Konsumsi Nutri Sendi untuk Nyeri Sendi

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Konsumsi Nutri Sendi untuk Nyeri Sendi

Punya hobi olahraga tapi terhambat faktor kesehatan? Mungkin terdengar aneh. Tapi itulah yang terjadi pada salah satu teman saya. Kebetulan kami dulu berada di kantor yang sama. Teman saya itu hobi banget olahraga badminton. Setiap pulang kerja, dia selalu olahraga badminton. Pas libur kerja, pagi hari pun menyempatkan diri untuk badminton. Bahkan di kantor, ia berinisiatif untuk mengajak rekan sekantor mendirikan club badminton. Tujuannya satu, biar olahraga badminton ini semakin banyak yang digemari. Dia mengakui, karena rajin olahraga, badannya menjadi lebih sehat dan bugar. Sebetulnya saya sudah beberapa kali diajak gabung ke klub badminton itu, tapi entah kenapa saya nggak terlalu minat. “Masih muda itu harus banyak olahraga. Jangan malas,” katanya kepada saya. Baiklah, omongan itu benar. Tapi entah kenapa saya kurang sreg karena tangan selalu pegal setiap kali badminton. Mungkin karena tak terbiasa. 

Nah beberapa bulan lalu kami reuni bersama teman-teman yang lain. Pas acara kumpul-kumpul itu saya pun bertanya tentang kebiasannya olahraga badminton. “Lagi berhenti bentar, Lid,” katanya. “Loh, kenapa?,” kata saya. Setelah saya tanya begitu, dia mulai cerita bahwa dia mengalami nyeri sendi. Katanya ada penipisan tulang rawan sendi (osteoarthritis) di lutut kakinya itu. “Kata dokter, ada pengapuran,” ujarnya.  Nah pada saat gerakan melompat itu, tumit kakinya sering nyeri sendi tak tertahankan. “Mungkin kurang pemanasan,?” kata saya kepo lagi. “Nggak. Aku ya pasti pemanasan dulu lah,” katanya. Iya bener juga sih. Obrolan kami kemudian beralih pada obrolan tentang nyeri sendi hingga konsumsi obat untuk membantu mengobati nyeri dan radang sendi. Dari hasil obrolan dan searching ke website solusisendi.com, nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang. Nah, nyeri sendi ini bisa berlangsung singkat atau lama dan tingkat keparahannya juga bervariasi. Beberapa penyebab nyeri sendi adalah  :

Kerusakan tulang rawan di belakang tempurung lutut
Pendarahan di dalam ruang sendi akibat retak lutut atau ligamen robek.
Penyakit asam urat
Peradangan pada jaringan yang melapisisi sendi dan tendon

Jadi, jaringan tulang rawan (kartilago hyalin) adalah jaringan elastis yang berfungsi sebagai bantalan ketika tulang saling bertemu dan kemudian bergerak. Fungsinya sebagai penyangga atau shock breaker pada mobil. Nah, bantalan ini juga berfungsi sebagai pelumas. Dengan adanya bantalan, tentu saja tak akan sakit saat pergerakan persendian. Apabila kerusakan jarigan rawan berlangsung lebih cepat daripada kemampuannya untuk memperbaiki diri sendirinya, maka terjadi penipisan tulang rawan dan kehilangan pelumas. Akibatnya, kedua tulang akan bersentuhan dan menimbulkan rasa sakit pada sendi.
Ilustrasi nyeri sendi. Sumber : nyerisendi
Nah, setelah terjadi kerusakan tulang rawan, sendi dan tulang juga ikut berubah. Pada permukaan sendi yang sudah aus akan terjadi pengapuran. Pengapuran ini merupakan tumbuhnya tulang baru yang membuat pertahanan tubuh untuk menjadikan sendi kembali stabil. Namun, tumbuhnya tulang baru inilahh yang membuat sendi menjadi kaku. Jika dulu banyak yang mengira gangguan tulang rawan sendi itu hanya di alami orang lanjut usia, kini teryata juga dialami pria dan perempuan yang memasuki usia 40 tahun.

