Mencari Sepenggal Kenangan di Film Finding Dory

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Mencari Sepenggal Kenangan di Film Finding Dory

Sudah lama saya tak mengajak keluarga untuk menonton film kartun di bioskop. Beberapa kali ingin nonton, tapi batal melulu. Niat itu kemudian terlaksana saat anak libur panjang dan kebetulan saya pun libur di hari kerja. Sekalian hadiah bagi A karena di usia enam tahun ia semangat untuk berpuasa hingga magrib sejak puasa hari pertama. Alhamdulillah....

Film yang kami pilih adalah, Finding Dory. Film ini merupakan sekuel dari film Finding Nemo yang telah diputar tahun 2003. Saya pribadi penasaran menonton film ini karena film Finding Nemo sangat memikat dan menghibur. Tak salah jika 13 tahun kemudian saya ingin menonton sekuelnya yakni Finding Dory.
 
Keseruan Dory bermain bersama teman-temannya
Finding Dory menceritakan petualangan ikan Dory untuk menemukan kedua orangtuanya. Perpisahan yang telah terjadi sejak Dory kecil. Namun pencarian ini tak mudah karena Dory memiliki ingatan jangka pendek. Ia hanya mampu merekam sepenggal kenangan. Berbekal sepenggal kenangan itu pula, Dory melakukan pencarian bersama sahabatnya Marlin dan anaknya, Nemo hingga Teluk Morro, California. Petualangan seru selama proses pencarian kemudian mempertemuan Dory dengan Destiny, hiu paus periang namun mengalami masalah penglihatan. Ada juga Hank, seekor gurita yang memiliki kemampuan berubah warna dan bentuk. Hank mampu berubah bentuk menjadi pot bunga, tangga, dan lain-lain. Terakhir ada Bailey, seekor paus beluga yang tak percaya diri dengan kemampuan yang ia memiliki.

Sama seperti Finding Nemo, film Findong Dory ini menggabungkan rasa haru, tawa dan bahagia. Keharuan muncul saat Dory kecil berkeliling, bertanya pada satu per satu ikan yang ditemui tentang kedua orang tuanya. Tapi, bagaimana mengingat orangtua jika ia sendiri tak ingat?. Di sisi lain, keterbatasan daya ingat juga terkadang menimbulkan tawa. Akankan Dory bertemu dengan kedua orangtuanya? 
 
Dory dan Hank
Bagi saya, banyak nilai moral yang disampaikan dalam film ini. Kepada orangtua, film ini mengajarkan agar orangtua menerima kondisi anak dalam keadaan apapun namun mampu membantu anak untuk menggali potensi dalam diri anak. Film ini juga mengajarkan kasih sayang anak kepada orangtua, begitupun sebaliknya.

Nilai moral tentang persahabatan juga menjadi nilai utama dalam film ini. Persahabatan antara Dory dengan Marlin yang memiliki sifat berbeda (Dory ceria dan agak kekakan-kanankan sedangkan Marlin lebih dewasa) tersaji dengan baik. Sifat Dory yang tak mudah menyerah menjadi penyemangat bagi Marlin.

Pengulangan kalimat yang dilontarkan oleh Dory mungkin agak membingungkan bagi anak yang belum bisa membaca. Orangtua yang sebaiknya membantu untuk menjelaskan itu kepada anak. Namun anak bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Film ini secara keseluruhan mampu menyajikan visual yang terbaik. Film ini bisa menjadi salah satu alternatif menonton film kartun bersama keluarga.   




34 comments

Avatar
Rotun DF Jun 28, 2016, 9:36:00 AM

Dulu nonton Finding Nemo pas kelas 2 SMA *lalu inget umur* :p
Pengen banget nonton ini, tapi nggak ada bioskop Mba di Kebumen sini, hiks.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 28, 2016, 10:09:00 AM

Daya ingatnya masih tajam kan ya walau sudah sekian tahun berlalu. Hihii. Wah, harus ke Jakarta ya kalau nonton. Moga di Kebumen segera ada bioskop ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah Jun 28, 2016, 9:41:00 AM

aku blom nonton niih...blom sempet ajakin krucils..
btw in fact ikan dory itu katanya aslinya smart dan pintar yaa.
katanya dikirtik juga film ini krn tokohikan dory gak sesuai aslinya..cmiiw

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 28, 2016, 10:17:00 AM

Ajak krucils kayaknya bakalan senang, mba Ophie. Ikan Dory pintar dan kalau dimakan dagingnya enak, mba. #EH. Hihiii
Nah, kalau aku lebih suka Dory kecil sih, mba. Menggemaskan :)

