Review 5 Menu Makanan Luminor Hotel Pecenongan dan Deals Menarik HotelPon

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Review 5 Menu Makanan Luminor Hotel Pecenongan dan Deals Menarik HotelPon

Libur panjang tak selalu identik dengan berlibur ke luar kota. Kemacetan panjang saat libur panjang membuat salah satu alasan liburan juga bisa dilakukan di dalam kota. Tak perlu bermacet-macet ria, tapi hati menjadi senang. Nah salah satu pilihannya adalah berlibur di hotel. Apalagi jika hotelnya berada di pusat kota Jakarta, murah, nyaman dengan fasilitas lengkap. Hotel bintang tiga yang menawarkan semua keunggulan itu adalah Luminor Hotel Pecenongan yang terletak di Jalan Pecenongan No 35, Jakarta Pusat. Hotel yang berada sekitar 15 menit dari stasiun Gambir ini memiliki 199 kamar dengan tiga tipe yakni deluxe roomeksekutive room dan suite room.

Beruntung pada Kamis, 4 Mei 2017, saya diundang HotelPon untuk menghadiri acara HotelPon Blogger Gathering bersama Luminor Hotel Pecenongan. Datang ke acara ini membuat saya banyak mendapat informasi tentang Luminor Hotel Pecenongan dan HotelPon. Kali ini, tema blogger gathering adalah “5 Menu Makanan Spesial dari Luminor Hotel Pecenongan”. 
Dua di antara lima menu spesial

Namun sebelum membahas tentang 5 menu makanan spesial dari Luminor Hotel Pecenongan, para blogger diperkenalkan dengan HotelPon. HotelPon merupakan e-commerce yang menyediakan deals fasilitas hotel seperti voucher food and beverage restaurant hotelcake and pastrybeauty treatment and gym membership hingga wedding package. Ibu Hariyanti Sukaharja dari HotelPon menjelaskan bahwa HotelPon didirikan untuk menghilangkan persepsi masyarakat yang menganggap bahwa makan di hotel itu mahal. “Padahal di hotel juga ada buffet lunch seharga Rp 45.000 per orang,” kata Ibu Hariyanti. HotelPon ini terhitung baru karena didirikan pada 1 Maret 2017. Namun meskipun baru, total ada 23 hotel yang telah bekerjasama dengan HotelPon. 

Pemilihan nama HotelPon dikaitkan karena dengan hanya di HotelPon bisa mendapatkan fasilitas hotel voucher (kupon). Ke depannya, HotelPon akan semakin mensosialisasikan keunggulan HotelPon kepada masyarakat.

Tampilan depan HotelPon
Setelah perkenalan tentang HotelPon.com, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi 5 menu makanan spesial dari Luminor Hotel Pecenongan. Chef Ardi datang bersama salah satu rekan kerjanya membawa sebuah meja besar berisi 5 menu makanan spesial dari Luminor Hotel Pecenongan. “Saya akan mempresentasi satu per satu kelima menu ini,” kata Chef Ardi.

Pertama, Chef Ardi memperkenalkan Burger Ireng. Sesuai namanya, Burger Ireng ini berwarna hitam (ireng berasal dari bahasa Jawa yang artinya hitam). Burger Ireng ini terbuat dari serbuk arang yang aman digunakan untuk makanan. Ukuran burger ini menurut saya tergolong besar untuk porsi saya. Selain itu, isinya pun banyak sehingga tentu sangat mengenyangkan. Di dalam burger itu terdapat beef, sayuran, keju dan tomat. Berat beef di dalam burger ini adalah 25 gram. Tak lupa mayonaise sehingga Burger Ireng ini menjadi nikmat dikonsumsi. Sebagai pelengkap, kentang goreng juga disediakan. Jika ingin memesan ini, pengunjung cukup membayar sebesar Rp 85 ribu. Saya mencicipi Burger Ireng ini dan menurut saya rasanya pas di lidah. Roti burgernya lembut dan isi burgernya pun lezat.    
Burger Ireng
Menu kedua yang dipresentasikan adalah Lumino Beef Bistick with Musroom Sauce. Penyajiannya sangat sedap dipandang. Sepotong beef dengan berat 125 gram diletakkan di atas potongan buncis rebus dan butiran jagung rebus. Di atas beef tersusun potongan kentang. Penyajian beef stick tentu tak akan lengkap tanpa sauce.  Musroom suace yang disajikan merupakan campuran dari musroom yang dipadu saos. Menurut Chef Ardi, beef yang digunakan berasal daging sapi lokal. “Bagian daging sapi yang digunakan adalah tenderloin,” kata Chef Ardi. Tingkat kematangan yang paling digemari adalah well done alias tingkat kematangan yang sempurna. Harga seporsi Luminor Beef Bistick with Musroom Sauce adalah Rp 85 ribu.  