Dari tulisan yang saya baca di Kompas.com, pada beberapa kondisi yang mempercepat osteoarthristis misalnya kegemukan atau sering beraktivitas yang bertumpu pada lutut seperti olahragawan. Penanganan nyeri sendi ini ditujukan untuk menghilangkan nyeri sehingga pasien bisa tetap aktif. Selain itu pasien juga diwajibkan melakukan latihan untuk memperkuat otot-otot di bagian sendi yang sakit.

Bulutangkis. Sumber foto : pixabay.com
Apa teman pernah mengalami nyeri sendi? Yuk berbagi :) Terima kasih 


50 comments

Avatar
mutie adnu May 19, 2017, 8:33:00 PM

Ibuku konsumsi ini !baru,, maklum dh sepuh klo bangun dr duduk lutut NY suka sakit smnjk konsumsi ini rs sakitnya berkurang

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 20, 2017, 9:54:00 PM

Semoga ibunda sehat-sehat ya mbaa

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti May 19, 2017, 8:42:00 PM

Duh ngeri pengapuran y mb emang sejak dini mesti waspada y mba dg minum viostin ds.
semoga kita sehat sll aamiin

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 20, 2017, 9:56:00 PM

Iyaa mbaa. Harus dihindari banget nih mba Herva. Jangan sampai kejadian ya

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana May 19, 2017, 10:06:00 PM

Ibu mertuaku udah ngalamin nih, pengapuran kaki.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 20, 2017, 9:56:00 PM

Sedihnya :(
Moga ibu mertua penyakitnya bisa teratasi ya mbaa

Reply Delete
Avatar
amelia fafu May 20, 2017, 9:20:00 AM

Mamamer juga punya nyeri sendi, beliau konsumsi viostin ds dan katanya enak setelah minum

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 20, 2017, 9:56:00 PM

Alhamdulillah kalau memang bermanfaat banget ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Keke Naima May 20, 2017, 6:13:00 PM

Saya juga suka nyeri di lutut. Kalau lagi outbound gitu suka nyeri saat turun

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 20, 2017, 9:56:00 PM

Nah aku juga pernah kejadian gitu, mba. Biasanya anggap sepele nih

Reply Delete
Avatar
Uli Hape May 20, 2017, 9:00:00 PM

Duku bingung apa sih DS rupanya kekuatan ganda ya, kt mamak mmg minum yg DS lbh cept enakan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 20, 2017, 9:57:00 PM

Khasiatnya memang langsung terbukti ya mba Uli

Reply Delete
Avatar
Tri Sapta May 21, 2017, 7:30:00 AM

Lututku mulai kaku kalau kelamaan duduk. Jalannya jadi lucu, karena menahan sakit.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 22, 2017, 8:11:00 AM

Hiks. SMoga lekass sembuh ya mba TRi

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti May 21, 2017, 6:40:00 PM

Bahas sendi ngeri rasanya, karena perempuan kan riskan di gangguan sendi ay mab. trim infonya maba

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 22, 2017, 8:12:00 AM

Iya mba. Jadinya nggak nyaman ya mba

Reply Delete
Avatar
Ety Abdoel May 22, 2017, 3:18:00 AM

Suamiku juga suka nyeri sendi krn lututnya dulu pernah terkilir, mba.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 22, 2017, 8:12:00 AM

Moga aja skarang udah baikan ya mba Ety :(

Reply Delete
Avatar
Sandra Nova May 22, 2017, 12:28:00 PM

Yang aku tau juga kalau perempuan lebih rentan pengapuran tulang dibanding laki-laki karena melahirkan & menyusui... Duh mana sekarang aku jarang olahraga pula hiks..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 24, 2017, 12:21:00 PM

Yuk kita giatkan lagi buat olahraga mba :)

Reply Delete
Avatar
Yasinta Astuti May 23, 2017, 4:57:00 AM

Ini yang biasa dikonsumsi mamah sama bapak aku juga mbak. Membantu banget meradakan nyeri sendi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 24, 2017, 12:19:00 PM

Alhamdulillah. Moga mama dan bapak sehat sehat selalu yaaa

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita May 23, 2017, 6:04:00 AM