Reply Delete
Avatar
Witri Prasetyo Aji Jun 28, 2016, 9:46:00 AM

AKu belum nonton, liburnya masih sabtu entar
Minggu depan masih ada enggak, ya? Mau ajakin anak lanang nonton nih...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 28, 2016, 10:19:00 AM

Sepertinya masih ada, mba. Karna baru main pertengahan bulan ini :)
Selamat menonton, mbaa

Reply Delete
Avatar
Fahmi Idris Jun 28, 2016, 11:50:00 AM

waktu nonton ada anak kecil sedih liat filmnya gak mbak? Konon katanya film ini menyayat hati anak-anak yang nonton.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 28, 2016, 1:28:00 PM

Sedihnya pas Dory kecil bertanya ke ikan-ikan yang lewat tentang keluarganya, mas ...

Reply Delete
Avatar
Vety Fakhrudin Jun 28, 2016, 1:44:00 PM

Bagus ini filmnya, tapi pas nonton aku ga bisa nyimak sampe kelar karna si adik minta jalan naik turun bioskop. Daripada ganggu penonton lain jadi nya aku ajak keluar deh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 28, 2016, 2:34:00 PM

Mungkin karena agak lama ya, mba :)
Jadi anak terlalu kecil nggak betah :)

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Jun 28, 2016, 2:22:00 PM

waduh jadi penasaran pengin nonton. Putri sulungku malah sudah nonton bareng teman-temannya, mamanya malah belum ��

Reply Delete
Avatar
Tian Lustiana Jun 28, 2016, 2:29:00 PM

pengen nonton fnding dory sama Marwah nih

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 28, 2016, 2:35:00 PM

Keren mba kalau nonton ama anak. Smoga kesampaian ya mba bisa nonton ama Marwah :)

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah Jun 28, 2016, 2:31:00 PM

Seneng bnget pas liat animasi sejenis Finding dory dan Finding nemo. kesannya hidup banget animasinya hhee

Reply Delete
Avatar
Cumilebay MazToro Jun 28, 2016, 2:42:00 PM

G wpengen nonton karna engen denger suara syahrini yg isi dubbing nya ajjajaja

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 28, 2016, 2:54:00 PM

Hanya di bioskop tertentu saja, kakakk :p

Reply Delete
Avatar
Dina pertiwi Jun 28, 2016, 4:22:00 PM

Makasih mba reviewnya jadi pengen nonton. Mudah-mudahan kesampean

Reply Delete
Avatar
Dina pertiwi Jun 28, 2016, 4:23:00 PM

Makasih mba reviewnya jadi pengen nonton. Mudah-mudahan kesampean

Reply Delete
Avatar
Liz Prayitno Jun 28, 2016, 8:40:00 PM

Sejak nonton film Dory yang pertama, saya jadi alergi ikan dorry. Padahal sebelumnya, favorit. Kebayang dia berenang di perut kayak akuarium. Reviewnya menghibur deh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 29, 2016, 8:56:00 AM

Hihiii
Tapi dagingnya enaak, mbaa ;)

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Jun 28, 2016, 10:34:00 PM

Memang seru filmnya ya Mba. Lucu. Saya penasaran sama Hank yg bisa berubah bentuk itu, kalau dalam kenyataannya gurita gitu juga, gak, ya?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 29, 2016, 8:57:00 AM

Kalau dalam kenyataan gurota sepert itu, bisa bahaya. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Avy Chujnijah Jun 29, 2016, 2:47:00 AM

belum tertarik nonton
tapi kayaknya boleh di coba deh...buat hiburan liburan kali ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 29, 2016, 8:57:00 AM

Iya mba Avy. Nonton rame-rame seruu ... :)

Reply Delete
Avatar
Levina Mandalagiri Jul 2, 2016, 11:11:00 PM

Nemo favorite nya anak-anak Mbak. Seru juga yak. Btw, saya baru tahu ada sekuelnya, finding dory. Wah, pantes anak-anak ribut melulu pengen nonton di bioskop.

Reply Delete
Avatar
fanny fristhika nila Jul 5, 2016, 1:00:00 AM

anakku udh ribut bgt mw nonton film ini.. kmrn2 kita blm bisa penuhi krn kerjaan.. tp skr udh lbur kayaknya mw ngajakin dia deh besok.. :)

Reply Delete