Luminor Beef Bistick with Musroom Sauce
Selanjutnya, Chef Ardi memperkenalkan Empal Picung. Picung (bahasa Sunda yang artinya kluwek muda). “Picung ini diambil langsung dari Bogor karena tak ada di Jakarta,” kata Chef Ardi. Picung ini yang menjadi keistimewaan dari menu makanan ini. Empal yang disajikan tidak keras karena diproses dengan baik dengan tingkat kematangan yang tepat. Sayurnya diolah menjadi cita rasa yang unik karena merupakan pepaduan pedas dan gurih. Bagi penggemar pedas, dapat ditambahkan cabai agar sensasi pedas lebih terasa. Harga satu porsi adalah Rp 60 ribu.   

Empal Picung
Kemudian, menu makanan spesial yang diperkenalkan adalah Sop Iga Kedondong. Saat pertama kali mendengar nama Sop Iga Kedondong, saya penasaran dengan rasanya. Teryata tak hanya saya saja yang penasaran. Menurut Chef Ardi, banyak yang penasaran dengan rasa Sop Iga Kedondong yang ditawarkan Luminor Hotel Pecenongan. Penggunaan kedondong di dalam menu makanan ini teryata membuat rasa gurih asam yang lezat. Chef Ardi lebih memilih menggunakan kedondong dibandingkan belimbing wuluh karena tekstur belimbing wuluh dianggap terlalu lembut sehingga tak akan menimbulkan sensasi renyah ketika digigit. Ini berbeda jika menggunakan kedondong. Satu porsi Sop Iga Kedondong menggunakan 1 buah kedondong yang dipotong menjadi delapan bagian. Kedondong yang digunakan adalah daging buah dan membuang serat buah yang menganggu. Selain kedondong, dalam satu porsi Sop Iga Kedondong terdapat tomat hijau, tomat merah dan iga. Saat saya mencicipi, daging iganya lembut dan bumbunya terasa sangat meresap. Rasa kuahnya juga lezat. Sebagai pelengkap, Sop Iga Kedondong ini disajikan bersama emping, nasi putih, sambal dan jeruk nipis. Harga satu porsi adalah Rp 120 ribu.

Sop Iga Kedondong
Menu terakhir yang disajikan oleh Chef Ardi adalah Nabulupe Iga. “Ah ini pasti makanan dari Afrika,“ pikir saya saat mendengar Chef Ardi menyebutkan menu makanan itu. Teryata tidak. Nabulupe merupakan singkatan dari Nasi Bambu Luminor Pecenongan. Kreatif banget ya? Saya sendiri tidak terpikir sejak awal bahwa nama itu merupakan singkatan. “Biar makin banyak yang penasaran,” kata Chef Ardi sambil tersenyum. Nabulupe Iga ini adalah nasi gurih yang dimasak menggunakan kaldu. Nasi itu kemudian dimasukkan ke dalam bambu kemudian di bagian tengahnya dimasukkan sayuran seperti wortel, jamur dan tumisan bawang merah, bawang putih. Nasi bambu itu kemudian disajikan dengan potongan daging iga (bisa pilih iga bakar atau iga goreng) dan sambal pencok. Sambal pecok terbuat dari cabai rawit merah dan bawang putih yang diulek kasar kemudian disiram minyak panas. Soal rasa, Nabulupe Iga ini juara!. Sensasi pedasnya terasa banget. Rasa gurih nasi menggoda lidah. Jika ingin mengkonsumsi Nabulupe Iga, gunakan sebuah alat pendorong untuk mengeluarkan nasi bambu.