Ini yang nyesek banget. Dulu rajin olahraga sekarang malas-malasan. Baru niat aja mau olahraga lagi. Huhu.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 24, 2017, 12:18:00 PM

Godaan untuk tak olahraga tuh gede banget mbaa Linaa :(

Reply Delete
Avatar
Ranny May 23, 2017, 6:46:00 AM

Suamiku pernah mengalami nyeri sendi, sakiit banget, aku sampai sedih lihatnya. Memang suplemen ini bagus banget mbak bisa menghilangkan nyeri sendi itu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 24, 2017, 12:11:00 PM

DUh kalau suami sakit, kita jadi ikutan sedih lihatnya ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Lusi May 23, 2017, 11:11:00 PM

Hwaaa aku sudah nggak kuat kalau badminton. Ngos2an. Sehat2 terus ya emak yg super aktif :))

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 24, 2017, 12:10:00 PM

Hihihii sama, mba Lusi :)
Makasih semangatnya, mba Lusi :)

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto May 25, 2017, 3:04:00 AM

Duh, aku sering nyeri lutut. Kena pengapuran juga kali, ya. Kudu mulai siap sedia Viostin DS nih....

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 27, 2017, 10:27:00 AM

Iya mba Nia. Biar nggak nyeri dan bisa aktifitas ya mba

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi May 25, 2017, 9:58:00 PM

Andalan suami dan keluarga neh kalau lagi sendinya ngilu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 27, 2017, 10:27:00 AM

Alhamdulillah ya mba kalau membantu

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka May 26, 2017, 6:48:00 AM

Duh kasian juga hobi olahraga terpaksa stop karena nyeri sendi ya..

Reply Delete
Avatar
Evrinasp May 26, 2017, 6:49:00 AM

Jangan sampai kena nyeri sendi mbak, gak enak banget rasanya, mending dicegah sejak dini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres May 27, 2017, 10:28:00 AM

Bener banget mba. Pencegahan ini penting banget mba

Reply Delete
Avatar
Rahmi May 29, 2017, 4:01:00 AM

Kasian yaa jadi ga bisa menekuni hobi. Moga segera sembuh penyakit nyeri sendi temannya mba

Reply Delete
Avatar
Mutia Nurul Rahmah Jun 2, 2017, 8:13:00 PM

emang bagus viostin ds ini.. aku karena adikku kadang nyeri sendi jdi suka sedia viostin ds

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 3, 2017, 7:41:00 AM

Alhamdulillah ya mba jika berguna dan efektif ya

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam Jun 3, 2017, 10:12:00 PM

Aku mengalami Mbk, dudu nyeri gak bisa tidur sakit dan untung udah kenalan denga. Viostin DS

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 10:53:00 AM

Alhamdulillah jika membantu ya :)

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Jun 8, 2017, 12:40:00 PM

Ternyata olah raga berlebih juga bisa kena resiko osteoarthritis juga ya. Kudu ngantongin Viostin DS kemana2 nih.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 10:53:00 AM

Iya mbaa. Mecegah lebih baik daripada mengobati ya mba

Reply Delete
Avatar
suria riza Jun 12, 2017, 11:35:00 AM

Nyeri sendi itu ga enak....banget :(
Mau jalan susah. Untung ada ini ya mak

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Jun 18, 2017, 11:49:00 AM

penting ini dikonsumsi sama ibu2 terutama yg melahirkan anak laki2, karena anak laki2 lebih menguras kalsium ibunya saat masih di perut

eh, penting buat aku juga sik, anakku lanang ;)

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila Jun 18, 2017, 1:19:00 PM

Aku skr ini kalo duduk terlalu lama,pergelangan kaki sakit dan ga bisa langsung di bawa jalan mba.. Hrus nunggu dulu. Apa tanda2 sakit sendi yaa :(

Kalo mama mertuaku udh ga mempan dengan obat ini.. Krn udh harus fisioterapi rutin.. Namanya orang tua yaa..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 2:19:00 PM

Smeoga mama mertua selalu sehat ya :)

Reply Delete