. Kena pengapuran juga kali, ya. Kudu mulai siap sedia Viostin DS nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Nia. Biar nggak nyeri dan bisa aktifitas ya mba

      Hapus
  16. Andalan suami dan keluarga neh kalau lagi sendinya ngilu

    BalasHapus
  17. Duh kasian juga hobi olahraga terpaksa stop karena nyeri sendi ya..

    BalasHapus
  18. Jangan sampai kena nyeri sendi mbak, gak enak banget rasanya, mending dicegah sejak dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba. Pencegahan ini penting banget mba

      Hapus
    2. Kasian yaa jadi ga bisa menekuni hobi. Moga segera sembuh penyakit nyeri sendi temannya mba

      Hapus
  19. emang bagus viostin ds ini.. aku karena adikku kadang nyeri sendi jdi suka sedia viostin ds

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba jika berguna dan efektif ya

      Hapus
  20. Aku mengalami Mbk, dudu nyeri gak bisa tidur sakit dan untung udah kenalan denga. Viostin DS

    BalasHapus
  21. Ternyata olah raga berlebih juga bisa kena resiko osteoarthritis juga ya. Kudu ngantongin Viostin DS kemana2 nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa. Mecegah lebih baik daripada mengobati ya mba

      Hapus
  22. Nyeri sendi itu ga enak....banget :(
    Mau jalan susah. Untung ada ini ya mak

    BalasHapus
  23. penting ini dikonsumsi sama ibu2 terutama yg melahirkan anak laki2, karena anak laki2 lebih menguras kalsium ibunya saat masih di perut

    eh, penting buat aku juga sik, anakku lanang ;)

    BalasHapus
  24. Aku skr ini kalo duduk terlalu lama,pergelangan kaki sakit dan ga bisa langsung di bawa jalan mba.. Hrus nunggu dulu. Apa tanda2 sakit sendi yaa :(

    Kalo mama mertuaku udh ga mempan dengan obat ini.. Krn udh harus fisioterapi rutin.. Namanya orang tua yaa..

    BalasHapus

[name=Rach Alida Bahaweres] [img=https://2.bp.blogspot.com/-nU7vyrF6_rE/WWw9fpyD9kI/AAAAAAAADWA/7zfkXenvrN8MH6Q4lAACPTciMJaet1lGACLcBGAs/w345-h245-c/Alida.png] [description= Saya Alida. Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com] (facebook=https://www.facebook.com/rach.bahaweres) (twitter=https://twitter.com/lidbahaweres) (instagram=https://www.instagram.com/lidbahaweres)

Follow @lidbahaweres