Nabulupe Iga
Setelah memperkenalkan kelima menu spesial, para blogger juga diajak menikmati makan siang di ‘Rock n Sugar' Restaurant Luminor Hotel Pecenongan, ada promo-promo menarik dari Luminor Hotel Pecenongan. Salah satunya adalah All You Can Eat Quick Lunch hanya Rp 85 ribu dengan thematic food dengan jadwal seperti di bawah ini :
Selasa : Kampung Betawi
Rabu : Gebyok Jawa
Kamis : Sunda Ngariung
Jumat : Nusantara  
Suasana di Rock n Sugar Restaurant Luminor Hotel Pecenongan 
Luminor Ngariung
Karena blogger gathering diadakan pada hari Kamis, maka thematic food yang tersajikan adalah Sunda Ngariung. Sesuai tema, menu makanan yang ditawarkan serba sambal. Ada aneka sambal yang tersaji. Mulai dari sambal mangga, sambal teri, sambal hijau dan lain-lainnya. Sebagai penggemar berat sambal tentunya ini adalah menu makanan favorit saya. Tak hanya sambal saja, aneka lauk seperti ikan goreng, ayam hingga empal juga tersaji. Oh ya, walaupun temanya Sunga Ngariung tapi masih sangat banyak pilihan makanan yang disajikan. Jujur saya sampai binggung mau makan apa saja karena banyak yang tersaji. Mulai dari bakso, laksa bogor, rujak, jajanan pasar dan lain-lain. Pokoknya puas banget menikmati aneka makanan yang tersaji.  


Oh ya, selain thematic food juga ada promo BBQ Dinner All You Can Eat BBQ Dinner hanya seharga Rp 135.000. Jika ingin mendapatkan diskon 10 %, bisa dengan membeli voucher di HotelPon.com. Ingin menikmati Nabulupe Iga? Di HotelPon ada promo juga voucher Rp 10.000 value Rp 50.000 loh!. Caranya mudah banget. 

1. Buka website HotelPon.com dan pilih menu yang disukai
2. Lakukan reservasi ke 021-3447777 ext 20 
3. Voucher berlaku untuk 1 bill dengan minimal pembelian Rp 250.000 
4. Voucher berlaku Senin-Minggu 
5. Berlaku untuk dine-in 
6. Periode voucher berlaku mulai 23 Maret - 30 September 2017 

Mengikuti HotelPon Blogger Gathering bersama Luminor Hotel Pecenongan sangat menyenangkan. Sampai jumpa lagi di HotelPon Blogger Gathering selanjutnya. 


Foto : HotelPon

69 komentar

Avatar
tutyqueen 13/05/17, 11.15

ya ampun itu burger ireng menggoda bangeett :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13/05/17, 12.23

ENak juga rasanya mba. Yummy banget

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 13/05/17, 11.21

Aku masih penasaran sama sambalnya mab, tapi kan nggak mungkin dicoba semuaa, hahaha, jontor ntar

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13/05/17, 12.24

Hahha iya mbaa. Tapi kalau sambal apa aja sih pasti enaakk

Reply Delete
Avatar
Ovianty 13/05/17, 12.05

Sop iga kedondong, segeerrr..lihatnya, jadi laper

Reply Delete
Avatar
Novarina DW 13/05/17, 12.48

Nabulupenya jadi keinget ama kue puthu. Kan dibikinnya juga ditaruh di cetakan bambu ukuran kecil, trus dikeluarin dengan didorong gitu. Kayaknya sop kedondong yang paling seger nih *ya iyalah

Semua menunya bikin ngiler, mbak hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.03

Hahha iya ada temanku juga yang bilang gitu. Tapi keren dan enak mba

Reply Delete
Avatar
ria buchari 13/05/17, 13.57

aq masih penasaran sm sambalnya kmren lupa nyobain yg berjejer byk itu :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.04

Ih aku udah nyoba 4 menu sambalnya mba. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Anisa AE 13/05/17, 15.00

Namanya unik2. :D Bakal bikin penasaran deh. Hehehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.04

Walau namanya bikin penasaran tapi juga lezat mbaaa. Hihih

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma 13/05/17, 15.21

Menunya menggugah selera.Itu burgernya hitam pekat, gedhe pula.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.12

Bener banget mba. Jadinya lapar. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Unknown 13/05/17, 20.40

Nyesel deh gak ikutan daptar pada saat itu, liat menu makanannya yummy banget... duh itu burger ireng nya menggoda sekali

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.12

Ntar kalau ada acara dari HotelPon hayuk langsung daftar mba

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 13/05/17, 21.17

Suka menu andalannya,,, enak,, mau d traktir yg menang igny nih, burger Ireng aja bungkus ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.12

Siap deh. Bungkus pakai karet berapa? Hahhaaa

Reply Delete
Avatar
akuibubahagia 13/05/17, 21.46

burgernyaa uniik.. dr dulu penasaran sm burger hitam, rasanya kaya gimanaa yaa

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 13/05/17, 21.55

Haaa.. Sop Iga Kedondong dengan rasa gurih berpadu asam yg lezat. Hmmm, pasti ini makanan sempurna banget

Reply Delete
Avatar
Eni martini 13/05/17, 22.16

Nyummi, jadi pengen bawa keluarga ke sana

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.16

Hayuk mba. LIhat rasanya udah lezat kan ya

Reply Delete
Avatar
fika anaira 13/05/17, 22.52

Kalo ke Jakarta bisa jadi referensi nih mba :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.16

Iya mba Fika. Bener banget :)

Reply Delete
Avatar
Nova Violita 13/05/17, 23.03

burger ireng.. itu bikin penasaran..rasanya gimana..ya.. lezat pastinya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.03

Langsung aja mba yuk kalau ke Jakata di coba langsung ke Hotel Luminor pakai voucher HotelPon

Reply Delete
Avatar
ratutips.com 13/05/17, 23.07

wadaw mbaaaa.. itu makanana enak bener... saya jadi mau mbaaaa.....

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.01

ENak deh mba. Hayuk dicoba beneran mantap

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 13/05/17, 23.23

Wuah makanannya enak-enak banget yaaaaaa <3Sop iga kedondong kayanya seger ya mak Lidaaa.. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Amanda ratih pratiwi 14/05/17, 01.30

Kaka katong kan dapat voucher mamam to,. Bsa lai katong bakudapa makang deng keluarga wkwk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.01

Nah bisa lai katong atur ee tapi beta tunggu anggota keluarga lengkap dolo eee

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 14/05/17, 05.11

mba Lid ini yang mba menang y fotonya emang kece aku baca ini subuh2 sukses bikin perut badendang hahhaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.00

Alhamdulillah iya mba Herva. Hhhahahaa yuk makan ama aku :p

Reply Delete
Avatar
Annafi 14/05/17, 05.15

aku langsung penasaran sama si burger ireng mba, sering liat di IG foodlover dari luar negeri soalnya :O pengen coba deh >w<

suika-lovers.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 07.00

Iyaa enak. Aku kemarin nyicipin mbaa. Hihihih

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 14/05/17, 10.44

mbaa, ini pake kamera Fuji kah?
Btw, Hotelpon asik jg yak aplikasinya. Kapan2 daku mau coba aaahhh
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 10.55

Iyap ini pakai kamera fuji, mba. Hihii
Iyaa selamat mencoba yaaa

Reply Delete
Avatar
Frida Herlina 14/05/17, 10.47

Aku selalu suka iga bakar. Tapi sop iga pake kedondong pula kok menggoda banget ya?
Kebayang segernya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 10.55

Hayuk bisa langsung dipraktekkan yaaa

Reply Delete
Avatar
Pritahw 14/05/17, 12.34

bener mbak, persepsi makan di hotel itu mahalll banget, itu udah ada sejak dulu, ahaha. Padahal murah ya misal buffet all you can eat gitu, palagi pake hotelpon :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14/05/17, 12.47

Bener banget, mba. Kalau ada HotelPon jadi lebih murah harganya mba. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Eni rahayu 14/05/17, 15.00

Wah konsepnya keren ini. Gak harus nginep ya mbak untuk bs makan di hotel?
Btw, menunya unik2 juga yak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15/05/17, 07.26

Sip bener banget mba Eni. Nggak harus nginap buat makan enak di hotel

Reply Delete
Avatar
Nurul Noe 14/05/17, 21.24

Hotelpon, aku kenal layanan voucher dari ig, tp blm coba beli. Hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15/05/17, 07.26

Hayuk di coba, mba Nurul Noe

Reply Delete
Avatar
Anggarani Ahliah Citra 14/05/17, 23.46

Lumayan deket dari rumah mama mertua nih. Bisa kali yah mampir nyobain burger irengnya. :D

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 15/05/17, 07.53

Makanannya bikin ngeces, liburan nggak harus keluar kota, nginep di hotel aja udah bikin refresh yaa..apalagi hotelnya seperti Luminor Hotel ini, nggak jauh lah dari Depok..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15/05/17, 11.19

Bener bnaget mba Nunu. Naik comuterline sekali aja udah langsung bisa nyampe mba di lokasi yang dituju :)

Reply Delete
Avatar
Anggun Fuji 15/05/17, 08.11

burger irengnyaaaa bikin kepengeeen :9

Reply Delete
Avatar
qhachan 15/05/17, 10.58

tertarik bgt sama Nabulupe Iga, tapi tapi jauh ya dr jogjaa >_<

Reply Delete
Avatar
inayah 15/05/17, 10.59

Penasaran sm sop iga kedondong

Reply Delete
Avatar
evrinasp 15/05/17, 19.58

burger hitam, menarik hati dan lidah ingin mencicipi mbak, unik soalnya

Reply Delete
Avatar
Yesi Intasari 16/05/17, 09.33

aku kangen sama nabulupe iganya, belum puas icip-icip kemarin hihi

Reply Delete
Avatar
Zulaeha 16/05/17, 18.33

Paling mupeng sama burger ireng nih, bikin ngiler mba hihi

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra 17/05/17, 10.31

Penasaran ama rasa burger itemnya itu.
Kayaknya enak.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 17/05/17, 11.35

Suka sama foto fotonya Alidha :)

Reply Delete
Avatar
Ria M Fasha 17/05/17, 18.35

wahh menggoda sekali mbak lidh
aku jadi penasaran sama burger irengnya nihh

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera 18/05/17, 08.27

Secara keseluruhan memang menunya enak2 banget ya dengan kadar gurih yg ga berlebihan. Sup Iga Kedondongnya selain unik, rasanya juga seger banget.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 18/05/17, 20.59

Birger ireng? Unik banget .. tadi sempat saya kira semacam donat coklat :)

Reply Delete
Avatar
HendraDigital 19/05/17, 17.28

Itu harganya belum termasuk 21% tax ya?? Yang paling menggoda itu 🍔 ireng mba...

Reply Delete
Avatar
Andi Cintana 20/05/17, 14.34

Fotonya makanannya bikin kepengen mba >< mau bgt coba burger sama beef bistiknya huhu

Reply Delete